EdukasiTips

Mudah! Ini 9 Cara Membuat CV yang Menarik

Siti Rohmah Noviah

9 cara membuat CV

Persaingan yang ketat tidak hanya ada di dunia bisnis saja, tetapi juga di dunia pencarian pekerjaan. Menyadari hal tersebut, kamu harus mencari cara membuat CV agar menarik dan terlihat profesional. Jadi, rekturer akan tertarik untuk membaca CV kamu secara menyeluruh dari poin ke poin.

Belum berpengalaman dalam membuat CV? Seperti apa CV yang menarik dan bisa sesuai dengan standar perekrut pekerjaan? Mari cari tahu bersama di artikel satu ini!

Apa Itu Curriculum Vitae (CV)?

Sebenarnya, cara membuat CV tergolong mudah, terlebih dengan banyaknya aplikasi yang bisa digunakan dewasa ini. CV adalah singkatan dari curriculum vitae, yaitu daftar riwayat hidup.

Dalam melamar pekerjaan, baik secara online maupun offline, CV menjadi salah satu syarat penting yang harus pelamar kerja sediakan.

CV adalah informasi diri pencari atau pelamar kerja yang mencakup banyak hal, termasuk nama, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan, pengalaman, dan lainnya.

Cara Membuat CV yang Menarik

Kali pertama hendak mengirimkan lamaran pekerjaan dan tidak tahu cara membuat CV? Salah satu hal yang harus kamu tahu agar bisa membuat curriculum vitae (CV) yang menarik adalah memperhatikan apakah rekruter akan menyukai CV kamu atau tidak.

Biasanya, HRD atau rekruter menerima ratusan bahkan ribuan CV untuk posisi yang kamu lamar. Jadi, pastikan CV kamu memberikan kesan pertama yang menarik. Sehingga pihak rekturer akan membaca keseluruhan CV tersebut secara lebih lanjut.

Adapun cara membuat CV yang bisa kamu coba adalah sebagai berikut:

Gunakan Desain Kreatif

Melamar pekerjaan artinya kamu siap untuk berkompetisi dengan pelamar lain. Oleh sebab itu, kamu harus berpikir kreatif dalam memilih desain yang tepat untuk curriculum vitae atau daftar riwayat hidup yang akan disertakan dengan surat lamaran pekerjaan.

Hindari penggunaan desain yang ketinggalan zaman. Hal ini menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan, terlebih jika hendak melamar pekerjaan di perusahaan yang bergerak di industri kreatif.

Apabila akan melamar pekerjaan di perusahaan yang bergerak di bidang umum, cukup perhatikan komposisi warna dan tulisan yang pas.

Untuk membuat CV menarik dengan desain yang unik, kamu bisa mencoba template desain dari aplikasi berbasi website pembuatan CV online. Di sana, tersedia banyak pilihan template desain yang bisa kamu dapatkan secara gratis tanpa harus berlangganan.

Tulis Identitas Diri Seperlunya

Identitas diri adalah hal mendasar dalam setiap pembuatan daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan. Meski demikian, sebaiknya hindari menuliskan informasi yang berlebihan, yang tidak perlu ada di dalam CV.

Biasanya, dalam cara membuat CV, cukup cantumkan nama lengkap, kontak berupa nomor handphone dan email, akun media sosial, serta pendidikan. Dengan kata lain, informasi lain seperti alamat, tempat tanggal lahir, golongan darah, hobi, dan agama bisa kamu lewatkan.

Informasi data diri tersebut bisa kamu sertakan dalam CV apabila mendapatkan permintaan khusus dari perusahaan perekrut pekerja.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Ganti Background Biru Pas Foto, Sudah Coba?

Cantumkan Pengalaman Bekerja

CV atau daftar riwayat hidup tidak hanya berisi informasi pribadi saja, tetapi juga pengalaman bekerja sebelumnya. Bagaimana pun juga, perusahaan atau rekruter harus mendapatkan informasi latar belakang pekerjaan apakah sesuai dengan posisi yang kamu lamar atau tidak.

Pengalaman pekerjaan dalam CV harus jelas karena merupakan instrumen terpenting. Agar terlihat menarik, sebaiknya cantumkan pengalaman secara runtut dan jelas. Pengalaman terakhir atau terbaru bisa kamu tuliskan di paling atas. Sertakan nama perusahaan, tahun bekerja, dan deskripsi pekerjaan dengan jelas dan singkat.

Untuk kamu yang baru lulus sekolah atau kuliah dan tidak memiliki pengalaman bekerja, tidak perlu berkecil hati. Kamu bisa mencantumkan pengalaman magang selama masih menempuh pendidikan. Sertakan juga tugas dan peran selama menjalani masa magang.

Jika ada, kamu juga bisa menyertakan pengalaman organisasi. Termasuk jabatan dan tugas saat bergabung di organisasi tersebut.

Jangan Lupa Cantumkan Kemampuan dan Keahlian Diri

Sebenarnya, cara membuat CV tidak sesulit yang kamu bayangkan. Yang terpenting adalah kamu tahu dengan pasti informasi apa saja yang harus dicantumkan agar rekruter mendapatkan informasi yang jelas tentang siapa yang melamar pekerjaan.

Setiap individu pasti punya kemampuan dan keahlian. Jadi, jangan ragu untuk menyertakannya di dalam daftar riwayat hidup yang akan kamu buat. Ini juga menjadi poin lain yang tidak kalah penting. Sertakan kemampuan dan keahlian yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Kemampuan yang bersifat umum akan lebih baik untuk dihindari. Artinya, kamu tidak perlu menuliskan beberapa kemampuan umum, seperti pekerja keras, jujur, atau lainnya. Mengapa? Orang lain yang akan menilai kemampuan tersebut. Jadi lebih baik sertakan kemampuan dan keahlian yang khusus, misalnya menulis konten, desain web, videografi, edit foto, atau lainnya.

Tulis Pencapaian

Salah satu cara membuat CV yang tidak boleh kamu lewatkan adalah mencantumkan pencapaian yang pernah kamu buat dalam bekerja. Pencapaian tersebut harus relevan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar. Sehingga perusahaan akan lebih yakin untuk memilih kamu sebagai kandidat yang paling potensial.

Pastikan untuk Mengecek Tata Bahasa

Dalam penulisan daftar riwayat hidup, kamu harus memastikan bahwa tidak ada kesalahan penulisan maupun tata bahasa. Oleh sebab itu, cek kembali CV yang sudah kamu buat. Baca perlahan atau gunakan tool yang bisa membantu mengecek kesalahan penulisan dan tata bahasa secara otomatis.

Gunakan Font Profesional

Apa yang kamu pikirkan apabila mendapatkan surat resmi yang ditulis dengan font yang tidak profesional? Sebagai salah satu cara membuat CV menarik, gunakan font profesional.

Hal tersebut akan membuat kamu tampak profesional dan rekturer bisa membaca seluruh isi CV tanpa mengalami kesulitan. Times New Roman, Calibri, atau Arial bisa menjadi pilihan font yang tepat dalam membuat daftar riwayat hidup.

Manfaatkan Aplikasi Pembuat CV

Saat mengetikkan kata kunci yang relevan, kamu akan mendapatkan banyak opsi CV builder yang memungkinkanmu membuat CV secara online, baik gratis maupun berbayar.

Nah, cara ini banyak dimanfaatkan oleh orang-orang di zaman sekarang. Pilih aplikasi yang kredibel dan menawarkan cara membuat CV yang sederhana namun menawarkan berbagai template profesional.

Sehingga kamu akan sangat terbantu dalam membuat CV yang sesuai dengan standar rekruter. Sebagai pencari kerja, penting untuk mendapatkan peluang dilirik oleh rekruter, mulai dari CV yang menarik.

Buat Nama File secara Profesional

Sudah tahu kan cara membuat CV yang menarik? Setelah selesai membuat CV, pastikan penamaan file dibuat secara profesional. Gunakan nama yang menggambarkan identitas dan dokumen yang akan kamu kirimkan kepada rekruter.

Biasanya, daftar riwayat hidup disimpan dan dikirim dalam format PDF. Format tersebut akan lebih mudah dibuka dan dibaca di berbagai perangkat sehingga minim risiko terjadinya error. Tetapi, jika perusahaan meminta CV dalam format lain, kamu bisa menyesuaikannya dengan permintaan tersebut.

Beberapa cara membuat CV di atas akan sangat membantu terutama bagi pemula yang belum memiliki pengalaman dalam membuatnya. Namun, jika kali ini kamu merasa akan lebih baik membuka usaha sendiri dibandingkan bekerja dengan orang lain sebagai pegawai, apakah itu artinya kamu akan membuat PT?

Jika benar, sebaiknya hubungi Optimaise sekarang juga untuk mendapatkan jasa pembuatan PT Perorangan. Jadi, kamu selangkah lebih dekat dalam mewujudkan impian, yaitu memiliki usaha sendiri.

Baca Juga

Optimaise