Digital MarketingSEO

Ketahui 15 Teknik SEO yang Efektif dalam Meningkatkan Traffic Organik

Tiara Motik

Ketahui 15 Teknik SEO yang Efektif dalam Meningkatkan Traffic Organik

Apakah kamu ingin meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke situs webmu melalui hasil pencarian Google?

Di dalam dunia SEO yang terus berubah, penting untuk terus menguji berbagai teknik SEO melalui eksperimen agar situs webmu tetap terlihat di halaman hasil pencarian yang relevan.

Teknik-teknik SEO berikut dapat membantumu mencapai salah satu atau lebih dari tujuan tersebut. Dengan menerapkan strategi SEO yang efektif, kamu dapat meningkatkan visibilitas situs webmu dan mendapatkan lebih banyak pengunjung secara organik.

Di dalam artikel ini, kita akan membahas teknik-teknik SEO paling efektif pada tahun 2024. Tak ketinggalan dengan memberikan tips dan strategi yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan kehadiran onlinemu dan mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Teknik SEO yang Efektif untuk Tingkatkan Traffic

Daftar Teknik SEO yang Efektif untuk Tingkatkan Traffic
Daftar Teknik SEO yang Efektif untuk Tingkatkan Traffic

Meningkatkan traffic situs web di dalam SERP bisa dibilang merupakan tujuan utama bagi setiap pemilik situs web. Untuk mencapai hal ini, diperlukan pemahaman yang baik tentang teknik-teknik SEO yang efektif.

Dengan begitu, situs webmu dapat muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian dan menarik lebih banyak pengunjung organik.

Uraian berikut ini akan membahas berbagai teknik SEO yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan traffic situs webmu, sehingga pada akhirnya akan membantumu untuk mencapai tujuan bisnis onlinemu.

Meniru Halaman Pesaing dengan Kinerja Terbaik

Meniru Halaman Pesaing dengan Kinerja Terbaik
Meniru Halaman Pesaing dengan Kinerja Terbaik

Untuk meningkatkan kinerja SEO situs webmu, penting untuk tidak mengandalkan asumsi semata tentang jenis konten yang akan sukses.

Sebaliknya, kamu dapat menggunakan taktik yang telah terbukti dengan meneliti halaman terbaik dari pesaingmu.

Ini memungkinkan kamu untuk menemukan strategi yang telah berhasil bagi mereka dan menciptakan konten yang lebih baik atau setidaknya sebanding.

Langkah pertama adalah membuka alat Organic Research SEMrush dan memasukkan URL pesaingmu. Setelah itu, kamu bisa melihat halaman-halaman pesaing yang mendapatkan traffic tertinggi.

Teliti halaman tersebut dengan seksama untuk mencari pola-pola yang mungkin menjadi kunci keberhasilannya.

Perhatikan apakah konten mereka lebih pendek atau lebih panjang, apakah sebagian besar berupa blog atau jenis konten lainnya, serta apakah mereka menggunakan banyak aset visual.

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantumu mengembangkan strategi konten yang lebih efektif. Selain itu, teknik SEO ini juga dapat membantumu menemukan pesaing baru yang sebelumnya tidak kamu pertimbangkan.

Analisis Keyword Gap

Analisis Keyword Gap
Analisis Keyword Gap

Analisis keyword gap dapat membantumu mengidentifikasi peluang baru untuk menarik lebih banyak traffic. Kamu dapat menggunakan tools Keyword Gap SEMrush untuk memulai.

Masukkan domainmu dan domain pesaing utamamu, lalu bandingkan hasilnya. Di bagian “Missing“, kamu akan melihat daftar keyword yang diperingkat oleh pesaingmu namun di situs webmu belum.

Kamu dapat membuat konten yang relevan dengan keyword ini untuk meningkatkan peringkatmu.

Dengan memahami lebih dalam tentang keyword yang diperingkat oleh pesaingmu, kamu dapat menemukan peluang untuk mengungguli mereka di dalam hasil pencarian.

Temukan Backlink Rusak Pesaing
Temukan Backlink Rusak Pesaing

Dalam meningkatkan otoritas situs webmu melalui backlink, kamu dapat menggunakan teknik pembuatan backlink rusak dari pesaingmu.

Ini melibatkan menemukan backlink yang rusak di situs web pesaingmu dan merekomendasikan situs webmu sebagai pengganti yang layak.

Pertama, masukkan domain pesaingmu ke dalam alat Backlink Analytics dan analisis domain tersebut. Klik tab “Indexed Pages” dan centang kotak “Broken Pages“.

Ini akan menampilkan halaman-halaman rusak dari situs web pesaingmu yang dapat menjadi peluang backlink untukmu. Klik pada jumlah backlink untuk melihat URL yang memiliki link yang mengarah ke halaman rusak tersebut.

Baca juga: 3 Langkah Menemukan dan Menghapus Unnatural Links Tuk Hindari Penalti

Cara ini akan membawamu ke daftar halaman yang menautkan ke halaman rusak pesaingmu. Selanjutnya, saring situs web yang memiliki tautan “Follow“. Inilah situs-situs yang bisa kamu ajak bekerja sama untuk menautkan ke situs webmu.

Manfaatkan Internal Link
Manfaatkan Internal Link

Internal link dari halaman satu ke halaman lain di situs webmu memiliki peran penting dalam SEO dan pengalaman pengguna.

Mereka membantu mesin pencari memahami struktur situs webmu, memberikan otoritas tambahan untuk meningkatkan peringkat, dan membantu pengunjung menemukan konten yang relevan.

Sebagai contoh, jika kamu ingin meningkatkan halaman yang menargetkan keyword “tag h1”, carilah halaman-halaman di situs webmu yang menyertakan keyword tersebut.

Jika halaman-halaman ini belum memiliki internal link ke halaman target yang kamu identifikasi, tambahkanlah link di tempat yang relevan dan masuk akal.

Kelola Backlink Profile
Kelola Backlink Profile

Tidak semua backlink baik untuk situs webmu dan beberapa link dapat menjadi berbahaya, terutama jika dianggap sebagai toxic backlink oleh Google.

Google biasanya akan mengabaikan toxic backlink yang mengarah ke situs webmu, tetapi jika kamu melanggar Google Spam Guidelines dengan sengaja memperoleh backlink dalam jumlah besar, kamu mungkin menerima manual actions yang dapat mengakibatkan penalti pada peringkat situs webmu.

Untuk memeriksa kesehatan backlink profile, kamu dapat menggunakan alat audit backlink. Jika kamu menemukan toxic backlink, kamu dapat menghapus atau menolaknya.

Namun, disavow link harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan hanya jika kamu memiliki tingkat keahlian yang memadai.

Manfaatkan Strategi Digital PR

Manfaatkan Strategi Digital PR
Manfaatkan Strategi Digital PR

Digital PR merupakan teknik SEO yang fokus pada membangun link dari situs web berotoritas tinggi.

Ini melibatkan berbagai teknik, seperti menulis siaran pers, membuat konten berbasis data yang diminati oleh jurnalis, dan menjadi narasumber untuk humas.

Salah satu cara tercepat untuk memulai adalah dengan mendaftar ke platform seperti Connectively. Platform ini menghubungkan penulis yang membutuhkan sumber informasi dengan para ahli di berbagai bidang.

Kamu dapat mendaftar sebagai narasumber dan akan menerima email berisi permintaan dari penulis yang mencari informasi atau pendapat ahli.

Jika kamu menemukan permintaan yang relevan dengan niche atau topikmu, kamu dapat mengirimkan kontribusi kepada penulisnya.

Tautkan Brand Mentions

Tautkan Brand Mentions
Tautkan Brand Mentions

Mengubah penyebutan brand mention menjadi link dapat menjadi teknik SEO yang sangat efektif untuk memperoleh lebih banyak backlink.

Ketika situs web lain menyebut merekmu tanpa menautkannya, itu disebut sebagai brand mentions yang tidak ditautkan.

Menemukan mention semacam itu dan meminta agar diubah menjadi link dapat membantu meningkatkan otoritas situs webmu.

Salah satu cara untuk menemukan brand mentions yang tidak ditautkan adalah dengan menggunakan alat Media Monitoring. Konfigurasikan alat ini untuk melacak penyebutan merekmu di web.

Kamu akan mendapatkan daftar postingan blog, postingan media sosial, dan artikel berita yang menyebut merekmu.

Setelah kamu memiliki daftar mention yang tidak tertaut, hubungi pemilik situs web tersebut dan minta mereka untuk menautkan merekmu.

Tampilkan Topic Cluster

Tampilkan Topic Cluster
Tampilkan Topic Cluster

Google memberi peringkat hasil pencarian berdasarkan relevansi dan kualitas konten, bukan hanya berdasarkan keyword.

Topic cluster adalah teknik SEO yang membantu Google memahami struktur situs webmu dan otoritasmu pada topik tertentu.

Topic cluster terdiri dari tiga bagian utama, yakni pillar page yang fokus pada satu topik utama, cluster of pages yang mencakup subtopik terkait, dan internal link yang mencakup antara keduanya.

Setelah kamu memiliki daftar keyword untuk semua topikmu, selanjutnya kamu perlu memetakan klastermu untuk melihat dan mengatur semua kontenmu.

Manfaatkan Keberadaan People Also Ask

Manfaatkan Keberadaan People Also Ask
Manfaatkan Keberadaan People Also Ask

Memanfaatkan fitur “People also ask” pada SERP adalah langkah penting dalam teknik SEO. Fitur ini menampilkan pertanyaan tambahan yang relevan dengan search query awal pengguna dan memberikan jawaban cepat untuk pertanyaan tersebut.

Ada 2 langkah yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan peringkat di kotak People aslo ask:

  1. Gunakan pertanyaan-pertanyaan People aslo ask di dalam sub-judul atau isi kontenmu. Ini membantu menunjukkan relevansi kontenmu dengan pertanyaan yang diajukan pengguna.
  2. Berikan jawaban yang lengkap dan bergaya kamus untuk pertanyaan People also ask di awal artikel atau kontenmu. Ini membantu menarik perhatian pembaca dan memberikan jawaban yang mereka cari, sehingga meningkatkan kemungkinan kontenmu muncul di fitur PAA.

Optimalkan Gambar

Optimalkan Gambar
Optimalkan Gambar

Optimasi gambar untuk SEO membantu gambarmu mendapatkan peringkat di hasil pencarian gambar, meningkatkan visibilitas kontenmu, dan membawa lebih banyak traffic ke situswebmu.

Berikut adalah beberapa praktik terbaik untuk mengoptimalkan SEO pada gambar:

  1. Beri nama file gambarmu dengan deskriptif yang relevan dengan konten gambar. Ini membantu mesin pencari memahami isi gambar.
  2. Alt text adalah teks alternatif yang muncul ketika gambar tidak dapat dimuat. Gunakan alt text yang menjelaskan gambar dengan jelas dan relevan dengan konten.
  3. Kompres gambar untuk mengurangi ukuran file dan meningkatkan kecepatan halaman. Ini penting untuk pengalaman pengguna dan peringkat SEO.
  4. Image sitemap adalah file yang berisi daftar gambar di situs webmu. Cara ini membantu Google menemukan dan mengindeks gambarmu dengan lebih efisien.
  5. Gunakan schema markup untuk memberi tahu mesin pencari tentang gambarmu. Cara ini membantu gambarmu ditampilkan di hasil pencarian gambar dengan cara yang lebih menarik.

Tingkatkan CTR Melalui PPC Testing

Tingkatkan CTR Melalui PPC Testing
Tingkatkan CTR Melalui PPC Testing

Studi dari Backlinko menunjukkan bahwa naik satu peringkat dalam hasil pencarian dapat meningkatkan CTR sebesar 2,8% secara rata-rata. Semakin tinggi CTR, semakin banyak traffic yang kamu dapatkan.

Ada beberapa elemen penting yang memengaruhi CTR situs webmu:

  1. Title tag berupa HTML yang menentukan judul halaman dan muncul di hasil pencarian.
  2. Meta description berupa HTML yang memberikan ringkasan tentang halaman dan muncul di hasil pencarian.

Bagaimana cara mengetahui title tag atau meta description yang akan meningkatkan CTR? Kamu dapat menggunakan paid ad melalui pay per click atau PPC untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dan data yang kuat tentangtitle tag atau meta description yang berkinerja lebih baik.

Pastikan untuk mengatur pengujianmu dengan benar untuk menentukan apa yang memiliki dampak terbesar pada CTRmu:

  1. Uji setidaknya tiga judul yang berbeda, tetapi tetap gunakan deskripsi yang sama untuk setiap judul.
  2. Uji setidaknya tiga deskripsi yang berbeda, tetapi tetap gunakan judul yang sama untuk setiap deskripsi.

Baca juga: Ranking Factors Teratas 2024 Berdasarkan Analisis SERP Terkini

Jika kamu tidak yakin halaman mana yang harus diuji terlebih dahulu, prioritaskan halaman yang berkinerja baik namun masih bisa ditingkatkan, misalnya halaman yang berada di posisi #4-10.

Optimalkan Core Web Vital

Optimalkan Core Web Vital
Optimalkan Core Web Vital

Core web vitals adalah seperangkat metrik yang digunakan oleh Google untuk mengukur dan mengevaluasi pengalaman pengguna situs web. Metrik ini meliputi:

  1. Largest Contentful Paint (LCP) mengukur waktu yang dibutuhkan oleh sebuah halaman untuk memuat konten utama. Google menetapkan target waktu maksimal untuk LCP adalah 2,5 detik. Semakin cepat halamanmu memuat konten utama, maka semakin baik pengalaman pengguna.
  2. First Input Delay (FID) mengukur waktu respons halaman ketika pengguna berinteraksi dengan elemen yang pertama kali muncul di layar setelah konten utama selesai dimuat. Idealnya, FID harus kurang dari 100 milidetik. FID menunjukkan seberapa responsif situs webmu terhadap interaksi pengguna awal.
  3. Cumulative Layout Shift (CLS) mengukur stabilitas visual halaman selama pengalaman pengguna. Ini menghitung jumlah pergeseran tata letak konten yang tidak diinginkan. CLS yang rendah, yakni kurang dari 0,1 menunjukkan bahwa halamanmu memiliki tata letak yang stabil dan tidak mengganggu pengguna.

Kamu dapat menggunakan alat Site Audit SEMrush untuk memeriksa kinerja core web vitals situs webmu. Alat ini akan memberikan informasi tentang bagaimana halamanmu berkinerja dalam hal LCP, FID, dan CLS.

Terapkan Programmatic SEO

Terapkan Programmatic SEO
Terapkan Programmatic SEO

Programmatic SEO adalah teknik SEO di mana kamu membuat halaman-halaman web yang dioptimalkan untuk keyword tertentu secara otomatis.

Contoh yang bagus adalah halaman konversi mata uang dari Wise, di mana setiap kombinasi mata uang memiliki halaman sendiri.

Untuk menerapkan teknik SEO ini, langkah pertama adalah mencari keyword yang relevan dengan variasi yang tinggi dan makna yang sama.

Misalnya, jika kamu berbisnis di bidang travel, kamu dapat menggunakan istilah, seperti “hotel terbaik di” dalam alat riset keyword untuk menemukan keyword terkait.

Dengan menargetkan sebagian kecil saja dari keyword ini, kamu dapat meningkatkan traffic situs webmu secara signifikan.

Tingkatkan Kecepatan Laman

Tingkatkan Kecepatan Laman
Tingkatkan Kecepatan Laman

Kecepatan halaman merupakan faktor penting dalam teknik SEO. Ini karena dapat memengaruhi pengalaman pengguna dan peringkat situs webmu di dalam hasil pencarian.

Untuk meningkatkan kecepatan halamanmu, pertama, kurangi jumlah permintaan yang dibutuhkan untuk memuat semua konten halamanmu. Permintaan tambahan dapat menambah waktu pemuatan.

Kedua, aktifkan caching agar browser menyimpan salinan halaman webmu untuk mempercepat waktu pemuatan saat pengunjung mengunjungi halaman yang sama.

Terakhir, optimalkan gambar dengan mengurangi ukuran file gambar tanpa mengorbankan kualitasnya, menggunakan alat seperti ShortPixel.

Membuat Konten yang Layak untuk Ditautkan

Membuat Konten yang Layak untuk Ditautkan
Membuat Konten yang Layak untuk Ditautkan

Konten yang layak untuk ditautkan adalah konten yang memberikan nilai tambah yang signifikan kepada pengguna, sehingga banyak situs web lain ingin menautkannya secara alami. Beberapa contoh konten ini meliputi:

  1. Alat bantu gratis, seperti kalkulator, generator, atau perangkat lunak kecil yang membantu pengguna menyelesaikan tugas tertentu dengan lebih mudah.
  2. Panduan mendalam berupa artikel atau sumber daya yang memberikan pemahaman yang komprehensif tentang topik tertentu dengan informasi yang mendalam dan terperinci.
  3. Kumpulan data menarik dengan penyajian data atau statistik yang relevan dan menarik bagi audiens yang mungkin sulit ditemukan di tempat lain.

Konten seperti kalkulator biaya hidup dari NerdWallet adalah contoh bagus dari konten yang layak tautan. Kalkulator ini memungkinkan pengguna untuk membandingkan biaya hidup di dua kota yang berbeda, sehingga memberikan informasi yang berharga bagi mereka yang ingin mempertimbangkan relokasi.

Mulai dari penerapan teknik SEO on-page dan off-page yang tepat, hingga memperhatikan faktor-faktor, seperti backlink berkualitas, konten yang relevan dan bermanfaat, serta optimasi kecepatan halaman dan core web vitals.

Penting untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia SEO dan terus memperbaiki teknik SEO sesuai kebutuhan. Dalam mengimplementasikan teknik SEO, kamu juga dapat memanfaatkan jasa SEO dari Optimaise yang dapat membantu meningkatkan kualitas situs webmu.

Melalui dukungan dari Optimaise, kamu dapat lebih fokus pada pengembangan bisnismu sambil meningkatkan kualitas dan keterlihatan situs webmu di mesin pencari. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengambil langkah pertamamu menuju kesuksesan online. Hubungi Optimaise sekarang untuk konsultasi gratis!

Baca Juga

Optimaise