TipsEdukasi

4 Cara Mudah Menggunakan Ads Library Platform Meta dan Google

Tiara Motik

4 Cara Mudah Menggunakan Ads Library Platform Meta dan Google

Tingkat persaingan di platform periklanan, seperti Youtube, Facebook, dan Instagram semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah pengiklan baru. Ini telah membuat biaya iklan melonjak dan membuat lingkungan periklanan semakin kompetitif.

Sebagai contoh, Meta sebagai perusahaan induk Facebook melaporkan ada peningkatan 18% dalam biaya per seribu tayangan atau CPM iklan Facebook tahun lalu. Namun, bagi para pengiklan yang ingin tetap bersaing, ada sebuah tools yang masih jarang untuk dimanfaatkan, yakni Meta Ads Library dan Google Ads Library.

Dengan ini, kamu dapat melihat iklan apa yang dijalankan oleh pesaingmu dan mendapatkan inspirasi untuk kampanyemu sendiri. Kamu juga dapat dengan mudah menemukan iklan teks, gambar, dan video untuk membantumu merancang kampanye yang lebih efektif.

Artikel ini akan membahas beberapa langkah mudah untuk mengakses Ads Library di Meta dan Google, serta bagaimana kamu dapat memanfaatkannya secara maksimal untuk meningkatkan kinerja periklananmu. Mari kita mulai dengan menjelajahi Ads Library ini untuk menggali informasi berharga dan unggul dalam pengiklanan!

Apa itu Ads Library?

Manfaat Menggunakan Ads Library
Manfaat Menggunakan Ads Library

Ads Library adalah sebuah fitur atau tools yang disediakan oleh beberapa platform, seperti Google dan media sosial di bawah naungan Meta yang mencakup Facebook dan Instagram. Tools ini memungkinkan setiap penggunanya untuk melihat dan mencari iklan yang sedang berjalan.

Tujuan utama dari fitur ini adalah untuk memberikan transparansi tentang iklan berbayar yang dijalankan oleh berbagai merek kepada pengguna dan publik secara umum. Contoh yang paling populer dari Ads Library adalah Meta Ads Library dan Google Ads Library.

Facebook Ads Library secara resmi dikenal sebagai Meta Ads Library adalah alat gratis di mana kamu dapat mencari dan melihat iklan aktif dan lama dari berbagai pengiklan di platform Meta.

Awalnya, tools ini diluncurkan pada tahun 2018 untuk melacak iklan yang berkaitan dengan masalah politik dan sosial. Namun seiring waktu, cakupannya diperluas untuk mencakup semua jenis iklan yang ada di platform Meta.

Sama halnya dengan Meta, Google juga memiliki fitur serupa yang dikenal sebagai Google Pusat Transparansi Iklan. Fitur ini dirancang untuk meningkatkan transparansi bagi pengguna dengan memungkinkan mereka untuk mencari dan melihat iklan yang dijalankan di platform Google, seperti pencarian Google dan jaringan iklan Google lainnya, seperti YouTube.

Manfaat Menggunakan Ads Library

Manfaat Menggunakan Ads Library
Manfaat Menggunakan Ads Library

Ads Library memiliki peran krusial dalam ranah pemasaran digital karena memberikan sejumlah manfaat berharga bagi para pengiklan dan pemasar. Berikut adalah beberapa manfaat utama menggunakannya:

  1. Dengan Ads Library pengguna dapat melihat iklan yang dipublikasikan oleh pesaing mereka. Ini memungkinkan pemasar untuk mendalami strategi pemasaran yang digunakan oleh pesaing, termasuk jenis iklan yang digunakan, pesan yang disampaikan, dan audiens yang ditargetkan. Dengan informasi ini, pemasar dapat mengoptimalkan strategi mereka sendiri dan bersaing lebih efektif.
  2. Dapat menjadi sumber inspirasi bagi para pengiklan yang mengalami kebuntuan. Dengan menjelajahi berbagai jenis iklan yang kreatif dari berbagai merek, pengguna dapat menemukan ide-ide baru untuk kampanye mereka. Ini membantu mereka untuk tetap inovatif dan relevan.
  3. Tools ini memungkinkan pengguna untuk mengevaluasi kinerja iklan yang telah berjalan dengan melihat metrik seperti jumlah tayangan, interaksi, dan respons dari audiens. Evaluasi ini membantu pengiklan untuk memahami seberapa efektif iklan mereka dan membuat penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja mereka di masa mendatang.
  4. Dalam dunia digital marketing yang cepat berubah, penting untuk tetap up-to-date dengan tren terbaru. Tools ini memungkinkan pengguna untuk memantau tren dengan melihat iklan terbaru yang dipublikasikan oleh berbagai merek. Ini membantu mereka untuk mengidentifikasi tren yang sedang berkembang dan menyesuaikan strategi pemasaran mereka secara sesuai.
  5. Menciptakan transparansi dan akuntabilitas dengan membuat iklan yang diunggah oleh pengiklan tersedia untuk publik. Ini membantu mencegah penyebaran iklan yang menyesatkan atau merugikan masyarakat. Bahkan, platform Meta Ads Library di Facebook juga memungkinkan pengguna untuk melihat iklan yang terkait dengan isu politik, sosial, dan pemilu.

Baca juga: 4 Cara Menemukan dan Menggunakan Negative Keywords di Google Ads

Keberadaannya memberikan transparansi yang lebih besar dalam hal iklan yang memiliki potensi memengaruhi opini masyarakat. Dengan demikian, tools ini bukan hanya menjadi alat penting bagi pengiklan dan pemasar dalam merencanakan dan melaksanakan kampanye mereka, tetapi juga berperan dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam ekosistem digital marketing.

Cara Menggunakan Ads Library

Cara Menggunakan Ads Library
Cara Menggunakan Ads Library

Jika kamu ingin memanfaatkan Ads Library di platform Meta, seperti Facebook dan Instagram dan Google untuk meningkatkan strategi periklananmu, langkah pertama yang perlu kamu lakukan sudah pasti adalah memahami cara menggunakan kedua platform tersebut.

Seperti yang telah kamu ketahui, alat ini sangat berguna dalam menelusuri dan menganalisis iklan yang berjalan di kedua platform tersebut. Dengan demikian, berikut ini, kita akan membahas cara menggunakan Ads Library di Meta dan Google secara efektif.

Sehingga kamu dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan wawasan berharga tentang strategi periklanan pesaingmu, menemukan ide-ide kreatif baru, dan mengoptimalkan kinerja kampanyemu. Mari kita mulai dengan memahami langkah-langkah yang diperlukan untuk mengakses dan menggunakan Ads Library di kedua platform tersebut.

Cara Menggunakan Meta Ads Library

Cara Menggunakan Meta Ads Library
Cara Menggunakan Meta Ads Library

Melalui Meta Ads Library, kamu dapat melihat iklan yang dijalankan oleh berbagai pengiklan, termasuk kompetitormu, serta mendapatkan wawasan tentang jenis iklan yang digunakan, pesan yang disampaikan, dan audiens yang dituju. Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu ambil untuk menggunakan tools ini dengan efektif.

Cara Mengakses Meta Ads Library

Cara Mengakses Meta Ads Library
Cara Mengakses Meta Ads Library
  1. Akses Meta Ad Library melalui tautan https://www.facebook.com/ads/library.
  2. Setelah berhasil masuk, kamu akan melihat bilah pencarian. Pilih negara di mana iklan tersebut ditayangkan dan pilih opsi “All Ads” dari menu drop-down di sebelahnya.
  3. Ketikkan nama bisnis, topik, atau keyword tertentu yang ingin kamu telusuri di bilah pencarian.
  4. Setelah melakukan pencarian, kamu akan melihat hasil yang relevan. Telusuri hasil pencarian untuk menemukan iklan yang sesuai dengan kueri.
  5. Klik pada salah satu hasil untuk melihat detailnya. Setiap hasil pencarian akan berisi informasi tentang iklan yang berbeda, seperti status iklan, tanggal mulai dan berakhirnya iklan, platform iklan ditayangkan meliputi Facebook atau Instagram, dan kategori iklan.
  6. Di bawah setiap iklan dalam Meta Ads Library, kamu akan menemukan tombol “See ad details“. Klik tombol ini untuk melihat variasi iklan yang berjalan, termasuk melihat media, judul, deskripsi, atau ajakan bertindak yang berbeda.

Cara Menggunakan Meta Ad Library untuk Menemukan Pesaing dan Ide

Cara Menggunakan Meta Ad Library untuk Menemukan Pesaing dan Ide
Cara Menggunakan Meta Ad Library untuk Menemukan Pesaing dan Ide
  1. Akses Meta Ad Library melalui tautan yang disediakan.
  2. Setelah masuk, pilih negara yang menjadi target iklan pesaingmu. Kemudian, ketikkan nama bisnis mereka di bilah pencarian.
  3. Setelah mengetikkan nama bisnis pesaingmu, kamu akan melihat hasil pencarian yang relevan. Telusuri hasil pencarian untuk menemukan iklan-iklan yang terkait dengan bisnis tersebut.
  4. Klik pada iklan yang ingin kamu teliti lebih lanjut untuk melihat detailnya. Kamu dapat melihat informasi, seperti teks iklan, gambar atau video yang digunakan, dan tautan ke halaman Facebook atau Instagram mereka.
  5. Kamu juga dapat menggunakan filter untuk menyaring iklan berdasarkan kriteria tertentu, seperti bahasa, periode waktu, atau platform yang digunakan.

Telusuri iklan-iklan pesaingmu untuk mendapatkan wawasan tentang strategi kreatif mereka. Perhatikan teks, gambar, dan video yang mereka gunakan, serta periode waktu di mana iklan tersebut ditayangkan, seperti selama hari libur atau periode promosi tertentu.

Kamu dapat melakukan riset yang efektif terhadap iklan Facebook dan Instagram dari pesaingmu dan menggunakan informasi ini untuk kampanye iklanmu.

Cara Menggunakan Google Ads Library

Cara Menggunakan Google Ads Library
Cara Menggunakan Google Ads Library

Melalui Google Pusat Transparansi Iklan yang berperan sebagai Ad Library ini, kamu dapat mengakses informasi tentang iklan yang sedang berjalan di platform Google, termasuk iklan yang ditayangkan dalam hasil pencarian Google dan di berbagai situs mitra yang terhubung dengan jaringan iklan Google.

Kamu dapat menelusuri iklan berdasarkan keyword, nama merek, atau topik tertentu. Kamu juga dapat melihat detail iklan, seperti teks iklan, link yang terhubung, serta gambar atau video yang digunakan. Untuk menggunakannya, pertama-tama kamu perlu mengetahu cara mengaksesnya berikut ini.

Cara Mengakses Google Ads Library

Cara Mengakses Google Ads Library
Cara Mengakses Google Ads Library
  1. Buka Google Pusat Transparansi Iklan.
  2. Untuk menjelajahi iklan melalui fitur ini, kamu dapat melakukan pencarian berdasarkan nama pengiklan atau URL situs web. Sebagai contoh, jika kamu ingin mencari iklan dari perusahaan pakaian Gap, tambahkan “.com” di belakangnya.
  3. Di dalam Google Pusat Transparansi Iklan, terdapat empat filter yang dapat membantumu menemukan iklan yang kamu cari:
    • Kapan saja“, gunakan filter ini untuk membatasi hasil pencarianmu ke rentang waktu tertentu, seperti 30 hari terakhir. Ini membantumu untuk mendapatkan inspirasi iklan terbaru atau untuk mencari iklan yang terkait dengan periode waktu tertentu, seperti Hari Valentine.
    • Ditampilkan di …“, filter ini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan hasil pencarian berdasarkan negara tertentu. Pastikan untuk menyesuaikan pengaturan ini sesuai dengan kebutuhanmu, terutama jika kamu tertarik untuk melihat iklan yang ditayangkan di negara lain.
    • Semua format” memungkinkan kamu untuk mencari iklan berdasarkan format, seperti gambar, teks, atau video. Namun, disarankan untuk tetap menggunakan opsi default “semua format” untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih luas.
    • Semua topik“, filter terakhir ini memungkinkan kamu untuk memilih apakah ingin mencari semua iklan atau hanya iklan politik. Jika kamu tidak sedang mencari iklan politik, disarankan untuk memilih opsi “semua topik”.

Baca juga: Cara Daftar Google AdSense: 6 Hal yang Harus Kamu Ingat

Cara Menggunakan Google Ad Library untuk Menemukan Pesaing dan Ide

Cara Menggunakan Google Ad Library untuk Menemukan Pesaing dan Ide
Cara Menggunakan Google Ad Library untuk Menemukan Pesaing dan Ide
  1. Kunjungi situs web Google Pusat Transparansi Iklan dengan mengetik atau menyalin dan menempel URL berikut ke bilah alamat perambanmu https://transparencyreport.google.com/ads-library.
  2. Gunakan kotak pencarian di atas halaman untuk mencari nama pengiklan, misalnya Lululemon atau URL situs web mereka, dalam contoh ini “lululemon.com”.
  3. Kalau kamu tertarik dengan iklan yang ditargetkan pada negara atau wilayah tertentu, pastikan untuk memilihnya menggunakan filter negara atau wilayah.
  4. Setelah kamu melakukan pencarian, telusuri hasil untuk menemukan iklan-iklan yang relevan dengan pesaing atau topik yang kamu minati.
  5. Gunakan filter-fitur yang tersedia, seperti rentang tanggal, format iklan, dan topik untuk menyaring dan menganalisis iklan sesuai kebutuhanmu.
  6. Untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang iklan yang sedang berjalan, kamu bisa mengklik opsi “See all ads“. Ini akan memberikan akses ke ribuan contoh iklan yang sedang berjalan oleh pengiklan tersebut.
  7. Perhatikan berbagai jenis iklan, strategi kreatif, dan pendekatan yang digunakan oleh pengiklan tersebut. Analisislah iklan-iklan tersebut untuk memahami tren, teknik, dan taktik yang mereka terapkan.

Dengan menggunakan Google Ad Library, kamu memiliki akses ke berbagai iklan yang sedang berjalan di platform Google yang memungkinkan kamu untuk memantau aktivitas periklanan pesaingmu dan mendapatkan inspirasi untuk kampanyemu sendiri.

Ads Library dari Meta dan Google tidak hanya memberikan wawasan tentang aktivitas periklanan pesaing, tetapi juga memberikan inspirasi yang berharga untuk mengembangkan kampanye periklanan yang lebih efektif. Dengan memanfaatkan layanan sosmed management yang dari Optimaise, kamu dapat mengoptimalkan penggunaan data dari Ad Library untuk merencanakan, meluncurkan, dan mengelola kampanye periklananmu dengan lebih efisien di media sosial. Mari diskusikan dengan Optimaise hari ini dan tingkatkan visibilitas sosmedmu!

Baca Juga

Optimaise