Digital MarketingSEO

5 Cara Menggunakan All in One SEO Pack Paling Mudah

Farid

cara menggunakan all in one seo pack

Mempelajari optimasi website memang penting banget bagi penggiat blog atau pemilik bisnis yang ingin memasarkan produk atau jasanya secara online. Nah, saat ini sudah ada banyak banget alat bantu atau tools yang bisa kamu pakai untuk memperkuat strategi SEO-mu. Salah satunya, adalah plugin All in One SEO Pack, atau AIOSEO. Apa itu dan bagaimana cara menggunakan all in one seo pack? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut.

Tentang All in One SEO Pack

Tentang All in One SEO Pack
Tentang All in One SEO Pack

Sebelum tahu tentang cara menggunakan all in one seo pack, yuk kenalan dengannya terlebih dulu. Plugin AIOSEO ini termasuk tool SEO yang populer banget di kalangan pengguna WordPress. Bahkan, popularitasnya juga nggak kalah dari SEO tools lainnya, seperti Yoast dan Rank Math. Pengguna tool SEO ini bahkan mencapai hingga 3 juta orang, lho. Bahkan, agensi digital marketing terbaik pun menggunakan tool ini di dalam strategi SEO mereka.

Selain punya cara menggunakan all in one seo pack yang gampang banget, tool ini juga dibekali dengan fitur-fitur terbaik. Beberapa fitur terbaik dari SEO tool ini antara lain:

  • Integrasi media sosial
  • Editor robot untuk format .txt.
  • Smart XML sitemaps
  • Fitur Analisis TruSEO On Page, dan lain sebagainya.

Fitur-fitur di atas bisa mempermudah penerapan strategi SEO dalam hal:

  • Menjadi penghubung antara website milikmu dengan Google Search Console dan webmaster tools lainnya
  • Membuat sitemap untuk mempermudah crawler Google dalam mempelajari struktur websitemu
  • Mendeteksi penggunaan kata kunci
  • Membantu mengedit format file robots.txt pada suatu halaman supaya Google nggak mengindeksnya.

Tertarik untuk menggunakan All In One SEO Pack untuk kebutuhan optimasi websitemu. Kabar baiknya, kamu bisa menikmati berbagai fitur unggulan di atas tanpa harus membayar sepeserpun. Dengan menggunakan tool ini, kamu pun jadi lebih mudah dalam memperkuat struktur dasar SEO situsmu.

Sedangkan, jika kamu butuh fitur yang lebih canggih bisa upgrade ke versi premium dengan harga berlangganan sebesar $49.50 per bulan. Dengan menjadi anggota premium, kamu bisa mengoptimasi situsmu dengan lebih baik lagi menggunakan fitur Schema, Image SEO, dan Local SEO.

Baca juga: 5 Cara Menggunakan SEO Yoast Anti Ribet untuk Pemula

Cara Setting All in One SEO Pack

Cara Setting All in One SEO Pack
Cara Setting All in One SEO Pack

Kamu pastinya jadi makin bersemangat buat tahu cara menggunakan all in one seo pack. Tapi, sebelum itu kamu perlu melakukan konfigurasi pengaturan terlebih dulu. Caranya mudah banget, kok. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Install dan lakukan aktivasi plugin. Caranya, klik: “Dashboard” > Plugins > Add New > Input “All in One SEO” di kolom pencarian > “Install Now” > “Activate”.
  2. Lakukan konfigurasi Setup Wizard
  3. Tentukan kategori websitemu, judul, dan meta deskripsi
  4. Berikan informasi tambahan untuk situsmu
  5. Pilih fitur-fitur SEO yang ingin kamu aktifkan
  6. Mengecek simulasi tampilan judul SEO dan meta deskripsi
  7. Konfigurasi fitur Site Analyzer dan Smart Recommendation
  8. Klik “Finish Setup and Go to Dashboard
  9. Masukkan kode license key (khusus untuk pengguna AIOSEO Pro)

Cara Menggunakan All in One SEO Pack

Cara menggunakan all in one seo pack.
Cara menggunakan all in one seo pack.

Setelah proses konfigurasi selesai, kamu bisa langsung memakai tool AIOSEO ini untuk optimasi situsmu. Kamu bisa simak cara menggunakan all in one seo pack dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Cara Menggunakan All in One SEO Pack: Hubungkan Situsmu dengan Google Search Console

Cara Menggunakan All in One SEO Pack: Hubungkan Situsmu dengan Google Search Console
Cara Menggunakan All in One SEO Pack: Hubungkan Situsmu dengan Google Search Console

Google Search Console adalah komponen yang penting banget bagi kamu yang ingin mengoptimasi situs menggunakan AIOSEO. Tool ini memang berguna dalam hal membantu meningkatkan peluang situsmu masuk ke peringkat halaman pertama Google.

Nah, all in one SEO pack ini berperan untuk menghubungkan situsmu dengan tool tersebut. Cara untuk menghubungkan Google Search Console dan situsmu menggunakan AIOSEO ini gampang banget. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi situs Google Search Console terlebih dulu
  2. Pada bagian URL Prefix, masukkan URL menuju situsmu di kolom yang tersedia
  3. Lakukan verifikasi kepemilikan website terlebih dulu, ya. Caranya pilih “HTML Tag” sebagai pilihan metode, dan salin kode yang muncul. Ingat, jangan menutup halaman ini hingga semua proses selesai
  4. Kembalilah ke halaman WordPress situsmu dan pilih menu “All in One SEO” > General Settings pada bagian menu samping
  5. Lanjutkan dengan klik “Webmaster Tools”, dan pilih “Google Search Console”
  6. Masukkan kode yang tadi kamu salin ke kolom meta tag yang tersedia
  7. Last step, kembalilah ke laman verifikasi dari Google dan klik tombol “Verify”.

Cara Menggunakan All in One SEO Pack: Atur Sitemaps

Cara Menggunakan All in One SEO Pack: Atur Sitemaps
Cara Menggunakan All in One SEO Pack: Atur Sitemaps

Langkah kedua dalam cara menggunakan all in one seo pack adalah dengan mengatur sitemaps. Sebenarnya, setting sitemaps ini sudah aktif sejak kamu melakukan konfigurasi AIOSEO. Tapi, kamu tetap harus mendaftarkannya ke Google Search Console. Untungnya, kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah mudah berikut ini:

  1. Klik menu “All in One SEO > Sitemaps yang berlokasi di menu samping WordPress. Lanjutkan dengan klik “Open Sitemaps” untuk menuju langkah selanjutnya
  2. Salin atau copy (CTRL+C) URL dari halaman sitemaps yang muncul
  3. Next, buka menu Google Search Console dan pilih menu “Sitemaps” yang ada pada bagian sidebar
  4. Lakukan verifikasi dengan cara masuk ke Google Search Console dan pilih website yang sudah kamu daftarkan di langkah sebelumnya
  5. Klik menu “Sitemaps” yang ada di sebelah kiri
  6. Tambahkan URL sitemap pada kolom “add a new sitemap”
  7. Tunggu selama beberapa hari hingga bot Google selesai melakukan crawling pada situsmu

Tentukan Judul dan Meta Deskripsi untuk Situsmu

Tentukan Judul dan Meta Deskripsi untuk Situsmu
Tentukan Judul dan Meta Deskripsi untuk Situsmu

Pembuatan judul dan meta deskripsi adalah dua aspek penting untuk membuat halaman situs utamamu terbaca oleh Google. Untungnya, All in One SEO Pack sudah mengintegrasikan pengaturan ini pada fitur editor di WordPress. Caranya, gampang banget! Kamu hanya perlu scroll ke bagian bawah pada fitur Editor kontenmu. Nah, kamu hanya perlu memasukkan judul SEO dan meta deskripsi sesuai dengan ketentuan.

Tambahkan Focus Keyphrase dan Kata Kunci Tambahan

Tambahkan Focus Keyphrase dan Kata Kunci Tambahan
Tambahkan Focus Keyphrase dan Kata Kunci Tambahan

All in One SEO Pack ini juga berguna banget untuk membantu mendeteksi penggunaan kata kunci dalam kontenmu, lho. Kamu bisa memastikan penggunaan kata kunci sudah sesuai dengan ketentuan dari Google atau belum dengan menambahkan focus kephrase, atau kata kunci utama.

Caranya, cukup scroll ke bagian bawah dari kontenmu setelah kamu selesai membuatnya. Setelah itu, masukkan kata kunci utama ke dalam kolom “Focus Keyphrase”. Nah, nantinya tool tersebut akan langsung mendeteksi penggunaan kata kunci utama di dalam kontenmu.

Jika jumlah kata kunci utama di dalam konten sudah cukup, maka tool tersebut akan menunjukkan indikator warna hijau. Sedangkan, warna indikator merah dan oranye berarti kamu masih harus melakukan beberapa perbaikan. Selain itu, dengan bantuan plugin AIOSEO ini, kamu juga bisa menginput kata kunci turunan. Dengan demikian, optimasi situsmu pun akan jadi semakin maksimal.

Semoga ulasan cara menggunakan all in one seo pack di atas bermanfaat buat kamu, ya! Oh ya, jika kamu butuh bantuan dalam hal optimasi SEO, bisa kok menggunakan jasa SEO dari Optimaise. Tim spesialis SEO bisa bantu kamu dalam menyusun strategi optimasi SEO yang tepat, baik dalam segi riset dan penentuan keyword hingga pembuatan konten artikel SEO-friendly. Hubungi CP kami untuk informasi lebih lanjut, ya!

Baca Juga

Optimaise