Digital MarketingSEO

Apa Itu Keyword Cannibalization dan 5 Cara Menemukannya

Deric

keyword cannibalization

Kata ‘kanibal’ sepertinya hanya muncul dalam film-film bergenre thriller. Tapi, faktanya istilah tersebut juga ada di dalam dunia optimasi website. Dalam dunia SEO, banyak orang yang berpendapat bahwa punya banyak konten yang menggunakan topik yang sama bisa membingungkan mesin pencari dan membuatnya meranking halaman yang salah. Salah satu contohnya adalah kasus keyword cannibalization.

Faktanya, mungkin memang benar bahwa penggunaan kata kunci yang sama untuk beberapa konten dengan topik yang sama bisa mengakibatkan hasil ranking yang nggak diinginkan. Tapi, bukan berarti itu akan menjadi akhir dunia. Pasalnya, kamu bisa membuat hal ini jadi kesematan untuk menggabungkan kontek-konten tersebut demi meningkatkan performa organik dan memperbaiki rankingmu di Google. Tapi, sebelumnya kamu wajib tahu apa itu keyword cannibalization serta cara efektif untuk mengatasinya.

Apa Itu Keyword Cannibalization?

Apa Itu Keyword Cannibalization
Apa Itu Keyword Cannibalization

Keyword cannibalization atau kanibalisasi kata kunci adalah ketika beberapa halaman di dalam sebuah website menargetkan kata kunci yang sama atau serupa dan saling berkompetisi hingga merusak performa organik dari situs tersebut. Sebagai contoh, sebuah website punya 2 halaman konten yang sama-sama membahas tentang SEO teknis. Jika pemilik website bisa mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik secara keseluruhan dengan menggabungkan kedua halaman tersebut menjadi satu, itu adalah masalah kanibalisasi. Keberadaan kedua halaman itu menggerogoti kinerja organik situs tersebut.

Apakah Keyword Cannibalization Buruk untuk Performa SEO?

Apakah Keyword Cannibalization Buruk untuk Performa SEO?
Apakah Keyword Cannibalization Buruk untuk Performa SEO?

Jawabannya, ya! Keyword cannibalization memang merupakan hal buruk yang terjadi pada sebuah situs. Tapi, perlu diingat bahwa masalah ini hanya muncul jika terdapat beberapa halaman website yang saling bersaing dengan target keyword yang sama dengan akibat merusak performa situs itu sendiri. Kasus ini tergolong jarang, apalagi kasus yang paling umum adalah dalam sebuah halaman bisa mendapatkan ranking untuk beberapa keyword sekaligus.

Misalnya, ada 2 halaman web yang menargetkan kata kunci yang sama. Salah satunya mendapatkan ranking teratas, sedangkan halaman lainnya, yang ingin kita ranking, nggak bisa ditemukan dimanapun. Kamu mungkin beranggapan kalau ini adalah contoh dari keyword cannibalization. Karena, satu halaman terlihat “memangsa” traffic dari halaman lainnya yang kemudian diarahkan ke dirinya sendiri.

Baca juga: Keyword Mapping, Manfaat dan 2 Cara Mengoptimasinya

Dan, kalaupun itu benar untuk kata kunci tersebut, bisa jadi halaman tersebut juga diranking berdasarkan kata kunci lainnya. Jadi, rasanya kamu tidak perlu terlalu memikirkan tentang satu kata kunci itu saja. Karena, pada dasarnya nggak ada kasus keyword cannibalization di kasus ini. Karena, keberadaan dua halaman situs tersebut hampir nggak mungkin mengakibatkan gangguan pada rata-rata performa organik. Jika kamu memutuskan untuk menggabungkan keduanya, atau menghapus salah satunya, kemungkinan kamu bakal kehilangan ranking dari kata kunci lainnya dan mengakibatkan penurunan trafik website dalam skala tertentu.

Bagaimana Cara Menemukan Keyword Cannibalization?

Bagaimana Cara Menemukan Keyword Cannibalization?
Bagaimana Cara Menemukan Keyword Cannibalization?

Dari ulasan di atas, kamu tahu bahwa nggak semua kasus dimana 2 atau lebih halaman website yang menarget keyword yang sama bisa disebut sebagai keyword cannibalization. Lalu, bagaimana cara mendeteksi halaman yang mengalami kanibalisasi? Simak ulasannya berikut:

Lakukan Audit Konten

Lakukan Audit Konten
Lakukan Audit Konten

Jika situs yang kamu kelola nggak terlalu besar, maka kamu bisa melakukan audit konten demi menemukan ada nggaknya kanibalisasi kata kunci. Di website manapun, proses audit konten punya langkah-langkah yang kurang lebih sama. Kamu perlu mengetahui adakah masalah yang mengakibatkan trafik kontenmu terhambat. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan perbaikan yang dibutuhkan. Untuk memudahkan proses auditmu, kami sarankan menggunakan tool Site Explorer dari Ahrefs.

Proses audit konten untuk menemukan keyword cannibalization kurang lebih sama dengan proses audit website pada umumnya. Kamu memerlukan data-data berikut:

  • Daftar halaman/URL situs web yang akan diaudit
  • Daftar periksa audit konten yang kuat*
  • Alat audit konten yang tepat.

Memperhatikan Peringkat Bersejarah

Memperhatikan Peringkat Bersejarah
Memperhatikan Peringkat Bersejarah

Cara kedua adalah dengan mengecek peringkat bersejarah dari halaman tersebut. Metode ini paling ampuh apabila kamu ingin mengecek keyword cannibalization untuk kata kunci target tertentu. Dengan menggunakan tool Site Explorer dari Ahrefs, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masukkan domainmu
  2. Buka laporan Kata Kunci Organik
  3. Filter kata kunci yang ingin kamu teliti
  4. Klik dropdown riwayat peringkat

Contoh, jika kita melihat riwayat peringkat Moz untuk “keyword cannibalization,” kita melihat tiga halaman yang peringkat dalam enam bulan terakhir—tidak ada yang peringkat lebih tinggi dari posisi #8:

History keyword ranking kanibal

Mari kita perhatikan dua URL tersebut secara lebih dekat:

  • URL Pertama: /blog/identify-and-tackle-keyword-cannibalisation-in-2019
  • URL Kedua: /blog/how-to-solve-keyword-cannibalization

Inilah informasi yang bisa kamu dapatkan tentang halaman tersebut:

  • Keduanya adalah postingan blog.
  • Keduanya tentang hal yang sama (yaitu, menangani/memecahkan cannibalization kata kunci).
  • Halaman yang pertama memiliki tanggal penerbitan yang lama atau usang (ditandai dengan “2019” dalam URL).

Bisa dipastikan ini adalah keyword cannibalization. Halaman-halaman tersebut memenuhi tujuan yang sama dan bersaing satu sama lain. Kinerja organik Moz kemungkinan besar akan meningkat dengan menggabungkan kedua topik tersebut.

Baca juga: 3 Unsur Core Web Vitals, Cara Mengukur dan Trik Optimasinya

Jalankan Site: Search
Jalankan Site: Search

Pergi ke Google dan cari site:namawebsitemu.com “topik”. Kamu akan melihat semua halaman di situsmu yang terkait dengan topik tersebut. Tapi, hati-hati dengan taktik ini, karena Google mengembalikan setiap hasil yang sejajar secara samar. Sebagai contoh, kamu menemukan 869 hasil dari pencarian berdasarkan kata kunci yang digunakan pada situs Moz, dengan mengetikkan site:moz.com “keyword cannibalization”. Moz mungkin memiliki masalah cannibalization kata kunci di sini, tetapi tidak semua halaman ini bermasalah. Sebagian besar menargetkan kata kunci yang benar-benar berbeda.

Jalankan Pencarian Google dan Hapus Pengelompokan Host

Jalankan Pencarian Google dan Hapus Pengelompokan Host
Jalankan Pencarian Google dan Hapus Pengelompokan Host

Melakukan pencarian site: dapat membantumu menemukan potensi masalah keyword cannibalization. Satu-satunya masalah adalah hasilnya kurang memberikan gambaran yang jelas, sehingga sulit untuk tahu bagaimana mengatasi masalah ini.

Jika kamu melihat contoh sebelumnya, kamu akan melihat bahwa mungkin masuk akal bagi Moz untuk menggabungkan dua halaman mereka. Tetapi bagaimana seharusnya mereka menggabungkannya? Halaman mana yang harus diarahkan, dan mana yang harus mereka pertahankan? Apakah ini bahkan kemungkinan akan memperbaiki situasi?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini sering dapat ditemukan dengan menjalankan pencarian Google biasa dan menghapus pengelompokan host—yaitu ketika Google tidak menyertakan halaman serupa dari host yang sama dalam hasil pencarian. Untuk melakukannya, simak langkah-langkah berikut:

  • Ketikkan kata kunci yang menjadi targetmu ke dalam kolom pencarian Google
  • Untuk menemukan situsmu dalam halaman hasil pencarian tersebut, klik Ctrl+F, dan ketikkan nama situsmu. Misalnya: “Optimaise”
  • Untuk menghapus pengelompokan host, tambahkan “&filter=0 pada URL hasil pencarian Google
  • Selesai! Sekarang kamu bisa menemukan rangking halaman-halaman websitemu dengan target keyword yang sama. Pilih ranking teratas sebagai halaman inti dan gabung halaman-halaman lain di peringkat yang lebih rendah di dalamnya. Jangan lupa untuk melakukan redirect jika diperlukan, ya!

Setelah mengetahui seluk-beluk tentang keyword cannibalization di atas, tentunya kamu bisa menggunakannya untuk mendeteksi serta mengatasi masalah kanibalisasi di dalam konten websitemu. Apabila kamu memerlukan bantuan dalam hal optimasi website dalam skala lebih lanjut, jangan ragu-ragu untuk menggunakan jasa SEO dari Optimaise.

Tim SEO Optimaise telah berpengalaman selama 10 tahun dalam mengoptimasi berbagai website. Selain melakukan riset keyword dan optimasi situs secara menyelurh, tim kami juga akan melakukan pemantauan secara rutin untuk mengantisipasi keyword cannibalization dan masalah optimasi lainnya. Hubungi CP +62 83834 255 761 untuk mulai kerjasamamu bersama kami!

Baca Juga

Optimaise