Digital MarketingSEO

Negative Keywords: Ini 5 Cara Menemukan dan Menggunakannya

Tiara Motik

Negative Keywords: Ini 5 Cara Menemukan dan Menggunakannya

Menambahkan negative keywords ke dalam kampanye PPC menjadi langkah penting untuk memastikan bahwa iklanmu ditampilkan kepada orang yang benar-benar tertarik dengan produk atau layananmu.

Misalnya, jika kamu menjual produk premium, kamu mungkin akan menambahkan negative keywords, seperti “gratis” atau “murah” agar iklanmu tidak ditampilkan kepada orang yang mencari produk dengan harga murah.

Dengan menggunakan keyword jenis ini, kamu dapat meningkatkan relevansi iklanmu dan menghindari pemborosan biaya untuk klik yang tidak menghasilkan konversi. Ini adalah strategi penting untuk memaksimalkan ROI dalam kampanye PPC.

Untuk menemukan negative keyword yang efektif, kamu perlu memahami produk atau layananmu, serta siapa target pasarmu. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang apa itu negative keyword, mengapa penting untuk digunakan, bagaimana menemukannya, dan langkah-langkah praktis untuk mengintegrasikannya ke dalam iklanmu.

Apa itu Negative Keywords?

Apa itu Negative Keywords?
Apa itu Negative Keywords?

Negative keywords adalah kata atau frasa yang ditambahkan ke kampanye PPC untuk mencegah iklan muncul di situs atau video yang tidak relevan.

Misalnya, jika kamu menjual pakaian mewah, menambahkan keyword “murah” akan mencegah iklanmu muncul saat orang mencari sepatu murah.

Negative keywords bisa menghemat biaya, meningkatkan quality score, meningkatkan konversi, dan melindungi citra merekmu.

Dengan menggunakannya, kamu dapat menghindari pembayaran untuk klik yang tidak relevan dan memastikan iklanmu ditampilkan kepada audiens yang tepat.

Manajemen kampanye PPC yang efektif melibatkan perluasan keyword yang relevan, strategi SEO, dan pengoptimalan keyword yang ada untuk meningkatkan ROI.

Negative keyword memungkinkan kamu untuk menghapus permintaan pencarian yang tidak relevan sehingga memastikan iklanmu hanya ditampilkan kepada audiens potensial terbaik.

Negative Keyword Match Types

Negative Keyword Match Types
Negative Keyword Match Types

Ketika kamu menambahkan negative keywords ke kampanye PPC, penting untuk memilih negative keyword match types atau jika diartikan menjadi jenis pencocokan yang tepat.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Market Share, Catat Ya!

Ini akan mempengaruhi bagaimana kueri pencarian diproses dan apakah iklanmu akan ditampilkan atau tidak. Negative keyword match types tergolong ke dalam 3 jenis, berikut penjelasannya:

  1. Broad match ini adalah setelan default untuk negative keyword di Google Ads. Jika search query mencakup semua istilah negative keyword dalam urutan apa pun, iklanmu tidak akan ditampilkan. Misalnya, jika negative keyword milikmu adalah “tenda camping”, dan seseorang mencari “tenda camping”, iklanmu tidak akan ditampilkan karena kueri tersebut mencakup semua istilah negative keyword milikmu.
  2. Phrase match dengan pencocokan frasa negatif, iklanmu tidak akan ditampilkan jika search query mencakup istilah keyword tertentu dalam urutan yang ditentukan. Meskipun search query dapat menyertakan kata tambahan, iklanmu tidak akan ditampilkan selama kueri tersebut mencakup semua istilah keyword dalam urutan yang sama. Misalnya, jika kata negative keywordmu adalah “tenda camping”, lalu seseorang mencari “tenda camping 4 orang”, maka iklanmu tidak akan ditampilkan.
  3. Exact match ini membuat iklanmu tidak akan ditampilkan jika search query sama persis dengan istilah keyword dalam urutan yang sama persis, tanpa kata atau karakter tambahan. Misalnya, jika negative keywordmu adalah “sepeda gunung”, dan seseorang mencari “sepeda gunung”, iklanmu tidak akan ditampilkan.

Baca juga: 4 Cara Menemukan dan Menggunakan Negative Keywords di Google Ads

Memilih negative keyword match types yang tepat dapat membantumu memastikan bahwa iklanmu hanya ditampilkan kepada orang-orang yang benar-benar tertarik dengan produk atau layananmu, sehingga meningkatkan peluang konversimu.

Alasan Penting Menggunakan Negative Keywords

Alasan Penting Menggunakan Negative Keywords
Alasan Penting Menggunakan Negative Keywords

Negative keywords merupakan alat yang sangat penting dalam kampanye paid ads untuk membantu meningkatkan relevansi iklanmu dan memaksimalkan konversi.

Kamu dapat memastikan bahwa iklanmu hanya ditampilkan kepada orang-orang yang benar-benar tertarik dengan produk atau layananmu, sehingga meningkatkan kemungkinan mereka melakukan konversi.

Salah satu manfaat utama dari penggunaan negative keyword adalah memperbaiki relevansi grup iklanmu. Ini berarti bahwa satu iklan mewakili semua kata kunci dalam grup tersebut, sehingga meningkatkan kesempatan orang untuk meng-klik iklanmu dan melakukan konversi.

Dengan memfokuskan iklanmu pada kueri yang relevan, kamu juga dapat meningkatkan Click Through Rate (CTR), dan menarik lebih banyak pengguna yang berkualitas tinggi ke situs webmu.

Selain itu, penggunaannya juga dapat membantu menghemat keuangan bisnismu dengan mengurangi jumlah klik yang tidak menghasilkan konversi.

Dengan memastikan bahwa pengeluaran iklanmu terfokus pada tempat dan orang yang tepat. Kamu juga dapat meningkatkan Return On Ad Spend yang pada akhirnya membawa keberhasilan bagi bisnismu.

Negative Keywords Vs Positive Keywords

Negative Keywords Vs Positive Keywords
Negative Keywords Vs Positive Keywords

Negative keywords dan positive keywords memiliki peran yang berbeda dalam kampanye PPC, tetapi keduanya penting untuk digunakan bersama-sama untuk mencapai hasil yang optimal.

Positive keywords digunakan untuk memicu penayangan iklanmu, sementara itu negative keyword digunakan untuk menghindari penayangan iklanmu pada kueri yang tidak relevan.

Misalkan kamu memiliki bisnis yang menjual kamera digital. Kamu ingin memastikan bahwa iklanmu ditampilkan kepada orang-orang yang benar-benar mencari kamera digital untuk dibeli, bukan hanya mencari informasi tentang kamera digital.

Positive keywords yang mungkin kamu gunakan adalah “beli kamera digital” atau “kamera digital murah”.

Namun, kamu mungkin tidak ingin iklanmu ditampilkan kepada orang yang mencari “ulasan kamera digital” atau “cara menggunakan kamera digital” karena mereka mungkin belum siap untuk membeli.

Dalam hal ini, kamu dapat menggunakan negative keyword, seperti “ulasan” atau “cara menggunakan” untuk memastikan bahwa iklanmu hanya ditampilkan kepada orang-orang yang sedang mencari untuk membeli kamera digital, bukan hanya mencari informasi tentangnya.

Menggunakan negative keyword memungkinkan kamu untuk dapat mengontrol lebih baik siapa yang melihat iklanmu, sehingga menghemat pengeluaran dan meningkatkan konversi.

Kombinasi yang tepat antara keduanya akan membantumu mencapai kampanye PPC yang produktif, efisien, dan efektif.

Cara Menemukan Negative Keywords

Cara Menemukan Negative Keywords
Cara Menemukan Negative Keywords

Menemukan negative keywords yang efektif adalah langkah kunci dalam mengoptimalkan kampanye PPCmu. Ada beberapa cara untuk menemukan negative keyword yang relevan.

Mulai dari cara manual seperti mencari melalui halaman pencarian Google hingga menemukannya melalui analisis laporan di Google Ads. Berikut ini beberapa cara untuk menemukan negative keywordsyang bisa kamu tempuh.

Lakukan Riset Keyword

Lakukan Riset Keyword
Lakukan Riset Keyword

Langkah pertama dalam menemukan negative keyword adalah melakukan riset keyword dasar menggunakan tools riset keyword, seperti  Keyword Magic Tool SEMrush.

Alat ini membantumu melihat apa yang dicari orang sesuai dengan niche milikmu dan memberikan ribuan ide keyword.

  1. Buka Keyword Magic Tool SEMrush dan masukkan keyword utama dari kampanyemu.
  2. Pilih lokasi yang relevan untuk target pasarmu dan bahasa yang digunakan oleh audiensmu.
  3. Klik tombol “Search” untuk memulai pencarian. Alat ini akan memberikan daftar ide keyword berdasarkan keyword utamamu beserta metrik, seperti volume pencarian bulanan, search intent, dan cost per click (CPC).
  4. Periksa hasil pencarian untuk menemukan keyword yang tidak relevan dengan kampanyemu. Fokuskan pada keyword yang tidak sesuai dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.
  5. Catat semua negative keywords yang telah kamu identifikasi. Pastikan untuk mempertimbangkan variasi keyword, seperti broad match, phrase match, dan exact match untuk mencakup berbagai kemungkinan pencarian yang tidak relevan.

Lihat Negative Keywords Pesaing

Lihat Negative Keywords Pesaing
Lihat Negative Keywords Pesaing

Untuk menemukan negative keywords dari pesaingmu, kamu dapat menggunakan alat Advertising Research SEMrush. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka alat Advertising Research SEMrush dan masukkan domain pesaingmu.
  2. Pilih negaramu untuk mendapatkan data yang relevan dengan pasarmu.
  3. Klik tombol “Search” untuk memulai pencarian. Alat ini akan memberikan daftar PPC keyword yang digunakan oleh pesaingmu, beserta posisi mereka dalam hasil pencarian berbayar.
  4. Periksa daftar PPC keyword pesaingmu untuk menemukan keyword yang tidak terlalu relevan dengan merekmu namun sering digunakan oleh pesaing. Misalnya, jika kamu menjual sepatu mewah, kamu mungkin menemukan keyword, seperti “sepatu diskon” atau “obral sepatu nike anak” yang digunakan oleh pesaingmu.
  5. Catat semua negative keywords yang relevan dengan merekmu. Kamu dapat menggunakan daftar ini untuk menambahkannya ke kampanye PPC.

Cari di Google

Cari di Google
Cari di Google

Jika kamu tidak ingin menggunakan tools tertentu, kamu dapat mencari negative keywords secara manual di Google. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Cari istilah yang terkait dengan produk atau layananmu, seperti “baju olahraga muslimah” jika kamu menjual baju olahraga wanita profesional.
  2. Periksa halaman hasil untuk mencari istilah yang tidak relevan. Misalnya, kamu mungkin menemukan istilah seperti “baju olahraga wanita kekinian” dan “baju olahraga wanita Korea” yang tidak relevan dengan baju olahraga wanita profesional. Tambahkan istilah-istilah yang tidak relevan ke dalam daftar negative keywordsmu.
  3. Gunakan fitur pelengkapan otomatis Google Search untuk mengidentifikasinya. Mulailah mengetikkan keyword utama dan perhatikan saran drop-down yang muncul. Kamu dapat menambahkan saran yang tidak relevan ke daftar keyword.

Gunakan Google Keyword Planner

Gunakan Google Keyword Planner
Gunakan Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah alat riset keyword gratis yang dapat membantumu menemukan negative keywords untuk kampanye PPCmu. Ini adalah langkah-langkah menggunakannya:

  1. Buka Google Keyword Planner dan klik “Discover new keywords“.
  2. Masukkan keyword utama dari kampanyemu dan klik “Get results“.
  3. Periksa daftar ide keyword yang ditampilkan dan cari keyword yang tidak relevan dengan kampanyemu.
  4. Tambahkan keyword yang tidak relevan ke daftar negative keywords.

Temukan di Google Ads

Temukan di Google Ads
Temukan di Google Ads

Laporan “Search terms” Google Ads memberikan daftar kueri yang digunakan orang-orang untuk memicu iklanmu ditampilkan. Saat kamu menjelajahi laporan ini, kamu mungkin menemukan istilah penelusuran yang tidak relevan dengan kampanye iklanmu.

  1. Buka akun Google Ads dan navigasikan ke bagian “Campaigns” > “Insights & reports” > “Search terms”.
  2. Telusuri istilah penelusuran yang muncul dalam laporan dan identifikasi yang tidak relevan dengan kampanyemu. Misalnya, jika kamu menjual sepatu mewah, istilah seperti “sepatu anjing musim dingin” atau “apakah anjing membutuhkan sepatu” mungkin tidak relevan.
  3. Pilih keyword yang tidak relevan dan tambahkan ke daftar negative keywords. Kamu dapat melakukannya langsung dari laporan dengan meng-klik opsi untuk menambahkannya.
  4. Saat menambahkan, kamu dapat memilih untuk menambahkannya ke grup iklan atau kampanye tertentu, ke daftar yang sudah ada, atau membuat daftar keyword baru.
  5. Setelah menambahkan negative keyword, pastikan untuk menyimpan perubahan. Kamu juga dapat mengatur untuk memeriksa laporan “Search terms” secara berkala untuk menemukan istilah baru yang tidak relevan dan menambahkannya ke dalam daftarmu.

Dengan menempuh beberapa cara dan langkah-langkah ini, kamu dapat secara efektif dan rutin mengelola negative keyword dan meningkatkan relevansi iklanmu dalam kampanye paid ads yang kamu jalankan.

Baca juga: 10 Strategi Mobile Local Marketing untuk Tingkatkan Konversi

Cara Menggunakan Negative Keywords di Google Ads

Cara Menggunakan Negative Keywords di Google Ads
Cara Menggunakan Negative Keywords di Google Ads

Setelah mengidentifikasi negative keyword untuk kampanyemu melalui berbagai cara, langkah selanjutnya adalah menambahkannya ke akun Google Adsmu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tambahkan Negative Keywords dari Search Terms Report
    • Dari laporan “Search terms“, centang kotak di samping keyword yang ingin kamu tambahkan.
    • Klik “Add as negative keyword“.
    • Pilih lokasi untuk menambahkan negative keywords, seperti ke ad group, campaign, daftar negative keywords baru, atau daftar yang sudah ada.
    • Klik “Save“.
  2. Tambahkan Negative Keywords dari Dasbor:
    • Di akun Google Ads, klik “Campaigns“.
    • Pilih “Audiences, keywords, and content” di menu dan pilih “Negative search keywords.”
    • Klik tombol plus berwarna biru.
    • Pilih “Select a campaign” yang ingin kamu tambahi keyword.
    • Masukkan negative keyword, satu per baris, serta tentukan broad match, phrase match, dan exact match.
    • Centang “Save to new or existing list” dan beri nama daftar baru atau pilih daftar yang sudah ada.
    • Klik “Save“.
  3. Terapkan Daftar Negative Keywords ke Campaign atau Ad Group:
    • Klik “Campaigns” di dasbor akun Google Ads.
    • Pilih kampanye yang ingin kamu tambahi negative keyword.
    • Klik “Audiences, keywords, and content“.
    • Klik “Search keywords“.
    • Klik “Negative Keywords” di bagian atas.
    • Klik tombol plus berwarna biru dan pilih “Use negative keyword list“.
    • Centang kotak di samping daftar keyword yang ingin kamu terapkan pada campaign.
    • Klik “Save“.

Mengelola kampanye PPC dengan penambahan negative keyword adalah langkah krusial untuk meningkatkan relevansi iklan dan mengurangi pemborosan anggaran pada klik yang tidak menghasilkan konversi.

Dengan menggunakan berbagai metode, seperti riset keyword, analisis pesaing, dan laporan “Search terms” Google Ads, kamu dapat mengidentifikasi negative keyword yang tidak relevan.

Melalui pengoptimalan ini, kamu dapat meningkatkan efektivitas PPC dan mendapatkan hasil yang lebih baik. Jika kamu membutuhkan bantuan dalam mengoptimalkan kampanye PPC atau memperbaiki strategi SEO, Optimaise dapat menjadi solusi yang tepat sebagai penyedia jasa SEO yang berpengalaman. Dengan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnismu, kamu dapat membantumu meningkatkan visibilitas dan mencapai tujuan digital marketingmu.

Baca Juga

Optimaise