Digital MarketingSEO

Waspadai 7 Jenis Negative SEO: Apa Saja?

Siti Rohmah Noviah

kenali serangan negative SEO

Berada di posisi teratas hasil pencarian Google adalah tujuan utama dari penerapan SEO. Akan tetapi, kamu juga harus mewaspadai tindakan yang mungkin dapat menghancurkan tujuan tersebut.

Itulah kenapa kamu harus mengetahui keberadaan negative SEO yang mungkin dilakukan oleh pihak yang ingin menjatuhkan bisnis dan reputasi online kamu.

Artikel kali ini membantu kamu mengenal lebih jauh apa itu negative SEO yang harus kamu waspadai.

Apa Itu Negative SEO?

Pernah mendengar istilah negative SEO sebelumnya? Sebagian dari kamu mungkin masih bertanya-tanya apa itu negative SEO. Negative SEO atau juga dikenal sebagai kebalikan dari SEO, yaitu upaya jahat untuk merusak visibilitas bisnis di hasil mesin pencari.

Tujuan dari tindakan negative SEO adalah mencuri peringkat (ranking) kat kunci dan lalu lintas sebuah situs web. Caranya adalah dengan membuat situs web target seolah menggunakan taktik spam SEO yang melanggar kebijakan mesin pencari.

Hal tersebut kemudian memicu mesin pencari untuk menyembunyikan hasil situs web target. Bisa juga dengan membuat bisnis terlihat buruk di mata audiens atau pelanggan. Sehingga mereka tidak akan lagi tertarik untuk mengunjungi situs tersebut.

Dalam beberapa kasus, praktik SEO ini sangatlah tidak beretika bahkan termasuk perbuatan ilegal. Juga bisa menjadi cara yang tidak efektif. Mesin pencari menolak serangan negative SEO.

Juru bicara Google menyarankan webmaster untuk mengabaikan ancaman dan serangan dan menjadi lebih fokus pada situs web mereka agar memiliki performa yang lebih baik.

Meski demikian, ranking dan trafik organik yang menurun tidak selalu akibat adanya negative SEO.

Sayangnya, banyak para pemasar yang percaya bahwa serangan dari implementasi negative SEO yang merusak ranking dan reputasi bisnis atau brand.

Agar bisa lebih memahaminya, sebaiknya ketahui beberapa jenis negative SEO dan cara mengatasinya.

7 Jenis Serangan Negative SEO

Untuk bisa lebih memahami apakah negative SEO merupakan penyebab turunnya ranking di mesin pencari atau bukan, ketahui beberapa jenis serangan negative SEO berikut ini:

Hacking

Hacker bisa memperoleh akses tidak sah ke situs web dan kemudian merusaknya dengan berbagai cara, termasuk:

  • Menghapus konten
  • Mengarahkan ulang URL situs web kamu ke halaman yang berisi spam
  • Menyuntikkan kode berbahaya yang dapat merugikan pengunjung situs web

Sayangnya, negative SEO tidak selalu tampak jelas. Jadi, kamu harus melakukan beberapa langkah untuk dapat melindungi situs web, seperti:

  • Melakukan pemindaian situs web secara berkala menggunakan software keamanan
  • Mengaktifkan peringatan keamanan di Google Search Console
  • Menyelidiki penyebab hasil SEO yang turun secara tiba-tiba

Kamu bisa menggunakan tool untuk mengecek posisi ranking dari Semrush. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan peringatan saat ranking situs web menurun.

Perlu diingat bahwa ada banyak hal yang dapat merusak ranking di mesin pencari. Serangan negative SEO jarang sekali menjadi penyebab masalah tersebut.

Beberapa jenis backlink akan menguntungkan bagi upaya SEO yang kamu lakukan. Sehingga kompetitor yang tidak bisa bersaing dengan sehat mungkin akan mencoba untuk menghapus tautan tersebut.

Mereka dapat menghapus link dengan menghubungi situs bersangkutan untuk menghapus link ke situs web milikmu. Caranya adalah dengan berpura-pura menjadi bagian dari bisnis kamu.

Ingin memantau link yang tiba-tiba hilang? Nah, kamu bisa menggunakan backlink audit link tool. Alhasil, kamu bisa mengirimkan laporan link yang hilang dan menemukannya kembali.

Baca juga: 6 Cara Optimasi SEO On Page Paling Mudah

Seperti apa link berbahaya itu? Membuat link berbahaya merupakan salah satu jenis dari praktik negative SEO. Yaitu dengan membuat link berisi spam ke situs yang ditargetkan. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah agar mesin pencari menghukum situs web target.

Misalnya, Kebijakan spam tautan Google menyatakan bahwa situs web tidak boleh membuat tautan kaya kata kunci di berbagai situs.

Kemudian, ada pihak tidak bertanggung jawab menggunakan negative SEO untuk melakukan hal tersebut ke situs web milikmu. Mereka memastikan semua link mengarah ke domainnya.

Satu hal yang harus kamu ingat dan perhatikan, disavowing link akan merugikan, bukan menguntungkan. John Mueller dari Google menegaskan bahwa tautan berbahaya tidak boleh merugikan SEO situs target. Akan lebih baik untuk mengabaikannya.

Content Scraping

Content scraping adalah proses menyalin konten suatu situs web dan kemudian mempulikasikannya tanpa terlebih dahulu meminta izin pemiliknya.

Saat Google menemukan konten duplikat, biasanya hanya akan memilih satu versi saja untuk ditampilkan. Google tidak akan menampilkan konten serupa kepada pengguna internet.

Bisa jadi yang ditampilkan adalah versi plagiat, bukan konten original. Itu artinya, situs web target akan kehilangan trafik organik.

Ingin belajar lebih dalam tentang SEO termasuk pentingnya membuat konten original? Mulai belajar dari panduan belajar SEO untuk pemula ini!

Kampanye Palsu

Kampanye palsu adalah sebuah upaya untuk menyebarkan informasi palsu atau yang dapat merusak reputasi seseorang atau bisnis.

Bentuknya sangat bervariasi, bisa berupa akun media sosial palsu, menyebarkan rumor melalui komunitas online, dan lain sebagainya.

Baca juga: SEO Visibility: Pengertian dan Cara Meningkatnya

Kegiatan negative SEO ini akan sangat membahayakan dan merugikan bisnis. Tidak mudah membangun dan mempertahankan reputasi. Hal tersebut juga dapat mempengaruhi ranking di mesin pencari.

Saat Google dan mesin pencari lain tidak memberikan kesempatan kamu untuk mendapatkan ranking tinggi, artinya akan semakin pengguna internet yang mengunjungi situs web kamu.

Agar bisa terhindar dari praktik kampanye tersebut, pastikan untuk selalu merespon setiap komplain yang kamu terima.

Review Bombing

Jika biasanya di media sosial kamu sering mendengar istilah love bombing, di dunia SEO kamu harus familiar dengan istilah review bombing.

Review bombing bisa diartikan sebagai tindakan dalam memposting review negatif dan palsu tentang sebuah bisnis. Tidak tanggung-tanggung, jumlahnya sangat banyak sehingga akan mempengaruhi kredibilitas dan reputasi bisnis di dunia online.

Google rating memiliki peran penting dalam praktik SEO lokal. Biasanya, hasil ranking map yang tinggi lebih berpeluang mendapatkan nilai yang tinggi. Bayangkan jika ada pihak yang melakukan review bombing dan membuat rating bisnis kamu rendah.

Pengguna internet akan meragukan kamu dan akhirnya lebih memilih kompetitor untuk mendapatkan produk atau jasa yang mereka cari.

Meski Google menggunakan deteksi spam otomatis untuk menghapus review palsu, tetap akan lebih baik apabila kamu memantau review secara manual. Dengan begitu, kamu bisa segera bertindak dan menemukan solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi.

Sebagai pemilik bisnis, kamu bisa meminta penghapusan review melalui Google Business Profile. Ini bisa menjadi cara untuk menghapus semua ulasan palsu atau ulasan yang melanggar kebijakan Google.

Hotlinking yang Tidak Sah

Jenis lain dari negative SEO yang perlu diwaspadai adalah hotlinking yang tidak sah. Serangan tersebut dapat memperlambat kecepatan situs web target. Juga dapat menurunkan posisi ranking.

Serangan ini juga dikenal sebagai bandwidth theft. Untuk tindakan pencegahan, kamu bisa melakukan beberapa hal, termasuk memasang plugin seperti all-in-one-security di situs WordPress.

Sudah tahu kan bahayanya negative SEO untuk situs web bisnismu? Serangan negative SEO tentunya tidak boleh sampai merusak reputasi dan ranking situs web di mesin pencari.

Serangan dari negative SEO juga bisa kamu cegah dengan cara tepat. Yaitu dengan mempercayakan kebutuhan optimasi situs web ke para ahli di bidangnya.

Pilih Jasa SEO Malang terbaik guna memastikan hasil SEO optimal dan terhindar dari serangan negative SEO.

Dapatkan segera dengan menghubungi Optimaise sekarang!

Baca Juga

Optimaise