Digital MarketingSEO

8 Tips App Store Optimization Agar Lebih Mudah untuk Ditemukan

Tiara Motik

8 Tips App Store Optimization Agar Lebih Mudah untuk Ditemukan

Kehadiran app store bisa memberikan keuntungan finansial, terhubung dengan pengguna, dan memperkenalkan merekmu kepada lebih banyak orang.

Namun, dengan begitu banyak aplikasi lain yang berusaha melakukan hal yang sama, sehingga kamu perlu melakukan hal yang spesial untuk menonjolkan aplikasimu agar mudah ditemukan oleh pengguna yang kamu targetkan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan melakukan app store optimization.

App store optimization bukan hanya tentang mendapatkan peringkat tinggi di dalam hasil pencarian di app store, tetapi juga tentang membuat orang tertarik untuk meng-klik dan melihat aplikasimu begitu mereka menemukannya.

Di dalam panduan ini, kami akan membagikan tips dan trik yang diperlukan agar kamu sukses di dalam app store optimization, sehingga aplikasimu bisa lebih mudah ditemukan dan menarik minat pengguna.

Apa itu App Store Optimization?

Apa itu App Store Optimization?
Apa itu App Store Optimization?

App store optimization (ASO) adalah proses yang dilakukan secara terus-menerus untuk meningkatkan peringkat dan kemampuan aplikasimu agar ditemukan oleh pengguna di toko aplikasi.

Strategi ASO membuat aplikasimu lebih mudah ditemukan dan diunduh oleh pengguna. ASO juga dikenal sebagai app store SEO atau ASO marketing.

Tujuan penggunaannya adalah untuk meningkatkan jumlah pengunduhan aplikasimu, tetapi juga dapat membantu meningkatkan brand awareness, memperkuat interaksi dengan pengguna, serta mengumpulkan ulasan dan umpan balik.

Meskipun Apple App Store dan Google Play Store adalah 2 toko aplikasi terbesar, tapi kamu juga bisa melakukan ASO di platform lain, seperti Amazon Appstore, Samsung Galaxy Store, dan Huawei AppGallery.

Untuk mengoptimalkan aplikasimu di berbagai toko aplikasi, ada beberapa hal umum yang perlu diperhatikan dalam ASO:

  1. Nama aplikasi
  2. Keyword
  3. Deskripsi aplikasi
  4. Unduhan
  5. Peringkat dan Ulasan
  6. Update atau pembaruan

Baca juga: Mengapa Halamanmu Tidak Memperoleh Ranking Google? Ini 16 Alasannya

Manfaat Menerapkan App Store Optimization

Manfaat Menerapkan App Store Optimization
Manfaat Menerapkan App Store Optimization

App store optimization penting karena memberikan kamu kendali atas seberapa mudah aplikasimu ditemukan oleh pengguna di toko aplikasi yang semakin ramai dan kompetitif.

Sebagian besar orang menemukan aplikasi melalui penelusuran app store atau rekomendasi dari app store itu sendiri. Ini artinya, kebanyakan pengguna memutuskan untuk mengunduh aplikasi setelah melihatnya di toko aplikasi.

Namun, dengan begitu banyak aplikasi di Apple App Store dan Google Play Store, sulit bagi aplikasimu untuk mendapatkan perhatian dan ditemukan tanpa pengoptimalan toko aplikasi yang tepat.

Tanpa ASO, peringkat dan visibilitas aplikasimu sepenuhnya tergantung pada algoritma pencarian toko aplikasi dan sedikit faktor keberuntungan.

Karena itu, ASO yang terus-menerus diperbarui sangat penting untuk memastikan aplikasimu dapat berhasil bersaing dan ditemukan di marketing channel terpenting, yakni app store.

Tips dan Strategi App Store Optimization

Tips dan Strategi App Store Optimization
Tips dan Strategi App Store Optimization

Sementara SEO berfokus pada meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari seperti Google, ASO berfokus pada mengoptimalkan mobile app untuk meningkatkan visibilitas dan performa di toko aplikasi utama, seperti Apple App Store dan Google Play Store.

Kamu bisa menggunakan pemikiran strategis SEO dan keterampilan risetmu untuk mengoptimalkan app store optimization dengan lebih baik. Di dalam uraian berikut ini kami akan memberikan beberapa tips dan strategi app store optimization untuk meningkatkan visibilitas aplikasimu.

Landing Page Aplikasi

Tips dan Strategi App Store Optimization
Tips dan Strategi App Store Optimization

Landing page khusus untuk aplikasi adalah halaman web yang dirancang secara khusus untuk mengarahkan pengunjung ke toko aplikasi tempat mereka bisa mengunduh aplikasimu.

Meskipun halaman arahan ini sering diabaikan oleh banyak merek, tapi mereka sebenarnya memiliki banyak manfaat yang bisa meningkatkan keberhasilan aplikasimu dalam app store optimization. Berikut adalah tips dan alasan mengapa membuat landing page aplikasi itu penting.

Soroti Keunggulannya

Soroti Keunggulannya
Soroti Keunggulannya

Meskipun bisnismu berfokus pada aplikasi, tapi kehadiran situs webmu tetap menjadi titik kontak penting dalam membangun interaksi dengan pelanggan.

Di sini situs web adalah tempat di mana pengguna dapat menemukan informasi tentang aplikasimu, memahami fitur-fiturnya, dan mengunduhnya dengan mudah.

Selain itu, situs webmu juga dapat digunakan untuk menunjukkan penghargaan aplikasi, ulasan positif, dan testimoni dari pengguna lain. Hal ini dapat membantu membangun kepercayaan dan meningkatkan keinginan pengunjung untuk mengunduh aplikasimu.

Di dalam era pencarian berbasis EEAT (Experience, Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness) yang menyoroti pemeriksaan sosial, seperti penghargaan, ulasan, dan testimoni dapat menjadi strategi penting untuk meningkatkan reputasi dan daya tarik aplikasimu.

Uji dan Analisis

Manfaatkan landing page aplikasimu untuk melakukan pengujian dan mengumpulkan data yang bermanfaat. Caranya adalah dengan membuat deskripsi fitur yang dapat di-klik sehingga kamu bisa melacak klik atau menggunakan software heatmapping, seperti CrazyEgg atau Hotjar untuk memahami fitur mana yang paling diminati oleh pengunjung.

Kamu juga dapat melakukan A/B testing untuk salinan dan tata letak landing page. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan teks dan wawasan kreatif yang didapat dari pengujian tersebut untuk meningkatkan metadata aplikasimu dan materi iklan aplikasi.

Miliki Landing Page Khusus Merek

Miliki Landing Page Khusus Merek
Miliki Landing Page Khusus Merek

Landing page aplikasi adalah aset penting yang dapat membantu merek memanfaatkan ruang di SERP untuk kueri bermerek mereka. Perbedaan SERP untuk merek yang memiliki dan tidak memiliki landing page aplikasi dapat menjadi signifikan.

Misalnya, merek seperti Centr dan Tone It Up yang tidak memiliki landing page aplikasi hanya muncul dalam posisi organik 1-4 dengan properti yang dimilikinya untuk kueri “Centr App” dan “Tone It Up App”.

Sementara itu, Peloton yang memiliki landing page aplikasi, muncul di dalam posisi 1-5 untuk “Peloton App” dengan peringkat situs web mereka yang kelima adalah landing page aplikasi.

Keberadaan landing page aplikasi ini penting karena dapat membantu merek mengatasi konten negatif atau ulasan buruk yang mungkin muncul dalam hasil pencarian.

Misalnya, jika Centr memiliki landing page aplikasi khusus, maka mereka dapat menggeser hasil ulasan negatif yang mungkin muncul di peringkat tinggi, seperti yang terjadi dengan hasil peringkat kelima untuk kueri “Centr App” di Reddit.

Internal Link
Internal Link

Internal link adalah salah satu strategi SEO yang efektif namun sering diabaikan. Padahal strategi ini memiliki tingkat kesulitan rendah, mudah diterapkan, dan sering memberikan hasil yang signifikan dalam meningkatkan otoritas halaman.

Internal link juga bisa sangat berguna dalam meningkatkan kampanye app store optimization dan otoritas halaman aplikasimu. Dengan menautkan landing page aplikasimu secara internal, maka kamu dapat membantu membangun otoritas halaman untuk search query yang kompetitif.

Contohnya, strategi ini telah membantu membangun otoritas untuk aplikasi Western Union di dalam pasar yang kompetitif seperti transfer uang.

Listing Page Aplikasi

Listing Page Aplikasi
Listing Page Aplikasi

Listing page aplikasi adalah halaman di Apple App Store dan Google Play Store yang menampilkan semua fitur dan informasi tentang aplikasimu. Halaman ini sangat penting di dalam strategi app store optimization karena kontennya langsung memengaruhi peringkat aplikasimu di app store.

Halaman daftar aplikasi adalah yang pertama kali dilihat oleh calon pelanggan saat mereka mencari aplikasi. Halaman ini mencakup berbagai elemen penting, seperti rating dan ulasan pengguna, pratinjau tampilan aplikasi, dan metadata aplikasi.

Di dalam penjelasan berikut ini terdapat beberapa cara di mana keterampilan SEO dapat membantu memaksimalkan kinerja listing page aplikasimu.

Lakukan Riset dan Analisis Pesaing

Lakukan Riset dan Analisis Pesaing
Lakukan Riset dan Analisis Pesaing

Alat-alat, seperti Ubersuggest, Ahrefs, dan SEMrush dapat sangat berguna dalam strategi app store optimization, sama seperti di dalam SEO. Mereka membantumu menganalisis traffic organik, keyword di listing page Apple App Store dan backlink ke listingan Google Play Store.

Misalnya, dengan Ubersuggest kamu bisa melihat statistik ikhtisar untuk halaman daftar aplikasi Western Union di Apple App Store.

Informasi ini berguna karena memberikan data yang diperlukan untuk memahami kinerja listing page aplikasimu dibandingkan dengan pesaingmu di Google dan toko aplikasi lainnya.

Mengamati pesaing selalu penting, baik untuk kampanye SEO maupun app store optimization. Ia dapat membantumu memahami bagaimana posisimu di dalam persaingan, keunggulan yang ingin kamu pertahankan, dan di mana ada peluang untuk memperbaiki strategimu.

Targetkan Hidden Keywords IOS

Cara orang menemukan halaman Apple App Store milikmu melalui hasil pencarian Google dapat memberikan wawasan berharga tentang cara mereka menemukan aplikasimu secara langsung di app store.

Seorang manajer ASO yang dapat menggunakan riset SEO untuk mengetahui cara membidik hidden keywords di iOS adalah aset yang berharga dalam kampanye app store optimization.

Meskipun banyak unduhan aplikasi berasal dari kueri merek tertentu, ini tidak berarti ada sedikit peluang untuk meningkatkan visibilitas dan unduhan aplikasi dari keyword non-brand.

Berfokus pada strategi dasar, seperti analisis tingkat keyword dan penyesuaian metadata bisa menjadi kunci kesuksesan dalam lingkungan yang sangat kompetitif.

Baca juga: Ketahui Cara Menemukan 2 Jenis Competitor Keywords Beserta Penggunaanya

Optimasi ASO Meta

Optimasi ASO Meta
Optimasi ASO Meta

Mencari keyword di mana pesaingmu memiliki visibilitas yang lebih kuat dapat memberikan wawasan berharga untuk mengoptimalkan metadata app store optimization di Apple App Store dan Google Play Store.

Contohnya, jika kamu melihat bahwa Remitly menduduki peringkat nomor 1 di Google untuk “wire transfer app”, sementara Western Union berada di peringkat nomor 10, kamu bisa melihat bahwa Remitly menggunakan keyword “wire” di dalam deskripsi App Store mereka, sedangkan Western Union tidak.

Sama seperti di dalam SEO tradisional, jika kamu ingin halaman daftar aplikasimu mendapat peringkat tinggi di Google untuk keyword tertentu, kamu harus memahami apa yang dicari orang dan memastikan keyword yang relevan diintegrasikan ke dalam metadata aplikasimu.

Backlink
Backlink

Meskipun backlink tidak memengaruhi peringkat di Apple App Store, namun penting untuk Google Play Store.

Untuk strategi SEO dan app store optimization yang efektif, penting untuk melakukan penelitian backlink yang kompetitif dan mencari cara untuk mendapatkan peningkatan link ke halaman aplikasimu. Berikut beberapa tips untuk memulai strategi backlink:

  1. Mulailah dengan meneliti artikel dan daftar yang menyebutkan aplikasi sejenis denganmu. Coba temukan artikel yang belum menyertakan aplikasimu dan hubungi penulisnya untuk menyarankan agar mereka menyertakan dan menautkan aplikasimu. Berikan informasi yang sama dan detailnya seperti aplikasi lain yang disertakan dalam artikel tersebut.
  2. Buat pendekatan PR dengan memberikan informasi terbaru tentang aplikasimu kepada jurnalis agar mereka dapat memasukkannya dalam artikel baru. Fokuslah pada audiens atau kasus penggunaan yang berbeda, misalnya aplikasi terbaik untuk wanita atau pemula, sebagai cara untuk menciptakan alasan mengapa jurnalis ingin menulis tentang aplikasimu.
  3. Berpartisipasi di dalam forum, seperti Quora dan Reddit dengan menjawab pertanyaan terkait aplikasimu. Sertakan tautan langsung ke halaman aplikasimu di app store untuk membantu pengguna menemukan aplikasimu. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan peringkat aplikasimu dalam hasil pencarian Google.

App store optimization menjadi strategi penting untuk meningkatkan visibilitas dan jumlah unduhan aplikasimu di Apple App Store dan Google Play Store yang harus kamu terapkan.

Dengan menggunakan berbagai teknik ASO, seperti riset keyword, optimalisasi deskripsi, dan pemantauan kompetitor, kamu dapat meningkatkan peringkat aplikasimu di dalam hasil pencarian app store dan menarik lebih banyak pengguna potensial.

Sebagai penyedia jasa SEO yang berpengalaman, Optimaise dapat membantumu dalam mengoptimalkan halaman aplikasimu di app store, dan meningkatkan visibilitasnya. Hubungi kami hari ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan mulai meningkatkan kinerja SEO bisnismu!

Baca Juga

Optimaise