Digital MarketingSEO

SEO Keywords: Cara Kerja dan 4 Cara Mendapatkannya

Siti Rohmah Noviah

SEO keyword, cara kerja dan cara mendapatkannya

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah upaya agar website berada di hasil pencarian teratas. Upaya ini terdiri dari banyak hal, salah satunya adalah SEO keywords.

Bagi yang sedang mencari panduan belajar SEO untuk pemula, artikel ini tentu sangat cocok. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apa saja hal-hal yang berkaitan dengan SEO.

Salah satu hal yang perlu kamu pahami adalah bahwa tidak semua orang tahu kata kunci yang tepat untuk mengoptimasi situs web.

Bagaimana Keyword Bekerja untuk SEO?

Tidak mengapa apabila kamu masih bingung seperti apa cara kerja SEO keywords dan mengapa hal tersebut penting untuk SEO. Tidak ada kata terlambat untuk mempelajarinya.

Dalam SEO, kata kunci (keywords) memenuhi beberapa tujuan penting, yaitu:

  • Menarik pengguna atau klien potensi dengan minat pencarian tertentu.
  • Memberikan sinyal ke mesin pencari tentang topik dari konten yang kamu bagikan.
  • Menjadi landasan konten yang baik.

Melihat dari beberapa poin di atas, SEO keywords merupakan hal krusial. Tidak ada faktor peringkat lain yang bisa melakukan apa yang kata kunci lakukan dalam memberikan hasil optimasi terbaik.

Akan tetapi, untuk bisa mendapatkan kata kunci yang tepat memang tidak mudah, di mana kamu harus melakukan riset kata kunci. Yang pastinya menjadi tantangan tersendiri dalam menjalankan SEO.

Cara Mendapatkan SEO Keyword Terbaik

Saat berbicara tentang SEO keywords, artinya kamu harus fokus dalam mendapatkan keyword yang tepat, bukan? Lalu, bagaimana cara mendapatkan kata kunci terbaik, bukan hanya sesuai konten tetapi juga dapat memengaruhi hasil ranking nantinya?

Coba beberapa cara dan tips berikut ini:

Pahami Tujuan Pencarian Pengguna

Agar bisa mendapatkan SEO keywords terbaik, perlu memahami apa tujuan pengguna dalam melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google.

Menemukan kata kunci semudah menggunakan tool yang melakukan riset kata kunci dan kemudian memasukkannya ke dalam konten. Akan tetapi, apakah itu merupakan strategi yang tepat?

Untuk bisa mendapatkan kata kunci yang tepat, kamu perlu rencana. Kuncinya adalah pikirkan tentang riset kata kunci. Sehingga kamu memiliki kesempatan yang lebih untuk membuat situs web terlihat dalam pencarian.

Ada beberapa tujuan pengguna menggunakan mesin pencari melalui kata kunci tertentu, yaitu:

  • Tujuan komersial, yaitu saat pengguna mencari sesuatu yang hendak mereka beli atau sekedar membandingkan produk.
  • Melakukan transaksi, pengguna bertujuan untuk mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan sesuatu secara spesifik.
  • Melakukan navigasi, di mana pengguna ingin menemukan sebuah halaman atau situs.
  • Menemukan Lokasi, artinya pengguna melakukan pencarian di mesin pencari agar bisa menemukan suatu tempat.

Temukan SEO Keyword Terbaik

Mengingat pentingnya SEO keywords dalam upaya optimasi website agar muncul di mesin pencari, pastikan kamu menemukan kata kunci yang tepat. Sudah tahu kata kunci seperti apa yang sedang kamu cari untuk situs barumu?

Tools yang berguna untuk riset keyword akan sangat membantu dalam proses pencarianmu. Tools tersebut akan menentukan apakah kata kunci pilihanmu efektif atau tidak. Juga menyediakan berbagai pilihan kata kunci.

Pengguna internet biasanya menggunakan frase pencarian yang sama atau mirip, seperti dekorasi natal dan dekorasi natal DIY. Nah, tools SEO akan menghitung berapa banyak orang yang menggunakan SEO keyword yang ditampilkan oleh tools tersebut.

Kata kunci tersebut ditampilkan dalam metrik yang disebut volume pencarian selama periode tertentu dan biasanya dalam sebulan.

Bagaimana rumus keyword yang sempurna?

  • Agar kata kunci yang kamu pilih berdampak baik pada hasil SEO, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut:
  • Pastikan kata kunci itu deskriptif, terdiri dari minimal 3 kata.
  • Mencerminkan maksud dan tujuan pencarian pengguna.
  • Memiliki volume pencarian bulanan yang tinggi.

Gunakan SEO Keyword secara Efektif

Agar tidak salah dalam penggunaan SEO keywords, hal pertama yang harus kamu pahami adalah menentukan berapa banyak kata kunci dalam satu halaman.

Bahasa itu kaya sehingga ada banyak cara untuk menggambarkan berbagai hal. Dengan jutaan pengguna internet yang mencari sesuatu yang sama, mereka tidak menggunakan kata yang sama.

Agar bisa menggunakan kata kunci secara efektif, sebaiknya tidak hanya mengoptimasi satu halaman saja. Untuk mengoptimasi halaman baru, gunakan kata kunci yang kamu punya. Sedangkan untuk memperbarui halaman lama, coba gunakan kata kunci baru.

Adapun tempat yang tepat untuk menempatkan kata kunci adalah di bagian:

  • URL
  • Judul halaman
  • Deskripsi meta
  • Sub judul (H1-H4)
  • Sepanjang konten

Kamu juga bisa melakukan optimasi dengan meletakkan SEO keywords di nama file gambar dan ALT texts, video (judul, deskripsi, transkrip, nama file thumbnail), dan tautan (internal dan eksternal).

Hindari Kesalahan Penggunaan Keyword

Meski sudah memilih SEO keywords terbaik, bukan tidak mungkin penggunaannya justru tidak tepat. Alhasil, nantinya akan menghancurkan semua usaha yang sudah kamu lakukan.

Saat menggunakan kata kunci, hindari beberapa kesalahan berikut:

  • Menggunakan kata kunci yang sama untuk banyak halaman sehingga membuat halaman-halaman tersebut saling berkompetisi satu sama lain untuk mendapatkan ranking yang bisa berujung pada turunnya ranking secara bersamaan.
  • Menempatkan kata kunci di tempat yang tidak seharusnya, misalnya dengan mengulang kata kunci begitu sering yang mengakibatkan keyword stuffing.
  • Tidak menghiraukan tujuan pencarian sehingga melupakan kenyataan bahwa setiap pengguna memiliki tujuan yang berbeda dalam melakukan pencarian.
  • Terlalu pelit dalam memilih kata kunci yang merupakan kebalikan dari keyword stuffing dan nantinya juga akan menyebabkan masalah pada hasil SEO.

Baca Juga: Keyword Stuffing dan 4 Cara Menghindarinya

Pantau Performa Keyword yang Kamu Gunakan

Cara lain dalam menggunakan SEO keywords secara efektif dan maksimal adalah dengan selalu memantau performa kata kunci yang kamu gunakan. Apakah kamu benar-benar sudah menemukan dan menggunakan kata kunci terbaik?

Memantau performa kata kunci (keyword) sangat penting. Dalam hal ini, kamu bisa melihat hasil dari upaya SEO yang dilakukan.

Salah satu tools yang bisa kamu gunakan untuk memantau performa SEO keywords adalah WebCEO’s Site Rankings Report. Cara penggunaannya juga tergolong mudah melalui beberapa langkah berikut:

  • Pertama, buka pengaturan.
  • Di bagian tab Keywords, tambahkan semua kata kunci kamu dan kemudian centang di kolom yang tersedia.
  • Di tab Search Result, perika semua jenis berbeda dari hasil yang ingin kamu lacak.
  • Kemudian, klik Save dan tunggu hingga tools menampilkan hasil.

Apabila ingin melihat perubahan ranking kata kunci, jalankan scan baru secara berkala. Atur tool agar melakukan tugas tersebut secara otomatis. Caranya adalah dengan klik Scan Schedule.

SEO keywords memiliki peran penting dalam implementasi SEO. Namun, bukan berarti kamu hanya berfokus pada hal tersebut saja. Dalam mempelajari dan praktik SEO, ada banyak hal lain yang tidak kalah penting.

Jadi, pastikan untuk melakukan upaya SEO secara maksimal dengan memperhatikan hal apa saja yang dapat berdampak pada hasil SEO.

Jika ingin lebih mudah tanpa harus menginvestasikan waktu untuk belajar SEO, percayakan saja kebutuhanmu kepada Optimaise, penyedia jasa SEO Malang terbaik.

Baca Juga

Optimaise