Digital MarketingSEO

5 Cara Meningkatkan Market Share, Catat Ya!

Siti Rohmah Noviah

5 Cara Meningkatkan Market Share Catat Ya

Mengapa SEO menjadi sangat penting dalam market share? Bagi pebisnis online, internet dan mesin pencari menjadi media yang tidak bisa dipisahkan dalam menjalankan bisnis, baik untuk promosi, pemasaran, maupun penjualan.

SEO adalah upaya optimasi agar situs muncul di hasil pencarian teratas sehingga memudahkan target audiens mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Semakin cepat dan mudah audiens menemukan brand atau produk kamu, semakin tinggi potensi mendapatkan penjualan. Bukankah hal tersebut akan berdampak pada pangsa pasar?

Sekilas tentang Market Share

Market share adalah persentase pasar tertentu yang dilayani oleh perusahaan tertentu. Hal tersebut menunjukkan seberapa domain perusahaan dalam niche dan potensi pertumbuhannya. Lebih spesifiknya, market share biasanya mengacu pada pendapatan pangsa pasar, yaitu porsi dari total pendapatan industri yang diatribusikan kepada perusahaan.

Misalnya, perusahaan yang menghasilkan setengah pendapatan industrinya memiliki market share sebesar 50%. Kamu juga dapat mengukur pangsa pasar Anda dengan metrik tertentu seperti:

  • Pengguna aktif bulanan
  • Lalu lintas situs web
  • Penjualan satuan

Relative market share menunjukkan porsi pasar yang kamu sediakan dibandingkan dengan lawan terkuat. Hal ini akan membantu memahami kedudukan kompetitif kamu. Apabila kamu menghasilkan pendapatan setengah dari para pemimpin pasar, artinya relative market share kamu adalah sebesar 50 persen.

Rumus Market Share

Rumus market share yang paling standar adalah sebagai berikut:

Persentase pangsa pasar = (pendapatan perusahaan / pendapatan pasar ) x 100

Sebagai contoh, industri smartphone menghasilkan sebesar Rp 500 miliar penghasilan tahun lalu. Kemudian, Merek X menghasilkan Rp 250 miliar penjualan. Artinya, merek tersebut mendapatkan pangsa pasar sebesar 50 persen dengan penghitungan (Rp 250 miliar / Rp 500 miliar) x 100. 

Untuk menghitungnya dengan metrik yang spesifik, gunakan rumus berikut:

Baca juga: Negative Keywords: Ini 5 Cara Menemukan dan Menggunakannya

Persentase metrik pangsa pasar = (metrik perusahaan / metrik pasar) x 100

Sedangkan untuk menghitung persentase dari relative market share adalah  (pangsa pasar perusahaan/pangsa pasar pesaing terkuat) x 100

Cara Menghitung Market Share

Agar bisa menentukan pangsa pasar, kamu harus membagi metrik perusahaan seperti penghasilan dengan metrik pasar yang seimbang. Kemudian, kalikan dengan 100 untuk bisa mendapatkan hasil dalam bentuk persentase.

Langkah-langkah dalam menghitung market share dari nilai yang berbeda:

Sumber Data Pasar

Perhitungan market share yang bisa kamu lakukan biasanya dibatasi oleh data yang tersedia. Sebaiknya terlebih dahulu kumpulkan data pasar yang kamu perlukan. Sumber yang potensial tersebut mencakup alat riset pasar, database, dan laporan industri. 

Namun, apabila tidak bisa mendapatkan data untuk niche kamu, mungkin kamu harus melakukannya sendiri. Misalnya dengan mendownload laporan keuangan kompetitor. Kemudian, gabungkan angka pendapatan mereka dengan angka pendapatan kamu untuk mendapatkan perkiraan pendapatan pasar.

Perkiraan pangsa pasar adalah pendapatan kamu ditambah dengan pendapatan kompetitor. Hal tersebut juga berlaku untuk metrik lain seperti penjualan unit. Dengan data yang lebih banyak, kamu akan mendapatkan perhitungan market share yang lebih akurat.

Kumpulkan Data Perusahaan yang Sama

Setelah mendapatkan data pasar, pastikan untuk mendapatkan data yang sama dari perusahaan kamu. Misalnya, pendapatan pasar dan pendapatan perusahaan kamu harus berhubungan dengan rentang waktu dan lokasi geografis yang sama. Apabila tidak menggunakan data yang sama, akan sulit untuk bisa mendapatkan hasil yang valid.

Gunakan Rumus Market Share

Selanjutnya, setelah mendapatkan data yang diperlukan, kamu bisa menggunakannya ke dalam rumus untuk metrik yang dipilih. 

Rumusnya adalah (metrik perusahaan / metrik pasar) x 100

Cara Menghitung Traffic Share

Traffic share mewakili porsi kunjungan yang menuju situs web Anda dari semua kunjungan situs web yang dilakukan di industri. Yang membantu kamu memahami seberapa kuat kehadiran online bisnis kamu.

Kamu bisa menghitungnya dalam hitungan detik menggunakan Market Explorer tool dari Semrush. Cukup dengan klik Find Competitors, pilih lokasi, dan masukkan domain. Terakhir, klik Research market.

Alat tersebut kemudian akan melakukan identifikasi kompetitor trafik terbesar dan melakukan analisa pasar. Nah, untuk bisa melihat share trafik kamu dan pesaing, kamu bisa langsung memilih All Domains.

Untuk bisa membandingkan hingga 5 domain, pilih Benchmarking. Kemudian, kamu bisa melihat beberapa informasi terkait, yaitu:

  • Total yang merupakan jumlah kunjungan dari semua channel
  • Direct, yaitu kunjungan pengguna dengan cara mengetikkan URL di browser atau melalui bookmark
  • Referral adalah kunjungan dari tautan atau domain eksternal
  • Organic search merupakan kunjungan dari tautan mesin pencari non-berbayar atau organik
  • Paid search, kunjungan berasal dari iklan mesin pencari
  • Organic Social berasal dari iklan media sosial yang kemudian mengunjungi website dari tautan di iklan tersebut
  • Email merupakan kunjungan dari tautan email
  • Display ads berupa kunjungan dari iklan display

Baca Juga: 4 Cara Mendapatkan Paid Traffic, Catat!

Tips dan Cara Meningkatkan Market Share

Meningkatkan pangsa pasar berarti membuat pelanggan lebih memilih kamu dan produk atau jasa yang ditawarkan dibandingkan para kompetitor. Itulah mengapa kamu harus mengetahui beberapa hal berikut sebagai tips sekaligus cara meningkatkannya:

Ungguli Kompetitor di Hasil Pencarian

Untuk bisa meningkatkan peluang mendapatkan pangsa pasar yang lebih dari kompetitor, coba perhatikan hal ini! Mengungguli kompetitor di mesin pencari merupakan salah satu cara terbaik untuk mengalihkan trafik dari situs mereka ke situs kamu. Tentunya, hal tersebut berkontribusi pada pangsa yang lebih tinggi. 

Agar situs kamu lebih unggul di hasil pencarian, prioritaskan keyword yang berpeluang mendapatkan posisi ranking yang tinggi. Selain itu, pastikan kata kunci tersebut memiliki volume pencarian yang tinggi agar mendapatkan potensi trafik yang lebih tinggi pula.

Tahukah kamu? Kata kunci dengan difficulty skor yang rendah mampu memberikan peluang yang lebih karena lebih mudah untuk meningkatkan peringkat. Jadi, tidak ada salahnya untuk memperhatikan hal satu ini dalam memilih keyword untuk optimasi website.

Coba panduan belajar SEO untuk pemula untuk bisa memahami bagaimana caranya agar lebih unggul dari kompetitor di hasil pencarian Google dan mesin pencari lain.

Gunakan Strategi Penetapan Harga yang Kompetitif

Harga menjadi salah satu faktor utama yang menentukan apakah seseorang akan membeli sebuah produk atau tidak. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu gunakan strategi penetapan harga yang kompetitif.

Namun, pastikan bahwa cara meningkatkan market share satu ini cocok untuk model finansial dan identitas brand. Jika dinilai kurang sesuai terlebih jika dilakukan secara berkelanjutan, mengapa tidak memberikan penawaran spesial?

Hal terpenting dalam menarik pelanggan adalah membuat mereka membeli produk yang kamu jual. Dengan begitu, kamu bisa memengaruhi mereka untuk kembali melakukan pembelian di kemudian hari dengan cara yang lebih bervariasi.

Manfaatkan Unique Selling Proposition (USP)

Unique selling proposition (USP) menjelaskan apa yang membuat kamu berbeda dan unik. Misalnya, pada produk Apple, beberapa elemen USP berupa desain yang unggul, interface ramah pengguna, dan penekanan pada privasi dan keamanan.

Oleh sebab itu, kamu harus membuat dan kemudian menyampaikan nilai kuat dari USP. Sehingga pelanggan mempunyai alasan untuk lebih memilih brand atau produk kamu dibandingkan apa yang ditawarkan oleh kompetitor. Hal tersebut berperan penting dalam meningkatkan pangsa pasar.

Berinovasi

Inovasi akan sangat membantu bisnis lebih terlihat dan unggul. Itulah kenapa kamu harus berinovasi tanpa henti. Hal tersebut juga membantu pelanggan mendapatkan solusi yang tepat. Lakukan riset pasar agar inovasi kamu sesuai dengan kebutuhan target pasar. Jadi, hasilnya akan sesuai dengan harapan.

Perkuat Loyalitas Pelanggan

Kamu tidak akan kehilangan market share apabila memiliki kesetiaan pelanggan yang kuat. Pelanggan setia bukan hanya akan melakukan pembelian lagi dan lagi, tetapi juga akan merekomendasikan kepada orang lain. Untuk bisa membangun kesetiaan pelanggan, lakukan beberapa hal berikut:

  • Berikan layanan pelanggan terbaik
  • Buat program referral dan penghargaan
  • Tawarkan penawaran menarik untuk pelanggan setia
  • Dapatkan feedback dari pelanggan

Sudah siap mendapatkan peningkatan market share dengan memahami informasi di atas? Nah, kali ini kamu bisa mulai dengan memaksimalkan upaya optimasi. Yaitu dengan memilih jasa SEO Malang terbaik agar lebih unggul dari kompetitor di hasil pencarian.

Jasa tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah yaitu dengan menghubungi Optimaise sekarang juga.

Baca Juga

Optimaise