Digital MarketingSEO

SEO Visibility: Pengertian dan Cara Meningkatnya

Siti Rohmah Noviah

SEO Visibility

Berbicara tentang Search Engine Optimization (SEO), ada banyak hal yang harus dipahami, termasuk SEO visibility. Apa arti dari istilah tersebut?

Apa Itu SEO Visibility?

SEO visibility juga disebut visibilitas pencarian organik, seberapa besar kemungkinan pengguna internet bisa melihat dan mengklik situs web yang muncul di hasil penelusuran organik.

Semakin banyak kata kunci yang kamu targetkan, semakin tinggi pula peringkat di mesin pencari. Artinya, semakin tinggi visibilitas SEO kamu yang disebut dengan skor visibilitas SEO.

Terdapat banyak tools yang menyertakan metrik itu sendiri. Hasilnya biasanya berupa persentase dan berdasarkan pada beberapa hal, termasuk:

  • Keyword yang dilacak
  • Peringkat untuk keyword
  • Click-through rates (CTRs)

Cara menghitung metrik visibilitas SEO sangat bervariasi, tergantung dari alat yang akan kamu gunakan. Namun, alat tersebut harus memberikan gambaran dari visibilitas situs web di hasil pencarian organik.

Belum berpengalaman di dunia SEO? Jangan khawatir, kamu bisa belajar melalui panduan belajar SEO untuk pemula.

Mengapa SEO Visibility Penting?

Alasan dibalik pentingnya visibilitas SEO adalah peluang untuk meningkatkan klik dari calon pelanggan dari hasil yang mereka dapatkan. Sehingga nantinya akan lebih banyak pengunjung situs web.

Pengunjung tersebut bisa dikonversi menjadi pembeli potensial hingga pelanggan setia.

Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Pencarian Visibilitas Pencarian?

Segala hal yang berpengaruh terhadap ranking situs web akan berpengaruh pada visibilitas SEO.

Penting untuk diketahui bahwa Google menggunakan algoritma yang kompleks untuk merangking halaman situs. Oleh karena itu, ada banyak hal yang menjadi faktor penentu ranking situs web. Misalnya pengalaman pengguna, kualitas konten, dan jumlah backlink yang ada.

Baca juga: 5 Praktek SEO Localization Paling Efektif

Ada beberapa konsep penting yang harus pertimbangkan terkait ranking di hasil pencarian:

Intensitas Pencarian dan Relevansi

Google bertujuan untuk menunjukan konten yang paling relevan dengan pencarian yang pengguna internet lakukan. Jadi, halaman situs web yang cocok akan mendapatkan ranking yang lebih tinggi.

Meta Tag

Meta tag memberi tahun mesin pencari tentang halaman situs kamu. Tag tersebut berisi keyword utama yang ditargetkan untuk halaman web.

Kualitas Konten

Kualitas konten menjadi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan mesin pencari dalam menentukan ranking. Dalam hal ini, konten yang membantu pengguna dan berisi informasi terpercaya akan cenderung mendapatkan ranking yang lebih baik di hasil mesin pencari.

Singkatnya, konten yang baik akan dapat memuaskan pengguna serta menjawab pertanyaan yang mereka punya. Bahkan dapat menunjukkan keahlian serta mudah dibaca dalam sekilas.

Struktur Situs Web

Situs web dengan struktur yang baik akan membantu pengguna mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan lebih cepat. Selain itu, juga membantu mesin pencari dalam proses crawling beberapa halaman penting dengan lebih mudah. Sehingga halaman tersebut akan terindeks.

Responsibilitas

Perlu kamu ketahui perihal ranking di hasil pencarian mesin pencari. Situs web yang ramah perangkat seluler (mobile-friendly) biasanya mendapatkan ranking yang lebih tinggi di hasil mesin pencari.

Ada banyak trafik situs web dari perangkat seluler. Google mengutamakannya dalam proses indexing.

Pengalaman Pengguna

Pengalaman positif akan meningkatkan posisi ranking sebuah situs web. Core web vitals dari Google mengakses kecepatan loading, interaktivitas, dan stabilitas, yang merupakan metrik kunci yang mempengaruhi pengalaman pengguna.

Baca juga: Apa Itu SEO Specialist dan 6 Tugasnya

Situs web yang ditautkan dengan berbagai sumber berkualitas memiliki nilai plus yang juga dapat meningkatkan ranking situs web tersebut.

Dengan memahami beberapa elemen tersebut, kamu punya peluang yang lebih untuk meningkatkan ranking. Itu artinya, kamu juga bisa meningkatkan nilai SEO visibility situs web milikmu.

Seperti Apa Skor Visibilitas SEO yang Baik?

Seperti apa skor visibilitas SEO yang baik mungkin berbeda untuk masing-masing orang. Dengan kata lain, tidak patokan di angka berapa skor SEO visibility yang baik dan sebaliknya.

Mengapa Perlu Mengukur SEO Visibility?

Mengukur skor SEO visibility sangat berguna. Mengapa? Hal tersebut akan membantu melakukan evaluasi pada upaya optimasi yang dilakukan. Sehingga bisa menghindari beberapa risiko termasuk membuang-buang waktu dan biaya dan hilangnya klien (bagi agensi atau konsultan SEO).

Penurunan skor visibilitas SEO akan menunjukkan perubahan pada CTR, volatilitas SERP, dan masalah pada situs web. Itu sebabnya pengecekan visibilitas SEO perlu dilakukan secara berkala.

Memantau skor tersebut akan membantu mengidentifikasi masalah potensial secara lebih cepat. Sehingga memungkinkan perbaikan yang cepat saat saat diperlukan.

Apa Saja Kesalahpahaman Umum Tentang Skor Visibilitas SEO?

Perihal visibilitas SEO, ada banyak hal yang perlu diluruskan. Ada beberapa kesalahpahaman umum tentang skor SEO visibility, termasuk:

SEO Visibility Mempertimbangkan Seluruh Kata Kunci

Tools hanya mampu menyediakan skor berdasarkan kata kunci yang kamu atur untuk setiap kampanye.

Sangat mustahil bagi tools tersebut untuk menampilkan skor dari setiap kata kunci pada situs web.

SEO Visibility Menggambarkan Trafik Situs Web

Skor visibilitas dapat mengindikasikan trafik organik, namun bukan berarti menggambarkan trafik situs web. Nyatanya, visibilitas SEO bisa meningkat meskipun trafik organik situs web kamu tidak berubah.

SEO Visibility Merupakan Gambaran Performa SEO

Perlu lebih dari satu metrik untuk dapat memahami performa SEO secara keseluruhan. Termasuk trafik organik, ranking, CTR, profil backlink, dan masih banyak lagi.

Itu artinya kamu perlu berbagai tools, termasuk Google Analytics, Google Search Console dan lainnya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan gambaran tentang seberapa efektif upaya SEO yang kamu lakukan.

Cara Meningkatkan SEO Visibility Domain

Agar hasil SEO menjadi lebih terlihat, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan, seperti:

Temukan Kata Kunci yang Bisa Kamu Gunakan untuk Membuat Konten Baru

Membuat konten baru yang menargetkan keyword yang relevan dengan volume pencarian tinggi menjadi cara tepat untuk dapat meningkatkan serta memperluas visibilitas pencarian organik.

Sebagai langkah awal, kamu harus mengidentifikasi kata kunci yang relevan dan banyak dicari namun belum ditargetkan untuk situs web milikmu.

Salah satu alat yang bisa kamu gunakan untuk menemukan peluang kata kunci baru adalah Keyword Magic Tool. Alat tersebut akan membantu menemukan kata kunci yang sesuai dengan niche kamu.

Optimasi Konten Lama dengan Performa Kurang Baik

Untuk dapat meningkatkan SEO visibility, mengapa tidak mengoptimasi konten lama yang belum memiliki performa yang baik?

Cara lain yang patut kamu coba adalah mendapatkan backlink dengan kualitas tinggi dari situs web relevan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan ranking situs web di Google sekaligus meningkatkan visibilitas organik.

Berapapun skor SEO visibilitas yang kamu tetapkan, maksimalkan upaya SEO untuk situs web. Hasil yang baik tidak bisa didapatkan secara instan hanya dalam satu malam.

Gunakan jasa SEO Malang terbaik yang bisa kamu percaya dan biarkan para ahli bekerja dalam memberikan hasil ranking teratas.

Hubungi Optimaise sekarang juga agar situs web muncul di hasil pencarian teratas!

Baca Juga

Optimaise