Digital MarketingSEO

7 Rekomendasi SEO Reporting Tools Gratis untuk Pemula dan Expert

Tiara Motik

7 Rekomendasi SEO Reporting Tools Gratis untuk Pemula dan Expert

SEO reporting tools ada dalam berbagai bentuk, tetapi yang terbaik menawarkan beragam data dan fitur yang bisa disesuaikan untuk membantumu merancang strategi konten dan desain situs web agar mendapat visibilitas dan peringkat di hasil pencarian.

Kabar baiknya, kamu tidak perlu jadi ahli SEO atau mempekerjakan biro iklan untuk menggunakan alat ini dengan maksimal.

Saat ini, beberapa SEO reporting tools dapat mengotomatiskan banyak hal yang dulunya hanya bisa dilakukan oleh ahli SEO.

Bahkan, orang yang tidak terlalu paham teknologi pun bisa membuat strategi SEO yang efektif untuk bisnis mereka, besar ataupun kecil. Tapi, bagaimana caranya memilih SEO reporting tools yang tepat?

Apa saja fitur yang harus diperhatikan saat memilih di antara berbagai pilihan SEO reporting tools? Mari kita bahas dasar-dasar setiap SEO reporting tools dan faktor apa yang harus kamu pertimbangkan untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Rekomendasi SEO Reporting Tools Gratis untuk Pemula dan Expert

Rekomendasi SEO Reporting Tools Gratis untuk Pemula dan Expert
Rekomendasi SEO Reporting Tools Gratis untuk Pemula dan Expert

SEO reporting tools membantumu menilai sejauh mana situs webmu muncul dalam hasil pencarian Google untuk keyword dan frasa penting.

Karena banyak orang mencari layanan dan bisnis melalui Google, maka membuat situs webmu muncul di halaman pertama hasil pencarian bisa meningkatkan jumlah bisnis dan kunjungan ke situs webmu tanpa biaya iklan yang besar.

Namun, SEO reporting tools tidak hanya tentang melihat di mana situs webmu berada saat ini.

Mereka juga memberikan saran dan peluang untuk meningkatkan peringkat situs webmu, baik melalui pembuatan konten baru maupun dengan melihat data tentang bagaimana pesaingmu berkinerja untuk keyword yang sama.

Jadi, apa SEO reporting tools terbaik yang dapat kamu gunakan? Berikut adalah beberapa SEO reporting tools efektif yang bisa kamu pertimbangkan.

Google Search Console

Google Search Console
Google Search Console

Google Search Console (GSC) adalah alat yang sangat berguna untuk melihat seberapa baik situs webmu tampil di hasil pencarian Google.

Dengan GSC, kamu bisa melihat berbagai data SEO yang penting, tetapi salah satu yang paling penting adalah jumlah klik yang diterima situs webmu.

Data ini memberimu gambaran tentang seberapa banyak orang yang meng-klik situs webmu setelah melihatnya dalam hasil pencarian.

Selain itu, GSC juga memberimu informasi tentang seberapa sering situs webmu muncul (impression), rata-rata berapa banyak orang yang meng-klik situs webmu (CTR), dan rata-rata posisi situs webmu di dalam hasil pencarian (average position).

Baca juga: 3 Cara Menggunakan Google Search Console Links Report untuk Strategi Backlink

Untuk lebih memahami dan menganalisis data klik GSC, biasanya data tersebut diekspor ke dalam spreadsheet dan disajikan dalam bentuk grafik agar lebih mudah dipahami, terutama untuk melihat perkembangan kinerja situs web dari waktu ke waktu.

Fitur Favorit Google Search Console

Laporan Indexing di Google Search Console adalah salah satu yang paling disukai. Laporan ini memberimu gambaran tentang berapa banyak halaman situs webmu yang sudah diindeks oleh Google dan berapa banyak yang belum.

Jika kamu memiliki banyak halaman yang belum diindeks, penting untuk mengevaluasi halaman-halaman tersebut untuk memahami mengapa halaman tersebut belum diindeks.

Hal ini bisa membantumu memperbaiki masalah tersebut dan memastikan bahwa lebih banyak halaman situs webmu dapat ditemukan oleh Google.

Google Looker Studio

Google Looker Studio (GLS) yang sebelumnya dikenal sebagai Google Data Studio (GDS) adalah alat gratis yang membantumu membuat dan berbagi dasbor visual untuk melihat data dengan lebih jelas.

Dasbor sangat penting dalam pelaporan SEO, serta GLS memungkinkan kamu mengumpulkan dan melihat data kinerja penelusuran dari berbagai sumber dengan lebih mudah.

Kamu dapat menghubungkan GLS dengan banyak sumber data yang berbeda, seperti ini:

  1. Marketing products: Google Ads, Google Analytics, Display & Video 360, dan Search Ads 360.
  2. Consumer products: Google Sheets, YouTube, dan Google Search Console.
  3. Database: BigQuery, MySQL, dan PostgreSQL.
  4. Social media: Facebook, Reddit, dan Twitter.
  5. File: CSV file upload dan Google Cloud Storage.

Selain itu, melalui dashboard GLS, kamu dapat membuat laporan yang informatif dan mudah dimengerti untuk dibagikan dengan klien atau rekan kerjamu.

Fitur Favorit Google Looker Studio

Melalui kemampuannya untuk menggabungkan dan menyaring data dari berbagai sumber, seperti Google Analytics (GA) dan Google Search Console (GSC), kamu dapat membuat ringkasan kinerja penelusuran yang disesuaikan dengan situs webmu.

Screaming Frog

Screaming Frog
Screaming Frog

Screaming Frog adalah alat crawling situs web yang membantumu melakukan audit terhadap situs webmu.

Versi gratis dari Screaming Frog cocok untuk audit cepat pada situs web kecil karena memiliki batasan hingga 500 URL.

Dalam menu Report, Screaming Frog SEO Spider memberikan berbagai informasi teknis tentang situs webmu, seperti analisis, redirects, canonicals, pagination, hreflang, structured data, dan lain-lain.

Setelah kamu melakukan crawling situs webmu, kamu dapat mengunduh laporan yang diperlukan dan memperbaiki masalah yang ditemukan untuk disertakan dalam laporan SEOmu.

Fitur Favorit Screaming Frog

Screaming Frog memiliki fitur untuk mengambil data dari alat SEO lain seperti Ahrefs menggunakan API. Jika kamu memiliki akses ke beberapa API alat SEO, kamu dapat mengintegrasikan data dari berbagai sumber ke Screaming Frog.

Ini bermanfaat jika kamu ingin memadukan data dari perayapan situs dengan data kinerja atau alat pihak ketiga lainnya. Meskipun kamu belum berpengalaman mengonfigurasi API, menghubungkan alat lain ke Screaming Frog sangatlah mudah.

Ahrefs

Ahrefs
Ahrefs

Ahrefs menawarkan berbagai alat SEO gratis yang dapat membantumu dalam setiap langkah kampanye SEO. Alat-alat ini memberikan informasi yang berharga yang dapat kamu gunakan dalam laporan SEO.

Alat Gratis Ahrefs

Misalnya, Ahrefs menyediakan berbagai alat SEO reporting tools gratis yang dapat membantu kamu dalam pelaporan SEO. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Free keyword rank checker: untuk melihat posisi peringkat situs webmu di berbagai negara.
  2. Free website traffic checker: untuk melihat traffic situs web pesaingmu.
  3. Free broken link checker: untuk menemukan dan melaporkan tautan yang rusak.
  4. Free website authority checker: untuk melihat seberapa kuat situs webmu dari segi Domain Rating (DR).
  5. Free keyword difficulty checker: untuk mengevaluasi seberapa sulit bersaing untuk keyword tertentu di dalam kontenmu.

Salah satu alat SEO gratis yang paling populer dari Ahrefs adalah Ahrefs Webmaster Tools (AWT) yang bisa kamu manfaatkan untuk melaporkan kinerja SEO situs webmu. Dengan AWT, kamu dapat:

  1. Memantau kesehatan SEO situs webmu secara teratur dengan audit SEO yang dijadwalkan.
  2. Melihat bagaimana situs webmu performnya.
  3. Memeriksa semua backlink yang terhubung ke situs webmu.

Fitur Favorit Alat Gratis Ahrefs

Dari semua alat gratis yang ditawarkan oleh Ahrefs yang paling favorit adalah Ahrefs Webmaster Tools (AWT). Fitur terbaiknya adalah audit situs yang dapat kamu atur untuk melacak kinerja teknis situs webmu dan memantau kesehatannya tanpa harus melakukan banyak intervensi.

Jika kamu sudah menggunakan Google Search Console, kamu dapat dengan mudah membuat akun AWT gratis dan menjadwalkan crawling teknis situs webmu.

Ahrefs SEO Toolbar

Ahrefs SEO Toolbar
Ahrefs SEO Toolbar

Ahrefs SEO Toolbar adalah ekstensi gratis untuk Chrome dan Firefox yang sangat berguna untuk menganalisis masalah teknis pada halaman web dan melakukan pemeriksaan cepat pada halaman situs webmu.

Dalam konteks SEO reporting tools, sangat penting untuk memeriksa halaman teratas situs webmu menggunakan alat ini untuk memastikan tidak ada masalah serius yang dapat memengaruhi kinerja SEO halaman tersebut.

Dengan versi gratisnya, kamu bisa mendapatkan fitur-fitur berikut ini:

  1. Laporan SEO untuk setiap halaman situs webmu.
  2. Pelacak redirect dengan deteksi HTTP Header.
  3. Laporan outgoing links dengan penyorotan tautan dan pemeriksaan tautan yang rusak.
  4. Posisimu di dalam halaman hasil pencarian (SERP).
  5. Kemampuan untuk mengubah negara dan melihat hasil pencarian di lokasi yang berbeda.

SEO Toolbar sangat berguna untuk menemukan masalah pada halaman situs webmu. Jika kamu tidak yakin tentang kode atau elemen apa yang perlu disertakan untuk SEO, toolbar ini dapat memberi petunjuk berharga.

Jika ada masalah pada halaman, toolbar akan menyorotnya dengan warna merah untuk menunjukkan masalah yang kritis.

Fitur Favorit Ahrefs SEO Toolbar

Bagian dari Ahrefs SEO Toolbar yang menarik untuk gunakan adalah “tab Indexability”. Di sini, kamu bisa melihat apakah halaman tersebut bisa diakses dan diindeks oleh Google.

Meskipun kamu bisa melakukan ini dengan memeriksa kode secara manual, tapi menggunakan toolbar ini jauh lebih cepat dan lebih mudah.

Google Analytics

Google Analytics
Google Analytics

Google Analytics (GA) adalah alat analisis web yang memberikan informasi tentang kinerja situs webmu.

Ia memungkinkan kamu melacak berbagai metrik penting, seperti jumlah pengunjung, sumber traffic, user behavior, konversi, dan banyak lagi.

Dengan menggunakan GA, kamu dapat mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang traffic situs webmu dan bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs webmu.

Ini membantumu untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam mengoptimalkan situs webmu untuk mencapai tujuanmu.

Fitur Favorit Google Analytics

Google Analytics 4 (GA4) memperkenalkan perubahan dalam cara melacak event dan konversi. Melalui GA4, kamu dapat membuat dan melacak hingga 300 peristiwa yang berbeda dan 30 konversi, sehingga meningkat dari batas sebelumnya pada analitik universal yang hanya memungkinkan pelacakan 20 konversi.

Ini berarti kami memiliki lebih banyak fleksibilitas untuk melacak berbagai jenis interaksi pengguna dan konversi yang terjadi di situs web atau aplikasimu.

Google Slides

Google Slides
Google Slides

Google Slides adalah versi Google dari Microsoft PowerPoint. Jika kamu belum membuat dasbor untuk melaporkan kinerja SEOmu, langkah selanjutnya yang baik adalah membuat presentasi slide.

Banyak agensi SEO menyampaikan laporan mereka melalui dasbor dan presentasi PowerPoint. Namun, jika kamu tidak memiliki akses ke PowerPoint, Google Slides adalah alternatif yang bagus dan gratis.

Dengan Google Slides, kamu dapat membuat presentasi yang menarik dan informatif untuk melaporkan kinerja SEO.

Fitur Favorit Google Slides

Salah satu fitur terbaik dari Google Slides adalah kemampuannya untuk berbagi presentasimu melalui obrolan video langsung. Kami dapat melakukannya dengan mudah hanya dengan meng-klik ikon kamera di pojok kanan atas.

Fitur ini sangat berguna jika kamu bekerja dengan klien atau tim secara online, karena memudahkan kamu untuk berbagi laporan atau presentasi secara langsung dan interaktif.

Google Trends
Google Trends

Google Trends adalah alat yang memungkinkan kamu melihat seberapa populer sebuah keyword dari waktu ke waktu di berbagai negara.

Data yang diberikan adalah dalam bentuk rasio popularitas relatif dari 0 hingga 100, bukan jumlah pasti dari search query. Google Trends bermanfaat untuk menunjukkan bagaimana minat pencarian tertentu naik atau turun seiring waktu.

Jika kamu berurusan dengan situs web yang sering memiliki produk, layanan, atau berita yang sedang tren, menggunakan Google Trends bisa membantumu memvisualisasikan hal ini dalam laporan SEOmu.

Alat ini juga memudahkan untuk menemukan tren musiman untuk kategori produk. Misalnya, orang mungkin cenderung mencari dan membeli BBQ saat musim panas.

Dengan menggunakan Google Trends, kamu dapat melihat bahwa minat dalam BBQ cenderung meningkat pada bulan Juni-Juli setiap tahunnya.

Dengan menggunakan data dari 5 tahun terakhir ini, kamu dapat memprediksi kapan musim BBQ akan dimulai dan berakhir dengan lebih akurat.

Baca juga: Ini 9 Langkah Membuat Content Reporting Lengkap Template dan Contohnya

Fitur Favorit Google Trends

Kemampuannya untuk membandingkan dua atau lebih keyword pencarian dari waktu ke waktu memungkinkan kamu untuk melihat bagaimana minat masyarakat terhadap topik-topik ini berubah seiring waktu dan kamu bisa menceritakan ceritanya sendiri berdasarkan data ini.

Menggunakan data tren dalam laporanmu dapat memberikan wawasan tambahan tentang tren pasar yang sedang berlangsung. Kamu bahkan dapat melihat tren secara lebih terperinci, bahkan hingga tingkat regional jika diperlukan.

Ada banyak SEO reporting tools gratis yang dapat membantumu melacak, menganalisis, dan melaporkan kinerja SEO situs webmu dengan mudah.

Mulai dari Google Search Console yang memberikan wawasan tentang penempatan situs webmu di hasil pencarian Google, hingga Google Analytics yang memberikan informasi mendalam tentang perilaku pengunjung situs webmu.

Dengan menggunakan kombinasi alat-alat ini, kamu dapat membuat laporan SEO yang informatif dan bermanfaat bagi pengembangan situs webmu. Jika kamu mencari bantuan lebih lanjut dalam mengoptimalkan situs webmu, Optimaise adalah penyedia jasa SEO yang siap untuk membantumu.

Jangan ragu untuk menghubungi Optimaise untuk konsultasi lebih lanjut tentang bagaimana kami dapat membantumu mengoptimalkan situs webmu untuk pertumbuhan yang berkelanjutan!

Baca Juga

Optimaise