Digital MarketingSEO

8 Cara Menerapkan SEO yang Wajib Diketahui Pemula

Tiara Motik

8 Cara Menerapkan SEO yang Wajib Diketahui Pemula

Setelah tertarik untuk mempelajari SEO, kamu mungkin sempat bertanya-tanya bagaimanakah cara menerapkan SEO? Sebenarnya ada banyak cara menerapkan SEO dan ini bukanlah pekerjaan yang singkat.

SEO adalah perjalanan yang melibatkan berbagai teknik dan strategi untuk memastikan situs webmu bisa memperoleh visibilitas di hasil pencarian Google.

Bagi pemula, memahami dasar-dasar SEO bisa terasa membingungkan, namun tak perlu merasa khawatir.

Artikel ini akan menguraikan beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan visibilitas situs webmu melalui SEO.

Mulai dari riset keyword hingga optimasi on-page, panduan ini dirancang untuk membantumu memulai langkah awal di dalam dunia SEO dengan percaya diri.

Definisi SEO

Definisi SEO
Definisi SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah proses yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja, pengalaman pengguna, dan otoritas situs web agar lebih mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian organik, yakni hasil yang tidak dibayar atau disponsori.

Hasil pencarian berbayar adalah hasil yang muncul karena pengiklan membayar melalui Google Ads. Ini berbeda dari hasil organik yang tidak melibatkan pembayaran dan diberi peringkat berdasarkan relevansi, kualitas, kegunaan, dan konteks konten yang ada di situs web.

Dengan kata lain, hasil organik adalah murni berdasarkan seberapa baik situs webmu memenuhi kebutuhan pencari, bukan karena ada pembayaran.

SEO menjadi penting karena membantu situs web muncul di hasil organik ini, ia meningkatkan peluang untuk menarik lebih banyak pengunjung tanpa biaya iklan.

Alasan Penting untuk Menerapkan SEO

Alasan Penting untuk Menerapkan SEO
Alasan Penting untuk Menerapkan SEO

SEO sangat penting karena bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung, prospek, pelanggan, dan pendapatan untuk bisnismu. Bahkan, strategi SEO dasar sekalipun dapat memberikan keuntungan besar.

Setiap hari, ada miliaran pencarian di Google. Menurut laporan State of Search 2023 dari Semrush, 45,1% pengguna desktop mengklik hasil organik. Artinya, semakin tinggi peringkat situs webmu, maka semakin banyak pengunjung yang akan kamu dapatkan.

Berbeda dengan traffic berbayar, di mana pengunjung organik datang ke situs web apakah kamu menjalankan iklan atau tidak.

SEO adalah proses berkelanjutan yang membutuhkan usaha keras. Namun, begitu kamu berhasil meraih peringkat tinggi untuk beberapa keyword, peringkatmu biasanya akan stabil seiring waktu.

Singkatnya, SEO memastikan merekmu terlihat ketika calon pelanggan melakukan pencarian di Google atau mesin pencari lainnya. Manfaatnya termasuk:

  1. Mendapatkan lebih banyak traffic dan konversi organik, seperti pesanan online.
  2. Meningkatkan kesadaran merek.
  3. Mendapatkan keunggulan kompetitif.

Baca juga: Bagaimana Cara Belajar SEO untuk Pemula? Coba 3 Strategi Ini!

Bagaimana Cara Menerapkan SEO?

Bagaimana Cara Menerapkan SEO?
Bagaimana Cara Menerapkan SEO?

Sembari belajar memang sebaiknya kamu harus mempraktikkannya secara langsung. Mengetahui teori saja tidak cukup untuk benar-benar memahami SEO.

Untuk memastikan setiap halaman di situs webmu dapat di-crawling dan index dengan baik oleh Google, kamu perlu memahami cara menerapkan SEO yang umumnya diterapkan oleh para praktisi SEO.

Riset Keyword

Riset Keyword

Riset keyword adalah proses untuk menemukan pertanyaan apa yang sering dicari orang di Google dan menentukan keyword mana yang ingin kamu targetkan.

Untuk membantu dalam proses ini, kamu bisa menggunakan alat, seperti Keyword Explorer dari Ahrefs atau Keyword Magic Tool dari SEMrush.

Caranya cukup mudah, masukkan istilah yang menjadi dasar pencarianmu, pilih negara yang relevan, dan klik “Search“. Alat ini akan memberikan daftar istilah yang terkait dengan keyword yang kamu masukkan, termasuk variasi yang mirip.

Ada banyak filter yang bisa kamu gunakan untuk menyaring hasil pencarian agar lebih relevan. Saat memilih keyword untuk situs web atau halaman tertentu, relevansi adalah faktor terpenting.

Misalnya, tidak ada gunanya menargetkan keyword “makanan anjing Royal Canin” jika kamu tidak menjual produk tersebut. Selain relevansi, ada dua metrik kata kunci yang perlu diperhatikan:

  1. Volume: jumlah rata-rata pencarian bulanan untuk keyword tersebut.
  2. KD% (Keyword Difficulty): skor kesulitan keyword yang menunjukkan seberapa sulit mendapatkan peringkat tinggi untuk keyword tersebut.

Secara umum, semakin tinggi volume pencarian, maka semakin besar potensi trafik yang bisa kamu dapatkan. Namun, keyword dengan volume tinggi biasanya lebih kompetitif.

Misalnya, “makanan anjing Royal Canin” memiliki volume pencarian 49.500 dan skor kesulitan 81% di AS. Sedangkan “makanan anjing protein terhidrolisis Royal Canin” memiliki volume 1.900 dan skor kesulitan 39%.

Lebih baik mendapatkan peringkat tinggi untuk keyword dengan search volume yang lebih rendah daripada peringkat rendah untuk keyword dengan volume tinggi. Hal ini karena kebanyakan orang meng-klik hasil pencarian teratas.

Optimasi Konten

Optimasi Konten
Optimasi Konten

Konten sangat penting sebagai salah satu cara menerapkan SEO. Langkah pertama untuk membuat konten yang SEO-friendly adalah memahami maksud pencarian atau search intent dari keyword yang digunakan.

Search intent adalah alasan di balik pencarian seseorang terhadap keyword tertentu. Misalnya, jika seseorang mencari “physical sunscreen”, maksudnya mungkin ingin membeli physical sunscreen, mencari informasi tentang physical sunscreen , atau mencari merek physical sunscreen tertentu.

Mengapa ini penting? Ini karena Google mencoba untuk memahami maksud pencarian pengguna dan menampilkan hasil yang paling relevan.

Jadi, jika kontenmu tidak memenuhi maksud pencarian, kemungkinan besar kamu akan kesulitan untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama Google.

Sebelum mulai menulis konten, penting untuk mengetahui jenis konten apa yang dicari oleh pengguna yang mencari keyword tersebut.

Kamu dapat menggunakan alat seperti Keyword Overview dari Semrush untuk melihat jenis maksud pencarian untuk keyword tertentu.

Misalnya, jika kamu mencari “physical sunscreen” dan melihat bahwa sebagian besar hasil teratas adalah halaman rekomendasi dan ulasan produk, maka kamu mungkin ingin membuat konten yang serupa jika itu sesuai dengan tujuan pemasaranmu.

Selain itu, perhatikan juga keterbacaan, tata letak, dan panjang konten dari hasil teratas. Ini akan membantumu mengembangkan rencana konten yang sesuai dan efektif untuk mencapai tujuan SEO.

User Experience

User Experience
User Experience

Pengalaman pengguna atau User Experience (UX) merujuk pada keseluruhan pengalaman seseorang saat menggunakan situs webmu. UX memiliki dampak langsung dan tidak langsung terhadap SEO.

Dampak langsung UX pada SEO terjadi ketika pengalaman pengguna yang buruk menyebabkan pengunjung situs menghabiskan waktu yang singkat di situs webmu.

Hal ini dapat mengurangi kepercayaan mesin pencari terhadap situs webmu dan membuatnya sulit untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Sebaliknya, UX yang baik dapat membantu meningkatkan SEO karena situs web yang memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna cenderung memiliki tingkat retensi yang lebih tinggi dan lebih banyak backlink.

Backlink dari situs-situs lain menunjukkan ke mesin pencari bahwa situs webmu dianggap berharga oleh orang lain yang dapat meningkatkan peringkat SEO.

Buat CTA yang Menarik

Buat CTA yang Menarik
Buat CTA yang Menarik

Call to Action (CTA) adalah elemen pada sebuah halaman web yang dirancang untuk mendorong pengunjung melakukan tindakan tertentu, seperti “Beli Sekarang,” “Daftar,” atau “Hubungi Kami.”

CTA yang efektif harus menarik perhatian pengguna tanpa terasa mengganggu atau memaksa. Di mana paragraf tersebut menjelaskan bahwa tombol CTA yang baik harus tampak alami dan sejalan dengan konten halaman, sehingga pengguna merasa terbantu dalam menentukan langkah berikutnya.

CTA ini tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga memberikan nilai tambah dengan memandu pengguna ke tindakan yang diinginkan secara intuitif.

Gunakan Listicles, Bullets, dan Numbered Lists

Gunakan Listicles, Bullets, dan Numbered Lists
Gunakan Listicles, Bullets, dan Numbered Lists

Selain menggunakan spasi untuk memberikan jeda visual yang nyaman bagi pengguna, kamu juga dapat memecah konten menjadi daftar berpoin (bulleted lists) dan bernomor (numbered lists).

Walaupun menggunakan daftar berpoin atau bernomor tidak secara langsung mempengaruhi peringkat SEO, tapi mereka cenderung lebih disukai oleh mesin pencari seperti Google. Hal ini karena daftar semacam itu lebih mudah dibaca dan dipahami oleh pengguna.

Daftar berpoin atau bernomor juga memiliki peluang lebih tinggi untuk ditampilkan sebagai featured snippets di hasil pencarian Google.

Cuplikan unggulan atau featured snippets adalah kotak informasi yang muncul di bagian atas hasil pencarian dan memberikan jawaban singkat untuk pertanyaan pengguna, sehingga meningkatkan visibilitas kontenmu.

Optimasi On-page

Optimasi On-page
Optimasi On-page

Optimasi on-page sangat penting karena dapat memastikan bahwa setiap halaman di situs webmu diatur dengan cara yang membantu mesin pencari memahami dan mengindeks kontenmu dengan benar.

Dengan mengoptimalkan elemen, seperti judul, meta description, dan konten berdasarkan keyword yang relevan, kamu dapat membantu mesin pencari memahami topik halamanmu, sehingga lebih mungkin tampil dalam hasil pencarian untuk istilah yang relevan.

Title Tag

Title Tag
Title Tag

Title tag adalah elemen penting dalam SEO karena dapat muncul sebagai judul di hasil pencarian Google (SERP) dan mempengaruhi peringkatmu.

Tag ini harus mencakup keyword utama yang kamu targetkan untuk halaman tersebut, serta variasi keyword jika masuk akal.

Namun, mengoptimalkan title tag tidak hanya soal menambahkan keyword. Berikut adalah beberapa tips untuk menulis title tag yang efektif:

  1. Usahakan agar title tag memiliki panjang sekitar 50-60 karakter. Ini memastikan judulmu tidak terpotong di hasil pencarian.
  2. Pastikan setiap halaman memiliki title tag yang unik dan deskriptif, sehingga pengguna dan mesin pencari dapat dengan mudah memahami isi halaman tersebut.
  3. Periksa hasil pencarian untuk keyword target dan lihat bagaimana kamu bisa membuat judulmu lebih menarik dibandingkan dengan judul-judul lain yang sudah ada.

Meta Description

Meta Description
Meta Description

Meta description adalah ringkasan singkat dari halaman webmu yang mungkin muncul di bawah judul halaman di hasil pencarian Google (SERP).

Deskripsi ini memberikan kesempatan untuk menarik pengguna agar meng-klik tautanmu daripada tautan pesaing.

Meskipun meta description bukan faktor peringkat langsung, deskripsi yang menarik dapat meningkatkan rasio klik-tayang atau Click through Rate (CTR) yang sangat penting. Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkannya:

  1. Usahakan deskripsi memiliki sekitar 105 karakter. Ini cukup untuk memberikan gambaran yang jelas tanpa terlalu panjang.
  2. Pastikan keyword utamamu ada di dalam deskripsi untuk menunjukkan relevansi dengan pencarian pengguna.
  3. Jika relevan, tambahkan CTA untuk mendorong pengguna mengambil tindakan, seperti “Pelajari lebih lanjut” atau “Beli sekarang”.
  4. Setiap halaman harus memiliki meta description yang unik untuk menghindari kebingungan dan penalti dari mesin pencari.
  5. Buat deskripsi yang benar-benar mencerminkan isi halamanmu dan menarik minat pengguna.

Heading Tags

Heading Tags
Heading Tags

Heading tags adalah tag HTML yang membantu Google memahami struktur dan hierarki konten di halamanmu. Setiap halaman sebaiknya memiliki satu tag H1 yang berisi judul utama.

Gunakan tag H2-H6 untuk sub-judul, sesuai dengan tingkat kepentingannya dalam struktur konten. Selain membantu mengatur konten, gunakan sub-judul untuk menyertakan keyword target dan istilah terkait, asalkan masuk akal dan alami.

Menggunakan heading tags dengan benar tidak hanya membantu mesin pencari memahami kontenmu tetapi juga membuatnya lebih mudah dibaca dan dipahami oleh pengguna.

Page URL

URL (Uniform Resource Locator) adalah alamat unik yang digunakan untuk mengakses sebuah sumber daya di internet, seperti halaman web. URL setiap halaman harus secara singkat mencerminkan isinya.

Bayangkan kamu memiliki dua URL ini:

  1. https://www.example.com/artikel/123456/
  2. https://www.example.com/artikel/cara-memasak-nasi-goreng/

Mana yang lebih baik dioptimalkan? Tentu saja yang kedua, ini karena ia lebih deskriptif. Dengan melihat URL tersebut, kamu bisa langsung mengidentifikasi bahwa halaman tersebut berisi tentang cara memasak nasi goreng.

URL yang deskriptif membantu mesin pencari dan pengguna memahami konten halaman dengan lebih baik. Sebagai pedoman umum, URL sebaiknya:

  1. Pastikan URL menjelaskan isi halaman dengan menyertakan keyword utama.
  2. Pisahkan kata-kata dalam URL dengan tanda hubung, bukan dengan tanda lain atau tanpa spasi.
  3. Hindari penggunaan huruf kapital, gunakan huruf kecil saja.
  4. Buat URL sesingkat mungkin, namun tetap menjelaskan isi halaman dengan baik.

Internal link adalah cara penting untuk menghubungkan halaman-halaman di situs webmu. Ini membantu dalam beberapa hal:

  1. Internal link membantu mesin pencari memahami bagaimana halaman-halaman situs webmu terkait satu sama lain dalam struktur hierarkis.
  2. membantu mengalirkan otoritas (PageRank) dari halaman satu ke halaman lain yang dapat membantu halaman tersebut lebih mudah mendapatkan peringkat di mesin pencari.
  3. Memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menjelajahi situs webmu, di mana ia mengarahkan mereka dari satu topik atau bagian situs ke topik atau bagian lain yang relevan.
Link Building
Link Building

Salah satu kunci sukses dalam SEO adalah membangun otoritas situs webmu di mata mesin pencari. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memperoleh backlink dari situs web lain.

Backlink adalah ketika situs web lain memberikan tautan kembali ke situs webmu. Ini seperti memberikan suara percaya dan dukungan kepada situs webmu.

Jika situs web yang memberikan tautan kembali ke situs webmu adalah situs yang dianggap tepercaya dan relevan, tautan tersebut dapat membantu meningkatkan peringkat situs webmu di hasil pencarian Google.

Ada beberapa taktik yang bisa digunakan untuk membangun backlink, terutama bagi pemula dalam dunia SEO.

Salah satu cara cepat untuk membangun backlink adalah dengan menggunakan hubungan nyata yang kamu miliki melalui bisnismu. Ini bisa meliputi:

  1. Mintalah supplier untuk menautkan situs webmu jika mereka memiliki halaman mitra atau supplier.
  2. Jika kamu menjadi anggota asosiasi atau organisasi tertentu, minta mereka untuk menautkan situs webmu di halaman anggota mereka.
  3. Jika kamu memiliki situs web untuk bisnis fisikmu, pastikan situs web kantor juga menautkan ke situs webmu.

Biasanya, kamu hanya perlu menghubungi kontak di situs-situs ini, dan mereka akan bersedia menambahkan tautan ke situs webmu. Mendapatkan tautan dari situs-situs ini bisa menjadi cara yang efektif dan mudah untuk memperkuat otoritas situs webmu.

Kirim Link ke Direktori Berkualitas
Kirim Link ke Direktori Berkualitas

Jika bisnismu berlokasi secara lokal atau berada di industri tertentu, kemungkinan kamu akan menemukan direktori khusus untuk tempat atau industrimu.

Ini dapat menjadi cara cepat untuk mendapatkan beberapa tautan yang bermanfaat untuk situs webmu. Tapi, pastikan direktori tersebut memiliki standar kualitas yang tinggi dan hanya memasukkan bisnis-bisnis yang relevan dan terpercaya.

Manfaatkan Haro

Manfaatkan Haro
Manfaatkan Haro

HARO (Help A Reporter Out) adalah platform yang menghubungkan jurnalis dengan pemilik bisnis dan marketer. Setiap hari, HARO akan mengirimkan email dengan permintaan dari jurnalis.

Jika ada permintaan yang relevan dengan bisnismu, kamu dapat menanggapi email tersebut. Ini bisa menghasilkan backlink berkualitas tinggi yang dapat meningkatkan traffic, kesadaran merek, dan SEO situs webmu.

Meskipun tidak ada jaminan bahwa kamu akan selalu berhasil dengan HARO, satu tautan dari situs web yang relevan dapat berdampak besar pada peringkat situs webmu di Google, terutama jika situs webmu masih baru.

Technical SEO

Technical SEO
Technical SEO

Technical SEO adalah bagian dari strategi SEO yang fokus pada memastikan situs webmu dapat dengan mudah diakses dan dipahami oleh mesin pencari seperti Google.

Ini termasuk memastikan situs webmu terindeks dengan baik dan berkinerja baik bagi pengguna.

Salah satu langkah awal dalam technical SEO adalah menghubungkan situs webmu ke Google Search Console. Ini adalah alat yang disediakan oleh Google yang membantumu memantau dan melaporkan kinerja situs webmu di hasil pencarian Google.

Dengan menghubungkan situs webmu ke Google Search Console, kamu dapat memperbaiki masalah indexing apa pun yang mungkin menghambat situs webmu muncul di hasil pencarian.

Cek File Robots.txt

Cek File Robots.txt
Cek File Robots.txt

File robots.txt adalah file teks khusus yang memberi instruksi kepada mesin pencari tentang bagaimana cara crawling atau indexing situs webmu.

File ini biasanya ditempatkan di akar situs webmu, misalnya, https://www.domainanda.com/robots.txt.

Dengan file robots.txt, kamu dapat mengontrol akses mesin pencari ke berbagai bagian situs webmu.

Misalnya, kamu dapat memblokir mesin pencari dari mengakses halaman-halaman tertentu yang mungkin tidak ingin kamu tampilkan di hasil pencarian.

Ini memastikan bahwa mesin pencari fokus pada halaman-halaman yang unik dan berkualitas tinggi, sementara mengabaikan halaman-halaman yang duplikat atau tidak relevan.

Optimalkan Core Web Vitals

Optimalkan Core Web Vitals
Optimalkan Core Web Vitals

Core web vitals adalah ukuran yang digunakan oleh Google untuk menilai seberapa cepat dan responsif sebuah situs web.

Dengan memperbaiki kecepatan situs webmu, tidak hanya dapat meningkatkan peringkatmu di Google, tetapi juga membuat pengalaman pengguna lebih baik.

Untuk memeriksa Core Web Vitals dan performa situs webmu, kamu dapat memilih laporan seluler atau desktop di Google Search Console, tergantung pada perangkat yang ingin kamu evaluasi.

Jika kamu ingin mengetahui bagaimana situs webmu berperforma di perangkat mobile, pilih “mobile report”. Tapi, jika kamu lebih tertarik pada performa situs web di perangkat desktop, pilih “desktop report”.

Google Search Console akan memberikan informasi yang lebih detail tentang performa situs webmu dan memberikan saran untuk meningkatkannya.

Siapkan HTTPS

Siapkan HTTPS
Siapkan HTTPS

Sejak 2014, Google telah menggunakan HTTPS sebagai faktor peringkat untuk situs web. Ini berarti situs web yang menggunakan HTTPS lebih mungkin mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian.

Namun, masih ada situs web yang menggunakan HTTP yang dianggap kurang aman. Kamu dapat memeriksa apakah situs webmu menggunakan HTTPS dengan mencoba mengaksesnya menggunakan “https://” bukan “http://”.

Jika situs webmu sudah menggunakan HTTPS, itu bagus. Tidak perlu tindakan lebih lanjut. Namun, kalau masih menggunakan HTTP, bicarakan dengan developer atau penyedia hostingmu untuk merencanakan migrasi ke HTTPS.

Ini penting karena situs web yang tidak aman mungkin membuat pengunjung melihat peringatan dan dapat mengurangi peringkat serta traffic situs webmu.

Mobile SEO

Mobile SEO
Mobile SEO

Google sekarang lebih memprioritaskan versi seluler situs webmu ketika mengindeks dan menilai peringkatnya.

Karena itu, sangat penting untuk fokus pada mobile SEO yang memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna ponsel dan tablet.

Beberapa tips dasar ini dapat membantumu untuk membuat situs webmu mobile friendly:

  1. Gunakan tata letak situs web responsif yang secara otomatis menyesuaikan dengan layar pengguna.
  2. Jangan biarkan bilah navigasi menjadi terlalu berantakan atau terlalu panjang, karena ini akan lebih sulit bagi pengguna seluler untuk memilah.
  3. Hindari penggunaan animasi berlebihan yang dapat memperlambat halaman.

Kamu dapat menggunakan Google Search Console untuk memeriksa masalah dan memperbaiki situs webmu agar lebih mobile friendly.

Ukur dan Evaluasi Strategi SEO

Ukur dan Evaluasi Strategi SEO
Ukur dan Evaluasi Strategi SEO

Sebelum memulai menerapkan panduan SEO yang telah disebutkan sebelumnya, penting untuk mengumpulkan beberapa metrik atau data untuk mengevaluasi kinerja situs webmu.

Ini akan membantumu memahami seberapa baik situs webmu berperforma dan mengukur kesuksesan dari perubahan yang kamu buat.

Berikut adalah beberapa metrik SEO yang penting untuk diperhatikan.

Organic Traffic

Organic Traffic
Organic Traffic

Organic traffic adalah jumlah pengunjung situs webmu yang berasal dari hasil mesin telusur tanpa perlu membayar. Cara terbaik untuk mengukurnya adalah menggunakan Google Analytics 4 (GA4).

Jika jumlah pengunjung organikmu meningkat, itu menandakan bahwa kontenmu diminati, keyword tepat, dan tautan yang kamu gunakan efektif. Namun, jika jumlahnya menurun, mungkin ada masalah teknis SEO atau kamu menargetkan keyword yang terlalu kompetitif.

Perlu diingat, SEO memerlukan waktu untuk melihat hasil. Biasanya dibutuhkan setidaknya 4 bulan sejak implementasi perubahan SEO agar kamu mulai melihat perbaikan.

Peringkat Keyword

Peringkat Keyword
Peringkat Keyword

Peringkat keyword menunjukkan seberapa baik strategi SEO bekerja. Tujuannya adalah untuk mendapatkan peringkat tertinggi mungkin di hasil pencarian Google, sehingga lebih banyak orang melihat dan mengklik situs webmu.

Untuk melacak peringkat keyword, kamu dapat menggunakan Google Search Console:

  1. Buka menu “Performance” > “Search results” dan pilih semua opsi di bagian atas.
  2. Gulir ke bawah ke bagian “Query” untuk melihat daftar hingga 1.000 keyword teratas yang mengarahkan pengunjung ke situs webmu.

Baca juga: 7 Statistik Google Search Terbaru yang Perlu Marketer dan Pemilik Bisnis Ketahui

Engagement dan Bounce Rate

Engagement dan Bounce Rate
Engagement dan Bounce Rate

Di Google Analytics 4, engagement rate adalah persentase kunjungan situs web yang menunjukkan interaksi yang positif, seperti tinggal lebih dari 10 detik, melakukan konversi, atau melihat setidaknya 2 halaman.

Di sisi lain, bounce rate adalah persentase kunjungan situs web di mana pengunjung meninggalkan situs setelah melihat hanya satu halaman.

Jika bounce rate kamu tinggi, ini bisa berarti bahwa kontenmu tidak sesuai dengan apa yang dicari pengguna. Kamu mungkin perlu melakukan riset keyword lebih lanjut atau menyederhanakan kontenmu untuk lebih memenuhi kebutuhan pengunjung situs webmu.

Conversion Rate

Conversion Rate
Conversion Rate

Kamu bisa menggunakan Google Analytics 4 (GA4) untuk membuat peristiwa konversi dan melacak kapan pengguna melakukan tindakan tertentu, seperti memesan atau mengirim formulir.

Namun, lebih penting untuk melihat 2 metrik konversi utama ini:

  1. Session conversion rate: persentase kunjungan situs web yang menghasilkan konversi. Ini memberi gambaran tentang seberapa efektif situs webmu di dalam mengarahkan pengunjung ke tindakan yang diinginkan.
  2. User conversion rate: persentase pengunjung unik situs web yang telah berkonversi setidaknya sekali. Ini memberi wawasan tentang seberapa berhasil kamu mengonversi pengunjung menjadi pelanggan atau melakukan tindakan tertentu.

Jika kamu mengalami kesulitan mengubah ttaffic situs webmu menjadi prospek dan pelanggan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  1. Pastikan bahwa konversi yang kamu harapkan dari pengunjung situs webmu masuk akal. Misalnya, apakah mengharapkan pengunjung baru mendaftar untuk menerima buletin informasi sesuatu yang realistis dan relevan dengan konten situs webmu?
  2. Pastikan bahwa kamu menargetkan keyword yang relevan dan digunakan oleh calon pelanggan potensialmu saat mencari di Google. Ini akan membantu meningkatkan visibilitas situs webmu di hasil pencarian.
  3. Perhatikan apakah situs webmu memiliki pengalaman pengguna yang baik. Pastikan navigasi situs webmu mudah dipahami, konten mudah diakses, dan tata letak situs web mendukung proses konversi.

Dengan memahami dan menerapkan berbagai aspek SEO, kamu dapat meningkatkan visibilitas situs webmu di mesin pencari, menarik lebih banyak ttaffic, dan pada akhirnya, mengembangkan bisnismu. Namun, SEO adalah proses yang terus berkembang dan membutuhkan dedikasi serta keahlian.

Jika kamu merasa perlu bantuan profesional untuk menerapkan strategi SEO yang efektif, Optimaise hadir sebagai solusi terbaik. Kami adalah penyedia jasa SEO yang berpengalaman dan siap membantumu mencapai peringkat teratas di Google. Hubungi Optimaise sekarang untuk konsultasi gratis dan lihat bagaimana kami dapat meningkatkan performa situs webmu.

Baca Juga

Optimaise