Digital MarketingSEO

6 Alasan Mengapa Google Local Pack Penting untuk Bisnis Lokal

Siti Rohmah Noviah

Upaya optimasi bisa kamu targetkan untuk hasil pencarian lokal. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk mempelajari seperti apa Google Local Pack membantu bisnis lokal dan bagaimana cara memaksimalkannya.

SEO lokal adalah optimasi SEO yang dapat membantu bisnis muncul di hasil pencarian lokal di mesin pencari Google, termasuk Google Maps.

Agar tidak penasaran, simak artikel satu ini hingga selesai!

Mengenal Apa Itu Google Local Pack

Google Local Pack adalah fitur halaman hasil pencarian yang menampilkan halaman pertama berupa daftar bisnis lokal teratas. Kemudian, akan muncul beberapa informasi terkait lainnya, seperti lokasi geografi, jam buka, kontak, ulasan pelanggan, dan lainnya.

Dengan begitu, pengguna internet dapat mengklik hasil pencarian yang ditampilkan di layar perangkat mereka untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Mereka juga dapat membuka navigasi Google Maps apabila ingin mengunjungi lokasi fisik bisnis atau toko lokal yang mereka temukan di halaman pertama hasil pencarian.

Masih baru di dunia optimasi SEO? Artikel tentang panduan belajar SEO untuk pemula tampaknya cocok untuk kamu jadikan sebagai referensi.

Mengapa Google Local Pack Penting untuk Bisnis Lokal

Dengan memahami apa itu Google Local Pack, akan lebih mudah menemukan alasan mengapa bisnis lokal memerlukannya. Bagaimana dengan bisnis yang sedang kamu jalankan?

Terdapat beberapa alasan dibalik pentingnya local pack yang efektif untuk bisnis, di antaranya adalah:

Meningkatkan Visibilitas Online

Google Local Pack memerlukan banyak ruang di halaman hasil pencarian. Tentunya, hal tersebut tidak boleh diabaikan, bukan? Dari sudut pandang pengguna, mengapa mereka harus menghabiskan waktu untuk melihat hasil pencarian selanjutnya apabila yang dibutuhkan ada di depan mata?

Dengan demikian, bisnis kamu akan mendapatkan lebih banyak audiens apabila muncul di local pack. Hal tersebut tentu memberikan dampak baik untuk visibilitas online karena semakin banyak pengguna internet yang akan melihat situs web kamu tampil di hasil pencarian.

Memberikan Pengalaman Pengguna yang Baik

Pengguna bisa dengan cepat melihat apa yang mereka ingin tahu tentang bisnis yang muncul di hasil pencarian. Termasuk informasi jam buka, kisaran harga, rating, dan lainnya hanya melalui local pack tanpa harus mengklik halaman lain.

Hal inilah yang kemudian semakin memperkuat fitur local pack sebagai sumber daya bagi pengguna dengan search intent.

Baca Juga: Ketahui 4 Jenis Search Intent & Temukan Keyword Terbaik

Mendorong Pengguna Melakukan Tindakan

Sebagai pemula, kamu mungkin tidak begitu menyadari bahwa local pack termasuk call-to-action (CTA). CTA yang ada biasanya termasuk pemesanan secara online, menjadwalkan pertemuan, memanggil bisnis, dan masih banyak lagi.

Sehingga nantinya dapat mendorong pengguna untuk mengambil tindakan selanjutnya dalam pengalaman pembelian tanpa harus mengeluarkan upaya yang lebih. Jadi, Google Local Pack akan lebih cepat memberikan hasil nyata untuk bisnis.

Menarik Traffic

Muncul di pencarian lokal membantu bisnis menarik lebih banyak calon pelanggan potensial ke lokasi bisnis. Mengapa demikian? Pencarian lokal biasanya dilakukan oleh orang-orang sekitar tempat bisnis atau mereka yang sedang bepergian ke daerah tersebut.

Mereka ingin menemukan bisnis di tempat yang ingin mereka singgahi saat berada di suatu lokasi. Berdasarkan ReviewTrackers’ Local SEO report, sekitar 42 persen milenial yang melakukan pencarian lokal akan datang ke lokasi bisnis yang mereka cari.

Membangun Kredibilitas

Alasan lain mengapa Google Local Pack berperan penting untuk bisnis lokal adalah kemampuannya dalam membangun kredibilitas. Pelanggan seringkali mencari sinyal kepercayaan tertentu saat hendak membeli sesuatu, termasuk foto, posisi hasil pencarian Google, dan ulasan pengguna lain.

Google lokal menawarkan fitur rating dan ulasan pengguna. Sehingga akan membantu bisnis lokal membangun kredibilitas dan kepercayaan. Apabila pengguna bisa dengan jelas melihat suatu bisnis dengan rating tinggi dan ulasan positif di Google, bukan tidak mungkin mereka akan memilih bisnis kamu.

Memungkinkan Bisnis Lebih Unggul dari Kompetitor

Selain beberapa alasan di atas, Google Local Pack juga memungkinkan bisnis menjadi lebih unggul dari para kompetitor. Jadi, bisa memberikan lebih banyak peluang untuk mendapatkan pelanggan potensial dan ulasan positif dari mereka.

Kondisi tersebut akan membantu bisnis mempunyai nilai kompetitif yang tinggi sehingga semakin dipercaya pelanggan maupun calon pelanggan.

Cara agar Muncul di Google Local Pack

Sudah tahu kan pentingnya Google Local Pack untuk bisnis kamu? Tetapi, tidak ada jaminan bahwa bisnis tersebut akan selalu berada di posisi atau peringkat yang sama di mesin pencari.

Oleh sebab itu, pastikan kamu paham bahwa algoritma local SEO berbeda dengan algoritma pencarian Google lainnya. Local pack menekankan beberapa hal, yaitu:

  • Relevansi: apakah profil Google bisnis cocok dengan query pencari, artinya bisnis menyediakan produk atau jasa yang Google percaya sesuai dengan pencarian pengguna.
  • Jarak: seberapa jauh lokasi bisnis dari lokasi target pengguna.
  • Prominence: seberapa penting Google menilai bisnis kamu dalam hubungannya dengan pengguna.

Cara Optimasi Google Local Pack

Apabila bisnis kamu menargetkan audiens atau pembeli lokal, pastikan untuk menemukan cara tepat mengoptimasi Google Local Pack melalui beberapa cara berikut:

Lengkapi Informasi Bisnis

Agar bisnis muncul di hasil pencarian lokal dengan peringkat tinggi, pastikan untuk melengkapi informasi bisnis. Dengan begitu, akan semakin besar peluang mendapatkan keuntungan. Informasi yang kamu berikan harus akurat dan terkini.

Jadi, lengkapi beberapa informasi penting, termasuk:

  • Lokasi usaha
  • Kategori bisnis
  • Kontak
  • Atribut utama bisnis lainnya

Informasi-informasi tersebut membantu Google menentukan apakah bisnis kamu relevan dengan pencarian tertentu atau tidak.

Lakukan Riset Keyword

Selanjutnya, kamu bisa melakukan optimasi hasil pencarian lokal dengan melakukan riset keyword. Di pencarian lokal, keyword adalah kata kunci yang pengguna gunakan untuk melakukan pencarian dan menemukan yang mereka inginkan.

Dengan melakukan riset, kamu bisa mengetahui keinginan target pasar, terutama saat melakukan pencarian lokal. Tools dari Ahrefs bisa kamu gunakan untuk kebutuhan satu ini sehingga bisa membantu menemukan kata kunci yang tepat untuk digunakan di konten situs web.

Pernah mendengar istilah link building dalam SEO? Link building dikenal sebagai proses mendapatkan tautan ke sebuah situs dari beberapa situs lain.

Tautan tersebut dapat membantu membangun otoritas di mata Google. Itulah mengapa sebaiknya perhatikan dari mana tautan berasal. Akan lebih baik apabila situs kamu mendapatkan tautan dari situs yang relevan dengan industri atau niche kamu.

Ada banyak cara untuk mendapatkan backlink. Misalnya dengan membangun sumber yang dapat ditautkan, seperti panduan how to, video instruksi, atau infografik. Kamu juga bisa meminta situs web tertentu untuk menautkan konten mereka ke situs kamu.

Dengan tautan tersebut, Google akan melihat situs kamu dan turut membantu menemukan audiens lokal. Sehingga cocok untuk dilakukan sebagai cara optimasi Google Local Pack.

Verifikasi Lokal Bisnis

Sebagai pemilik bisnis, kamu harus memastikan keakuratan bisnis melalui proses verifikasi. Kunjungi Google My Business dan lakukan verifikasi lokasi dan selesaikan semua prosesnya. Bisnis lokal yang terverifikasi berpengaruh terhadap peringkat organik di Google Maps.

Dorong dan Respon Ulasan Pengguna

Ulasan pengguna berperan penting dalam bagaimana mesin pencari dan audiens melihat bisnis yang kamu jalankan. Kamu harus mendorong dan merespon ulasan dari para pengguna melalui beberapa cara berikut:

  • Minta feedback setelah pelanggan melakukan pembelian
  • Dekati pelanggan yang tidak merasa puas atau bahagia dengan produk atau jasa yang mereka pilih guna mencegah ulasan negatif yang berdampak pada bisnis
  • Apresiasi pelanggan, misalnya dengan mengucapkan terima kasih karena sudah memilih bisnis kamu dan kirim pesan follow-up setelah mereka memberikan ulasan
  • Sediakan tautan ulasan Google yang memudahkan pelanggan atau pengguna memberikan ulasan

Apabila pelanggan tidak mau memberikan feedback sesegera mungkin, jangan berhenti sampai disitu saja. Kamu bisa mengawasi dan merespon ulasan guna meningkatkan pengalaman pengguna. Misalnya dengan menggunakan Review Tool Management dari Semrush.

Kamu bisa melihat data real-time tentang perkiraan rating dan ulasan yang pengguna berikan.

Optimasi On-page SEO

Ingin mengoptimasi Google Local Pack? Jika iya, itu artinya kamu harus mempraktikan on-page SEO. Jika mesin pencari bisa mengidentifikasi situs kamu dengan mudah, hal tersebut akan meningkatkan peluang situs web agar muncul sebagai hasil yang relevan untuk pencarian lokal.

Mengingat pentingnya memperhatikan dan mengoptimalkan Google Local Pack untuk bisnis lokal, apa yang akan kamu lakukan?

Agar mendapatkan hasil maksimal dengan memulai langkah yang tepat, mengapa tidak menggunakan jasa profesional saja? Jasa SEO Malang terbaik dari Optimaise adalah pilihan tepat yang akan membantu upaya optimasi bisnis lokal kamu. Jadi, mengapa masih ragu?

Baca Juga

Optimaise