Digital MarketingSEO

3 Cara Mudah Menggunakan Ubersuggest untuk Optimasi Website

Mbagas

Ubersuggest

Meraih peringkat teratas di mesin pencari Google pastinya jadi salah satu goals kamu dalam pengelolaan website. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan menerapkan strategi SEO (Search Engine Optimization). Pada dasarnya, SEO adalah sebuah metode optimasi sebuah website dengan tujuan agar situs tersebut berhasil meraih peringkat atau halaman teratas pada hasil pencarian Google. Nah, untuk menerapkan strategi ini, ada beberapa tools yang bisa kamu pakai. Salah satunya adalah ubersuggest. Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai tool berguna satu ini.

Tentang Ubersuggest

Tentang Ubersuggest
Tentang Ubersuggest

Nama ubersuggest pastinya nggak terdengar asing di kalangan pengelola website. SEO tool satu ini memang menjadi andalan bagi setiap SEO specialists dalam mengoptimasi situs yang mereka kelola. Ubersuggest dikembangkan oleh pakar SEO, yaitu Neil Patel, yang juga merangkap sebagai seorang digital marketer profesional. Tool ini banyak digunakan oleh perusahaan maupun agensi digital marketing, salah satunya adalah Optimaise.

Dari segi fitur, fitur optimasi di dalam tool ini lengkap banget dan beragam. Selain mendapatkan kemudahan dalam hal riset keyword, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ada untuk mematangkan penerapan strategi SEO-mu. Ubersuggest bisa kamu download dan gunakan secara gratis. Tapi, jika kamu membutuhkan fitur yang lebih canggih dan beragam, kamu harus membayar biaya berlangganan setiap bulan.

Fitur-fitur Unggulan Ubersuggest

Fitur-fitur Unggulan Ubersuggest
Fitur-fitur Unggulan Ubersuggest

Salah satu keunggulan yang membuat ubersuggest sangat disukai adalah karena tool ini menawarkan fitur beragam. Fitur-fitur tersebut punya fungsi masing-masing yang bisa membantu mengoptimalkan optimasi situsmu, lho. Beberapa fitur andalan yang tersedia antara lain:

Keyword Analyzer

Keyword Analyzer
Keyword Analyzer

Fitur ubersuggest ini berguna banget buat kamu yang sedang melakukan riset kata kunci. Dengan menggunakannya, kamu nggak hanya bisa mencari tahu tentang keyword terbaik untuk konten websitemu. Fitur ini juga akan memberikan informasi tentang volume masing-masing kata kunci, tingkat persaingan, hingga usulan kata kunci yang berkaitan untuk memperkaya keyword konten yang kamu pakai.

Baca juga: 7 Cara Cek Backlink Pakai Tools Gratis!

SEO Explorer

SEO Explorer
SEO Explorer

Fitur satu ini berguna banget untuk mengecek penerapan strategi SEO pada kontenmu. Dengan menggunakan fitur ini, kamu jadi tahu apakah konten yang kamu buat sudah memenuhi kaidah SEO. Mulai dari penempatan keyword utama di judul dan meta description, hingga penyebutan kata kunci di badan paragraf. Fitur ini membantu banget, terutama bagi pemula, lho!

Competitive Analysis

Competitive Analysis
Competitive Analysis

Fitur unggulan lainnya dari ubersuggest adalah “competitive analysis”. Fitur ini berguna banget untuk kamu yang ingin memantau tingkat kompetisi dari kata kunci yang hendak kamu gunakan. Sebaiknya, hindari memilih kata kunci yang juga banyak digunakan oleh kompetitormu, karena hal tersebut bisa mengakibatkan kamu kesulitan dalam mencapai peringkat pertama di hasil pencarian Google. Memilih longtail keyword bisa menjadi solusi alternatif daripada menggunakan kata kunci populer.

Baca juga: 6 Rekomendasi Plugin SEO WordPress Terbaik

Cara Menggunakan Ubersuggest

Cara Menggunakan Ubersuggest
Cara Menggunakan Ubersuggest

Ubersuggest memang menjadi salah satu SEO tools yang paling direkomendasikan. Kamu bahkan bisa menggunakan tool ini untuk keperluan SEO-mu tanpa harus login terlebih dulu. Tapi, hal ini hanya berlaku sebanyak 3 kali pencarian keyword saja, ya! Selebihnya, kamu harus mendaftarkan akun terlebih dulu. Nah, setelah mempunyai akun, tool ini bisa kamu pakai untuk aktivitas berikut:

Riset Kata Kunci

Riset Kata Kunci
Riset Kata Kunci

Nah, salah satu hal yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan ubersuggest adalah riset keyword atau keyword research. Dengan menggunakan tool ini, kamu akan semakin dipermudah saat meriset kata kunci populer untuk kontenmu. Untuk setiap pencarian kata kunci, tool ini akan menampilkan informasi lengkap yang disebut dengan “Keyword Overview”. DI dalamnya terdapat berbagai informasi mengenai keyword tersebut, mulai dari jumlah volume pencarian, tingkat kompetisi organik, CPC (Cost per Click), CTR (Click-Through Rate), dan lain-lain.

Buat kamu yang sedang stuck bisa menggunakan fitur “Keyword Ideas”. Fitur menu ini bisa memberikan usulan kata kunci yang bisa kamu terapkan di dalam kontenmu. Cara mengakses fitur ini gampang banget! Simak langkah-langkahnya berikut:

  1. Kunjungi situs resmi Ubersuggest
  2. Setelah itu, masukkan kata kunci utama yang kamu targetkan ke dalam kolom pencarian
  3. Setelah hasil muncul, arahkan cursor ke bagian menu sebelah kanan dan klik “Keyword Analyzer”
  4. Lanjutkan dengan klik opsi “Keyword Ideas
  5. Pilih “Suggestions” dan usulan keyword yang berkaitan dengan kata kunci utama tersebut akan langsung muncul. Pilih deh sesuai dengan kebutuhanmu!

Memantau Kata Kunci yang Digunakan Kompetitor

Memantau Kata Kunci yang Digunakan Kompetitor
Memantau Kata Kunci yang Digunakan Kompetitor

Selain riset keyword untuk kepentingan membangun SEO pada websitemu, kamu juga bisa menggunakan ubersuggest untuk memantau website kompetitor, lho. Yap, dengan menggunakan tool ini, kamu bisa menyimak performa website kompetitor yang menggunakan keyword yang sama denganmu. Aspek-aspek yang ditampilkan oleh tool canggih ini meliputi:

  • Estimation visits: Aspek satu ini menampilkan estimasi atau perkiraan dari pengunjung website tersebut setiap bulannya
  • Links: Kamu juga bisa memantau jumlah link yang disematkan pada konten di dalam website pesaing
  • Domain authority: Nggak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui ranking DA (domain authority) yang dimiliki website kompetitor itu
  • Social shares: Berapa kali konten di dalam website pesaing itu dibagi melalui platform medsos? Kamu bisa memantaunya di kategori ini.

Data kompetitor tersebut bisa kamu jadikan sebagai bahan refleksi dan pembanding untuk menerapkan strategi SEO yang tepat untuk websitemu. Untuk mengakses informasi ini, cukup klik pada salah satu hasil pencarian kata kunci. Gampang banget, kan?

Mengecek Arus Traffic Website

Mengecek Arus Traffic Website
Mengecek Arus Traffic Website

Ubersuggest nggak hanya berguna untuk membantu riset kata kunci saja, lho! Kamu juga bisa mengecek arus traffic websitemu melalui tool ini. Memantau arus traffic ke dalam website memang krusial banget. Karena, dengan begitu kamu mengetahui dengan pasti apakah strategi SEO yang kamu pakai sudah sesuai atau masih ada yang perlu dperbaiki. Fitur ini disebut dengan “Traffic Overview”.

Nah, manfaat dari fitur “Traffic Overview” dari ubersuggest ini banyak banget, lho! Salah satunya, fitur ini membantu kamu mengetahui jenis kata kunci paling unggul yang digunakan oleh situs kompetitor. Nah, berdasarkan data tersebut kamu bisa menyusun strategi SEO yang sesuai. Sehingga, performa strategi SEO yang kamu terapkan pun akan lebih efektif.

Beberapa informasi yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan fitur ini antara lain:

  • Organic Keywords: Bagian ini menunjukkan informasi tentang jumlah keyword organik dari sebuah website yang berhasil tampil pada hasil pencarian Google
  • Organic Monthly Traffic: Di bagian ini, kamu bisa memantau perolehan traffic organik dari sebuah website setiap bulan
  • Domain Authority (DA): Informasi ini menunjukkan ranking dari sebuah domain dinilai dari segi otoritasnya berdasarkan penilaian search engine. Skor tersebut biasanya berupa angka, mulai dari 0 – 100. Semakin besar skor DA yang muncul, maka semakin baik pula performa situs tersebut
  • Backinks: Jumlah backlink menunjukkan berapa banyak situs yang menggunakan domainmu sebagai referensi. Semakin banyak backlink yang kamu terima, maka akan semakin baik pula penilaian Google terhadap situsmu. Tapi, pastikan backlink tersebut berkualitas, ya!

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan seluk-beluk dan keuntungan menggunakan ubersuggest. Tool ini bisa jadi pilihan terbaik untuk mendukung performa SEO situsmu. Omong-omong, Optimaise juga menggunakan Ubersuggest sebagai tool andalan dalam menerapkan strategi SEO, lho!

Nggak hanya itu, tim spesialis kami juga sangat ahli dalam membaca hasil data yang diperoleh dari tool tersebut. Jadi, kamu bisa mempercayakan kebutuhan optimasi situsmu dengan menggunakan jasa SEO dari kami. Yuk, gercep dan hubungi CP kami untuk melakukan pemesanan!

Baca Juga

Optimaise