SEOEdukasiTips

6 Tips Menjadi Seorang SEO Lead Profesional

Deric

SEO lead cover

SEO lead adalah posisi yang sangat penting di dalam sebuah tim SEO. Ia tidak hanya bertanggung jawab dalam memimpin tim untuk menyusun strategi optimasi terbaik Tak hanya itu, kamu juga akan bertanggung jawab untuk membimbing tim spesialis SEO yang pastinya akan sangat membutuhkan ilmu dan kepemimpinanmu.

Untuk menjadi seorang pemimpin tim SEO yang handal, tentunya kamu harus memiliki pengalaman dan ilmu yang memadai. Selama karir saya sebagai seorang SEO specialist, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menjadi seorang SEO lead profesional.

Jadilah SEO Lead yang Bisa Memberikan Panduan untuk Tim SEO Pemula

Jadilah SEO Lead yang Bisa Memberikan Panduan untuk Tim SEO Pemula
Jadilah SEO Lead yang Bisa Memberikan Panduan untuk Tim SEO Pemula

Membantu anggota baru dalam tim SEO adalah tugas yang teramat penting bagi seorang SEO lead. Peranan tersebut memberikanmu pengalaman untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinanmu, dan kamu juga dapat berbagi pengetahuanmu serta membantu orang lain belajar dan tumbuh.

Ini menunjukkan bahwa kamu dapat menjelaskan hal-hal dengan baik, memberikan umpan balik yang membantu, dan meningkatkan standar kerja tim. Selain itu, hal tersebut juga mencerminkan kepedulianmu terhadap kesuksesan tim. Kualifikasi di atas sudah pasti menjadi poin yang paling dicari bagi oleh perusahaan yang membutuhkan seorang SEO lead profesional.

Berikut beberapa contoh praktis dari hal-hal yang saya lakukan di awal karir saya untuk membantu membimbing anggota junior tim yang bisa kamu coba juga:

  • Mengadakan sesi makan siang bersama sekaligus untuk membahas tentang topik terkait SEO dan berbagi studi kasus dari pekerjaan yang telah kamu lakukan
  • Membuat dokumen proses untuk anggota junior tim untuk menunjukkan kepada mereka bagaimana menyelesaikan tugas-tugas tertentu terkait pekerjaanmu
  • Menyusun daftar alat dan sumber daya favoritmu untuk anggota junior tim, dan
  • Membuat dokumen onboarding untuk intern yang bergabung dengan perusahaan

Mencari Tahu Mengenai Jalur Karir dari SEO Lead Lainnya

Mencari Tahu Mengenai Jalur Karir dari SEO Lead Lainnya
Mencari Tahu Mengenai Jalur Karir dari SEO Lead Lainnya

Seorang SEO lead yang profesional tentunya sudah memiliki jalur karir yang akan ia targetkan selanjutnya. Karena dengan demikian, ia bisa menentukan tindakan apa saja yang dibutuhkan untuk mengumpulkan pengalaman yang dibutuhkan untuk membangun karirnya. Nah, mencari tahu mengenai jalur karir dari pemimpin SEO lainnya adalah cara yang paling saya rekomendasikan.

Baca juga: 6 Cara Memulai Profesi Ghostwriting untuk Pemula

Untuk memata-matai jalur karir dari pimpinan SEO tersebut bisa kamu lakukan cukup dengan mengetikkan “SEO Lead” pada kolom pencarian di platform LinkedIn. Saya menggunakan metode ini untuk memahami bagaimana pemimpin SEO favorit saya dan orang-orang di agensi Optimaise menavigasi perjalanan mereka dari peran junior ke karir senior.

Dengan menggunakan profil SEO lead panutan, saya memutuskan bahwa langkah berikutnya dalam karir saya harus menjadi Manajer SEO, dan suatu saat, saya perlu mendapatkan pengalaman dengan agensi media yang lebih besar sehingga saya bisa bekerja untuk memimpin kampanye SEO dengan merek-merek ternama.

Bekerjasama dengan Merek-Merek Besar

Bekerjasama dengan Merek-Merek Besar
Bekerjasama dengan Merek-Merek Besar

Untuk menjadi seorang SEO lead yang handal dan memimpin proyek penting untuk brand ternama tentunya tidak cukup hanya dengan datang ke pertemuan bulanan secara rutin. Kamu membutuhkan pengalaman yang cukup untuk meyakinkan manager atau pihak perekrut bahwa kamu adalah sosok pemimpin tim SEO yang mereka butuhkan.

Berikut adalah beberapa saran dari saya yang bisa kamu terapkan:

  • Kamu bisa menjadikan perusahaan-perusahaan kecil sebagai klien untuk mengumpulkan prestasi dalam bidang SEO. Bangunlah rekam jejak yang kuat dan baik dengan perusahaan-perusahaan tersebut untuk meningkatkan value-mu.
  • Bagikan prestasi yang sudah kamu peroleh dengan perusahaanmu, dengan demikian, pihak manajemen senior pun akan mempertimbangkan posisi yang lebih strategis untukmu
  • Pada saat evaluasi kinerja, sampaikan kepada manajer bahwa kamu ingin bekerja pada kampanye yang lebih besar dan mengambil lebih banyak tanggung jawab. Permintaan ini akan berhasil jika kamu menunjukkan prestasi di 3 tahap sebelumnya.

Jika belum ada kesempatan untuk bekerja dengan merek besar di pekerjaanmu saat ini, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan baru di di perusahaan yang mengusung brand terkenal. Ini adalah yang saya sadari sebagai langkah yang perlu diambil jika ingin mendapatkan lebih banyak pengalaman.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi perekrut di LinkedIn untuk memberikan informasi terbaru tentang merek atau agensi mana yang sedang merekrut. Tanyakan kepada mereka jika ada kesenjangan keahlian di resume-mu yang bisa mencegahmu mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan tersebut.

Mengidentifikasi Aspek-aspek Keahlianmu yang Kurang Memadai

Mengidentifikasi Aspek-aspek Keahlianmu yang Kurang Memadai
Mengidentifikasi Aspek-aspek Keahlianmu yang Kurang Memadai

Sepanjang karir saya sebagai seorang SEO lead,mengevaluasi kekurangan dari segi keahlian bisa sulit dilakukan. Saya menemukan cara terbaik untuk mengidentifikasinya di awal karir saya adalah dengan bertanya kepada orang lain—khususnya para perekrut. Mereka memiliki pengetahuan tentang industri dan biasanya cukup jujur tentang hal-hal yang perlu saya tingkatkan.

Dari situ, saya menyadari bahwa saya kurang pengalaman bekerja dengan tim lain—seperti tim PR, sosial, dan pengembangan. Saat sedang menjabat menjadi seorang junior SEO, tentunya pikiranmu fokus 99% pada melakukan optimasi SEO, tetapi ketika kamu menjadi lebih senior, integrasimu dengan tim lain penting untuk kesuksesanmu.

Karena itu, seorang SEO lead yang berintegritas wajib memiliki pengetahuan yang baik tentang bagaimana tim lain di luar SEO beroperasi. Jika kamu meluangkan waktu untuk hal ini, tentunya itu akan memberikan manfaat besar nantinya dalam kariermu.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi kesenjangan keahlian atau skill gap-mu adalah:

  • Jika ada tim lain di perusahaanmu, mintalah untuk melakukan pelatihan onboarding dengan mereka.
  • Kenali pemimpin tim lain di perusahaanmu dan pelajari bagaimana cara mereka bekerja.
  • Ikuti kursus pelatihan untuk mempelajari dasar-dasar disiplin lain yang melengkapi SEO, seperti Python, SQL, atau pembuatan konten.

Mengidentifikasi dan melakukan tindakan lanjut untuk menjembatani skill gaps yang kamu miliki adalah langkah yang sangat penting. Tak hanya hal tersebut bisa membantu karirmu sebagai seorang SEO lead, kamu juga bisa mencegah dirimu dibayar terlalu rendah oleh perusahaan atau pengusaha.

Kamu juga bisa mengejar skill gaps tersebut dengan memperbanyak pengetahuan mengenai SEO. Salah satunya adalah dengan membaca kumpulan panduan belajar SEO dari Optimaise. Dengan bertambahnya pengetahuan dan kehalian pastinya bisa membantumu meningkatkan value sebagai SEO lead yang bisa diandalkan.

Bagikan Kemenangan dengan Tim

Bagikan Kemenangan dengan Tim
Bagikan Kemenangan dengan Tim

Sebagai seorang junior di perusahaan manapun, membuat suaramu didengar di kalangan pakar SEO yang lebih senior bisa menjadi tantangan tersendiri. Tapi, kamu bisa melakukan tips yang sudah terbukti sukses, yaitu mengabarkan dan merayakan kemenangan proyekmu bersama tim. Dengan demikian, tidak hanya hal tersebut bisa mengangkat semangat seluruh anggota timmu, pihak atasan senior pun pastinya akan lebih mungkin untuk memperhatikan kinerjamu. Sebagai contoh, sepuluh tahun yang lalu, saya membagikan prestasi saya dengan tim dalam email grup mingguan di kantor.

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya kamu bagikan:

  • Pujian dari pihak ketiga, misalnya “klien mengatakan bahwa mereka terkesan dengan hasil kerja bulan ini.”
  • Wawasan kinerja yang berhasil, misalnya “setelah perubahan SEO kami, klien melihat peningkatan konversi sebesar X% bulan ini.”
  • Contoh dari pekerjaan yang kamu pimpin, misalnya jika kepemimpinan dan keputusanmu menghasilkan hasil yang baik, maka kamu perlu membagikannya.

Di Optimaise, saya menyimpan dokumen “prestasi” untuk menyimpan rekaman keberhasilan yang sudah dicapai oleh tim SEO yang saya pimpin. Dokumen tersebut berupa spreadsheet sederhana yang mencantumkan umpan balik tentang postingan blog yang saya tulis, tautan yang saya peroleh, dan newsletter mana saja yang memuat postingan saya. Kamu juga bisa menjadikan ini sebagai inspirasi yang sekaligus berfungsi sebagai spreadsheet.

Manfaatkan Media Sosial untuk Membangun Personal Branding-mu

Manfaatkan Media Sosial untuk Membangun Personal Branding-mu
Manfaatkan Media Sosial untuk Membangun Personal Branding-mu

Membagikan keahlianmu di platform media sosial seperti LinkedIn dan X (Twitter) bisa menjadi salah satu cara termudah untuk meningkatkan peluangmu mendapatkan posisi sebagai SEO lead. Karena, percayalah atau tidak, kadang-kadang tawaran pekerjaan bisa kamu peroleh dari satu (atau dua) pesan dari platform medsos tersebut.

Kamu bisa membagikan ide-ide yang berkaitan dengan kemahiranmu dengan cara berikut:

  • Bagikan pendapatmu tentang topik yang sedang tren – seperti pembaruan algoritma terbaru dari Google
  • Bagikan apa yang kamu pelajari selama menjalankan sebuah campaign oleh perusahaan, atau
  • Ajukan pertanyaan kepada komunitas untuk mendapatkan pandangan mereka tentang suatu topik tertentu.

Itulah beberapa tips mengenai cara menjadi seorang SEO lead yang saya harapkan berguna untukmu. Dalam merancang strategi SEO, memang membutuhkan kelihaian dan kepiawaian dari seorang pemimpin yang tepat. Percayakan kebutuhan optimasi situsmu dengan menggunakan jasa SEO dari Optimaise. Tim kami yang solid mampu meramu strategi optimasi terbaik untuk mendongkrak peringkat situsmu.

Baca Juga

Optimaise