Digital MarketingSEO

8 Cara Memenangkan Featured Snippets Google untuk Tampilan Mobile

Farid

featured snippets

Untuk meningkatkan traffic yang masuk ke dalam situsmu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Salah satunya adalah memenangkan featured snippets dari search engine Google. Featured snippet adalah kutipan atau cuplikan konten artikel yang muncul di halaman pertama pencarian Google. Cuplikan ini bisa membantu menarik minat pengguna internet untuk membaca kontenmu. Apalagi, karena mereka percaya bahwa kontenmu memberikan informasi yang sedang mereka cari.

Untuk mendapatkan featured snippets kamu harus bersaing dengan pemilik website lainnya. Apalagi, Google hanya memberikan fitur tersebut kepada 10 halaman pertama yang muncul di hasil pencarian. Selain itu, jika kamu mempertimbangkan ingin mendapatkan snippets melalui tampilan perangkat HP, maka ada langkah-langkah khusus yang harus kamu tempuh. Simak ulasannya berikut.

Memahami Anatomi Hub Featured Snippets Teratas
Memahami Anatomi Hub Featured Snippets Teratas

Untuk mendapatkan featured snippets dari Google untuk tampilan mobile pagemu, tentunya kamu harus memenuhi beberapa kriteria. Berikut adalah beberapa kriteria yang umum ditemukan pada urutan halaman teratas melalui tampilan perangkat HP:

Konten Tersebut Mudah Dipindai Melalui Layar HP

Konten Tersebut Mudah Dipindai Melalui Layar HP
Konten Tersebut Mudah Dipindai Melalui Layar HP

Tips ini diperuntukkan bagi kamu yang punya Konten panjang harus mudah dipindai di perangkat seluler. Rata-rata, 22 header dan subheading digunakan pada performer teratas. Subheading sangat bermanfaat untuk penggunaan konten panjang pada perangkat HP.

Sebanyak 83% URL Menggunakan Enskripsi HTTPS untuk Menunjang Keamanan

Sebanyak 83% URL Menggunakan Enskripsi HTTPS untuk Menunjang Keamanan
Sebanyak 83% URL Menggunakan Enskripsi HTTPS untuk Menunjang Keamanan

HTTPS atau SSL merupakan sistem enskripsi terbaru yang dikembangkan dari HTTP. Dibandingkan versi sebelumnya, enskripsi HTTPS terbukti bisa memberikan lapisan perlindungan tambahan untuk keamanan pengguna.Apabila keamanan websitemu terjamin, tentunya pengunjung pun jadi akan merasa lebih nyaman dan betah mencari informasi atau melakukan transaksi di websitemu. Hal ini penting banget untuk membantu meningkatkan reputasimu di mata Google.

Baca juga: Study Case Jasa SEO Teknikal Medikpro

Konten yang Ditawarkan Berkualitas

Konten yang Ditawarkan Berkualitas
Konten yang Ditawarkan Berkualitas

Semua situs teratas yang memenangkan featured snippets juga punya sisi kesamaan lainnya, yaitu konten yang berkualitas. Pastikan kamu memberikan konten yang membuat pengunjung websitemu merasa tertarik untuk membaca dan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Buat konten yang enak dibaca dengan penggunaan tanda baca dan kosakata yang sesuai, dan penempatan kata kunci yang tepat.

Baca juga: Apa Itu Tag Hreflang dan 5 Cara Mengoptimalkannya

Konten dengan Tambahan Gambar dan Media Lainnya

Konten berkualitas memang jadi senjata andalan bagi peraih halaman tertinggi Google dan mendapatkan featured snippets. Tapi, mereka juga menyertakan elemen lain, yaitu media gambar atau video. Hal ini dilakukan supaya pembaca nggak merasa bosan saat sedang menikmati kontenmu. Siapapun tentunya akan lebih tertarik untuk membaca konten yang mengombinasikan antara teks, video, gambar, atau media lainnya.

Memberikan Kutipan sebagai Bukti

Hal lainnya yang juga akan kamu temukan pada laman yang mendapatkan featured snippetsadalah cantumkan sumber untuk mendukung pertanyaanmu. Untuk meningkatkan skor otoritasmu pada Google, pastikan kutipan yang kamu cantumkan berasal dari tenaga ahli dari topik yang sedang kamu bahas. Ini berlaku jika kamu ingin membuat konten yang membahas mengenai manfaat dari sebuah produk, atau membahas hal-hal yang bersifat keilmuan. Jika kamu bisa memberikan backup pendapat ahli sebagai bukti, pengunjung situsmu pun akan menganggap informasi di dalam websitemu bisa dipercaya.

Baca juga: 8 Cara Membuat Undangan Digital, Ternyata Mudah!

Memperhatikan Skor Mobile Experience

Memperhatikan Skor Mobile Experience
Memperhatikan Skor Mobile Experience

Semua situs yang mendapatkan featured snippets untuk tampilan mobilenya memiliki mobile experience yang lumayan tinggi. Untuk bisa mendapatkan cuplikan ini pada tampilan mobile webmu, maka kamu harus mendapatkan skor rata-rata 95/100 untuk Google Mobile Friendly Score dan Google Mobile-Usability Score.

Memahami Hub Architecture dari Featured Snippets
Memahami Hub Architecture dari Featured Snippets

Arsitektur memegang peran penting dalam pembentukan pusat pencarian unggulan. Tidak cukup hanya mengoptimalkan kontenmu untuk snippet unggulan. Kamu juga harus mengoptimalkan arsitektur dari situsmu. Sebagai contoh, simak ulasan berikut:

Contoh topik: Kehamilan (Tautan: https://www.healthline.com/health/pregnancy/early-symptoms-timeline

  • Mulailah dengan struktur topik yang paling umum, seperti:

/health/

/nutrition/

/symptoms/

  • Setelah itu, buatlah daftar lebih spesifik dengan struktur folder-mu:

/health/pregnancy/

/health/rashes/

/health/cellulitis/

  • Buatlah konten yang sangat tema yang dapat dihubungkan ke topik serupa di situsmu, seperti:

/health/pregnancy/early-symptoms-timeline

/health/pregnancy/five-signs-to-take-pregnancy-test

/health/pregnancy/causes-of-negative-test-no-period

Healthline menggunakan tabel dalam artikel “early symptoms” dan tautan terkait di bagian bawah mengarah ke artikel internal tentang topik serupa. Menu anchor juga digunakan untuk pengalaman pengguna yang lebih baik di perangkat seluler karena ukuran kontennya yang besar.

URL ini meraih peringkat untuk lebih dari 8,000 kata kunci karena bagaimana dibangun dan dihubungkan dalam arsitektur keseluruhan yang cerdas. Healthline meraih peringkat untuk lebih dari 3 juta featured snippets unggulan, jadi mereka adalah contoh yang bagus untuk dicontoh. Telusuri arsitektur pusat unggulan lainnya.Lihatlah melalui Google Sheet dan jelajahi bagaimana pusat unggulan teratas lainnya menyusun arsitektur mereka.

Temuan Utama dari Kumpulan Data 1.3 Juta Featured Snippets
Temuan Utama dari Kumpulan Data 1.3 Juta Featured Snippets
  • Abaikan peringkat 10 Teratas: 94% URL dari featured snippets Berperingkat dalam 5 Teratas. Menariknya, 94% dari URL snippet unggulan berperingkat dalam lima teratas pada hasil pencarian
  • Sebanyak 13% dari 10 juta kata kunci yang kami uji pada perangkat ponsel menunjukkan snippet unggulan
  • Pertanyaan, preposisi, dan perbandingan mendominasi hasil featured snippets. Sebanyak 52.57% dari pertanyaan memiliki snippet unggulan. Jika kita menghapus pertanyaan, preposisi, dan kata kunci perbandingan, total snippet unggulan merosot. Sisanya, 82% kata kunci hanya menyumbang 5.90% dari snippet unggulan.

Analisis Lebih Lanjut Mengenai Pertanyaan Snippet Unggulan

Analisis Lebih Lanjut Mengenai Pertanyaan Snippet Unggulan
Analisis Lebih Lanjut Mengenai Pertanyaan Snippet Unggulan
  • Sebanyak 89% pertanyaan seharusnya dioptimalkan untuk featured snippets berupa paragraf.
  • Kata-kata seperti “Bagaimana,” “Dimana,” “Mana,” dan “Apa” tampil baik dengan daftar terurut dan tidak terurut.
  • Kata “Memiliki” tampil cukup baik dengan tabel, suatu hasil yang mengejutkan.

Cara Mengoptimalkan Snippet Unggulan

Cara Mengoptimalkan Snippet Unggulan
Cara Mengoptimalkan Snippet Unggulan
  • Untuk mengoptimalkan snippet unggulan berupa paragraf, buatlah paragraf yang ringkas dengan rentang kata 40 hingga 60, atau sekitar 350 karakter
  • Untuk mengoptimalkan snippet unggulan berupa daftar, buatlah daftar dengan lebih dari 8 item sehingga hasilnya dipotong. Namun, jika perlu membuat daftar yang lebih pendek, gunakan deskripsi item yang lebih panjang untuk mencapai potongan. Daftar yang dipotong mendorong keterlibatan untuk melihat lebih banyak
  • Untuk mengoptimalkan snippet unggulan berupa tabel, gunakan lebih dari 5 baris atau 7 kolom untuk mencapai potongan dan mendorong keterlibatan.
Cara Menggunakan Featured Snippets untuk Pencarian Suara
Cara Menggunakan Featured Snippets untuk Pencarian Suara

Pencarian suara terus berkembang, dan SEO harus menyusul. Studi-studi optimisasi pencarian suara yang kami tinjau mengungkapkan kemiripan mengejutkan dengan optimisasi featured snippets. Kamu memerlukan URL yang memuat dengan cepat, aman, dan berperingkat dalam lima teratas di Google. Halaman-halaman ini perlu memberikan jawaban yang ringkas dan mudah dibagikan. Terdengar familiar? Pastikan untuk membaca studi Google Home dari Brian Dean untuk konfirmasi.

Pada dasarnya, optimasi featured snippets adalah optimasi pencarian suara. Snippet unggulan merupakan pandangan tentang bagaimana Google melihat masa depan pencarian seluler dan suara. Segera bagikan panduan cepat kepada praktisi kontenmu dan bersiaplah hari ini untuk pencarian suara masa depan.

Belajar mengenai penerapan SEO dan featured snippets memang membutuhkan kesabaran ekstra. Tapi, itu semua akan terasa sangat worth it dengan hasil pencapaian yang kamu dapatkan. Tapi, jika kamu menginginkan hasil yang lebih maksimal, percayakanlah pada ahlinya. Jasa SEO dari Optimaise terdiri dari tim SEO yang berpengalaman bisa merancang strategi optimasi SEO terbaik untuk membantumu memenangkan snippets unggulan. Hubungi kami sekarang juga!

Baca Juga

Optimaise