Digital MarketingSEM

3 Langkah Mudah Menggunakan Meta Business Suite untuk Kelola Facebook dan Instagram

Tiara Motik

3 Langkah Mudah Menggunakan Meta Business Suite untuk Kelola Facebook dan Instagram

Meta Business Suite adalah alat gratis yang disediakan oleh Facebook dan Instagram untuk membantumu mengelola kehadiran bisnismu secara online. Ini termasuk mengelola konten dan iklan, serta melihat data wawasan tentang audiensmu.

Kalau kamu punya bisnis di Facebook dan Instagram, Meta Business Suite bisa bantu kamu. Alat ini dapat membantumu untuk mengelola konten, iklan, dan terhubung dengan pengikut bisnismu.

Dengan Meta Business Suite, kamu bisa manajemen konten, melihat statistik, dan bahkan memonetisasi kontenmu. Baik kamu sudah berpengalaman atau baru mulai, Meta Business Suite bisa bantu kamu mengelola akun bisnismu dengan lebih mudah.

Apakah kamu tertarik untuk menggunakannya? Simak artikel ini agar kamu bisa tahu apa itu Meta Business Suite dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa itu Meta Business Suite?

Apa itu Meta Business Suite?

Meskipun Facebook Business Manager muncul pada 2014, tapi Meta Business Suite baru hadir pada 2020. Sekarang, seluruh perusahaan dapat mengelola operasi mereka di Facebook dan Instagram tanpa harus beralih platform.

Kamu bisa mengakses dasbor Meta Business Suite melalui Facebook atau mengunduh aplikasinya untuk desktop. Dengan platform ini, kamu tidak perlu lagi memakai berbagai alat berbeda untuk tujuan kreatif, analitik, dan penerbitan.

Suite ini menjadi pusat kendali yang memungkinkan kamu mengelola berbagai area pemasaran di Facebook dan Instagram dengan lebih mudah, menghemat waktu, uang, dan usaha.

Meta Business Suite memiliki beberapa fitur yang bisa sangat berguna untuk bisnismu:

  1. Penerbitan konten yang mudah
    • Kamu bisa mengelola, menerbitkan, dan menjadwalkan kontenmu di Facebook dan membagikannya juga ke Instagram.
    • Kamu juga bisa mencari ide di Inspiration Hub, berkolaborasi dengan pembuat konten lain, membuat konten episodik, dan mengunggah atau menjadwalkan konten secara massal.
  2. Analisis kinerja
    • Lihat seberapa baik kontenmu performa dengan tips yang dipersonalisasi, temukan konten yang berkinerja buruk atau tinggi, dan lihat metrik tertentu untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam.
  3. Manajemen monetisasi
    • Jika kamu memiliki konten yang dimonetisasi, kamu bisa memastikan bahwa kamu tetap patuh dan maksimalkan potensi pendapatannya melalui notifikasi yang dipersonalisasi, wawasan, dan ikhtisar penghasilan.

Apakah Meta Business Suite Sama dengan Business Manager?

Apakah Meta Business Suite Sama dengan Business Manager?
Apakah Meta Business Suite Sama dengan Business Manager?

Meta Business Manager dan Meta Business Suite adalah dua alat terpisah yang disediakan oleh Meta, perusahaan induk Facebook dan Instagram untuk membantumu dalam hal yang berbeda terkait bisnismu di platform tersebut.

Meta Business Suite lebih fokus pada pengelolaan operasi pemasaran di Facebook dan Instagram. Ini memungkinkan kamu mengelola konten, iklan, dan menganalisis kinerjamu di kedua platform tersebut.

Sementara itu, Meta Business Manager lebih tentang menjaga asetmu tetap aman dan terlindungi di platform Facebook dan Instagram.

Ini memberi kamu kontrol atas izin untuk semua akun terkait Meta milikmu dan membantumu mengatur langkah-langkah keamanan dan privasi.

Baca juga: 4 Cara Mudah Menggunakan Ads Library Platform Meta dan Google

Jadi, jika kamu menggunakan Meta Business Suite, kamu juga dapat menggunakan Meta Business Manager untuk mengelola keamanan dan izinmu, serta menjaga asetmu tetap terlindungi.

Cara untuk Menggunakan Meta Business Suite

Cara untuk Menggunakan Meta Business Suite
Cara untuk Menggunakan Meta Business Suite

Sudahkah kamu membayangkan bagaimana Meta Business Suite bisa membantu untuk meningkatkan bisnismu?

Berikut ini langkah-langkah sederhana untuk menggunakan Meta Business Suite dalam mengelola kegiatan pemasaran di Facebook dan Instagram.

Buat Halaman Facebook

Agar memenuhi ketentuan untuk menggunakan Meta Business Suite, bisnismu harus memiliki Halaman Facebook. Untuk membuat Halaman Facebook, kamu perlu masuk ke akun Facebook milikmu, lalu pergi ke bagian “Pages” dan klik “Create New Page“.

Setelah itu, kamu akan diarahkan untuk mengikuti langkah-langkah untuk menyesuaikan dan mengaktifkan Halamanmu sehingga siap untuk digunakan.

Unduh Aplikasi Meta Business Suite atau Akses Platformnya Melalui Desktop

Untuk bisa menggunakan Meta Business Suite, kamu bisa mengaksesnya melalui business.facebook.com atau mengunduh aplikasinya di Android atau iOS.

Namun, kamu harus memiliki akun Facebook dengan Halaman Bisnis yang sudah disiapkan. Tanpa itu, kamu tidak akan bisa menggunakan Meta Business Suite.

Hubungkan Akun

Jika sudah punya, berikut langkah-langkahnya untuk menghubungkan halaman Facebook milikmu ke Meta Business Suite:

  1. Buka Meta Business Suite melalui desktop atau unduh aplikasinya di iOS atau Android.
  2. Masuk atau buat akun sesuai petunjuk di layar.
  3. Pilih menu drop-down yang terletak di bagian kiri atas.
  4. Klik tombol “+Create a business account” dan ikuti petunjuk selanjutnya di layar.
  5. Meta biasanya akan secara otomatis menghubungkan Halaman Bisnis Facebook mikimu ke akun Meta Business Suite. Jika tidak, ikuti langkah-langkahnya untuk menghubungkan akunmu melalui desktop atau aplikasi seluler.

Sementara itu, untuk menghubungkan akun Instagrammu ke Meta Business Suite, kamu perlu memiliki akun bisnis Instagram. Caranya mirip dengan menghubungkan halaman Bisnis Facebook.

Berikut ini cara menghubungkan akun Instagram ke Meta Business Suite:

  1. Di aplikasi desktop Meta Business Suite, buka pengaturan dengan meng-klik opsi “Settings” di sidebar sebelah kiri.
  2. Klik “Business Assets“.
  3. Pilih opsi “Add Assets” dan pilih akun Instagrammu.
  4. Tinjau dan setujui persyaratan Meta untuk menghubungkan akun Instagrammu, lalu klik “Claim Instagram account“.
  5. Sebuah jendela baru akan muncul. Masukkan nama pengguna dan kata sandi Instagrammu, lalu klik “Log In“. Jika sudah masuk ke Instagram, klik “Continue as [Instagram handle]” untuk menghubungkan akun yang tepat. Jika tidak, klik “Switch accounts” untuk masuk ke akun lain.
  6. Jika kamu menggunakan Otentikasi Dua Faktor, Meta mungkin meminta kamu memasukkan kode keamanan tambahan.
  7. Terakhir, klik “Confirm” untuk menyelesaikan proses penghubungan akun Instagrammu ke Meta Business Suite.

Cara Membuat Iklan di Meta Business Suite

Cara Membuat Iklan di Meta Business Suite
Cara Membuat Iklan di Meta Business Suite

Iklan atau ads merupakan strategi pemasaran yang tak kalah penting dari SEO. Dalam memanfaatkan Meta Business Suite untuk membuat iklan, kamu perlu masuk ke akunmu, lalu pilih “Ads” di bawah “Planning” pada menu.

Fitur ini memungkinkan kamu dengan mudah membuat iklan di Instagram dan Facebook tanpa harus menggunakan pengelola iklan Facebook.

Ini adalah pilihan yang bagus untuk pemula yang ingin mencoba iklan berbayar tanpa harus terlalu rumit. Untuk membuat iklan, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka aplikasi Meta Business Suite dan ketuk ikon speaker untuk membuka tab Iklan, lalu ketuk “Buat“.
  2. Pilih “Promosikan” di tab Beranda, atau ketuk “Buat iklan” jika kamu melihatnya di tab Beranda.
  3. Pilih tujuan iklanmu dan jika iklanmu terkait dengan Kategori Iklan Khusus, pilih opsi tersebut.
  4. Pilih pemirsamu dari pemirsa tersimpan atau buat pemirsa baru.
  5. Tentukan anggaran iklanmu.
  6. Pilih durasi iklanmu.
  7. Pilih apakah kamu ingin menayangkan iklan di Instagram juga. Kamu dapat melihat pratinjau iklanmu di Instagram sebelum menerbitkannya.
  8. Pilih metode pembayaranmu dan siapkan akun iklanmu jika belum pernah membuat iklan sebelumnya.
  9. Setelah menyelesaikan semua langkah di atas, ketuk tombol biru di bagian bawah layar untuk menerbitkan iklanmu.

Tips Mengelola Halaman Facebook dan Akun Instagram

Fitur-fitur yang ada di dalam Meta Business Suite dapat membantumu mengembangkan bisnismu, baik itu dengan meningkatkan layanan pelanggan maupun mengelola kehadiran online bisnismu secara lebih efisien.

Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Melacak setiap interaksi dengan pelanggan bisa rumit dan memakan waktu. Dengan Meta Business Suite, kamu dapat menerima dan merespons komunikasi dari berbagai platform, seperti Instagram, Facebook, Messenger, dan WhatsApp melalui fitur Inbox.

Ini memungkinkan kamu mengelola semua interaksi ini dalam satu dasbor, sehingga kamu tidak akan melewatkan pesan penting dari pelanggan.

Kamu dapat melihat semua komentar dan pesan masuk secara langsung, sehingga kamu dapat memberikan respon yang lebih cepat dan personal kepada pelangganmu.

Selain itu, kamu dapat mengatur percakapan dengan label, menugaskan percakapan kepada anggota timmu, dan mengatur respons otomatis untuk situasi ketika kamu tidak bisa langsung merespons.

Dengan menggunakan Meta Business Suite, kamu dapat menyimpan detail pelanggan dan menambahkan catatan tentang percakapan mereka. Ini bisa membantu menjaga interaksi tetap relevan dan konsisten dari waktu ke waktu.

Baca juga: 8 Cara Menyimpan Video dari Facebook, Mudah & Cepat

Manfaatkan Creator Studio untuk Membuat, Memublikasikan, dan Mengelola Postingan

Melalui Creator Studio bawaan, kamu bisa dengan mudah membuat, menjadwalkan, dan menerbitkan postingan serta cerita untuk media sosialmu.

Kamu bisa membuat postingan sederhana dengan menambahkan foto berkualitas tinggi, mengeditnya sesuai kebutuhan, dan menambahkan detail tambahan.

Kemudian, kamu bisa melihat pratinjau postinganmu di dalam feed, cerita, dan lainnya untuk memastikan tampilannya menarik bagi pengikutmu. Setelah semuanya siap, kamu bisa menjadwalkan dan mengelola konten melalui tab “Content and Planner”.

Lacak Kinerja

Jika kamu ingin mengetahui seberapa efektif strategi pemasaranmu, tab “Insights” dalam Meta Business Suite adalah tempatnya.

Di sana, kamu dapat melihat berbagai laporan yang menunjukkan data, seperti jumlah suka, komentar, dan share yang membantumu mengukur keberhasilan strategimu.

Tab “Insights” juga memungkinkan kamu untuk membandingkan kinerjamu di berbagai platform media sosial yang terhubung ke Meta Business Suite. Ini memungkinkan kamu untuk fokus pada hal-hal yang perlu diprioritaskan pada saat itu.

Selain itu, platform ini memiliki fitur penetapan tujuan yang membantumu tetap fokus pada tujuan akhirmu. Kamu juga dapat melakukan A/B testing untuk menguji jenis konten yang paling disukai oleh audiensmu.

Dengan fitur-fitur, seperti pengelolaan konten, analisis kinerja, dan manajemen interaksi pelanggan, Meta Business Suite membantu bisnis untuk menjadi lebih efisien dan efektif dalam strategi pemasaran mereka.

Namun, mengelola media sosial bisa menjadi tugas yang sangat menuntut waktu. Jika kamu menginginkan bantuan lebih lanjut dalam mengelola media sosialmu secara profesional dan efektif, tim Optimaise siap membantu.

Melalui jasa sosmed management kami, kami dapat membantumu meningkatkan kehadiran onlinemu, menjangkau audiens yang lebih luas, dan mencapai tujuan pemasaranmu. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut dan mulailah mengoptimalkan media sosialmu hari ini!

Baca Juga

Optimaise