Digital MarketingSEO

Apa Itu SEO Specialist dan 6 Tugasnya

Suwardi

Apa Itu SEO Specialist

Dalam persaingan bisnis di era digital, keberadaan SEO specialist menjadi suatu hal yang penting banget. Walaupun terbilang baru, profesi satu ini memang semakin banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Dalam persaingan bisnis online, SEO specialist jadi ujung tombak yang membantu supaya situs perusahaan atau organisasi tersebut berada di halaman pertama Google. Nah, ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu seo specialist dan peranannya? Yuk, simak ulasannya di dalam artikel ini.

Apa Itu SEO Specialist?

Apa Itu SEO Specialist?
Apa Itu SEO Specialist?

Beberapa orang mungkin masih awam dengan apa itu seo specialist. Soalnya, profesi satu ini memang baru muncul seiring dengan semakin berkembangnya penggunaan internet. Selain menjadi media mencari hiburan dan informasi, internet juga bisa menjadi sarana promosi bisnis, lho. Nah, peluang keberhasilan promosi bisnismu bisa jadi semakin besar jika situs bisnismu berada di urutan halaman pertama Google.

Nah, di situlah peranan dari seorang SEO specialist. Jika kamu bertanya-tanya tentang apa itu seo specialist, ia adalah orang yang menyusun strategi optimasi sebuah situs, supaya mempermudah situs tersebut dikenali oleh Google dan bertengger di halaman pertama mesin pencari. Tenaga ahli ini tentunya harus punya skill mumpuni mengenai SEO (Search Engine Optimization).

Mereka juga bertanggung jawab terhadap strategi peningkatan traffic ke website secara organik. FYI, yang dimaksud dari peningkatan traffic website secara organik adalah bertambahnya pengunjung situs secara alami tanpa menggunakan perantara iklan dari Google. Selain itu, mereka juga harus memastikan metode yang dipakai tidak melanggar ketentuan yang ditetapkan oleh Google.

Baca juga: 5 Cara Menggunakan All in One SEO Pack Paling Mudah

Manfaat Menjadi Seorang SEO Specialist

Manfaat Menjadi Seorang SEO Specialist
Manfaat Menjadi Seorang SEO Specialist

SEO (Search Engine Optimization) menjadi bidang yang sangat diminati dan menguntungkan. Menurut BrightEdge, 53% dari seluruh traffic situs web berasal dari hasil pencarian organik. Selain itu, sekitar 70% online marketing percaya bahwa SEO lebih efektif daripada PPC (Pay-Per-Click) dalam menghasilkan prospek.

Dalam laporan B2B Marketing Semrush tahun 2022, terungkap bahwa 49% responden menggunakan strategi SEO di perusahaan mereka. Chief Marketing Officer (CMO) dan eksekutif senior berencana untuk mengalokasikan 23,5% anggaran pemasaran mereka untuk SEO pada tahun 2023. SEO specialist sangat dicari karena bisnis-bisnis berinvestasi untuk mendapatkan prospek melalui traffic pencarian organik.

Salah satu keuntungan besar dari SEO adalah biayanya yang lebih rendah dan hambatan masuk yang lebih rendah dibandingkan dengan metode digital marketing lainnya, seperti iklan PPC atau media sosial.

Menurut laporan tahun 2022 dari Search Engine Journal, freelance melaporkan penghasilan tertinggi. Sebanyak 44,5% dari responden yang bekerja sebagai freelance, founder, atau kontraktor menghasilkan antara $75-149.000 per tahun.

Memulai karir sebagai SEO specialist bisa menjadi awal yang bagus untuk membuka pintu menuju berbagai peluang karir yang berpotensi besar. Beberapa di antaranya termasuk:

  1. Search Engine Marketer
  2. SEO Manager
  3. Content Marketer
  4. Content Marketing Manager
  5. Marketing Analyst
  6. Digital Marketer
  7. Business Marketing Consultant

Apa Itu SEO Specialist: 6 Tugasnya

Apa Itu SEO Specialist: 6 Tugasnya
Apa Itu SEO Specialist: 6 Tugasnya

Sekarang, kamu sudah tahu kan apa itu seo specialist. Peranan utama dari seorang spesialis SEO adalah menerapkan strategi terbaik untuk meningkatkan peringkat sebuah situs hingga mencapai halaman pertama Google. Mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan arus traffic yang masuk ke dalam situs tersebut menunjukkan peningkatan. Selain itu, seorang SEO specialist juga punya tugas-tugas berikut ini:

Analisis Website

Analisis Website
Analisis Website

Sebelum menerapkan strategi optimasi website, seorang spesialis SEO yang berpengalaman pasti akan melakukan analisis situs terlebih dulu. Tujuannya supaya mereka bisa memahami struktur website sebelum menyusun strategi yang tepat untuk mendukung optimasi situs tersebut. Selain mengenali struktur website, aspek lain yang diperhatikan oleh seorang SEO specialist adalah performa dan kecepatan website tersebut dalam memuat konten di dalamnya serta tingkat pengalaman pengguna atau user experience.

Mengembangkan Strategi Optimasi Website

Mengembangkan Strategi Optimasi Website
Mengembangkan Strategi Optimasi Website

Nggak cuma menyusun strategi optimasi situs, SEO specialist juga bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi tersebut. Tentunya, pengembangan taktik SEO ini juga didasarkan dari hasil evaluasi secara berkala. Strategi SEO yang diterapkan biasanya meliputi beberapa aspek, yaitu: optimasi kecepatan situs, membuat tampilan website yang memenuhi kaidah SEO, riset dan seleksi keyword terbaik untuk optimasi SEO, dan lain-lain.

Mengoptimalkan Struktur Sebuah Website

Mengoptimalkan Struktur Sebuah Website
Mengoptimalkan Struktur Sebuah Website

Optimasi struktur situs juga termasuk di dalam strategi yang diterapkan seorang SEO specialist, lho! Dalam mengoptimalkan struktur dari sebuah website, biasanya mereka akan berfokus pada pembuatan sitemap, pengaplikasian heading tag, organisir konten, dan nggak ketinggalan adalah mengoptimasi struktur URL situs yang SEO-friendly.

Optimalisasi struktur website ini penting banget buat membantu mempermudah crawler Google dalam mengenali struktur konten dan websitemu. Navigasi pengunjung situs juga bakal jadi terasa lebih gampang, sehingga peluang Google merekomendasikan situsmu melalui mesin pencari pun semakin besar.

Optimasi Konten

Optimasi Konten
Optimasi Konten

Buat yang sedang mencari tahu tentang apa itu seo specialist, ternyata tugasnya tidak hanya melulu tentang optimasi situs saja, lho. Mereka juga melakukan optimasi konten untuk memperkuat strategi SEO yang diterapkan. Dalam hal ini, mereka akan melakukan riset keyword dan memilih kata kunci yang terbaik dan relevan dengan tema bisnis kamu.

Next, mereka akan mengintegrasikan kata kunci tersebut ke dalam konten, sehingga menghasilkan artikel SEO-friendly yang bisa membantu memperkuat optimasi situsmu. Mulai dari judul artikel, meta deskripsi, hingga struktur internal link, spesialis SEO akan memastikan keyword ada di bagian-bagian tersebut untuk meningkatkan optimasi situs.

Menerapkan Strategi Backlink
Menerapkan Strategi Backlink

SEO specialist juga bertanggung jawab dalam menetapkan strategi backlink terbaik untuk sebuah situs. Basically, backlink adalah tautan referensi situsmu yang disematkan pada konten situs lainnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan otoritas situsmu. Semakin banyak situs yang memajang backlink ke situsmu, maka Google akan menganggap situsmu kredibel dan mendongkrak peringkatnya hingga ke halaman pertama mesin pencari.

Tapi, penerapan backlink ini nggak boleh sembarangan. Nah, di sinilah peranan dari seorang SEO specialist. Mereka berperan untuk memastikan bahwa situs-situs yang memuat backlink websitemu punya relevansi yang sama dan pastinya menyajikan informasi yang kredibel.

Jenis backlink yang digunakan juga berperan banget dalam keberhasilan strategi ini. SEO specialist dari Optimaise misalnya, menggunakan tipe backlink dofollow yang paling direkomendasikan untuk mendapatkan hasil optimasi terbaik.

Melakukan Analisis, Evaluasi, dan Penyusunan Laporan

Melakukan Analisis, Evaluasi, dan Penyusunan Laporan
Melakukan Analisis, Evaluasi, dan Penyusunan Laporan

Apakah peranan dari apa itu seo specialist hanya sampai di situ saja? Ternyata, nggak lho! Selain menyusun dan menerapkan strategi optimasi situs, seorang spesialis SEO juga akan memantau serta mengevaluasi hasil dari strategi SEO yang diterapkan. Mereka juga akan melaporkan penemuan dari hasil analisis tersebut dalam bentuk laporan yang menyeluruh.

Apa Itu SEO Specialist: Skill yang Harus Dimiliki

Apa Itu SEO Specialist: Skill yang Harus Dimiliki
Apa Itu SEO Specialist: Skill yang Harus Dimiliki

Selain tahu apa itu seo specialist, kamu juga perlu tahu apa saja skill yang harus mereka miliki. Beberapa kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang ahli SEO antara lain:

Analytic Skill

Analytic Skill
Analytic Skill

Seorang SEO specialist yang berpengalaman wajib banget punya kemampuan analitik. Skill ini bakal dibutuhkan untuk aktivitas keyword research, riset struktur website, hingga riset kompetitor. Nggak hanya itu, kemampuan analitik ini juga dapat membantu SEO specialist untuk membuat strategi optimasi berdasarkan tren yang sedang berkembang.

Menguasai Penggunaan Analytics Tool

Menguasai Penggunaan Analytics Tool
Menguasai Penggunaan Analytics Tool

Dalam menjalankan tugasnya, seorang spesialis SEO pastinya menggunakan analytics tool. Beberapa tools yang paling banyak dipakai antara lain Ahrefs, Uber Suggest, Google Search Console, dan lain-lain. Nah, seorang spesialis SEO wajib banget menguasai cara menggunakan tools tersebut. Dengan memanfaatkan tool tersebut tentunya akan lebih mempermudah usaha optimasi situs.

Kemampuan Komunikasi

Kemampuan Komunikasi
Kemampuan Komunikasi

Yang nggak kalah penting, seorang spesialis SEO harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Baik kemampuan komunikasi secara lisan maupun tertulis. Hal ini dikarenakan SEO specialist pastinya nggak bekerja sendirian. Mereka juga harus berkoordinasi dengan timnya, developer, dan penulis yang bekerjasama dengannya. Selain itu, mereka juga harus bisa dan menjelaskan mengenai serba-serbi SEO kepada klien yang mungkin saja masih awam terhadap strategi optimasi website ini.

Cara untuk Menjadi SEO Specialist

Cara untuk Menjadi SEO Specialist
Cara untuk Menjadi SEO Specialist

Meskipun tidak ada persyaratan kualifikasi yang khusus untuk bekerja di bidang SEO, memiliki gelar dalam marketing, ilmu komputer, atau bidang terkait bisa menjadi keuntungan tambahan.

Metode “Do It Yourself” (DIY) melibatkan proses belajar dan mengasah keterampilan SEO secara mandiri. Banyak profesional SEO sukses yang telah menjadi ahli melalui pendekatan ini, dengan belajar secara mandiri, mendapatkan pengalaman langsung, dan melakukan percobaan.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk menjadi spesialis SEO melalui pendekatan DIY.

Pelajari SEO

Pelajari SEO
Pelajari SEO

SEO adalah tentang membuat situs webmu lebih terlihat di mesin pencari seperti Google. Ini dilakukan dengan memastikan situs webmu memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna dan memiliki konten yang relevan dan berkualitas. Ada 4 jenis SEO utama:

  1. SEO On-Page: ini berfokus pada bagaimana kamu mengoptimalkan elemen di dalam halaman webmu, seperti judul halaman, meta description, dan penggunaan keyword.
  2. SEO Off-Page: mencakup upaya di luar situs webmu untuk meningkatkan otoritas dan reputasi situs web, seperti membangun link, berbagi konten di media sosial, dan bekerja sama dengan influencer.
  3. Local SEO: bertujuan untuk membuat bisnismu lebih terlihat dalam pencarian lokal, seperti dengan mengoptimalkan informasi bisnismu di Google My Business dan memastikan konsistensi informasi kontakmu di seluruh web.
  4. SEO Teknis: melibatkan optimisasi di belakang layar, seperti memastikan situs webmu cepat dimuat, mobile friendly, dan menggunakan markup data terstruktur.

Selain itu, biasakan dirimu untuk menggunakan Google Analytics. Google Analytics (GA) adalah alat analisis web yang membantumu memahami bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs web atau aplikasimu. Ini memberikan informasi tentang jumlah pengunjung, laman yang mereka lihat, dan bagaimana mereka menemukan situs webmu.

GA4 adalah versi terbaru dari Google Analytics yang diperkenalkan pada bulan Juni 2023, menggantikan Universal Analytics (UA). GA4 memiliki antarmuka yang lebih modern dan berfokus pada peristiwa (seperti klik atau tindakan pengguna lainnya) dan parameter daripada fokus UA pada tampilan halaman dan sesi.

Menggunakan alat ini dapat membantumu memahami lebih baik perilaku pengguna dan kinerja situs webmu yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan strategi marketing dan pengalaman pengguna.

Ikuti Kursus

Ikuti Kursus
Ikuti Kursus

Salah satu cara tercepat untuk mempelajari SEO adalah melalui kursus formal yang sesuai dengan tingkat pengalamanmu. Misalnya, jika kamu pemula, kamu dapat memulai dengan Panduan Memulai SEO dari Google.

Kemudian, kamu bisa melangkah ke kursus yang lebih lanjut, seperti panduan dan dukungan pelatihan untuk Google Analytics 4 (GA4). Kamu juga bisa memanfaatkan panduan Google Analytics untuk pemula yang akan membantumu memahami cara menggunakan alat tersebut secara efektif.

Ketika kamu merasa lebih percaya diri dan ingin mengembangkan keterampilan analisis datamu, kamu bisa mendaftar ke kursus lanjutan, seperti kursus GA4 dari Google.

Meskipun sertifikasi tidak selalu diperlukan, memiliki sertifikasi bisa memberikan nilai tambah pada profil LinkedIn dan resumemu, serta menunjukkan komitmenmu terhadap pengembangan profesional di bidang SEO.

Baca Blog Bertopik SEO

Baca Blog Bertopik SEO
Baca Blog Bertopik SEO

Untuk tetap up-to-date dengan algoritme dan tren industri yang terus berubah, penting untuk membaca blog dari pemimpin pemikiran di industri SEO dan marketing. Beberapa blog yang sangat direkomendasikan termasuk:

  1. Search Engine Journal: menyediakan informasi terbaru tentang pemasaran mesin pencari, termasuk SEO, PPC, pemasaran media sosial, dan content marketing.
  2. Semrush Blog: menyajikan berbagai topik tentang SEO, PPC, dan content marketing.
  3. Yoast SEO Blog: Yoast adalah plugin SEO populer untuk WordPress, dan blog mereka membahas topik SEO yang relevan khususnya untuk pengguna WordPress.
  4. Search Engine Land (SEL): meliput berita dan pembaruan terbaru tentang SEO, mesin pencari, dan digital marketing.
  5. Backlinko: blog yang dikelola oleh Brian Dean, memberikan wawasan dan strategi tentang pembuatan tautan, content marketing, dan SEO teknis.

Dari beberapa situs web ini, kamu akan menemukan panduan, berita terbaru, tips, tren industri, dan banyak informasi lainnya yang berguna untuk kamu. Kami juga menyarankan agar kamu mendaftar buletin beberapa situs web tersebut agar pembaruan terkini dalam industri dapat langsung dikirimkan ke kotak masuk emailmu. Dengan begitu, kamu akan selalu mendapatkan informasi terbaru tanpa harus mencarinya sendiri.

Belajar Melalui Trial and Error

Belajar Melalui Trial and Error
Belajar Melalui Trial and Error

Kamu bisa menghabiskan banyak waktu untuk mendengarkan podcast SEO, membaca blog, dan mengikuti kursus, tetapi cara terbaik untuk benar-benar memahami SEO adalah dengan melakukannya sendiri.

Banyak ahli SEO belajar secara mandiri dengan menerapkan apa yang mereka pelajari dari kursus ke situs web mereka sendiri atau situs web teman. Dengan cara ini, mereka bisa langsung melihat bagaimana strategi SEO bekerja dalam praktiknya.

Memiliki situs web sendiri juga bisa menjadi keuntungan besar karena dapat berfungsi sebagai portofolio yang menunjukkan keterampilan SEOmu kepada calon klien atau pemberi kerja. Selain itu, ini juga menjadi tempat yang baik untuk mencoba strategi dan taktik baru tanpa takut merusak situs klien. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat menguji dan mengembangkan keterampilan SEOmu dengan lebih baik.

Nah, semoga ulasan di atas bisa memberikan jawaban yang memuaskan terhadap pertanyaan “apa itu SEO specialist”. Sekarang sudah tahu kan pentingnya peranan dari seorang spesialis SEO. Jika saat ini kamu sedang mencari seorang ahli SEO untuk membantu mengoptimasi situsmu, pilihlah layanan jasa SEO dari Optimaise.

Tim spesialis SEO kami sudah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam optimasi situs dengan hasil yang sangat memuaskan. Metode SEO yang kami gunakan adalah White Hat Engine Optimization, yaitu teknik SEO yang mampu mengoptimasi situs dengan tetap memperhatikan dan mematuhi regulasi yang diberlakukan oleh Google. Dapatkan penawaran harga terbaik dengan hubungi CP yang tertera, ya!

Baca Juga

Optimaise