Digital MarketingSEO

4 Strategi Small Business Marketing untuk Tingkatkan Visibilitas

Tiara Motik

4 Strategi Small Business Marketing untuk Tingkatkan Visibilitas

Penting bagi bisnis kecil, baik yang baru diluncurkan maupun yang telah berjalan, untuk memiliki kehadiran online yang kuat.

Strategi small business marketing yang tepat dapat membantu membangun bisnis kecil yang sukses tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Online marketing melalui situs web bisnis, media sosial, dan email dapat membantu bisnis menjangkau lebih banyak orang.

Jika kamu merasa kewalahan dengan pemikiran untuk membuat strategi small business marketing karena kurang pengalaman, jangan khawatir.

Gunakan strategi small business marketing berikut ini untuk meningkatkan visibilitas, membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, dan merencanakan pertumbuhan yang strategis.

Apa itu Small Business Marketing?

Apa itu Small Business Marketing
Apa itu Small Business Marketing?

Small business marketing adalah serangkaian strategi dan taktik yang digunakan oleh pemilik bisnis kecil untuk mempromosikan produk atau layanan mereka kepada target pasar yang tepat.

Pemasaran ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan menghasilkan prospek yang berkualitas untuk diubah menjadi penjualan.

Namun, bagi bisnis kecil, menyebarluaskan informasi dapat menjadi tantangan karena visibilitas yang terbatas dan sumber daya yang terbatas, seperti anggaran dan waktu.

Meskipun demikian, ada beberapa strategi yang dapat membantu meningkatkan upaya pemasaran bisnis kecilmu.

Apakah kamu menghadapi kendala anggaran, memiliki tim yang kecil, atau mengalami kekurangan arahan strategis? Rencana pemasaran yang tepat untuk bisnismu dapat membimbingmu seiring dengan pertumbuhan bisnismu.

Strategi Small Business Marketing dalam Meningkatkan Visibilitas

Strategi Small Business Marketing dalam Meningkatkan Visibilitas
Strategi Small Business Marketing dalam Meningkatkan Visibilitas

Di dalam dunia bisnis yang kompetitif, visibilitas adalah kunci untuk sukses bagi bisnis kecil. Strategi small business marketing yang tepat dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan menarik lebih banyak pelanggan potensial.

Dengan berbagai keterbatasan yang sering dihadapi oleh bisnis kecil, seperti anggaran terbatas dan sumber daya yang terbatas, penting untuk memiliki strategi pemasaran yang efektif dan efisien.

Dalam uraian berikut ini, kita akan menjelajahi berbagai strategi small business yang dapat membantu bisnis kecil meningkatkan visibilitas mereka dan mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Baca juga: Ini 9 Langkah Membuat Content Reporting Lengkap Template dan Contohnya

Kiat Visibilitas Online untuk Small Business Marketing

Kiat Visibilitas Online untuk Small Business Marketing

Pendekatan organik di dalam small business marketing tidak bergantung pada iklan berbayar, seperti yang dilakukan dalam iklan PPC (Pay per Click) di Google atau media sosial.

Sebaliknya, fokusnya adalah pada upaya yang membangun basis pengikut atau audiens dengan cara yang lebih alami dan tidak langsung memerlukan pembayaran untuk menjangkau target pasar.

Contoh dari pendekatan organik ini termasuk optimisasi SEO untuk meningkatkan peringkat situs webmu di dalam hasil pencarian, serta pemasaran konten dan pemasaran media sosial yang berfokus pada menciptakan konten yang bernilai bagi audiensmu.

Lakukan Optimasi Situs Web

Dengan memperoleh peringkat teratas di dalam hasil pencarian yang relevan, situs webmu akan lebih mungkin mendapatkan klik dari pengguna yang mencari informasi terkait.

Menurut Backlinko, situs web yang menduduki peringkat teratas dalam hasil pencarian Google rata-rata mendapatkan 27,6% dari total klik.

Dengan mengoptimalkan situs webmu untuk mencapai peringkat teratas di hasil pencarian, kamu dapat menarik lebih banyak traffic.

Baca juga: Temukan 15 Teknik SEO yang Efektif dalam Meningkatkan Traffic Organik

Untuk mencapai ini, kamu perlu memantau peringkat keyword, menerapkan taktik mobile SEO, dan menggunakan alat pengecek On-page SEO untuk mendapatkan ide konten, mengidentifikasi backlink potensial, dan memperbarui pengalaman pengguna situs webmu.

Buatlah Konten yang Berkualitas

Konten berkualitas adalah content marketing yang disusun dengan baik, akurat, dan relevan dengan tujuan pengunjung situs web.

Konten ini dirancang untuk memberikan jawaban yang dapat diandalkan atas pertanyaan pengguna dan mencakup topik yang sedang dicari ketika mereka meng-klik dari hasil pencarian.

Mengapa konten berkualitas sangat penting? Konten yang baik dapat membantu membangun kepercayaan pada bisnis kecilmu, meningkatkan konversi, seperti prospek atau pembelian, mempertahankan pelanggan, dan meningkatkan peringkat di mesin pencari.

Content marketing hadir dalam berbagai bentuk, seperti postingan blog, infografis, video, dan podcast. Untuk mengoptimalkan kontenmu, penting untuk menganalisis aspek-aspek, seperti berikut ini:

  1. SEO termasuk penggunaan kata kunci dan backlink.
  2. Keterbacaan dan nada suara, misalnya, formal atau santai.
  3. Orisinalitas, yakni bebas dari plagiarisme.

Publikasikan Studi Kasus

Publikasikan Studi Kasus

Studi kasus atau cerita pelanggan menjadi alat pemasaran yang menggambarkan bagaimana bisnismu membantu pelanggan dalam mencapai tujuan atau mengatasi tantangan.

Ia juga berfungsi sebagai bukti sosial, yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan potensial pada bisnismu. Biasanya, studi kasus terdiri dari tiga bagian utama:

  1. Tantangan yang dihadapi pelanggan.
  2. Solusi yang ditawarkan oleh bisnismu.
  3. Hasil yang dicapai oleh pelanggan setelah menggunakan produk atau layananmu.

Untuk membuat studi kasusmu lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan, pertimbangkan untuk mempublikasikannya di lokasi khusus di situs webmu.

Sebagai contoh, SEMrush memiliki halaman khusus untuk “Success Story” yang memungkinkan pengunjung untuk menyaring studi kasus berdasarkan industri, jenis klien, atau ukuran perusahaan, sehingga memudahkan prospek untuk menemukan studi kasus yang relevan bagi mereka.

Fokuslah Pada Local SEO

Fokuslah Pada Local SEO
Fokuslah Pada Local SEO

Selain meningkatkan traffic situs web, local SEO juga dapat mengarahkan kunjungan langsung ke lokasi fisik bisnismu.

Meskipun penting, local SEO tidak dapat menggantikan SEO standar. Sebaliknya, ini adalah strategi tambahan untuk small business marketing yang dirancang khusus untuk bisnis dengan kehadiran fisik.

Untuk mengoptimalkan local SEO, pertama-tama gunakan alat riset keyword untuk menemukan keyword lokal yang relevan untuk bisnis mu.

Selanjutnya, pastikan untuk mengoptimalkan Google Business Profile agar bisnismu muncul di Google Maps dan hasil pencarian lokal.

Terakhir, tambahkan bisnismu ke direktori lokal untuk meningkatkan jangkauan dan menjangkau pelanggan potensial di wilayahmu.

Manfaatkan Media Sosial

Manfaatkan Media Sosial
Manfaatkan Media Sosial

Melalui penggunaan social media marketing, kamu memiliki potensi untuk menjangkau lebih dari 5 miliar orang, termasuk pelanggan idealmu.

Namun, untuk memaksimalkan efektivitas pemasaran media sosialmu, penting untuk menggunakan saluran yang tepat.

Kamu dapat menggunakan tools, seperti Sprout Social dan BuzzSumo untuk menganalisis audiensmu dan mengetahui platform media sosial yang paling sering digunakan oleh mereka.

Melalui informasi ini, kamu dapat merencanakan strategi marketing yang lebih efisien. Untuk membangun kehadiran merek yang kuat di media sosial, pastikan untuk melakukan beberapa hal berikut:

  1. Mengoptimalkan profil media sosialmu dengan informasi bisnis yang akurat.
  2. Publikasikan postingan, story, dan reels secara teratur untuk mempertahankan keterlibatan dengan audiensmu.
  3. Selalu tanggapi chat dan komentar dari pelanggan, serta tinjau analisis media sosial untuk melihat kinerja kontenmu.

Libatkan Email Marketing

Libatkan Email Marketing
Libatkan Email Marketing

Melalui strategi email marketing, kamu dapat mempromosikan bisnis kecilmu melalui pengiriman buletin dan penawaran khusus melalui email kepada pelangganmu.

Membuat daftar email adalah langkah penting karena kampanye email marketing memiliki tingkat pengembalian investasi atau ROI tertinggi dibandingkan dengan channel marketing lainnya.

Salah satu keunggulan email marketing adalah kemampuannya untuk menjangkau kelompok pelanggan yang sangat spesifik dengan pesan yang personal.

Kamu dapat mengelompokkan pelanggan berdasarkan perilaku, seperti kebiasaan pembelian mereka, serta untuk memastikan pesanmu sampai ke mereka yang paling mungkin membuka, membaca, dan meresponsnya.

Misalnya, Gramedia Digital memberikan rekomendasi novel metropop terbaru koleksi mereka kepada pelanggan yang berlangganan email mereka.

Berpartisipasi di dalam Forum Online

Bergabung dan aktif di dalam forum online dapat menjadi cara yang efektif untuk memperkenalkan bisnis kecilmu kepada target pelanggan yang tepat.

Semakin aktif kamu berpartisipasi dalam forum, maka semakin besar kesempatanmu untuk:

  1. Meningkatkan visibilitas bisnismu.
  2. Membangun otoritas di dalam topik tertentu.
  3. Memunculkan minat pada bisnismu dan mendorong calon pelanggan untuk mencari tahu lebih lanjut.

Namun, penting untuk mengikuti pedoman forum dan fokus pada memberikan nilai tambah bagi anggota forum daripada sekadar melakukan promosi diri.

Berinvestasi di dalam Professional Branding

Citra brand yang kuat dapat membuat pelanggan lebih tertarik untuk membeli darimu dan merekomendasikan bisnismu kepada orang lain.

Kamu dapat menganggap merek sebagai identitas bisnismu yang mencakup elemen visual dan tulisan.

Untuk membangun identitas brand yang kuat di semua channel marketing, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Logo yang secara visual mencerminkan bisnismu.
  2. Tipografi dan warna yang digunakan dalam logo dan situs webmu.
  3. Pesan merek dan panduan gaya untuk memastikan konsistensi dalam berkomunikasi dengan pelanggan.

Gunakan Sistem CRM

Mungkin sebagian besar orang yang baru pertama kali terjun ke dalam dunia bisnis, masih merasa asing dengan berbagai istilah yang ada, seperti CRM ini.

CRM adalah software yang digunakan untuk melacak informasi tentang prospek dan pelangganmu, ia mirip dengan sebuah database pelanggan.

Ia membantumu mengelola hubungan dengan pelanggan dengan menyimpan informasi, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Beberapa contoh CRM yang bisa kamu gunakan, seperti Microsoft Dynamics 365, Salesforce, dan Zoho.

Kiat Periklanan dan Promosi untuk Small Business Marketing

Kiat Periklanan dan Promosi untuk Small Business Marketing
Kiat Periklanan dan Promosi untuk Small Business Marketing

Di dalam dunia bisnis yang kompetitif, periklanan dan promosi menjadi kunci untuk meningkatkan kesadaran merek dan mengembangkan bisnis kecilmu.

Dengan strategi yang tepat, kamu dapat mencapai audiens yang lebih luas dan memperoleh pelanggan baru. Berinvestasi dalam iklan, affiliate marketing, atau paket produk dan layanan yang menarik dapat membantumu mencapai tujuan pemasaranmu.

Telusuri Iklan Berbayar

Telusuri Iklan Berbayar
Telusuri Iklan Berbayar

Melalui iklan berbayar, kamu dapat meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan traffic ke situs webmu, dan mendorong konversi, seperti pembelian atau pendaftaran buletin.

Sebagai pemilik usaha kecil, kamu memiliki dua pilihan utama dalam platform periklanan:

  1. Platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn dapat membantumu menjangkau calon pelanggan saat mereka menelusuri konten di platform tersebut.
  2. Iklan PPC, seperti yang ditawarkan oleh Google Ads, memungkinkan kamu menargetkan calon pelanggan yang sedang mencari informasi atau produk yang sesuai dengan yang kamu tawarkan.

Kedua jenis iklan tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Iklan media sosial efektif untuk meningkatkan kesadaran merek dan menargetkan ulang pelanggan yang sudah menunjukkan minat pada bisnismu.

Di sisi lain, iklan PPC lebih cocok untuk menjangkau calon pelanggan yang sedang mencari produk atau layanan seperti yang kamu tawarkan.

Tawarkan Bundling Produk dan Layanan

Tawarkan Bundling Produk dan Layanan
Tawarkan Bundling Produk dan Layanan

Menggabungkan produk atau layanan yang saling melengkapi dapat mengundang pelanggan untuk melakukan pembelian lebih besar.

Ini tidak hanya meningkatkan average order value (AOV), tetapi juga memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Untuk membuat paket yang menarik bagi pelanggan, kamu dapat melakukan beberapa hal, seperti:

  1. Menyusun produk atau layanan yang sering dibeli pelanggan secara terpisah, sehingga mengundang mereka untuk melakukan seluruh pembelian dengan bisnismu.
  2. Menggabungkan produk terlaris dengan produk yang kurang populer, sehingga mendorong pelanggan untuk menjelajahi lebih banyak penawaran yang kamu miliki.
  3. Menambahkan item bonus ke produk atau layanan dasar, sehingga meningkatkan penjualan kepada pelanggan.

Contohnya, Holland Bakery menawarkan 6 paket kue berdasarkan jenis kue dan tema musiman yang dapat menjadi inspirasi bagi kamu dalam membuat paket produk atau layanan yang menarik bagi pelanggan.

Buatlah Program Affiliate Marketing

Di dalam program ini, afiliasi akan menerima imbalan berupa komisi untuk setiap penjualan yang berhasil mereka lakukan. Komisi ini bisa berupa persentase dari total penjualan atau biaya tetap, tergantung pada kesepakatan yang dibuat.

Menggunakan pemasaran afiliasi dapat menjadi cara cerdas untuk memasarkan produkmu, terutama jika kamu memiliki tim yang kecil dan anggaran yang terbatas.

Untuk membangun program afiliasi yang sukses, kamu perlu:

  1. Merekrut pelanggan yang sudah puas dan mendukung merekmu untuk menjadi afiliasi.
  2. Memberikan tracking link kepada afiliasi agar kamu dapat melacak penjualan yang terjadi melalui mereka.
  3. Memberikan materi affiliate marketing dan pesan brand yang dapat digunakan afiliasi dalam promosi mereka.

Kiat Networking dan Kolaborasi untuk Small Business Marketing

Kiat Networking dan Kolaborasi untuk Small Business Marketing
Kiat Networking dan Kolaborasi untuk Small Business Marketing

Melalui kolaborasi, kamu dapat saling mendukung dengan membagi sumber daya, ide, dan peluang pemasaran, sehingga memberikan dampak positif pada pertumbuhan bisnismu.

Di dalam dunia yang terus berubah ini, penting untuk membangun hubungan yang kuat dan saling menguntungkan dengan orang lain di dalam bisnismu.

Menghadiri atau Menyelenggarakan Acara

Mengikuti atau menyelenggarakan acara tatap muka dapat menjadi strategi small business marketing yang efektif untuk meningkatkan eksposur bisnis kecilmu.

Acara semacam itu juga dapat membantumu membangun hubungan yang lebih kuat dengan calon pelanggan.

Namun, perlu diingat bahwa mengikuti acara tatap muka dapat memakan banyak waktu dan biaya, lebih dari mengikuti acara virtual. Karena itu, penting untuk memilih acara dengan bijaksana.

Untuk menemukan acara yang sesuai dengan niche bisnismu, kamu dapat bergabung dengan kamar dagang lokal atau menggunakan database online di bidangmu untuk mencari acara yang relevan dan berpengaruh.

Berpartisipasi di dalam Pameran

Pameran dagang merupakan salah satu channel pemasaran tradisional yang memberikan kesempatan untuk mempromosikan bisnis, mengumpulkan prospek, menjalin hubungan dengan calon mitra bisnis, dan mengikuti tren bisnis kecil yang sedang berkembang.

Untuk memaksimalkan ROI dari pameran dagang, kamu dapat menggunakan tips berikut:

  1. Desain stan pameran yang menarik dan mengundang perhatian untuk menarik pengunjung.
  2. Persiapkan materi pemasaran yang informatif dan menarik untuk didistribusikan kepada calon pelanggan dan mitra potensial.
  3. Latihlah promosi singkat selama 30 detik untuk memperkenalkan bisnismu dengan jelas dan menarik minat pengunjung.
  4. Siapkan diri untuk mengumpulkan prospek dengan cara seperti scanning badges atau mengumpulkan kartu nama mereka.

Mensponsori Kegiatan Komunitas

Dengan mensponsori kegiatan komunitas, bisnis dapat tidak hanya meningkatkan kesadaran akan keberadaannya tetapi juga membangun kepercayaan dan koneksi dengan masyarakat yang merupakan pangsa pasar potensial.

Untuk menemukan gerakan atau organisasi komunitas yang tepat untuk didukung, carilah badan amal atau kelompok lokal yang bergerak dalam bidang yang sejalan dengan nilai atau misi bisnismu.

Periksa program-program yang mereka tawarkan untuk memastikan bahwa sponsormu akan bermanfaat bagi mereka dan juga sesuai dengan anggaran dan waktu yang kamu miliki.

Lakukan Cross Promote

Lakukan Cross Promote
Lakukan Cross Promote

Istilah cross promote merupakan strategi small business marketing di mana beberapa bisnis saling berkolaborasi untuk mencapai audiens yang lebih luas.

Biasanya, ini melibatkan bisnis yang memiliki audiens yang tumpang tindih atau saling melengkapi. Contoh yang bagus dari promosi silang adalah ketika beberapa merek, seperti yang ditunjukkan dalam reel Instagram NYX Cosmetics, melakukan giveaway bersama.

Dengan berkolaborasi, setiap merek dapat menjangkau audiens dari mitra mereka yang berpotensi menghasilkan lebih banyak pelanggan potensial daripada jika mereka melakukan promosi secara individual.

Kembangkan Kemitraan Strategis

Berdasarkan sistem kemitraan strategis, kedua perusahaan saling merujuk pelanggan dan saling mempromosikan layanan atau produk mereka.

Misalnya, jika kamu memiliki studio desain kecil yang fokus pada pembuatan situs web khusus, kamu dapat menjalin kemitraan strategis dengan agensi SEO atau content marketing.

Mereka dapat merujuk klien yang membutuhkan desain situs web kepadamu, sementara kamu merujuk klien yang membutuhkan layanan SEO atau konten kepada mereka.

Dengan demikian, kedua pihak saling menguntungkan dan dapat meningkatkan jumlah pelanggan serta penjualan masing-masing.

Kiat Perencanaan dan Pengembangan Strategis untuk Small Business Marketing

Kiat Perencanaan dan Pengembangan Strategis untuk Small Business Marketing
Kiat Perencanaan dan Pengembangan Strategis untuk Small Business Marketing

Perumusan rencana yang tepat membuatmu dapat mengidentifikasi tujuan, menentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya, dan mengalokasikan sumber daya dengan efisien.

Di dalam konteks pemasaran, ini berarti memahami pasarmu, menciptakan pesan yang relevan, dan memilih saluran pemasaran yang tepat.

Kembangkan USP yang Kuat

Untuk membedakan bisnismu dari pesaing, penting untuk mengembangkan unique selling proposition (USP) yang kuat. USP adalah apa yang membuat bisnismu unik dan menarik bagi pelanggan.

Ini bisa berupa harga yang lebih rendah, popularitas di kalangan pelanggan, lokasi yang strategis, layanan pelanggan yang superior, atau produk yang inovatif.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Google Local Pack Penting untuk Bisnis Lokal

Dalam menentukan USP yang tepat, kamu perlu melakukan riset pasar dan audiens. Pelajari apa yang diinginkan pelangganmu, apa yang memiliki nilai tertinggi dari bisnis sejenis, dan di mana pesaingmu kurang berhasil.

Lakukan Riset Pasar

Lakukan Riset Pasar
Lakukan Riset Pasar

Baik bisnis skala kecil ataupun skala besar sekalipun, riset pasar menjadi aktivitas yang penting dan harus dilakukan secara terus-menerus.

Ia membantumu untuk tetap kompetitif di pasar yang terus berubah dengan memahami perubahan dalam perilaku pelanggan, tren industri, dan persaingan dari bisnis sejenis.

Salah satu cara untuk melakukan riset pasar adalah menggunakan Market Explorer dari SEMrush yang dapat membantumu mengevaluasi ukuran pasar potensial, mengukur seberapa ramainya pasar, dan mengidentifikasi pesaing kunci.

Melalui informasi ini, kamu dapat mengidentifikasi peluang baru, melacak perubahan dalam perilaku pasar, dan mengukur kinerja bisnismu dibandingkan dengan pesaing.

Gunakan Analisis Data

Salah satu cara untuk melakukan analisis data adalah dengan menggunakan alat analisis situs web, seperti Google Analytics.

Google Analytics membantumu memahami bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs webmu. Di sini kamu dapat melacak berbagai metrik, seperti kunjungan pertama, user engagement, dan scroll depth.

Selain itu, kamu juga dapat mengonfigurasi peristiwa khusus untuk melacak konversi, seperti prospek dan pembelian.

Otomatisasi Tugas-tugas Kecil

Dengan mengotomatiskan tugas-tugas sederhana, kamu dapat fokus pada pengembangan small business marketing yang lebih kompleks. Mulai otomatisasi dari saluran pemasaran yang kamu gunakan dan waktu yang kamu miliki.

Misalnya, kamu dapat menggunakan software CRM untuk membantumu mengotomatiskan proses penjualan, seperti mengirim penawaran, mengelola prospek, dan melacak interaksi dengan pelanggan.

Dengan begitu, kamu dapat memiliki lebih banyak waktu untuk menganalisis hasil dan mengambil tindakan yang lebih strategis.

Melalui pemahaman akan konsep-konsep, seperti branding, periklanan, dan analisis data, pemilik usaha kecil dapat meningkatkan visibilitas, meningkatkan kesadaran merek, dan memperluas jangkauan pasar mereka.

Namun, untuk meraih kesuksesan penuh di dalam digital marketing, penting untuk memiliki dukungan ahli dalam menyusun strategi SEO. Dengan jasa SEO yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kecil, Optimaise dapat membantumu mengoptimalkan situs webmu dan mencapai tujuan pemasaranmu dengan lebih efisien. Jika kamu siap untuk meningkatkan visibilitas dan pertumbuhan bisnis kecilmu, jangan ragu untuk menghubungi Optimaise hari ini!

Baca Juga

Optimaise