Digital MarketingSEO

Doorway Page pada SEO: 5 Hal Penting yang Harus Kamu Tahu

Siti Rohmah Noviah

doorway page dan 5 hal penting yang harus diketahui

Pernah dengar istilah doorway page dalam dunia SEO? Entah pernah atau belum mendengar istilah tersebut, sebagian dari kamu mungkin penasaran sebenarnya apa itu doorway page dan apa pengaruhnya terhadap upaya Search Engine Optimization (SEO) di situs web atau blog.

Sekilas tentang Doorway Page

Doorway page bisa dikatakan sebagai halaman situs yang dibuat untuk merangking kueri pencarian tertentu. Seringkali, pemilik situs web membuat banyak halam agar bisa mendapatkan peringkat untuk kata kunci atau frase tertentu di hasil pencarian.

Sebenarnya, doorway page adalah akses ke konten utama. Namun, tidak selalu berguna untuk pengunjung situs web. Taktiknya bisa berupa pengalihan ke halaman lain. Saat pengunjung mengklik halaman tersebut, meta disegarkan dan terjadi pengalihan yang begitu cepat ke halam lain.

Sayangnya, hal tersebut dianggap sebagai salah satu teknik black hat SEO. Ternyata, istilah doorway page digunakan oleh pengguna black hat SEO hanya untuk membuka pintu dengan mesin pencari.

Beberapa contoh dari penggunaan teknik SEO tersebut di antaranya adalah:

  • Membuat beberapa nama domain, subdomain, subfolder, atau situs web untuk meningkatkan footprint pencarian dengan tujuan menargetkan frase pencarian tertentu di area tertentu.
  • Sengaja membuat halaman serupa yang dekat dengan hasil pencarian

Untuk bisa memahaminya, ada beberapa contoh halaman serupa dengan kata kunci serupa yang kemudian ditargetkan di area atau kota tertentu. Misalnya, halaman utama situs kamu tentang jasa SEO terbaik. Kemudian, kamu membuat halaman lain dengan judul jasa SEO terbaik di Jakarta, jasa SEO terbaik di Bandung, dan lainnya.

Mengapa Kamu Harus Menghilangkan Doorway Page Berkualitas Rendah?

Berbicara tentang doorway page, kamu juga harus tahu bahwa Google berfokus dalam meningkatkan pengalaman pengguna dan memberikan hasil pencarian yang lebih baik dengan kualitas yang lebih tinggi. Itulah mengapa sudah seharusnya kamu tidak lagi mencoba black hat SEO.

Sebelum terlambat, sebaiknya segera membersihkan doorway page dengan kualitas rendah. Tahukah kamu? Google ternyata sudah bekerja dalam membersihkan doorway page sejak 2015 silam.

Pada dasarnya, kamu hanya punya dua pilihan, menghapus doorway page atau meningkatkan nilai halaman tersebut sehingga akan bermanfaat bagi pengguna.

Baca juga: Alasan Pentingnya Image SEO dan 3 Cara Mudah Mengoptimasinya

Apabila ingin memilih opsi kedua, pastikan untuk menambahkan konten yang unik dan bernilai pada halaman yang merupakan doorway page. Jadi, halaman tersebut akan dianggap bermanfaat bagi pengguna internet.

Masih punya banyak halaman kosong? Jika benar, mulailah untuk membuat konten original berkualitas untuk nantinya ditempatkan di halaman-halaman tersebut. Sehingga nantinya bisa membawa lalu lintas ke situs web kamu. Dengan cara ini, kamu berkontribusi pada Google dalam mencapai tujuan untuk menyediakan pengalaman pengguna yang baik.

Nantinya, Google akan menganggap halaman pada situs web kamu sebagai halaman dengan konten asli dan original yang berpotensi membawa traffic ke halaman web.

Cara Mengidentifikasi Doorway Page pada Situs Web

Nah, jika doorway page merupakan bagian dari black hat SEO, apakah kamu akan menghindarinya? Untuk bisa melakukannya, kamu terlebih dahulu harus mengidentifikasi keberadaan halaman tersebut di situs web milikmu.

Kamu menjual produk atau layanan tertentu dan kemudian membuat beberapa halaman untuk beberapa kota berbeda secara acak hanya untuk mendapatkan lebih banyak traffic. Di mana setiap halaman tidak memiliki konten yang berguna bagi para pembaca.

Cara lain untuk mengidentifikasi doorway page adalah dengan memastikan apakah kamu membuat halaman spesifik dengan konten serupa atau tidak yang setiap halaman tersebut ditautkan ke halaman utama. Mungkin kamu juga sengaja membeli tautan berbayar dengan teks anchor tertentu.

Sebuah halaman situs yang menggunakan lokasi tanpa adanya bisnis secara nyata di lokasi tersebut hanya untuk mendapatkan pengunjung melalui hasil pencarian. Cara ini tentu tidak disukai mesin pencarian dan bahkan dianggap sebagai spam.

Apakah kamu punya halaman kosong hanya untuk mendapatkan traffic ke toko e-commerce agar bisa meningkatkan konversi organik melalui pencarian organik? Ini juga bisa menjadi salah satu ciri dari doorway page.

Mengapa Mesin Pencari Tidak Menyukai Doorway Page?

Sebagai seseorang yang ingin belajar tentang SEO, mungkin kamu juga penasaran apa alasan mesin pencari tidak menyukai doorway page.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa doorway page tidak disukai oleh mesin pencari:

  • Doorway page melanggar pedoman Google yang memerlukan konsistensi.
  • Tidak memberikan nilai apapun kepada pembaca sehingga mengakibatkan pengalaman pengguna yang lebih rendah.
  • Pembaca kehilangan situs web yang memiliki konten bermanfaat.
  • Pengalihan yang menyesatkan bisa menjadi hambatan bagi mesin pencari, terutama Google.

Untuk belajar lebih jauh tentang SEO, coba manfaatkan panduan SEO untuk pemula ini.

Cara Memastikan Traffic Bebas dari Doorway Page

Saat memutuskan untuk menghilangkan doorway page, itu artinya kamu harus menggunakan teknik SEO yang baik. Ingin memastikan traffic situs web bebas dari doorway page? Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu coba:

Buat Konten Berkualitas

Tidak bisa dipungkiri bahwa konten adalah hal penting dalam upaya optimasi situs web. Sudah sering mendengar istilah “content is king“, bukan? Sebelum membagikan konten, cek guna memastikan tidak ada plagiasi dalam konten tersebut. Kamu bisa menggunakan tools khusus.

Apabila ada konten duplikat, sebaiknya segera atasi masalah tersebut, atau Google yang akan melakukannya. Faktanya, tidak ada mesin pencari yang akan merangking konten plagiasi atau konten duplikat dengan baik. Jadi, cepat atau lambat, kamu akan menemukannya sendiri mengapa ada halaman yang tidak mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari.

Perhatikan Kecepatan Situs Web

Kecepatan situs web mampu meningkatkan pengalaman pengguna. Gunakan desain minimalis dan web hosting yang sesuai kebutuhan. Pastikan juga desain yang kamu gunakan responsif dan kompatibel dengan berbagai perangkat dan browser. Sehingga memberikan peluang untuk mendapatkan ranking yang lebih baik.

Jangan Abaikan Kata Kunci

Siapa bilang kata kunci tidak penting? Selain konten berkualitas, upaya SEO juga harus memperhatikan penggunaan kata kunci yang relevan. Untuk mendapatkannya, lakukan riset kata kunci, misalnya dengan menggunakan tool seperti Semrush. Yang juga akan membantu kamu dalam mengetahui strategi kata kunci apa yang digunakan oleh para kompetitor.

Baca Juga: SEO Keywords: Cara Kerja dan 4 Cara Mendapatkannya

Jalankan Kampanye PPC

PPC adalah singkatan dari pac per click, yaitu iklan mesin pencari yang pembayarannya dihitung per klik dari para pengguna internet. PPC adalah salah satu cara mendapatkan traffic berbayar sehingga bisa membantu peluang situs web ditemukan dan dikunjungi pengguna internet.

Gunakan Jasa Influencer

Era digital menghadirkan berbagai platform media sosial. Media sosial menjadi tempat yang tepat bagi para influencer untuk mendapatkan banyak pengikut. Kamu bisa memanfaatkan keberadaan mereka dengan menggunakan jasanya.

Menggunakan jasa influencer atau yang juga dikenal sebagai influencer marketing dapat membantu memasarkan produk atau mendapatkan traffic yang relevan dengan situs yang kamu jalankan.

Semakin banyak istilah yang kamu pahami, semakin kamu menyadari bahwa SEO begitu kompleks. Akan tetapi, bisa memberikan hasil optimal jika dilakukan dengan teknik yang benar sesuai dengan pedoman Google atau mesin pencari lain. Sudah paham kan kenapa kamu harus memperhatikan kemungkinan adanya doorway page di situs milikmu?

Apabila ingin segera mengoptimasi situs web agar bisa muncul di hasil pencarian teratas, gunakan jasa SEO Malang terbaik.

Caranya adalah dengan menghubungi Optimaise sekarang juga!

Baca Juga

Optimaise