Digital MarketingSEO

Ranking Factors Teratas 2024 Berdasarkan Analisis SERP Terkini

Tiara Motik

Ranking Factors Teratas 2024 Berdasarkan Analisis SERP Terkini

Kalau saja SEO hanya tentang satu algoritma yang sederhana dari Google dan setiap niche serta lokasi diurutkan dengan cara yang sama, itu akan lebih mudah.

Namun kenyataannya, Google menggunakan lebih dari 200 ranking factors yang berbeda dalam algoritmanya.

Dulu, SEO bisa dilakukan dengan memperhatikan keyword dan backlink saja. Namun, dalam 25 tahun terakhir, SEO telah berkembang menjadi disiplin ilmu yang kompleks dan beragam.

Meskipun tidak daftar ranking factors resmi dari Google, tapi kita tahu bahwa ada beberapa faktor yang dianggap penting oleh Google dalam menentukan peringkat halaman.

Karena itu, hasil riset tentang ranking factors terbaru dari SEMrush berikut ini bisa menginspirasi karena SEO sering kali lebih kompleks daripada yang orang perkirakan.

Informasi yang diberikan mungkin akan memicu diskusi tentang berbagai aspek SEO dan membantu para praktisi SEO berpikir kreatif.

Apa itu Ranking Factors?

Apa itu Ranking Factors?
Apa itu Ranking Factors?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai hasil riset SEMrush yang terbaru, sebaiknya perlu kamu ketahui lebih dulu definisi dari ranking factors.

Sebenarnya, ranking factors sendiri merupakan istilah yang menggambarkan standar atau kriteria yang digunakan oleh mesin pencari untuk menilai dan mengurutkan halaman web dalam hasil pencarian mereka.

Google sendiri menjelaskan bahwa algoritma penelusuran menggunakan banyak faktor dan sinyal untuk menyajikan informasi yang paling relevan kepada pengguna.

Faktor-faktor ini termasuk kata-kata dalam kueri, relevansi dan kegunaan halaman, otoritas sumber informasi, serta lokasi dan setelan. Bobot atau pentingnya setiap faktor bervariasi tergantung pada jenis kueri.

Sebagai contoh, ketika kamu mencari informasi tentang berita terkini, maka update atau aktualitas konten menjadi lebih penting daripada ketika kamu mencari definisi sebuah kata.

Dengan begitu, memahami faktor-faktor ini penting untuk melakukan optimisasi mesin pencari yang efektif.

Daftar Ranking Factors Teratas Tahun 2024

Daftar Ranking Factors Teratas Tahun 2024
Daftar Ranking Factors Teratas Tahun 2024

Setiap niche dan keyword memiliki ranking factors yang berbeda-beda. Ini karena cara Google menilai situs yang berhubungan dengan niche kesehatan berbeda dengan situs yang berfokus pada transaksi e-commerce.

Tapi, satu hal yang pasti dalam SEO adalah semakin banyak yang kamu pelajari, maka kamu semakin sadar akan seberapa banyak yang belum kamu ketahui.

Karena itu, kamu mungkin membutuhkan bantuan dari hasil studi SEMrush terkait ranking factors yang mereka rilis pada 2024. Penelitian ini menganalisis lebih dari 16.000 keyword berbahasa Inggris dengan lebih dari 100 pencarian bulanan di SERP.

Mereka memeriksa halaman hasil pencarian dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat, seperti konten, keyword, dan traffic bermerek.

Hasilnya akan membantumu memahami bagaimana faktor-faktor tertentu berhubungan dengan peringkat di mesin pencari, Google. Berikut ini adalah beberapa ranking factors teratas berdasarkan hasil riset SEMrush 2024.

Faktor Berdasarkan Konten

Faktor Berdasarkan Konten
Faktor Berdasarkan Konten

Bisa dibilang konten adalah kunci utama, tidak hanya untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian, tetapi juga untuk memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna dan meningkatkan konversi.

Setiap situs web memiliki konten yang unik dan ini menjadi salah satu faktor terpenting dalam peringkat SEO. Dengan kata lain, internet dibangun oleh halaman-halaman konten yang kita lihat setiap hari.

Dari beberapa ranking factors berdasarkan konten, ini adalah daftar 10 teratas berdasarkan hasil riset SEMrush.

Text Relevance

Tanpa konten yang relevan dan informatif, sulit bagi mesin pencari untuk menentukan peringkat halamanmu. Ini terbukti berdasarkan hasil riset, di mana relevansi menduduki peringkat pertama.

Sistem Google menganalisis konten untuk menilai apakah konten tersebut berisi informasi yang mungkin relevan dengan apa yang pengguna cari.

Sinyal paling mendasar bahwa suatu informasi relevan adalah ketika konten berisi keyword yang sama dengan permintaan pencarian.

Misalnya, pada halaman web, jika keyword tersebut muncul di judul atau isi teks, maka informasinya mungkin lebih relevan. Selain melihat keyword, sistem Google juga menganalisis apakah konten relevan dengan kueri.

Content Quality Score

Content quality score di sini adalah ukuran penting untuk menilai seberapa efektif sebuah konten. Skor yang tinggi menandakan bahwa konten di sebuah situs web bernilai, relevan, dan menarik bagi pengguna.

Skor tersebut membantu konten bersaing lebih baik dengan pesaing dan menarik lebih banyak traffic organik. Kamu bisa menganggap skor ini sebagai indikator seberapa baik kontenmu diterima oleh mesin telusur.

Keyword Coverage

Keyword Coverage
Keyword Coverage

Setiap tools menyediakan berbagai metrik SEO untuk membantumu memahami kinerja situs web. Salah satu metrik yang berguna adalah keyword coverage atau cakupan sebuah keyword.

Metrik ini menunjukkan berapa banyak keyword yang diberi peringkat untuk halaman tertentu dari waktu ke waktu. Keyword coverage ini dapat membantumu melihat apakah jumlah konten baru yang kamu buat membawa traffic dari keyword baru.

Ini sangat bermanfaat untuk konten evergreen, di mana konten yang tetap relevan dan mendatangkan traffic selama periode waktu yang panjang.

Image Alt Tags Count

Image Alt Tags Count
Image Alt Tags Count

Alt tags juga dikenal sebagai alt text dan alt descriptions adalah teks yang akan muncul sebagai alternatif jika gambar tidak dapat dimuat di halaman web.

Tag ini membantu pengguna untuk mendeskripsikan gambar tersebut, terutama berguna untuk mereka yang memiliki keterbatasan visual.

Selain itu, alt tags juga membantu mesin pencari memahami konten gambarmu, sehingga dapat membantu situs webmu mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian.

Images Count

Siapa pun tahu jika gambar memiliki kekuatan untuk menarik perhatian, memicu emosi, dan membuat pengalaman pengguna lebih menarik.

Ketika situs webmu menggunakan gambar yang menarik, pengunjung cenderung lebih tertarik dan terlibat secara emosional.

Penggunaan gambar juga membantu meningkatkan pengalaman pengguna karena membantu menyajikan informasi dengan cara yang lebih mudah dicerna. Pada akhirnya hal ini dapat membuat pengguna lebih cenderung untuk melihat dan meng-klik situs webmu.

Studi dari Skyward menunjukkan bahwa konten yang menggunakan foto atau infografis relevan mengalami peningkatan tampilan halaman sebesar 94% dibandingkan dengan konten tanpa gambar.

Schema.org Count

Schema.org Count
Schema.org Count

Schema.org atau skema merupakan kumpulan aturan dan kode yang dapat kamu tambahkan ke halaman webmu untuk membantu mesin pencari memahami kontenmu dengan lebih baik.

Dengan menggunakan schema.org, kamu memberikan informasi tambahan kepada mesin pencari tentang apa yang ada di halamanmu, sehingga mereka dapat menampilkan featured snippet atau informasi tambahan di hasil pencarian mereka.

Percentage of Pages With Schema.org

Skema.org adalah hasil dari kerja sama antara Google, Bing, Yandex, dan Yahoo! dengan tujuan untuk membantu meningkatkan cara mesin pencari membaca dan memahami halaman webmu.

Dengan menambahkan skema ke HTML, kamu dapat meningkatkan tampilan halamanmu di hasil pencarian dengan menampilkan snippet yang lebih informatif dan menarik di bawah judul halamanmu.

Misalnya, skema dapat digunakan untuk menampilkan star rating atau tanggal publikasi di bawah judul halamanmu dalam hasil pencarian.

Namun, pada hasil pencarian kedua tidak menggunakan skema dan hanya menampilkan meta description atau informasi lain yang dipilih oleh Google sehingga membuatnya kurang menarik dan informatif.

Page Word Count

Hingga saat ini jumlah kata dalam setiap halaman konten masih sering menjadi bahan perdebatan di kalangan praktisi SEO dan content writer.

John Mueller dari Google telah menyatakan bahwa jumlah kata bukanlah faktor yang secara langsung memengaruhi peringkat dalam algoritma pencarian.

Algoritma Google lebih tertarik pada konten yang relevan, orisinal, dan berkualitas tinggi daripada sekadar jumlah kata dalam suatu halaman.

Meskipun jumlah kata tidak secara langsung memengaruhi peringkat, tapi masih banyak sumber yang menyarankan agar konten memiliki jumlah kata yang lebih panjang.

Namun, di sisi lain ada juga banyak contoh konten yang tidak terlalu panjang namun tetap dapat menduduki peringkat teratas dalam SERP. Karena itu, fokus pada kualitas dan relevansi konten terhadap search intent menjadi yang terbaik.

Meta Description Word Count

Bukan hanya jumlah kata pada konten, jumlah kata pada meta description juga tak luput dari bahan perdebatan.

Meta description adalah kesempatanmu untuk menarik perhatian pencari dan meyakinkan mereka bahwa kamu memiliki jawaban yang mereka butuhkan.

Meskipun kamu dapat membuat meta description sepanjang yang kamu inginkan, tapi Google hanya akan menampilkan sekitar 155 hingga 160 karakter. Namun, perlu diingat bahwa panjang ini dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Video Count on Page

Salah satu teknik yang patut dicoba untuk meningkatkan konversi melalui sebuah situs web adalah dengan menambahkan video.

Mengapa demikian? Ini karena dalam dunia penjualan, bercerita adalah kunci dan video adalah cara terbaik untuk menceritakan cerita.

Video tidak hanya membuat pengunjung bertahan lebih lama di situs webmu, tetapi juga membantu mereka terlibat dengan konten yang kamu bagikan.

Faktor Berdasarkan URL dan Domain

Faktor Berdasarkan URL dan Domain
Faktor Berdasarkan URL dan Domain

Setelah ranking factors berdasarkan konten, ranking factors selanjutnya adalah berdasarkan URL dan domain.

Faktor-faktor berdasarkan URL dan domain menjadi elemen penting dalam optimasi SEO karena mereka memberikan informasi tambahan kepada mesin pencari tentang relevansi dan kualitas suatu halaman web.

Berikut adalah beberapa faktor berlandaskan hasil riset dari SEMrush yang bisa kamu pertimbangkan.

URL’s Organic Traffic

Organic traffic merupakan jumlah pengunjung situs web yang datang dari hasil mesin pencari tanpa perlu membayar jika dibandingkan dengan iklan berbayar.

Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan akses melalui URL langsung, yakni ketika pengunjung mengetik URL situs web langsung ke bilah pencarian browser.

Ini menunjukkan bahwa pengunjung secara aktif mencari situsmu, bukan hanya meng-klik iklannya.

Domain’s Organic Traffic

Istilah “organic traffic dari domain” secara khusus mengacu pada total traffic organik yang diterima domain atau situs web di seluruh halamannya.

Saat seseorang memasukkan kueri penelusuran ke dalam mesin telusur seperti Google, mesin telusur akan menampilkan daftar hasil pencarian yang relevan dengan kueri tersebut.

Jika situs webmu muncul di hasil pencarian dan seseorang meng-kliknya untuk mengunjungi situs webmu, maka kunjungan tersebut dianggap sebagai organic traffic.

URL’s Organic Position in Top 20

Halaman web yang menduduki peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian organik cenderung memiliki lebih banyak keyword yang masuk dalam 20 besar hasil pencarian dibandingkan dengan halaman yang berperingkat lebih rendah.

Selain itu, domain yang memiliki halaman web berperingkat tinggi juga cenderung memiliki tingkat traffic organik yang lebih tinggi secara keseluruhan.

Ini menunjukkan bahwa posisi peringkat halaman web dalam hasil pencarian organik dapat berdampak pada jumlah keyword yang menduduki posisi teratas, serta tingkat traffic organik secara keseluruhan untuk suatu domain dan URL.

URL Occurences of Star Ratings

URL Occurences of Star Ratings
URL Occurences of Star Ratings

Kemunculan URL dengan star ratings adalah hasil khusus dalam hasil pencarian Google yang menampilkan informasi tambahan dalam bentuk rating bintang.

Rating ini disimpan sebagai data terstruktur dan muncul di bawah judul halaman, memberi tahu pengguna bahwa situs web tersebut dapat dipercaya.

Dengan melihat bagaimana pengguna lain menilai produk atau layanan yang ada di situs web tersebut, star ratings dapat membuat pengguna lebih percaya diri dalam meng-klik dan melakukan pembelian.

Domain Occurences in Images

Domain Occurences in Images
Domain Occurences in Images

Domain dan struktur subdirektori pada URL dapat memberikan informasi tambahan kepada mesin pencari tentang konten halaman tersebut.

Sebagai contoh, kalau kamu memiliki toko peralatan memancing online dan ingin menampilkan gambar sebuah alat pancing, kamu dapat menyusun URL gambar dengan struktur yang mencerminkan konten tersebut, seperti https://fishing.com/images/fishing-rods/spinning-rod/falcon-bucoo.png.

Dengan demikian, mesin pencari dapat lebih mudah memahami konteks dari gambar tersebut, yaitu alat pancing putar merek Falcon Bucoo.

Domain Occurences in Featured Snippet
Domain Occurences in Featured Snippet

Featured snippet adalah kotak khusus dalam hasil pencarian Google yang menampilkan deskripsi singkat dari sebuah halaman web. Letaknya berada di atas URL atau domain yang mengarahkan ke halaman tersebut.

Ini berbeda dari format biasa yang menampilkan deskripsi setelah URL. Snippet ini memberikan informasi yang relevan kepada pengguna sebelum mereka meng-klik URL, sehingga membantu mereka memahami konten halaman dengan lebih baik.

URL Occurences in Images

Meng-klik gambar yang membawamu ke URL yang relevan dengan konteksnya adalah pengalaman yang memudahkan dan menyenangkan.

Google memberi peringatan kepada para pemilik situs web bahwa jika dengan melakukan perubahan URL gambar, maka perubahan tersebut juga akan memengaruhi peringkat mereka dalam hasil pencarian melalui fitur “image”.

Ini penting untuk diperhatikan, terutama bagi situs web yang mendapatkan banyak traffic melalui Google Image.

Domain Age

Google telah menyatakan bahwa domain age bukanlah ranking factors yang signifikan. Yang lebih penting adalah apa yang terjadi pada domain tersebut selama masa kepemilikannya.

Jadi, meskipun kamu membeli nama domain baru, asalkan kamu membangun dan memelihara situs webmu dengan baik, itu akan memberikan dampak jangka panjang yang baik untuknya.

Baca juga: 7+ Kelebihan dan Kekurangan Aged Domain, Yuk Simak!

URL Occurences in Featured Snippet
URL Occurences in Featured Snippet

Ketika pengguna meng-klik URL featured snippet, Google akan membawa mereka langsung ke bagian halaman yang berisi kutipan tersebut. Bahkan, Google akan menyorot kutipan tersebut untuk memudahkan pengguna membacanya.

Ini berarti featured snippet Google muncul di atas hasil pencarian yang menempati peringkat nomor satu. Dengan demikian, halaman yang memunculkan featured snippet akan mendapatkan paparan yang lebih besar, mirip dengan iklan berbayar.

Subdomain

Subdomain adalah bagian dari situs web yang berada di bawah domain utama. Misalnya, jika domain utamamu adalah example.com, maka subdomain bisa berupa “perusahaan.example.com”, “toko.example.com”, atau “blog.example.com”.

Menurut panel ahli Moz, menyertakan keyword di dalam subdomain dapat membantu meningkatkan peringkat situs webmu dalam hasil pencarian.

Faktor Berdasarkan Backlink
Faktor Berdasarkan Backlink

Google dan mesin pencari lainnya menggunakan backlink sebagai indikator kepercayaan dan otoritas sebuah situs web. Karena itu, menurut hasil riset dari SEMrush, backlink merupakan salah satu ranking factors.

Ketika situs web lain memberikan backlink ke situs webmu, itu menunjukkan bahwa situs webmu memiliki nilai atau informasi yang berharga sehingga layak untuk didukung.

Domain Authority Score

Domain dengan domain authority score yang tinggi adalah domain yang dianggap memiliki reputasi yang kuat di mata mesin pencari karena faktor-faktor, seperti jumlah dan kualitas backlink, domain age, dan seberapa sering konten diperbarui.

Halaman yang berada di domain otoritatif cenderung memiliki peringkat lebih tinggi daripada halaman di domain dengan otoritas lebih rendah.

Page Authority Score

Page Authority atau PA merupakan skor yang dikembangkan oleh Moz untuk memperkirakan seberapa baik suatu halaman akan menempati peringkat di SERP.

Skor ini berkisar dari 1 hingga 100, di mana nilai yang lebih tinggi menunjukkan kemungkinan yang lebih besar untuk mendapatkan peringkat yang baik. PA didasarkan pada berbagai faktor, seperti kualitas backlink dan relevansi konten,

Number of Reffering IPs

Number of Reffering IPs
Number of Reffering IPs

Ketika Google menilai kepercayaan suatu domain berdasarkan backlink yang ia miliki, mesin pencari melihat jumlah domain yang merujuk ke situs tersebut sebagai indikator kredibilitas.

IP address yang menampung setidaknya satu situs web yang memiliki backlink yang mengarah ke URL tertentu.

Satu IP address dapat menghosting banyak situs web, sehingga reffering IPs dapat mewakili berbagai situs web yang menautkan ke URL milikmu.

Memiliki beragam backlink dari berbagai domain daripada backlink yang berasal dari alamat IP dan wilayah yang sama dianggap lebih disukai.

Number of Reffering Domain

Number of Reffering Domain
Number of Reffering Domain

Ketika situs web lain memberikan tautan ke situs webmu, situs web tersebut dianggap sebagai reffering domain. Misalnya, jika situs A dan B menautkan ke situs webmu, maka kamu memiliki dua reffering domain.

Jumlah reffering domain ini penting karena memengaruhi otoritas keseluruhan domainmu. Karena itu, penting untuk memperhatikan faktor ini dalam strategi SEO situsmu.

Jumlah backlink yang diterima oleh domain dan URL dapat memengaruhi ranking factors karena backlink dianggap sebagai “suara” dari situs lain yang memberi sinyal ke mesin pencari tentang kepercayaan, otoritas, dan relevansi suatu halaman.

Semakin banyak backlink yang berkualitas dan relevan yang kamu miliki, maka semakin besar kemungkinan halamanmu akan mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian.

Meskipun jumlah backlink bukan satu-satunya faktor yang memengaruhi peringkat, tetapi ia merupakan faktor penting yang dipertimbangkan oleh algoritma mesin pencari.

Faktor Berdasarkan User Signal

Faktor Berdasarkan User Signal
Faktor Berdasarkan User Signal

Ranking factors penting yang kurang dikenal dalam peringkat pencarian adalah user signal. Ini mencakup bagaimana pengunjung berinteraksi dengan halaman web.

Contohnya seperti apakah mereka meng-klik tautan? berapa lama mereka tinggal di halaman? dan apakah mereka kembali ke hasil pencarian setelah mengunjungi halaman tersebut?

Google menggunakan user signal ini untuk menilai kualitas konten dan seberapa memuaskan halaman tersebut bagi pengunjung.

Direct Traffic Share (Domain Based)

Direct Traffic Share (Domain Based)
Direct Traffic Share (Domain Based)

Direct traffic adalah traffic yang berasal dari pengguna yang memasukkan domain situs web secara langsung ke peramban mereka tanpa menggunakan mesin pencari atau link dari situs web lain.

Ia merupakan jenis traffic organik yang paling mudah diukur dan dikategorikan karena pengguna langsung mengakses situs web tanpa perantara.

Semakin tinggi direct traffic share, maka semakin banyak pengunjung yang mengakses situs webmu secara langsung tanpa perantara, seperti mesin pencari atau link dari situs web lain.

Time on Site

Time on Site
Time on Site

Kalau sebuah metrik menunjukkan nilai waktu yang dihabiskan atau time on site sebuah situs tinggi, ini berarti pengunjung situsmu menghabiskan banyak waktu untuk menjelajahi halaman-halaman situs webmu.

Ini menandakan bahwa kontenmu menarik dan bermanfaat bagi mereka, sehingga mereka lebih cenderung untuk kembali atau melakukan interaksi lebih lanjut.

Sebaliknya, nilai time on site yang rendah mungkin menunjukkan bahwa pengunjung tidak menemukan informasi yang mereka cari atau tidak tertarik dengan kontenmu, sehingga bisa menyebabkan mereka meninggalkan situs webmu lebih cepat.

Faktor Berdasarkan User Experience

Faktor Berdasarkan User Experience
Faktor Berdasarkan User Experience

User Experience mencakup semua aspek interaksi pengguna dengan situs webmu, termasuk desain, navigasi, konten, dan responsivitas.

Memastikan UX yang baik tidak hanya membuat pengunjung lebih senang, tetapi juga dapat membantu meningkatkan peringkat situs webmu dalam hasil pencarian.

First Input Delay

First Input Delay
First Input Delay

First Input Delay atau FID mengukur seberapa cepat browser merespons saat pengguna melakukan interaksi pertama di situs webmu, seperti meng-klik tautan atau mengetuk tombol.

FID mencatat waktu mulai interaksi pengguna hingga saat browser benar-benar merespons interaksi tersebut. Tapi, metrik ini tidak termasuk aktivitas seperti menggulir halaman atau memperbesar tampilan.

Total Blocking Time

Total Blocking Time
Total Blocking Time

Total Blocking Time adalah metrik yang menunjukkan seberapa lama situs webmu membutuhkan waktu untuk merespons input pengguna.

Skor ini penting karena Google Pagespeed Insights dan Lighthouse menggunakannya untuk menilai kinerja situs webmu.

Skor yang tinggi menandakan bahwa situs web lambat dalam menanggapi interaksi pengguna, sehingga dapat membuat pengalaman pengguna menjadi buruk. Untuk memperbaiki skor kinerja situs webmu, penting untuk mengurangi Total Blocking Time.

Baca juga: Ketahui 7 Metrik User Behavior untuk Optimalkan SEO

Time to Interactive

Time to Interactive atau yang disingkat TTI adalah metrik yang mengukur seberapa cepat halaman webmi menjadi interaktif setelah dimuat.

Halaman web dianggap sepenuhnya interaktif ketika pengguna dapat melihat konten yang berguna, hampir semua elemen halaman siap digunakan, dan halaman merespons interaksi pengguna dengan cepat, yakni dalam waktu kurang dari 50 milidetik.

TTI yang lambat bisa membuat pengunjung merasa situs webmu tidak responsif atau rusak. Ini karena meskipun halaman terlihat siap digunakan, tapi sebenarnya tidak bisa diinteraksikan.

Faktor Berdasarkan On-SERP

Faktor Berdasarkan On-SERP
Faktor Berdasarkan On-SERP

Saat berbicara tentang ranking factors berdasarkan On-SERP maka sudah pasti kita berbicara mengenai strategi untuk mengoptimalkan halaman pertama hasil pencarian agar mendapatkan sebanyak mungkin tempat di halaman tersebut.

Tujuannya adalah mendominasi halaman pertama untuk meningkatkan klik dan traffic organik. Ini melibatkan penggunaan berbagai jenis media dan sumber daya untuk menonjolkan kontenmu di berbagai bagian halaman pertama hasil pencarian.

URL Keyword Similiarity

URL Keyword Similiarity
URL Keyword Similiarity

URL keyword similiarity atau SERP similiarity merupakan praktik membandingkan dua keyword melalui hasil pencarian untuk melihat seberapa sering URL yang sama muncul dalam hasil teratas Google.

Ini membantu kamu memutuskan apakah lebih baik membuat satu artikel yang mencakup kedua keyword atau dua artikel terpisah.

Jika ada banyak URL yang sama dalam hasil teratas untuk kedua keyword, maka membuat satu artikel bisa lebih efektif.

Contoh yang diberikan adalah keyword “SEO” dan “What is SEO” yang memiliki banyak URL yang sama dalam hasil pencarian.

Title Keyword Similiarity

Dalam penentuan relevansi halaman, judul yang baik hanya memiliki pengaruh terbatas pada mesin pencari. Namun, ini dapat berpengaruh secara signifikan terutama pada posisi peringkat teratas.

Ini disebabkan oleh kecenderungan pencari untuk lebih cenderung meng-klik hasil yang menunjukkan semantic correspondence yang baik antara keyword yang mereka gunakan di Google dan judul yang muncul dalam cuplikan hasil pencarian SERP.

Number of Words From a Keyword in Title

Google tidak memiliki batasan pada jumlah kata dalam judul, tetapi batas karakternya adalah 70. Pilih keyword utama yang relevan dan hindari kata-kata tidak perlu.

Penting bagi setiap halaman untuk menggunakan frasa keyword utama dalam judulnya dan memiliki susunan yang sesuai dengan konten di dalam halaman tersebut. Judul haruslah unik, singkat, dan relevan.

Dari beberapa ranking factors yang telah dijelaskan, dapat kita lihat betapa kompleksnya strategi yang diperlukan untuk meningkatkan peringkat sebuah situs web.

Mulai dari konten yang relevan dan kualitas backlink hingga user experience yang responsif, setiap elemen memiliki peran penting dalam kesuksesan SEO.

Dengan memahami dan menerapkan strategi SEO yang tepat, situs webmu dapat meningkatkan visibilitasnya di mesin pencari dan menarik lebih banyak pengunjung yang relevan.

Jika kamu mencari bantuan dalam mengoptimalkan situs webmu, Optimaise sebagai penyedia jasa SEO, siap membantumu dalam meraih tujuan SEO bisnismu. Dengan tim yang berpengalaman, Optimaise dapat membantumu untuk mengoptimalkan strategi SEO dan mencapai tujuan bisnismu.

Baca Juga

Optimaise