Digital MarketingSEO

10 Strategi Mobile Local Marketing untuk Tingkatkan Konversi

Tiara Motik

10 Strategi Mobile Local Marketing untuk Tingkatkan Konversi

Penggunaan ponsel sudah menjadi sesuatu yang tak terpisahkan dari kehidupan sebagian besar orang. Tentunya setiap orang menggunakan ponsel mereka untuk mencari informasi.

Karena itu, memanfaatkan strategi pemasaran yang dioptimalkan untuk perangkat seluler telah menjadi sebuah keharusan bagi pemilik bisnis.

Mobile local narketing yang memanfaatkan keberadaan ponsel dapat menjadi strategi yang sangat efektif dalam meningkatkan penjualan dan kesadaran merek di tingkat lokal.

Misalnya, dengan menggunakan iklan yang ditargetkan berdasarkan lokasi, bisnismu dapat menarik pelanggan potensial yang berada di dekat toko atau tempat usahamu.

Temukan strategi mobile local marketing yang dapat kamu terapkan melalui artikel ini untuk membantu bisnismu tumbuh dan berkembang di era digital yang semakin mobile friendly ini.

Apa yang Dimaksud dengan Mobile Local Marketing?

Apa yang Dimaksud dengan Mobile Local Marketing?
Apa yang Dimaksud dengan Mobile Local Marketing?

Mobile local marketing adalah strategi pemasaran yang ditujukan untuk menjangkau calon pembeli yang berada dalam jarak dekat melalui perangkat seluler mereka. Strategi ini umumnya digunakan oleh bisnis dengan lokasi fisik, seperti toko atau restoran.

Sebagai contoh, sebuah coffee shop bisa mengirimkan voucher diskon melalui SMS kepada orang-orang yang berada dalam radius satu mil dari toko mereka. Voucher tersebut dapat meningkatkan kemungkinan orang tersebut mengunjungi coffee shop.

Dengan keadaan masyarakat yang kini selalu menggunakan ponsel, bisnis lokal dapat menarik pelanggan yang sedang mencari informasi saat bepergian dan membuat keputusan pembelian secara cepat.

Jika orang-orang ini berada di wilayahmu, kamu dapat menarik bisnis dari mereka melalui kehadiran seluler yang kuat.

Mengapa Mobile Local Marketing Efektif?

Mengapa Mobile Local Marketing Efektif?
Mengapa Mobile Local Marketing Efektif?

Keunggulan utama dari mobile local marketing ini memungkinkan bisnis untuk mencapai dan berinteraksi dengan calon pelanggan secara pribadi dan waktu nyata.

Dengan mengirimkan pesan promosi, penawaran khusus, atau informasi penting lainnya melalui pesan teks atau push notification, bisnis dapat menarik perhatian calon pelanggan pada saat yang tepat.

Misalnya, restoran lokal dapat mengirimkan pesan promosi tentang diskon makan siang saat jam makan siang atau cafe bisa mengirimkan pemberitahuan tentang minuman spesial saat cuaca sedang panas.

Hal ini memungkinkan bisnis untuk berada di pikiran pelanggan saat mereka sedang memikirkan atau membutuhkan produk atau layanan yang ditawarkan.

Efektivitas strategi mobile local marketing juga didukung oleh fakta bahwa selalu tersedianya ponsel. Dengan kebiasaan orang Indonesia yang rata-rata menghabiskan 5,7 jam per hari di perangkat seluler mereka maka pesan yang dikirimkan melalui platform seluler memiliki kemungkinan besar untuk dilihat dan direspons oleh calon pelanggan.

Selain itu, mobile local marketing juga dapat dioptimalkan untuk menargetkan pelanggan berdasarkan lokasi mereka. Ini memungkinkan bisnis untuk menjangkau mereka saat mereka berada dalam jarak yang dekat atau relevan dengan bisnis tersebut.

Contoh Penerapan Mobile Local Marketing

Contoh Penerapan Mobile Local Marketing
Contoh Penerapan Mobile Local Marketing

Ketika orang mencari informasi tentang sebuah bisnis, Google dapat menggunakan lokasi mereka untuk menampilkan bisnis yang terdekat.

Pengguna juga dapat menambahkan area tertentu, seperti nama kota atau lokasi untuk mencari bisnis yang berlokasi di area tersebut.

Sebagai contoh, jika seseorang mencari “Bebek Goreng” di Surabaya, Google akan menampilkan bisnis yang relevan di daerah tersebut. Restoran atau rumah makan memiliki peluang lebih tinggi untuk muncul dalam hasil pencarian ini jika mereka telah mengoptimalkan situs web mereka untuk pencarian lokal melalui perangkat seluler.

Google menggunakan 3 faktor peringkat untuk menentukan hasil pencarian lokal. Pertama adalah relevansi, yaitu seberapa sesuai profil bisnis Google dengan apa yang dicari oleh pengguna.

Misalnya, jika seseorang mencari “bebek goreng,” sebuah restoran bebek Madura mungkin akan muncul dalam hasil pencarian, tetapi restoran ayam goreng mungkin tidak akan muncul.

Faktor kedua adalah jarak yang mengukur seberapa dekat bisnis tersebut dengan lokasi pengguna yang sedang mencari. Sebagai contoh, seseorang yang mencari toko kelontong di Jakarta kemungkinan besar tidak akan melihat hasil yang berlokasi di Bekasi.

Baca juga: Terapkan 6 Cara Mengatur AMP untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Faktor terakhir adalah keunggulan, yang mencerminkan seberapa terkenal suatu bisnis. Google mempertimbangkan elemen, seperti backlink, artikel, direktori, dan ulasan untuk menilai keunggulan suatu bisnis.

Strategi dan Praktik Mobile Local Marketing

Strategi dan Praktik Mobile Local Marketing
Strategi dan Praktik Mobile Local Marketing

Masyarakat yang sebagian besar kini semakin bergantung pada perangkat seluler untuk mencari informasi dan menyelesaikan transaksi membuat setiap bisnis harus memanfaatkan situasi ini.

Mobile local marketing melibatkan strategi untuk menjangkau calon pelanggan dalam radius terdekat dengan pesan yang relevan dan waktu yang tepat.

Dengan memahami bagaimana mengoptimalkan strategi local marketing untuk perangkat seluler dan SEO, setiap bisnis dapat meningkatkan kesadaran merek mereka, memperluas basis pelanggan, dan meningkatkan konversi penjualan.

Berikut ini, kita akan menjelajahi berbagai strategi dan praktik mobile local marketing yang dapat membantu bisnis meningkatkan kehadiran bisnis di pasar lokal.

Manfaatkan Local Mobile Search
Manfaatkan Local Mobile Search

Local mobile search memainkan peran penting dalam membantu orang menemukan bisnis di wilayah mereka.

Saat seseorang melakukan pencarian melalui perangkat seluler, seperti smartphone atau tablet maka mesin pencari seperti Google menggunakan informasi lokasi pengguna untuk menampilkan hasil yang relevan dengan lokasi tersebut.

Misalnya, jika seseorang mencari “restoran terdekat” atau “layanan cuci mobil di dekat saya” mesin pencari akan menampilkan daftar restoran atau layanan cuci mobil yang berlokasi dalam radius tertentu dari lokasi pengguna.

Local mobile search juga dapat membantu bisnis lokal meningkatkan visibilitas mereka di pasar lokal, karena mereka lebih mungkin muncul dalam hasil pencarian bagi orang-orang yang berada dalam radius terdekat dari lokasi mereka.

Tawarkan Promo Melalui Geofencing

Tawarkan Promo Melalui Geofencing
Tawarkan Promo Melalui Geofencing

Geofence merupakan batas virtual yang diterapkan di sekitar lokasi fisik tertentu. Ini memungkinkan bisnis untuk mengirim pesan yang ditargetkan kepada orang-orang yang berada dalam wilayah tersebut.

Sebagai contoh, aplikasi Starbucks menggunakan geofencing untuk mengirimkan pesan teks kepada pengguna yang berada dalam wilayah tertentu dengan mengiklankan penawaran terdekat dari lokasi coffee shop tersebut.

Selain itu, geofencing juga dapat digunakan untuk menayangkan iklan yang dipersonalisasi di situs web yang dikunjungi oleh orang-orang yang berada dalam area geofenced.

Gunakan Geo-conquesting untuk Pelanggan Pesaing

Gunakan Geo-conquesting untuk Pelanggan Pesaing
Gunakan Geo-conquesting untuk Pelanggan Pesaing

Geo-conquesting adalah strategi pemasaran yang mirip dengan geofencing, namun dengan fokus yang berbeda.

Jika geofencing menempatkan pembatasan wilayah di sekitar lokasimu untuk menjangkau pelanggan potensial, maka geo-conquesting menempatkannya di sekitar lokasi pesaingmu.

Melalui cara ini, kamu dapat memicu pesan dan iklan untuk muncul ketika pembeli potensialmu mengunjungi pesaingmu.

Salah satu keuntungan utama dari geo-conquesting adalah kemampuannya untuk menjangkau pelanggan yang sudah tertarik atau menggunakan produk atau layanan yang serupa dari pesaingmu.

Dengan begitu, orang-orang ini cenderung lebih responsif terhadap pesanmu sehingga meningkatkan peluangmu untuk mengubah mereka menjadi pelangganmu.

Bluetooth Low Energy (BLE) Beacons untuk Mengirimkan Notifikasi

Bluetooth Low Energy (BLE) Beacons untuk Mengirimkan Notifikasi
Bluetooth Low Energy (BLE) Beacons untuk Mengirimkan Notifikasi

Bluetooth Low Energy (BLE) Beacons merupakan perangkat nirkabel kecil yang menggunakan teknologi Bluetooth untuk mengirimkan sinyal ke ponsel pintar yang berdekatan.

Sinyal ini dapat memicu berbagai tindakan pada perangkat seluler, tergantung pada pengaturan dan penggunaan yang telah ditentukan sebelumnya.

Ketika seseorang memasuki area yang dilengkapi dengan BLE beacom dan mereka telah mengunduh aplikasi yang terkait, mereka dapat menerima notifikasi yang sangat dipersonalisasi langsung ke ponsel mereka.

Misalnya, ketika pelanggan berada di dekat beacon di dekat produk tertentu, mereka dapat menerima diskon khusus untuk produk tersebut.

Selain itu, beacon juga dapat digunakan untuk memberikan navigasi di dalam toko dengan membantu pelanggan menemukan produk yang mereka butuhkan sambil juga mempromosikan produk tambahan yang mungkin diminati oleh pelanggan.

Gunakan QR Code dalam Beriklan

Gunakan QR Code dalam Beriklan
Gunakan QR Code dalam Beriklan

QR code merupakan kode batang yang dapat dipindai menggunakan ponsel cerdas. Saat seseorang memindai QR code, mereka akan diarahkan ke halaman web yang terkait dengan kode tersebut.

McDonald’s dan Burger King adalah salah satu contoh penggunaan QR code dalam beriklan. McDonald’s menggunakan QR code bermerek dalam iklannya yang ketika dipindai, pengguna dapat mengakses layanan pemesanan online McDonald’s. Ini membantu mendorong penjualan untuk toko McDonald’s terdekat.

Untuk membuat QR code, kamu dapat menggunakan alat seperti QR Code Generator yang membantu pengguna membuat QR code secara otomatis. Setelah membuat QR code, kamu dapat menambahkannya ke materi pemasaran dan iklanmu untuk mempromosikan bisnismu kepada pelanggan lokal.

Tawarkan Wi-Fi Gratis

Tawarkan Wi-Fi Gratis
Tawarkan Wi-Fi Gratis

Siapa yang bilang kalau pemberian fasilitas Wi-Fi kepada pelanggan hanya buang-buang biaya? Salah satu cara efektif untuk mengiklankan bisnismu adalah dengan menyediakan Wi-Fi gratis bagi pengunjungmu.

Ketika orang berada di lokasimu, mereka dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi gratis yang kamu sediakan.

Manfaatkan kesempatan ini dengan menyusun halaman login Wi-Fi dan halaman terima kasih untuk mengiklankan promosi khusus. Kamu juga dapat mengaktifkan pilihan untuk mengumpulkan alamat email pada halaman login Wi-Fi.

Hal ini akan membantumu membangun daftar email yang dapat kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang tertarik dengan bisnismu.

Contoh keberhasilannya dapat dilihat dari Restoran Pizza Nova yang menggunakan strategi pemasaran Wi-Fi untuk menarik ratusan ribu prospek di 140 lokasi mereka.

Mereka kemudian mengirimkan kampanye email yang ditargetkan kepada pelanggan potensial, yang berhasil meningkatkan penjualan dan menghasilkan ROI sebesar 15 kali lipat.

Perbaiki Eror di Mobile Website

Perbaiki Eror di Mobile Website
Perbaiki Eror di Mobile Website

Penting untuk memiliki situs web yang mobile friendly yang mudah digunakan dan dinavigasi di ponsel cerdas. Ini penting untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik.

Selain itu, situs web yang dirancang khusus untuk seluler mungkin akan mendapatkan peringkat lebih baik di SERP Google. Situs web yang mobile friendly harus dapat menyesuaikan diri dengan layar yang lebih kecil, seperti tablet dan ponsel cerdas.

Situs web seluler juga harus bebas dari eror. Eror dapat menyebabkan pengguna meninggalkan situsmu dan dapat merusak peringkat websitemu. Untuk memeriksa eror di situs selulermu, kamu dapat menggunakan tools seperti Site Audit SEMrush.

Optimasi Konten

Perbaiki Eror di Mobile Website
Perbaiki Eror di Mobile Website

Mengoptimalkan kontenmu untuk penelusuran seluler dapat meningkatkan peringkat situs webmu di hasil pencarian. Ini penting karena banyak orang menggunakan ponsel mereka untuk mencari informasi secara online.

Untuk membantumu dalam mengoptimalkan konten, kamu dapat menggunakan content analysis tools, seperti Hemingway dan ChatGPT. Alat-alat ini dapat memberikan saran tentang cara meningkatkan kualitas kontenmu agar lebih ramah seluler dan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Dengan mengoptimalkan kontenmu untuk penelusuran seluler, kamu dapat meningkatkan visibilitas situs webmu dan menarik lebih banyak pengunjung potensial.

Baca juga: 10 Rekomendasi Content Analysis Tools dari Gratis Hingga Berbayar

Kelola Local Citations

Kelola Local Citations
Kelola Local Citations

Local citations adalah referensi yang mencakup nama, alamat, nomor telepon dari bisnismu. Membangun local citations yang konsisten dapat membantu meningkatkan peringkat bisnismu, terutama dalam hasil penelusuran seluler lokal.

Ketika seseorang mencari bisnis lokal, mesin pencari seperti Google akan memeriksa informasi bisnis dari berbagai sumber, termasuk Google Business Profile, website, Facebook, Instagram, LinkedIn, dan direktori bisnis lainnya.

Jika informasi tersebut konsisten di berbagai sumber, situs webmu akan dianggap lebih dapat dipercaya sehingga dapat meningkatkan kemungkinan situsmu muncul di hasil penelusuran.

Identifikasi Mobile Keywords

Identifikasi Mobile Keywords
Identifikasi Mobile Keywords

Penting untuk diingat bahwa istilah pencarian yang digunakan orang pada perangkat seluler bisa berbeda dengan yang digunakan pada komputer desktop. Umumnya, keyword yang digunakan pada perangkat seluler cenderung lebih pendek dan terlokalisasi.

Sebagai contoh, saat berjalan-jalan dan ingin mencari tempat makan siang, seseorang mungkin akan mengetikkan “makan siang di dekat saya” pada ponselnya.

Namun, jika sedang di rumah dan merencanakan makan siang beberapa hari ke depan, mereka mungkin akan mencari “makan siang terbaik di [kota tempat mereka berada].”

Perbedaan ini menghasilkan hasil pencarian yang berbeda pula, oleh karena itu penting untuk mengoptimalkan situsmu untuk kedua jenis keyword tersebut. Untuk mengoptimalkan mobile keywords, kamu perlu melakukan riset keyword khusus untuk perangkat seluler.

Kamu dapat menggunakan alat seperti Kesenjangan Keyword Gap SEMrush untuk melakukan riset ini. Dengan demikian, kamu dapat memastikan bahwa situs webmu muncul dalam hasil pencarian yang relevan bagi pengguna perangkat seluler.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur, seperti geofencing, geoconquesting, dan QR code, bisnis dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan lokal dan meningkatkan kesadaran merek mereka.

Penting juga untuk memiliki situs web yang mobile friendly, membangun local citations yang konsisten, dan mengoptimalkan keyword untuk penelusuran seluler. Untuk bantuan dalam mengoptimalkan strategi digital marketingmu, termasuk SEO, Optimaise dapat menjadi mitra yang tepat.

Optimaise dapat membantumu mencapai tujuan mobile local marketing dengan menyediakan jasa SEO. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi kami untuk mendapatkan bantuan dalam meningkatkan kehadiran dan hasil bisnismu di pasar lokal!

Baca Juga

Optimaise