TipsEdukasi

Promosi Produk yang Menggunakan Website Disebut Apa? Inilah 2 Pilihannya!

Siti Rohmah Noviah

promosi produk yang menggunakan website disebut media internet

Dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, manusia semakin memiliki banyak pilihan, termasuk dalam promosi. Tapi tahukah kamu promosi produk yang menggunakan website disebut apa?

Pernah mendengar istilah internet? Istilah satu ini bahkan begitu familiar di kalangan anak-anak sekalipun. Nah, bagi yang ingin melakukan promosi produk atau jasa menggunakan situs web, artinya mereka akan promosi menggunakan media internet.

Mari simak selengkapnya di artikel ini!

Mengenal Apa Itu Website

Promosi produk yang menggunakan website disebut media internet. Tetapi, sebenarnya apa itu website? Kita dapat menyimpulkan situs web sebagai kumpulan halaman yang berisi informasi yang bisa pengguna internet akses dengan mudah dan bebas. Untuk bisa mengakses informasi tersebut, perlu adanya koneksi atau jaringan internet.

Dengan keberadaan website, manusia bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Biasanya, halaman situs web berisi konten dan tampilan berupa teks, animasi, gambar, suarta, video, bahkan bisa juga gabungan dan beberapa atau semuanya.

Agar informasi dapat diakses oleh pengguna internet, informasi tersebut disimpan di server hosting.

Unsur-unsur Website

Sudah bukan hal yang baru jika saat ini semakin banyak pihak yang menggunakan situs web sebagai media promosi. Adapun promosi produk yang menggunakan website disebut media internet. Secara umum, terdapat beberapa unsur situs web yang memungkinkan pengguna internet mengakses informasi yang diperlukan, yaitu:

Domain

Domain adalah alamat dari situs web. Sebelumnya situs web dapat dikunjungi menggunakan alamat Ip yang berupa urutan angka yang sulit diingat. Namun kini, pengguna bisa lebih mudah mengenali situs web, yaitu melalui nama domain.

Domain adalah nama yang mudah diingat terkait alamat IP fisik di internet. Nama domain unik dan berbeda satu dengan lain. Misalnya, saat kamu hendak mencari penyedia jasa SEO, kamu menemukan optimaise.co.id di internet.

Nama domain dari situs tersebut adalah optimaise, yang merupakan nama unik yang mudah diingat dan membantu pemiliknya melakukan branding. Sehingga akan lebih banyak pengguna internet yang sadar akan keberadaan situs atau brand tersebut.

Baca Juga: 3 Cara Mengecek Domain Paling Efektif

Hosting

Selain domain, situs web juga perlu hosting untuk bisa berjalan dengan baik dalam menyediakan apa yang pengguna internet butuhkan. Hosting merupakan server tempat menyimpan berbagai file situs yang kemudian diakses dan dikelola menggunakan internet.

Kamu juga bisa mengibaratkan hosting sebagai rumah, sementara situs web adalah isi dari rumah tersebut. Artinya, di dalam hosting, terdapat berbagai jenis isi, mulai dari teks, gambar, hingga video. Karena peran penting tersebut, kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih hosting. Pastikan layanan hosting sesuai dengan kebutuhan kamu.

Semakin banyak file yang kamu perlukan sebagai konten situs web, semakin besar pula ruang penyimpanan yang dibutuhkan.

Konten

Setiap situs web yang ada di hasil pencarian Google tentu memiliki konten, baik berupa teks, gambar, ilustrasi, video, atau lainnya. Konten memiliki peran penting bagi situs web. Agar situs bisa ditemukan dengan mudah, yaitu di posisi tertinggi di hasil pencarian Google, pastikan konten kamu berkualitas.

Baca juga: Mudah! Ini 9 Cara Membuat CV yang Menarik

Selain itu, juga perlu upaya optimasi yang akan membuat situs web lebih mudah muncul di hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang pengguna gunakan. Untuk hal tersebut, kamu perlu optimasi berupa teknik SEO.

Bahasa Pemrograman

Unsur lain dari situs web adalah bahasa pemrograman, yaitu instruksi standar dalam memerintah komputer untuk menjalankan fungsi tertentu. Selain HTML, ada beberapa jenis bahasa pemrograman lain, seperti CSS, JavaScript, dan lainnya.

Akan tetapi, kemajuan teknologi kemudian memungkinkan orang untuk bisa membuat situs web tanpa harus menguasai bahasa pemrograman apapun. Di mana mereka bisa membuat situs web menggunakan Content Management System (CMS) seperti WordPress.

Tampilan

Bagi yang belum tahu promosi produk yang menggunakan website disebut apa, mungkinkah internet adalah yang dimaksud? Media internet memberikan banyak manfaat, termasuk untuk promosi melalui situs.

Situs web memiliki berbagai unsur dan salah satunya adalah tampilan. Tampilan menarik akan mampu membius mata pengunjung sehingga mereka akan betah berlama menghabiskan waktunya di sebuah situs web.

Lebih dari 47 persen pengguna meyakini bahwa desain menjadi faktor penting bagi mereka dalam menentukan kredibilitas sebuah situs, terutama situs web perusahaan.

Jenis Promosi Produk yang Menggunakan Website

Setelah mengetahui lebih jauh tentang situs web, kini saatnya untuk memahami promosi produk yang menggunakan website disebut media internet. Melalui situs web, individu maupun organisasi dapat melakukan promosi produk dan jasa.

Ada beberapa bentuk promosi yang menggunakan website, yaitu:

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu jawaban dari pertanyaan yang ada di kepala banyak orang, promosi produk yang menggunakan website disebut media internet.

Dengan SEO, pemilik bisnis bisa memaksimalkan upaya dalam mengoptimasi situs web agar muncul di hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci yang pengguna gunakan.

Tujuan dari SEO adalah meningkatkan volume dan kualitas lalu lintas kunjungan situs di mesin pencari dengan memanfaatkan algoritma mesin pencari. Nah, SEO bisa dikatakan sebagai teknik optimasi mesin pencari agar suatu situs web berada di halaman awal. Dengan begitu, situs web tersebut lebih berpeluang dalam mendapatkan pengunjung atau klik.

Panduan belajar SEO untuk pemula akan memberikan gambaran tentang apa itu SEO, bagaimana cara kerjanya, dan hal-hal penting mendasar lainnya.

Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) adalah bentuk promosi yang bisa kamu gunakan dengan memanfaatkan media internet. Caranya adalah dengan meningkatkan visibilitas di halaman hasil pencarian melalui optimasi periklanan.

Berbeda dari SEO, SEM memerlukan biaya, di mana kamu bisa mengatur besaran biaya untuk setiap klik dari pengguna internet. SEM bisa menjadi pilihan dalam melengkapi upaya optimasi organik dari SEO.

SEM ini cocok bagi kamu yang ingin segera mendapatkan pengunjung situs web melalui mesin pencari. Akan tetapi, hasilnya sesuai dengan budget yang kamu siapkan. Iklan akan terus berjalan selama budget masih tersedia.

Namun, kamu bisa mengatur kapan iklan ditayangkan, apakah di pagi, malam, atau siang hari. Atau bisa juga menjalankan iklan selama 24 jam setiap harinya.

Dengan kedua jenis promosi di atas, kamu bisa mengetahui bahwa promosi produk yang menggunakan website disebut media internet. Adapun hasil dari keduanya akan berbeda. SEO bisa memberikan hasil jangka panjang apabila dilakukan dengan teknik yang benar, sesuai dengan ketentuan mesin pencari serta mengikuti algoritmanya. Sementara SEM memberikan hasil yang cepat namun tidak bisa bertahan lama.

Jadi, promosi mana yang akan kamu coba, apakah SEO atau SEM? Kedua bentuk promosi produk yang menggunakan website disebut media internet tersebut akan membantu kamu menjangkau lebih banyak target atau calon pembeli melalui kehadiran online di hasil pencarian mesin pencari.

Selain optimasi situs web, kamu juga bisa melakukan promosi dengan memanfaatkan keberadaan dan popularitas media sosial. Terlebih jika akun media sosial bisnis kamu memiliki banyak pengikut dan calon pembeli potensial. Gunakan jasa sosmed management untuk mendapatkan bantuan dari profesional dalam mengelola kebutuhan promosi melalui media sosial.

Untuk mendapatkan jasa tersebut, cukup hubungi Optimaise sekarang juga.

Baca Juga

Optimaise