Digital MarketingSEO

12 Podcast Statistics yang Wajib Diketahui Para Podcaster

Tiara Motik

12 Podcast Statistics yang Wajib Diketahui Para Podcaster

Mengerti podcast statistics bisa membantu kamu untuk membuat podcast yang seru dan laris bagi audiensmu. Banyak sekali data dan tren tentang podcast, mulai dari jumlah pendengar sampai ukuran industri, dan terkadang membuatmu bingung harus mulai dari mana.

Jadi, agar lebih mudah, kami akan memberikan beberapa podcast statistics yang menarik di sini, untuk dibaca sambil bersantai. Dengan memahami data ini, kamu bisa bikin strategi sukses dan bahkan mendapat uang dari podcast kamu.

Contohnya, 70% penggemar podcast mendengarkan podcast sembari kerja bisa jadi bahan pertimbangan untuk mengiklankan produk di podcastmu.

Di dalam artikel ini, kita akan membahas data penting tentang podcast statistics dan apa pengaruhnya untuk kamu sebagai pembuat podcast, serta memberikan beberapa tips agar podcast milikmu jadi optimal.

Daftar Podcast Statistics Terbaru

Daftar Podcast Statistics Terbaru
Daftar Podcast Statistics Terbaru

Industri podcast sangat menarik dengan lebih dari 460 juta pendengar di seluruh dunia, dan ini memberikan kesempatan besar bagi para podcaster dan marketer untuk terhubung dengan audiens target mereka.

Podcasting sedang booming, banyak orang yang menikmati hiburan dan pembelajaran melalui audio. Melihat statistik podcast bisa sangat berguna untuk podcast kamu.

Tapi, kalau kamu tidak punya waktu untuk mengecek semuanya, ini dia beberapa statistik podcast penting yang perlu kamu tahu:

  1. Ada lebih dari 464 juta pendengar podcast di seluruh dunia dan diperkirakan akan mencapai 504,9 juta pada tahun 2024.
  2. Pendengar podcast rata-rata menghabiskan 7 jam per minggu untuk mendengarkan podcast favorit mereka.
  3. Episode podcast yang ideal berdurasi antara 20-40 menit, sesuai dengan jadwal yang padat dan durasi perhatian.
  4. Pendengar podcast berasal dari berbagai gender dengan perempuan sedikit lebih banyak dari pada laki-laki (48% vs. 43%).

Podcasting dulunya mungkin dimulai di Amerika Serikat, tapi sekarang merambah ke seluruh dunia. Podcast statistics dari Backlinko ini menunjukkan betapa populer podcasting saat ini.

Pertumbuhan dan Tren Podcast

Jumlah pendengar podcast di seluruh dunia telah meningkat secara signifikan sejak tahun 2019. Mari kita lihat pertumbuhan jumlah pendengar podcast di seluruh dunia selama beberapa tahun terakhir melalui tabel berikut.

TahunJumlah PendengarPersentase Peningkatan dari Tahun Sebelumnya
2019274,8 juta
2020333,2 juta 20,90%
2021383,7 juta18,70%
2022424,2 juta10,60%
2023464,7 juta9,60%
2024** 504,9 juta8,7%
Tabel pertumbuhan jumlah pendengar podcast di seluruh dunia

Baca juga: 6 Data Average Screen Time Terbaru untuk Ketahui Kebiasaan Pengguna

Berdasarkan data tersebut, untuk tahun 2024 adalah perkiraan jumlah pendengar podcast pada tahun tersebut yang diperkirakan mencapai jumlah 504,9 juta berdasarkan tren dan proyeksi pertumbuhan yang ada.

Bagaimana Orang Menemukan Podcast

Sebagian besar penggemar podcast menemukan acara baru dengan berbagai cara. Sekitar 40% dari mereka menggunakan fitur pencarian dalam aplikasi podcast.

Bagaimana Orang Menemukan Podcast
40%

Selain itu, mereka juga menemukan acara baru dengan cara berbicara dengan teman atau keluarga, mendengarkan podcast lain, dan mencari melalui internet.

Ukuran Market Podcast

Industri podcasting memiliki nilai yang signifikan di seluruh dunia. Pada tahun 2023, industri ini bernilai lebih dari 23 miliar dolar.

Proyeksi pertumbuhan menunjukkan bahwa nilai industri podcasting diperkirakan akan meningkat hingga lebih dari 100 miliar dolar sebelum tahun 2030.

TahunUkuran Market Industri Podcast ($)
202323,56 miliar
2024*30,03 miliar
2025*38,36 miliar
2026*49,03 miliar
2027*62,71 miliar
2028*80,07 miliar
2029*102,53 miliar
2030*131,13 miliar
Tabel proyeksi ukuran market industri podcast

Hal ini menunjukkan bahwa industri podcasting sedang mengalami pertumbuhan yang cepat dan menjanjikan untuk menjadi salah satu industri yang dominan di bidang hiburan dan informasi kelak.

Platform Podcast Populer

Pendengar podcast menggunakan berbagai platform untuk mendengarkan podcast dan 2 platform yang sangat populer adalah Spotify dan Apple Podcasts.

Pada Januari 2023, Spotify memiliki hampir 5 juta judul podcast yang tersedia di platformnya, sedangkan Apple Podcasts memiliki 2,5 juta judul podcast.

Artinya, kedua platform tersebut menawarkan berbagai macam podcast yang bisa dinikmati oleh para pendengar. Berikut tabel statistik yang menunjukkan persentase pendengar di setiap platform yang populer.

Platform PodcastPresentase Pengguna
Spotify33,7%
Appel27,6%
iHeartRadio6,2%
Google Podcast3,6%
Chrome2,8%
Amazon Music2,7%
Alexa2%
Castbox1,5%
Stitcher0.8%
Overcast0,6%
Pocket Casts0.6%
Podcast Addict0.5%
Lainnya17.4%
Tabel platform podcast yang populer

Tren Perilaku Mendengarkan Podcast

Smartphone adalah perangkat utama yang digunakan untuk mendengarkan podcast, dengan 73% pengguna memilihnya. Laptop dan pc digunakan oleh 13% pengguna.

Perangkat smartphone
73%

Beberapa perangkat tambahan yang digunakan untuk mendengarkan podcast termasuk tablet, pemutar musik digital, dan speaker.

Sebagian besar orang mendengarkan podcast melalui headphone (71%), sementara sisanya (29%) lebih suka mendengarkan melalui speaker.

Waktu Mendengarkan Podcast

Untuk mengerti mengapa podcast jadi populer, kita harus tahu kapan orang mendengarkan dan apa yang mereka lakukan saat itu.

Hingga 59% orang mendengarkan podcast sambil melakukan kegiatan lain. Sementara itu, sekitar 32% mendengarkannya saat menyetir atau bepergian, dan sebagian lagi 59% mendengarkannya saat sedang di rumah.

Orang mendengarkan podcast sambil melakukan kegiatan lain
59%

Orang sering mendengarkan podcast saat kerja, mengurus rumah, olahraga, atau saat santai. Biasanya, orang mendengarkan podcast antara jam 10:00 dan 15:00, tapi juga tinggi di malam hari. Lebih banyak orang mendengarkam podcast selama seminggu dibanding akhir pekan.

Demografi Pendengar Podcast

Podcast populer di seluruh dunia, tetapi tingkat popularitas dan pola konsumsi podcast berbeda-beda di setiap negara. Beberapa negara menghabiskan lebih banyak waktu untuk mendengarkan podcast dibandingkan negara lainnya.

Berikut ini podcast statistics di beberapa negara berdasarkan data dari Podnews:

NegaraPersentase
Indonesia40%
Amerika Serikat26%
Thailand22%
Vietnam19%
Filipina 19%
Singapura16%
Korea Selatan 10%
Jepang4%
Tabel persentase pendengar podcast mingguan di beberapa negara

Di Indonesia, podcast memiliki jangkauan mingguan tertinggi (40%), meskipun perlu diperhatikan bahwa ini perlu disesuaikan dengan populasi pengguna internet.

Meskipun tingginya jangkauan tidak selalu berkorelasi dengan durasi yang panjang. Mayoritas pendengar podcast di Indonesia adalah orang muda, kebanyakan berusia di bawah 44 tahun.

Menurut data dari Statista, pada kuartal ketiga tahun 2023, pengguna internet di Indonesia rata-rata menghabiskan sekitar 54 menit per hari untuk mendengarkan podcast.

Di sisi lain, mereka menghabiskan waktu lebih lama, yakni satu jam 31 menit per hari untuk mendengarkan musik melalui layanan streaming.

Genre Podcast yang Populer

Data tahun 2020 menunjukkan bahwa genre podcast paling populer di Indonesia berdasarkan jumlah pendengar mingguan adalah komedi dengan 60%.

Genre podcast yang populer di Indonesia antara lain, obrolan komedi, berita dan politik, sosial budaya, kesehatan, dan bisnis.

Komedi
60%

Popularitas genre berita dan politik mungkin dipengaruhi oleh kebutuhan akan informasi terkini, kontroversi undang-undang, dan ketersediaan berbagai organisasi berita yang menyediakan konten tersebut.

Channel Podcast yang Populer

Berikut adalah channel podcast teratas di Spotify di beberapa negara dengan jumlah pendengar podcast tertinggi. Di Indonesia, beberapa channel podcast yang paling populer termasuk:

Peringkat Channel
1Hanan Attaki
2Agak Laen!
3All Ears English Podcast dari Lindsay Mcmahon dan Michelle Kaplan
4Rintik Sedu
5Kita dan Waktu dari Helobagas
Tabel channel podcast populer di Indonesia

Berikut ini kamu akan melihat channel podcast teratas di Filipina:

Peringkat Channel
1Barangay Love Stories
2Dear MOR dari MOR Entertainment
3Sitio Bangungot – Pinoy Horror Stories for Sleep Podcast dari Kwentong Takipsilim
4skypodcast dari Kryz dan Slater
5The KoolPals dari The KoolPals dan The Pod Network
Tabel channel podcast teratas di Filipina

Download Podcast

Meskipun Spotify menjadi platform utama untuk streaming podcast, sebagian besar unduhan podcast, lebih dari 70%, terjadi melalui Apple Podcasts.

Artinya, meskipun banyak orang mendengarkan podcast melalui Spotify, tapi lebih banyak yang men-download podcast melalui Apple Podcasts.

Sebaliknya, pengguna Spotify cenderung men-download podcast dalam jumlah yang lebih sedikit dengan podcast statistics hanya 8,9% permintaan download yang berasal dari platform tersebut.

PlatformPersentase Download
Apple70.8%
Spotify8.9%
Lainnya5.9%
iHeartRadio3%
Alexa2.3%
Tabel persentase download di platform podcast

Ini menunjukkan bahwa meskipun Spotify populer untuk streaming podcast, Apple Podcasts masih menjadi pilihan utama bagi pengguna untuk men-download podcast.

Bagaimana Peringkat Podcast Mempengaruhi Download

Peringkat podcast memang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jumlah pengguna yang mendengarkan dan men-download episode.

Data menunjukkan bahwa 1% podcast teratas mendapatkan hampir 4.000 download dalam 7 hari pertama peluncurannya.

Persentase PeringkatJumlah rata-rata download dalam 7 hari pertama
1%3994
5% 795
10% 335
25%93
50%30
Tabel jumlah rata-rata download dalam 7 hari pertama

Hal ini mengindikasikan bahwa peringkat podcast sangat memengaruhi tingkat popularitas dan jumlah download episode tersebut.

Semakin tinggi peringkat sebuah podcast, maka semakin besar kemungkinannya untuk mendapatkan lebih banyak pengguna yang mendengarkan dan men-download episode tersebut.

Durasi Podcast

Durasi podcast bisa sangat beragam. Ada yang durasinya kurang dari 10 menit, sementara ada yang berdurasi lebih dari dua jam, seperti acara The Joe Rogan Experience.

Namun, sebagian besar podcast memiliki durasi antara 20 hingga 40 menit. Durasi ini dianggap ideal karena cukup untuk menyampaikan konten yang substansial tanpa terlalu panjang sehingga mempertahankan perhatian pendengar.

Durasi PodcastPersentase Episode
Di bawah 10 menit 15%
10 hingga 20 menit15%
20 hingga 40 menit30%
40 hingga 60 menit21%
>60 menit18%
Tabel durasi podcast

Podcast Statistics Marketing

Podcast Statistics Marketing
Podcast Statistics Marketing

Jika kamu belum memasukkan podcasting ke dalam strategi marketingmu, sebaiknya kamu mempertimbangkannya. Lebih dari 50% marketer sudah menggunakan podcast untuk mencapai audiens target mereka dan persaingan di dalam industri ini akan semakin ketat.

Saat ini, berinvestasi dalam podcast atau iklan podcast merupakan langkah terbaik bagi pemula untuk meningkatkan kehadiran merek mereka.

Namun, mengingat perkiraan pertumbuhan industri ini cukup pesat, disarankan untuk memulainya secepat mungkin agar tetap bersaing dalam lingkungan yang semakin kompetitif.

Statistik Video Podcast

Statistik Video Podcast
Statistik Video Podcast

Video podcast juga dikenal sebagai vodcast sedang membuat gebrakan di industri podcasting dengan menggabungkan konten audio dan visual.

Ini memungkinkan mereka untuk menjangkau audiens yang lebih luas sambil menawarkan pengalaman yang unik.

Dengan pertumbuhan cepat industri podcasting, video podcast juga mengalami perkembangan yang signifikan.

Sekitar 17% pembawa acara podcast merekam episode mereka dalam format audio dan video.

Pada tahun 2023, Podcast Index mencatat adanya 50.000 video podcast, meningkat dari sekitar 39.000 pada tahun sebelumnya. Data ini menunjukkan bahwa podcast video semakin populer dan menjadi bagian penting dari tren podcasting saat ini.

Pendapatan Iklan Podcast

Pendapatan Iklan Podcast
Pendapatan Iklan Podcast

Jumlah pendengar podcast terus meningkat secara signifikan dan ini berdampak positif pada pendapatan yang dihasilkan dari podcasting.

Ini adalah ringkasan podcast statistics tentang pendapat iklan:

  1. Industri podcasting menjadi industri bernilai miliaran dolar pada tahun 2021 dan pada tahun 2023 pendapatan podcasting diperkirakan mencapai $2,3 miliar di AS saja, di mana ini meningkat 24,8% dari tahun sebelumnya.
  2. Pada tahun 2024, pendapatan iklan podcasting diperkirakan akan mencapai $4 miliar. Ini menunjukkan pertumbuhan yang pesat dalam industri ini, terutama jika dibandingkan dengan pertumbuhan pasar iklan digital secara keseluruhan yang hanya tumbuh sebesar 12% pada tahun 2022. Pendapatan iklan podcasting tumbuh lebih cepat, yaitu sebesar 26%.
  3. Menariknya, US Podcast Advertising Report dari IAB menunjukkan bahwa 70% pendapatan iklan berasal dari podcast yang memposting episode dua mingguan atau mingguan.

Data ini menunjukkan bahwa konsistensi dalam menghasilkan konten podcast dapat berdampak positif pada pendapatan yang dihasilkan dari iklan.

Cara Podcaster Menghasilkan Pendapatan

Podcasting dapat menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan. Pembayaran iklan di dalam podcast biasanya bergantung pada jumlah pendengar dengan lebih banyak pendengar berarti lebih banyak tayangan iklan.

Ada beberapa jenis iklan podcast yang umum, di antaranya:

  1. Iklan yang dibacakan oleh host: ini adalah jenis iklan yang paling umum di podcast, ia menyumbang sekitar 55% dari pendapatan iklan podcasting.
  2. Iklan yang dibacakan oleh penyiar: iklan yang dibacakan oleh penyiar atau narator podcast menyumbang sekitar 40% dari pendapatan iklan podcast.
  3. Iklan yang dibuat oleh brand atau agensi: iklan yang dibuat langsung oleh brand atau agensi hanya menyumbang sekitar 3% dari pendapatan iklan podcast.

Namun, jika kamu baru memulai dan belum memiliki banyak pendengar, ada metode alternatif untuk meningkatkan penghasilanmu:

  1. Affiliate marketing: kamu dapat mempromosikan layanan atau produk tertentu dan mendapatkan komisi dari penjualan yang dilakukan melalui link afiliasimu.
  2. Konten premium: kamu dapat menawarkan konten eksklusif yang hanya bisa diakses oleh pelanggan berbayar. Ini bisa berupa langganan untuk mendengarkan episode tambahan atau konten khusus lainnya.
  3. Monetisasi video: kamu juga dapat membuat rekaman podcast video dan mengunggahnya ke platform, seperti YouTube, di mana kamu dapat memonetisasinya melalui iklan video.

Semua ini dapat membantu meningkatkan pendapatanmu dari podcasting, bahkan jika kamu belum memiliki audiens yang besar.

Baca juga: 6 Generated Content Statistics Terbaru untuk Para Marketer

Dampak AI pada Podcast

Dampak AI pada Podcast
Dampak AI pada Podcast

Kehadiran kecerdasan buatan (AI) telah memberikan dampak signifikan pada industri podcasting. Podcasting yang didukung AI diperkirakan bernilai $3 miliar pada awal tahun 2024.

Berikut adalah beberapa podcast statistics menarik seputar penggunaan AI di dalam podcasting:

  1. Podcast yang menggunakan AI mengalami pertumbuhan 500% pada tahun 2022 menunjukkan adopsi yang cepat oleh industri ini.
  2. AI dapat membantu mengurangi biaya produksi podcast hingga 50% menjadikannya lebih efisien dan terjangkau.
  3. Sebagian besar pendengar 85% percaya bahwa penggunaan AI oleh podcaster dalam membuat podcast adalah hal yang etis.
  4. Mayoritas podcaster 84% dan sebagian besar pendengar 57% percaya bahwa alat AI seperti ChatGPT dan Canva dapat meningkatkan kualitas konten podcast.
  5. Sebuah survei menemukan bahwa 66% podcaster menggunakan AI untuk meningkatkan kualitas podcast mereka.

Penggunaan AI di dalam podcasting meliputi berbagai hal, seperti pembuatan gambar, bantuan media sosial, transkripsi, copywriting, metadata podcast, pembuatan audiogram, dan otomatisasi YouTube.

Ini menunjukkan bahwa AI telah menjadi bagian penting dalam memperbaiki dan mengoptimalkan produksi podcast.

Dari berbagai podcast statistics yang telah disampaikan, jelas terlihat bahwa podcasting merupakan industri yang terus berkembang pesat dan memiliki potensi besar untuk pertumbuhan bisnis.

Bagi podcaster dan marketer, memahami tren dan podcast statistics sangat penting untuk menyusun strategi yang sukses. Untuk meningkatkan visibilitas bisnismu, serta memaksimalkan potensi SEO dan pasar yang ada, penting untuk mempertimbangkan jasa SEO yang tepat.

Optimaise dapat membantumu untuk meningkatkan visibilitas bisnismu di dalam hasil pencarian. Segera hubungi Optimaise untuk informasi lebih lanjut yuk!

Baca Juga

Optimaise