TipsEdukasi

4 Fungsi Strategi Pemasaran, Elemen, dan Contohnya

Siti Rohmah Noviah

4 Fungsi Strategi Pemasaran, Elemen, dan Contohnya

Yuk kenalan lebih jauh dengan implementasi strategi pemasaran di artikel satu ini!

Tentang Strategi Pemasaran

Dalam menjalankan bisnis atau perusahaan, strategi pemasaran menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan karena berperan penting dalam mencapai keberhasilan bisnis. Kualitas produk atau jasa yang baik sekalipun akan sulit memberikan keuntungan bagi bisnis apabila tidak dipasarkan dengan strategi yang tepat.

Strategi pemasaran merupakan strategi terencana yang dibuat untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan atau organisasi. Adapun dalam praktiknya, strategi ini biasanya melibatkan penggunaan berbagai metode untuk promosi produk atau jasa.

Sehingga diharapkan bisa mencapai target pasar dan meningkatkan peluang penjualan. Hubungan yang kuat dengan pelanggan juga bisa dibangun melalui strategi pemasaran yang tepat.

Adapun tujuan utamanya adalah menciptakan nilai tambah bagi pelanggan serta mencapai keunggulan kompetitif di pasar. Agar strategi yang kamu bangun menjadi lebih efektif, pertimbangkan beberapa faktor yang juga merupakan komponen penting dalam menyusun strategi, yaitu:

  • Segmentasi pasar
  • Penentuan target pasar
  • Bauran pemasaran
  • Evaluasi dan pengukuran

Fungsi Strategi Pemasaran

Dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat dan efektif, bukan tidak mungkin perusahaan atau bisnis dapat mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Namun, apa saja fungsi strategi pemasaran? Berikut adalah uraian lengkapnya:

Menjadi Pedoman Pemasaran

Strategi pemasaran sudah seharusnya melibatkan berbagai hal, termasuk proses memperkenalkan produk kepada konsumen. Jadi, pastikan kamu melibatkan konsumen dengan produk agar bisa mendapatkan konversi yang memungkinkan produk terjual.

Dalam hal ini, strategi pemasaran menjadi pedoman dalam setiap kegiatan pemasaran, terlepas dari apapun strategi dan metode yang akan kamu terapkan dalam memasarkan produk atau jasa.

Membuat Koordinasi Tim Menjadi Lebih Efektif

Strategi pemasaran menjadi pedoman dan panduan dalam kegiatan pemasaran, bukan? Oleh sebab itu, tim terkait akan bisa berkoordinasi dengan lebih efektif dan terarah. Hal tersebut memungkinkan setiap staf terbantu sehingga tim atau divisi akan bisa bekerja sama dalam mencapai tujuan.

Misalnya, saat permintaan konsumen semakin meningkat, strategi pemasaran akan bisa membuat koordinasi antara tim pemasaran dan produksi. Jadi kedua tim akan bekerja sama dalam memenuhi permintaan konsumen.

Merumuskan Tujuan Perusahaan

Setiap bisnis tentu punya tujuan dan harus memiliki pedoman agar terarah sehingga bisa berkembang di kemudian hari. Dengan adanya strategi pemasaran, perusahaan dapat menentukan tujuan misalnya mencapai target penjualan sekian persen dalam waktu tertentu.

Saat tujuan tersebut tercapai, bukan tidak mungkin akan berdampak positif bagi nilai ekonomi perusahaan. Bahkan bisnis berpeluang untuk terus berkembang. Itulah mengapa penting untuk memiliki strategi yang tepat dalam kebutuhan pemasaran produk atau jasa.

Standar untuk Evaluasi Performa Perusahaan

Strategi pemasaran juga berfungsi sebagai standar evaluasi performa perusahaan dan masing-masing anggotanya. Jadi, mutu dan kualitas kerja dapat terkendali sehingga menciptakan efektivitas dalam mencapai tujuan bisnis jangka pendek maupun jangka panjang.

Elemen Strategi Pemasaran

Tahukan kamu bahwa terdapat 3 elemen dalam strategi pemasaran? Yaitu product, price, promotion, place, dan people. Gambaran lengkapnya di uraian berikut:

Product

Product atau produk merupakan salah satu elemen dalam strategi pemasaran. Perusahaan atau bisnis dapat menentukan marketing strategy melalui elemen ini, yaitu produk. Caranya adalah dengan mempertimbangkan fungsi, tampilan, kualitas, dan pengemasan produk.

Pelanggan biasanya mempertimbangkan kelebihan serta manfaat produk saat hendak membeli sebuah produk. Tidak sedikit dari mereka yang terlebih dahulu melakukan pencarian dan membaca ulasan untuk mengenali produk yang hendak mereka beli.

Price

Price atau harga juga masuk dalam daftar elemen yang berhubungan dengan strategi sebuah perusahaan atau bisnis dalam memasarkan produk atau jasa. Elemen satu ini selalu dapat memengaruhi keputusan seseorang apakah akan membeli produk atau jasa.

Baca juga: 5 Cara Mengubah PDF ke Word Secara Gratis dengan Mudah

Dalam menentukan harga produk, pertimbangkan beberapa hal, termasuk harga pasaran, diskon, metode pembayaran, biaya produksi, dan lainnya. Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa perusahaan akan mendapatkan keuntungan dan terhindar dari kerugian.

Pastikan harga yang ditawarkan bisa diterima oleh pelanggan sehingga mereka akan cenderung memilih produk kamu dibanding produk dari pesaing.

Promotion

Pemasaran tidak bisa dipisahkan dari promosi, bukan? Yaitu aktivitas yang dilakukan agar target audiens atau target pasar semakin mengenal brand atau siapa di balik produk atau jasa yang mereka temui di pasaran.

Adapun bentuk promosi begitu bervariasi, mulai dari iklan, sponsor, hingga menambah relasi.

Place

Place atau tempat juga tidak kalah penting untuk kamu perhatikan apabila hendak membuat strategi untuk memasarkan produk atau jasa. Elemen satu ini mengacu pada lokasi produk atau layanan dibuat, dilihat, dijual, serta didistribusikan.

Pertimbangkan kemudahan akses dan keterjangkauan tempat sehingga pelanggan tidak mengalami kesulitan untuk menemukan produk yang kamu tawarkan.

People

Dalam memasarkan produk atau jasa, banyak orang yang terlibat di dalamnya, termasuk karyawan, tenaga penjualan, dan lainnya. Mereka adalah orang-orang yang berkaitan erat dengan sumber daya manusia dalam bisnis yang kamu jalankan.

Sumber daya kompeten turut menunjang keberhasilan usaha atau bisnis. Jadi, pastikan kamu memiliki orang yang tepat untuk memasarkan produk, misalnya memiliki kemampuan pelayanan dan komunikasi yang baik. Dengan begitu, akan semakin banyak calon pelanggan yang tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Cara Menyusun Strategi Pemasaran

Baru mulai berbisnis atau sedang merencanakan tujuan tertentu untuk dicapai di periode tertentu? Bagi bisnis, marketing strategy sangatlah penting. Oleh sebab itu, pastikan disusun dengan baik. Untuk dapat menyusun strategi pemasaran yang efektif dan mampu memberikan hasil optimal, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Cari tahu dan tentukan target pasar
  • Buat rencana tujuan pemasaran, apakah membangun brand awareness, meningkatkan penjualan, atau lainnya
  • Lakukan marketing mix untuk memaksimalkan strategi perusahaan dengan melibatkan produk, harga, tempat, dan promosi
  • Mulai promosi dan iklan baik secara online maupun offline sesuai kebutuhan perusahaan
  • Tingkatkan brand awareness agar semakin banyak audiens yang mengenali brand dari produk atau jasa yang ditawarkan
  • Berikan penawaran menarik seperti diskon atau potongan harga
  • Targetkan pengguna smartphone karena dewasa ini kegiatan online semakin meningkat
  • Optimasi situs web dan terapkan pemasaran digital

Baca Juga: 4 Cara Mudah Menggunakan Ads Library Platform Meta dan Google

Contoh Strategi Pemasaran

Berada dunia digital mengharuskan bisnis dapat melihat peluang yang lebih. Oleh sebab itu, pastikan kamu menerapkan strategi pemasaran secara digital. Bukankah digital marketing sudah tidak lagi asing dewasa ini?

Beberapa contoh strategi yang tepat dan efektif dalam kegiatan pemasaran, di antaranya adalah:

  • Memanfaatkan mesin pencari melalui upaya Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM)
  • Menawarkan program afiliasi guna meningkatkan penjualan
  • Menggunakan platform media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif, seperti Facebook, TikTok, dan Instagram
  • Membuat konten menarik dalam bentuk tulisan (artikel), suara berupa podcast, maupun video
  • Memanfaatkan keberadaan influencer

Sudah jelas bukan betapa pentingnya menyusun strategi pemasaran yang baik dalam menjalankan bisnis atau perusahaan? Apabila kamu sudah siap untuk menjalankan strategi dengan memaksimalkan pemasaran digital, percayakan kebutuhan konten kepada Optimaise. Yaitu dengan memilih jasa penulisan artikel SEO-friendly yang turut mendukung upaya optimasi situs agar muncul di hasil pencarian teratas di mesin pencari.

Baca Juga

Optimaise