Dalam persaingan bisnis di era digital, keberadaan SEO specialist menjadi suatu hal yang penting banget. Walaupun terbilang baru, profesi satu ini memang semakin banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Dalam persaingan bisnis online, SEO specialist jadi ujung tombak yang membantu supaya situs perusahaan atau organisasi tersebut berada di halaman pertama Google. Nah, ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu seo specialist dan peranannya? Yuk, simak ulasannya di dalam artikel ini.
Table of Contents
Apa Itu SEO Specialist?
Beberapa orang mungkin masih awam dengan apa itu seo specialist. Soalnya, profesi satu ini memang baru muncul seiring dengan semakin berkembangnya penggunaan internet. Selain menjadi media mencari hiburan dan informasi, internet juga bisa menjadi sarana promosi bisnis, lho. Nah, peluang keberhasilan promosi bisnismu bisa jadi semakin besar jika situs bisnismu berada di urutan halaman pertama Google.
Nah, di situlah peranan dari seorang SEO specialist. Jika kamu bertanya-tanya tentang apa itu seo specialist, ia adalah orang yang menyusun strategi optimasi sebuah situs, supaya mempermudah situs tersebut dikenali oleh Google dan bertengger di halaman pertama mesin pencari. Tenaga ahli ini tentunya harus punya skill mumpuni mengenai SEO (Search Engine Optimization).
Mereka juga bertanggung jawab terhadap strategi peningkatan traffic ke website secara organik. FYI, yang dimaksud dari peningkatan traffic website secara organik adalah bertambahnya pengunjung situs secara alami tanpa menggunakan perantara iklan dari Google. Selain itu, mereka juga harus memastikan metode yang dipakai tidak melanggar ketentuan yang ditetapkan oleh Google.
Baca juga: 5 Cara Menggunakan All in One SEO Pack Paling Mudah
Apa Itu SEO Specialist: 6 Tugasnya
Sekarang, kamu sudah tahu kan apa itu seo specialist. Peranan utama dari seorang spesialis SEO adalah menerapkan strategi terbaik untuk meningkatkan peringkat sebuah situs hingga mencapai halaman pertama Google. Mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan arus traffic yang masuk ke dalam situs tersebut menunjukkan peningkatan. Selain itu, seorang SEO specialist juga punya tugas-tugas berikut ini:
Analisis Website
Sebelum menerapkan strategi optimasi website, seorang spesialis SEO yang berpengalaman pasti akan melakukan analisis situs terlebih dulu. Tujuannya supaya mereka bisa memahami struktur website sebelum menyusun strategi yang tepat untuk mendukung optimasi situs tersebut. Selain mengenali struktur website, aspek lain yang diperhatikan oleh seorang SEO specialist adalah performa dan kecepatan website tersebut dalam memuat konten di dalamnya serta tingkat pengalaman pengguna atau user experience.
Mengembangkan Strategi Optimasi Website
Nggak cuma menyusun strategi optimasi situs, SEO specialist juga bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi tersebut. Tentunya, pengembangan taktik SEO ini juga didasarkan dari hasil evaluasi secara berkala. Strategi SEO yang diterapkan biasanya meliputi beberapa aspek, yaitu: optimasi kecepatan situs, membuat tampilan website yang memenuhi kaidah SEO, riset dan seleksi keyword terbaik untuk optimasi SEO, dan lain-lain.
Mengoptimalkan Struktur Sebuah Website
Optimasi struktur situs juga termasuk di dalam strategi yang diterapkan seorang SEO specialist, lho! Dalam mengoptimalkan struktur dari sebuah website, biasanya mereka akan berfokus pada pembuatan sitemap, pengaplikasian heading tag, organisir konten, dan nggak ketinggalan adalah mengoptimasi struktur URL situs yang SEO-friendly.
Optimalisasi struktur website ini penting banget buat membantu mempermudah crawler Google dalam mengenali struktur konten dan websitemu. Navigasi pengunjung situs juga bakal jadi terasa lebih gampang, sehingga peluang Google merekomendasikan situsmu melalui mesin pencari pun semakin besar.
Optimasi Konten
Buat yang sedang mencari tahu tentang apa itu seo specialist, ternyata tugasnya tidak hanya melulu tentang optimasi situs saja, lho. Mereka juga melakukan optimasi konten untuk memperkuat strategi SEO yang diterapkan. Dalam hal ini, mereka akan melakukan riset keyword dan memilih kata kunci yang terbaik dan relevan dengan tema bisnis kamu.
Next, mereka akan mengintegrasikan kata kunci tersebut ke dalam konten, sehingga menghasilkan artikel SEO-friendly yang bisa membantu memperkuat optimasi situsmu. Mulai dari judul artikel, meta deskripsi, hingga struktur internal link, spesialis SEO akan memastikan keyword ada di bagian-bagian tersebut untuk meningkatkan optimasi situs.
Menerapkan Strategi Backlink
SEO specialist juga bertanggung jawab dalam menetapkan strategi backlink terbaik untuk sebuah situs. Basically, backlink adalah tautan referensi situsmu yang disematkan pada konten situs lainnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan otoritas situsmu. Semakin banyak situs yang memajang backlink ke situsmu, maka Google akan menganggap situsmu kredibel dan mendongkrak peringkatnya hingga ke halaman pertama mesin pencari.
Tapi, penerapan backlink ini nggak boleh sembarangan. Nah, di sinilah peranan dari seorang SEO specialist. Mereka berperan untuk memastikan bahwa situs-situs yang memuat backlink websitemu punya relevansi yang sama dan pastinya menyajikan informasi yang kredibel.
Jenis backlink yang digunakan juga berperan banget dalam keberhasilan strategi ini. SEO specialist dari Optimaise misalnya, menggunakan tipe backlink dofollow yang paling direkomendasikan untuk mendapatkan hasil optimasi terbaik.
Melakukan Analisis, Evaluasi, dan Penyusunan Laporan
Apakah peranan dari apa itu seo specialist hanya sampai di situ saja? Ternyata, nggak lho! Selain menyusun dan menerapkan strategi optimasi situs, seorang spesialis SEO juga akan memantau serta mengevaluasi hasil dari strategi SEO yang diterapkan. Mereka juga akan melaporkan penemuan dari hasil analisis tersebut dalam bentuk laporan yang menyeluruh.
Apa Itu SEO Specialist: Skill yang Harus Dimiliki
Selain tahu apa itu seo specialist, kamu juga perlu tahu apa saja skill yang harus mereka miliki. Beberapa kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang ahli SEO antara lain:
Analytic Skill
Seorang SEO specialist yang berpengalaman wajib banget punya kemampuan analitik. Skill ini bakal dibutuhkan untuk aktivitas keyword research, riset struktur website, hingga riset kompetitor. Nggak hanya itu, kemampuan analitik ini juga dapat membantu SEO specialist untuk membuat strategi optimasi berdasarkan tren yang sedang berkembang.
Menguasai Penggunaan Analytics Tool
Dalam menjalankan tugasnya, seorang spesialis SEO pastinya menggunakan analytics tool. Beberapa tools yang paling banyak dipakai antara lain Ahrefs, Uber Suggest, Google Search Console, dan lain-lain. Nah, seorang spesialis SEO wajib banget menguasai cara menggunakan tools tersebut. Dengan memanfaatkan tool tersebut tentunya akan lebih mempermudah usaha optimasi situs.
Kemampuan Komunikasi
Yang nggak kalah penting, seorang spesialis SEO harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Baik kemampuan komunikasi secara lisan maupun tertulis. Hal ini dikarenakan SEO specialist pastinya nggak bekerja sendirian. Mereka juga harus berkoordinasi dengan timnya, developer, dan penulis yang bekerjasama dengannya. Selain itu, mereka juga harus bisa dan menjelaskan mengenai serba-serbi SEO kepada klien yang mungkin saja masih awam terhadap strategi optimasi website ini.
Nah, semoga ulasan di atas bisa memberikan jawaban yang memuaskan terhadap pertanyaan “apa itu SEO specialist”. Sekarang sudah tahu kan pentingnya peranan dari seorang spesialis SEO. Jika saat ini kamu sedang mencari seorang ahli SEO untuk membantu mengoptimasi situsmu, pilihlah layanan jasa SEO dari Optimaise.
Tim spesialis SEO kami sudah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam optimasi situs dengan hasil yang sangat memuaskan. Metode SEO yang kami gunakan adalah White Hat Engine Optimization, yaitu teknik SEO yang mampu mengoptimasi situs dengan tetap memperhatikan dan mematuhi regulasi yang diberlakukan oleh Google. Dapatkan penawaran harga terbaik dengan hubungi CP yang tertera, ya!