Digital MarketingSEO

Product Page SEO: Ini 10 Tanda Kamu Sudah Melakukannya dengan Benar!

Andy Chrisman Sianturi

product page SEO cover

Bagi pelaku online marketing, laman produk atau product page adalah salah satu komponen di dalam website yang sangat penting. Halaman produk adalah tempat di mana keputusan terakhir untuk membeli sebuah produk dibuat. Dengan mengoptimalkannya untuk SEO (dan menambahkan sedikit UX), kamu akan meningkatkan peluang untuk menarik lebih banyak pengunjung dan mengubahnya menjadi pelanggan setia. Inilah alasan mengapa kamu perlu memastikan product page SEO pada situsmu sudah terimplementasikan dengan baik.

Pada panduan dasar ini, saya akan berbagi 10 elemen yang secara kolektif membentuk anatomi product page SEO teroptimalkan dengan baik. Saya juga akan menjelaskan cara melakukan audit pada halaman produkmu untuk mengatasi masalah yang mungkin muncul.

Apa Saja Komponen Product Page SEO yang Sukses?

Apa Saja Komponen Product Page SEO yang Sukses?
Apa Saja Komponen Product Page SEO yang Sukses?

Halaman produk adalah salah satu jenis halaman konten yang lebih dapat didefinisikan dalam SEO karena mereka mengandung beberapa elemen umum yang orang harapkan untuk dilihat. Product page SEO adalah strategi optimalisasi yang memastikan product page tersebut menampilkan informasi yang dicari oleh pengunjung, dan pada ujungnya membuat mereka melakukan transaksi.

Komponen product page SEO yang teroptimalkan dengan baik terdiri dari:

  • Dapat diindeks oleh mesin pencari
  • Menampilkan tata letak judul yang jelas
  • Memiliki URL sederhana
  • Menyertakan deskripsi produk
  • Menampilkan spesifikasi produk
  • Memuat tag H1
  • Menampilkan tampilan atau gambar-gambar produk
  • Menampilkan video produk
  • Menampilkan harga, ketersediaan, rating, dan ulasan
  • Menyertakan call to action

Saya akan membahas satu-persatu melalui ulasan di bawah ini:

Product Page SEO Harus Bisa Diindeks oleh Mesin Pencari

Product Page SEO Harus Bisa Diindeks oleh Mesin Pencari
Product Page SEO Harus Bisa Diindeks oleh Mesin Pencari

Sebelum kamu mulai memeriksa elemen-elemen product page SEO di situs, saya sarankan memeriksa apakah halaman produkmu dapat diindeks oleh mesin telusur. Jika tidak, kamu akan membuang-buang waktu untuk mengoptimalkan halaman produkmu untuk hal lainnya.

Cara tercepat untuk memeriksanya adalah dengan menavigasi ke halaman produk dan membukanya di Toolbar SEO dari Ahrefs. Kemudian klik tab Indexability.

Jika ada masalah, toolbar akan menandainya dengan lingkaran merah di sidebar.

Penelusuran product page
Penelusuran product page

Ada beberapa pemeriksaan dasar yang harus kamu lakukan. Pastikan bahwa halaman produkmu:

  • Tidak diblokir di robots.txt
  • Tidak memiliki tag noindex di halaman
  • Memiliki kanonikal di bagian kepala kode HTML (dalam kebanyakan kasus, itu akan merujuk ke situs itu sendiri)
  • Termasuk di dalam file sitemap.xml kamu

Setelah hal teknis ini berhasil kamu pecahkan, kamu sudah siap untuk beralih ke unsur product page SEO lainnya.

Tata Letak Judul yang Jelas Jadi Landasan Product Page SEO yang Baik

Tata Letak Judul yang Jelas Jadi Landasan Product Page SEO yang Baik
Tata Letak Judul yang Jelas Jadi Landasan Product Page SEO yang Baik

Tag judul (juga dikenal sebagai judul halaman) adalah potongan kode HTML yang menentukan judul dari sebuah halaman web. Mereka muncul dalam hasil pencarian Google dan merupakan faktor peringkat product page SEO yang minor.

Contohnya seperti ini:

Contoh judul product page
Contoh judul product page

Untuk mengoptimalkan product page SEO judul halaman produkmu harus jelas dalam menjelaskan mengenai produk tersebut. Di dalam halaman tersebut juga harus menggunakan kata kunci yang relevan yang secara akurat menggambarkan produk tersebut. Ini membantu pengguna dan mesin telusur memahami informasi apa yang termuat pada halaman produkmu.

Jika pengguna mencari produkmu menggunakan nomor produk atau pengidentifikasi produk lainnya, maka kamu bisa menyertakan informasi ini dalam tag judul halaman produk dan URLmu.

Salah satu contoh terbaik di mana ini penting adalah untuk merek seperti Lego.

Contoh judul product page 2

Berikut adalah contoh produk Lego Land Rover Classic Defender 90. Nomor produk disertakan baik dalam judul halaman mereka maupun dalam URL mereka:

Contoh judul product page

Bahkan jika kamu hanya mencari “10317” menggunakan tool seperti Ahref Keywords Explorer, kamu dapat melihat bahwa situs mereka muncul di puncak SERP.

Intinya, jika nomor produk atau pengidentifikasi produk penting untuk bisnismu—dan pelanggan mencarinya—maka mungkin berguna untuk menyertakan keduanya dalam URL dan tag judul produkmu. Hal ini akan membantu meningkatkan visibilitas product page SEO pada websitemu.

Baca juga: 9 Rekomendasi Paid Keyword Research Tools Terbaik

URL yang Sederhana

URL yang Sederhana
URL yang Sederhana

URL adalah rangkaian huruf dan angka yang menjadi identitas websitemu dan terletak di bilah alamat browsermu. URL yang ramah untuk product page SEO harus mudah dipahami dan dengan jelas menunjukkan konten halaman. Membuat URL yang dipikirkan dengan baik sejak awal akan membantu menciptakan struktur situs web yang logis dari waktu ke waktu.

Kamu bisa menggunakan saran dari Google berikut dalam hal pembutan URL untuk product page situsmu:

“Buatlah struktur URL yang sederhana. Pertimbangkan untuk mengorganisir kontenmu sehingga URL dibangun secara logis dan dalam cara yang paling dapat dipahami oleh manusia.”

Inilah yang dimaksud dengan contoh URL yang terstruktur dengan baik:

Dan berikut adalah beberapa tips lain untuk membuat URL:

  • Gunakan kata kunci yang relevan yang secara akurat mencerminkan produk untuk membantu mesin telusur memahami konteks halaman
  • Buat URL singkat dan hindari karakter yang tidak perlu atau struktur kompleks, karena URL yang lebih sederhana lebih mudah dicerna oleh pengguna
  • Gunakan tanda hubung untuk memisahkan kata daripada garis bawah atau spasi untuk membuat URL mudah dibaca
  • Konsisten dalam struktur URLmu — ini akan membuat situs webmu lebih mudah dinavigasi dan meningkatkan pengalaman pengguna dengan memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang akan diharapkan di halaman
  • Jangan sembunyikan kata kunci penting lebih rendah dalam hirarki URLmu.

Sertakan Deskripsi Produk yang Jelas untuk Mengoptimalkan Product Page SEO

Sertakan Deskripsi Produk yang Jelas untuk Mengoptimalkan Product Page SEO
Sertakan Deskripsi Produk yang Jelas untuk Mengoptimalkan Product Page SEO

Deskripsi produk yang baik adalah konten yang menjelaskan mengenai sebuah produk dan bisa menghasilkan penjualan. Penerapan product page SEO yang tepat bisa membantu situs penjualanmu meraih hasil yang kamu inginkan.

Namun, apa yang membuat deskripsi produk jadi lebih menonjol? Pada dasarnya, ada 2 hal yang perlu kamu perhatikan:

  • Buat deskripsi produk yang unik daripada menyalin dari situs web produsen lain.
  • Memberikan deskripsi produk yang singkat dan jelas untuk menghindari pemborosan waktu dan secara efektif menjual produk kepada calon pembeli.

Deskripsi produk yang ditulis dengan baik meningkatkan pengalaman pengguna dan dapat meningkatkan tingkat konversi, yang secara positif memengaruhi kinerja product page SEO pada situsmu.

Dengan semakin maraknya penggunaan AI tools seperti ChatGPT, banyak pemilik website yang menggunakannya untuk membuat deskripsi produk. Tapi, saya sarankan untuk menghindari menggunakan alat AI seperti ChatGPT untuk deskripsi produk. karena risiko reputasi yang mungkin lebih besar daripada manfaatnya. Alat AI kadang-kadang memberikan informasi yang tidak akurat dan cenderung mengada-ada, sehingga menyebabkan kebingungan dan ketidakpercayaan.

Menambahkan Spesifikasi Produk yang Akurat

Menambahkan Spesifikasi Produk yang Akurat
Menambahkan Spesifikasi Produk yang Akurat

Spesifikasi produk membantu manusia dan mesin telusur memahami detail produkmu. Khusus untuk mesin telusur, menyertakan detail ini memperbesar kemungkinan halaman produkmu dapat muncul untuk kueri pencarian panjang yang lebih relevan secara topikal. Ini tentunya menguntungkan untuk product page SEO.

Salah satu tips dalam membuat spesifikasi produk yang baik adalah gunakan poin-poin bullet HTML secara singkat dan jelas untuk membuatnya ramah ditelusuri dan dipahami

Menyertakan Tag H1

Menyertakan Tag H1
Menyertakan Tag H1

Tag H1 adalah elemen HTML yang memberi sinyal kepada pengguna dan mesin telusur tentang apa yang halaman tersebut tentang. Perbedaan utama antara tag H1 dan tag judul adalah di mana mereka muncul—tag H1 tidak muncul dalam hasil pencarian Google, tetapi muncul di halaman.

Inilah contoh dari tag H1 dalam kode:

<h1>Ini adalah tag h1</h1>

Cara tercepat untuk memeriksa apakah halaman produkmu sudah memiliki H1 adalah dengan menggunakan Toolbar SEO dari Ahrefs. Di sini, kamu dapat dengan mudah memeriksa hierarki dari judul-judul. Ini tentunya akan sangat mempermudahmu dalam hal mengoptimalkan product page SEO.

Menambahkan Gambar Produk untuk Detail Tambahan

Menambahkan Gambar Produk untuk Detail Tambahan
Menambahkan Gambar Produk untuk Detail Tambahan

Gambar produk adalah foto atau representasi digital dari produkmu. Biasanya, satu gambar atau galeri ditampilkan di halaman produk untuk memamerkan produk. Mereka penting karena memberikan detail tambahan tentang produk yang deskripsi tertulis tidak selalu bisa tangkap—seperti bagaimana produk harus digunakan, warna yang tepat dari produk, dan lain sebagainya.

Dari perspektif pencarian, gambar produk penting karena mereka dapat muncul dalam hasil pencarian gambar Google—jadi ada insentif lalu lintas untuk mengoptimalkan gambar produkmu untuk SEO.

Jadi, bagaimana cara mengoptimalkan gambar produkmu untuk product page SEO?

Berikut adalah dasar-dasar yang perlu kamu optimalkan:

  • Tambahkan teks alternatif
  • Gunakan nama file yang deskriptif
  • Gunakan gambar responsif
  • Compress gambarmu dan gunakan format gambar seperti jpg, jpeg, png, webp, atau avif

Baca juga: 4 Strategi Small Business Marketing untuk Tingkatkan Visibilitas

Menambahkan Video yang Menunjukkan Detail Produk

Menambahkan Video yang Menunjukkan Detail Produk
Menambahkan Video yang Menunjukkan Detail Produk

Video meningkatkan keterlibatan pengguna dengan halaman produkmu—dan seperti gambar, video produk sangat berharga karena dapat secara independen mengarahkan lalu lintas ke situsmu. Video dapat muncul di empat tempat di Google:

  • Hasil pencarian Google
  • Tab Gambar Google
  • Tab Video Google
  • Google Discover

Namun, untuk diindeks, video harus memenuhi kriteria tertentu.

Sebelum menginvestasikan waktu dan usaha dalam membuat video, pertimbangkan apakah itu akan menguntungkan audiensmu.

Misalnya, dalam industri fashion, pengunjung mengharapkan untuk melihat video untuk mendapatkan pandangan yang lebih baik tentang bagaimana pakaian tersebut pas, jadi tidak mengherankan bahwa brand seperti ASOS menyertakan video pendek yang ditempatkan dengan baik di halaman produk mereka.

Tetapi jika kamu berbisnis menjual gudang penyimpanan—tidak banyak manfaat tambahan bagi audiensmu untuk menyertakan video, karena kebanyakan orang tahu seperti apa gudang penyimpanan itu.

Mencantumkan Harga, Ketersediaan Produk, Rating, dan Ulasan

Mencantumkan Harga, Ketersediaan Produk, Rating, dan Ulasan
Mencantumkan Harga, Ketersediaan Produk, Rating, dan Ulasan

Harga produk, ketersediaan, rating, dan ulasan merupakan bagian penting dari pengalaman pengguna. Jika kamu tidak memiliki elemen-elemen ini, pengguna akan meninggalkan halaman, memengaruhi peringkatmu, dan melemahkan upaya SEO-mu. Untungnya, sebagian besar CMS berbasis e-commerce seperti Shopify atau Wix menangani ini secara otomatis, sehingga biasanya kamu hanya perlu mengatur sedikit konfigurasi untuk elemen-elemen ini.

Jika kamu ingin mengoptimalkan product page SEO lebih lanjut, menambahkan schema produk membantu meningkatkan visibilitas di Google atas informasi ini dan membuatnya terlihat seperti ini dalam hasil pencarian Google.

Rating dan ulasan penting bagi calon pelanggan karena mereka dapat mendapatkan gambaran tentang seperti apa produk sebelum membelinya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menampilkan rating pelanggan secara jelas, karena rating tersebut menawarkan bukti sosial yang berharga, yang dapat membantu memengaruhi keputusan pembelian.

Pastikan fitur ulasan dan rating mudah diakses dan mudah dibaca untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan kredibilitas, yang dapat mengarah pada peningkatan keterlibatan dan penjualan. Konten yang dihasilkan pengguna ini memperkaya situsmu dengan beragam kata kunci dan frasa yang relevan, lebih lanjut meningkatkan upaya product page SEO.

Sertakan Call-to-Action

Sertakan Call-to-Action
Sertakan Call-to-Action

Kamu mungkin telah mengklik jutaan tombol call-to-action saat browsing di jagat maya.Tapi, kamu mungkin tidak menyadari seberapa pentingnya mereka dalam mendorong pengunjung untuk membeli produkmu. Misalnya, Amazon.com punya beberapa CTA yang paling mudah dikenali di internet:

CTA Amazon
CTA Amazon

Untuk membuat CTA yang efektif, gunakan kata kerja yang singkat, kuat, dan dapat dijalankan seperti:

  • Beli Sekarang
  • Pelajari Lebih Lanjut
  • Tambahkan ke Keranjang

Pendekatan langsung ini membimbing pengguna untuk mengambil tindakan yang harus mereka lakukan selanjutnya.

Meskipun CTA tidak secara langsung memengaruhi peringkat product page SEO, mereka memainkan peran penting dalam pengalaman pengguna dari halaman produkmu. Tanpa CTA yang jelas, pengunjung mungkin menjadi bingung dan meninggalkan halaman. Jenis perilaku ini, jika berulang, bisa menjadi sinyal bagi search engine bahwa halaman ini tidak dapat memberikan user experience yang baik dan berkesan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa penerapan product page SEO yang tepat bisa membantumu meningkatkan keberhasilan penjualan secara online. Untuk tahu lebih banyak mengenai optimasi search engine dalam meningkatkan visibilitas situsmu, baca panduan SEO untuk pemula yang kami siapkan. Tak hanya itu, jika kamu menginginkan tenaga ahli untuk mengoptimasi situsmu, gunakan saja layanan jasa SEO dari Optimaise. Kami memiliki strategi SEO terbaik hanya untukmu. Hubungi CP yang tertera untuk informasi lebih lanjut, ya.

Baca Juga

Optimaise