TipsEdukasi

7 Inspirasi Kerja Online dari Rumah Tanpa Modal

Dila

kerja online dari rumah

Ada banyak sekali penyebab di balik alasan seseorang lebih mencari pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah. Yang pertama, bisa saja mereka mengedepankan efisiensi waktu, karena dengan bekerja dari rumah mereka nggak perlu menghabiskan waktu di jalan akibat terkena kemacetan. Ibu rumah tangga yang ingin tetap menghasilkan uang tanpa meninggalkan rumah tentunya juga mencari jenis pekerjaan online. Sebenarnya, ada banyak banget lho pilihan kerja online dari rumah yang menarik untuk kamu eksplorasi. Bahkan, banyak dari mereka nggak membutuhkan modal yang terlalu besar. Yuk, intip ulasan rekomendasinya berikut ini.

Content Writing

Content Writing
Content Writing

Dengan semakin berkembangnya arus informasi online, keberadaan penulis konten atau content writing semakin dibutuhkan. Seorang content writing nggak hanya punya kemampuan untuk menyampaikan berita terkini melalui portal berita. Banyak juga lho yang membutuhkan jasa content writer untuk menulis konten-konten pada website perusahaan demi memaksimalkan optimasi website. Serunya, seorang penulis konten bisa melakukan pekerjaan ini secara online dari manapun, termasuk dari rumah.

Kamu tertarik untuk mencoba kerja online dari rumah ini? Modal utama yang harus dimiliki seorang content writer adalah kemampuan untuk merangkai kata menjadi informasi yang gampang dicerna oleh orang lain. Selain itu, wawasan yang luas mengenai topik-topik tertentu juga bisa membuat konten tulisan yang kamu buat jadi semakin berbobot. Semakin bagus kualitas konten yang kamu tulis, klienmu pun pastinya nggak akan ragu untuk membayar jasamu dengan harga yang lebih tinggi.

Blogger

Blogger
Blogger

Bagaimana jika kamu masih belum pede menjadi seorang content writer? Nah, solusi alternatifnya kamu bisa mencoba membuat blog pribadi. Kamu bisa membuat blog yang mengangkat topik sesuai dengan minat. Tapi, jika kamu ingin mendapatkan penghasilan darinya, maka kamu wajib menguasai ilmu dasar optimasi mesin pencari, alias SEO.

Penerapan SEO yang tepat bisa membantu meningkatkan traffic pengunjung ke situs blogmu. Perkuat strategimu dengan memberikan konten-konten yang bisa menjawab keingintahuan pengunjung. Kalau kamu nggak yakin bagaimana cara membuat konten SEO yang baik, bisa kok menggunakan jasa penulis artikel yang tentunya sudah terbiasa menulis jenis artikel SEO.

Jasa Penerjemahan

Jasa Penerjemahan
Jasa Penerjemahan

Apakah kamu punya kemampuan dalam berbahasa asing? Nah, kamu bisa menggunakan bakatmu tersebut dengan membuka jasa penerjemahan. Walaupun saat ini sudah terdapat banyak banget mesin penerjemah seperti Google Translate atau ChatGPT, namun banyak banget lho klien yang lebih percaya dengan hasil penerjemahan manual dari para penerjemah profesional. Terutama, bagi perusahaan yang mengedepankan hasil terjemahan yang human friendly atau bagi yang ingin menerjemahkan ijazah atau dokumen penting.

Untuk menjadi seorang penerjemah, tentunya kepiawaian dalam menerjemahkan dokumen secara akurat dari bahasa asal ke bahasa tujuan jadi modal utama. Nggak hanya itu, kamu mungkin juga akan memerlukan laptop atau HP apabila hasil penerjemahan tersebut dikirim secara online. Kamu mungkin juga memerlukan kamus untuk membantumu menerjemahkan dokumen agar hasil penerjemahanmu lebih akurat. Tapi, yang jelas nggak ada ruginya untuk menjadi penerjemah supaya kamu bisa kerja online dari rumah.

Program Afiliasi

Program Afiliasi
Program Afiliasi

Opsi jenis kerja online dari rumah lainnya adalah kamu bisa bergabung dengan program afiliasi. Pekerjaan ini cocok banget buat kamu yang punya keahlian membuat konten-konten unik yang “menjual”. Dengan bergabung ke dalam program afiliasi, kamu akan diminta untuk membuat konten promosi produk-produk tertentu dan mempromosikannya melalui platform medsos yang kamu punya. Nah, untuk setiap pembelian produk dari link yang kamu berikan, kamu akan memperoleh komisi.

Berbeda dari sistem reseller dimana kamu harus mengeluarkan biaya untuk membeli produk yang akan kamu jual kembali, program afliiasi hanya memintamu mempromosikan barang tanpa harus membelinya terlebih dulu. Kamu bisa membuat konten promosi cukup dengan menggunakan perangkat smartphone saja. Jadi, bisa dibilang kamu nggak perlu mengeluarkan biaya modal sepeserpun. Bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba pekerjaan satu ini?

Bisnis Dropship

Bisnis Dropship
Bisnis Dropship

Buat kamu yang ingin mencoba berbisnis dengan kerja online dari rumah tanpa mengeluarkan modal juga bisa lho menjadi seorang dropshipper. Berbeda dari reseller, dropshipper nggak perlu membeli stok barang yang tentunya berpotensi nggak habis dan mengakibatkan kerugian. Dengan menggunakan sistem dropship, pengiriman produk akan dilakukan oleh distributor langsung ke rumah pembeli.

Baca juga: Cara Menjadi Dropshipper Pemula dalam 7 Langkah Mudah

Jadi, kamu hanya perlu mempromosikan dan mencatat pesanan yang masuk saja. Dan semua itu bisa kamu lakukan secara online dan berbekalkan perangkat HP saja, lho! Tentunya, untuk setiap penjualan yang berhasil kamu lakukan, kamu akan memperoleh komisi yang lumayan menggiurkan. Terutama, jika produk yang kamu jual punya peminat yang besar.Bisnis ini bisa jadi dream come true buat kamu yang ingin kerja online dari rumah.

Evaluator Media Sosial

Evaluator Media Sosial
Evaluator Media Sosial

Buat kamu yang hobi bersosmed ria, boleh nih mencoba menjadi social media evaluator. Tugas dari seorang evaluator media sosial adalah mengevaluasi konten promosi dari perusahaan untuk kemudian kamu promosikan melalui platform medsos favoritmu. Nggak tanggung-tanggung, untuk setiap konten yang berhasil kamu promosikan kamu akan memperoleh komisi berupa mata uang dolar yang berkisar mulai dari USD $1-$5.

Untuk menjadi seorang evaluator media sosial, kamu memang bisa melakukannya melalui perangkat HP atau laptop. Tapi, kamu harus memiliki kualifikasi tertentu yang akan ditentukan melalui beberapa rangkaian tes.

Jasa Konsultan

Jasa Konsultan
Jasa Konsultan

Kalau kamu punya keahlian di dalam sebuah bidang dan ingin memanfaatkan ilmumu untuk membantu orang lain? Boleh banget nih mencoba kerja online dari rumah dengan menjadi seorang konsultan. Untuk menjadi konsultan, modal utama yang kamu butuhkan adalah keahlian sesuai dengan bidangmu.

Misalnya, buat kamu yang mengantongi ijazah sarjana psikologi bisa menjadi konsultan psikologi alias psikolog. Konsultan ekonomi atau konsultan diet juga bisa kamu pilih sesuai dengan bidang yang kamu kuasai. Bayaran yang kamu terima pun lumayan menggiurkan, tergantung dari kepuasan konsumen. Untuk menjadi konsultan online kamu hanya perlu menemukan platform yang merekrut tenaga konsultan daring.

Keuntungan Kerja Online dari Rumah

Keuntungan Kerja Online dari Rumah
Keuntungan Kerja Online dari Rumah

Kemajuan teknologi internet nggak hanya menawarkan kemudahan bagi penggunanya. Ia juga membuka peluang-peluang baru, salah satunya adalah kesempatan kerja online dari rumah. Bahkan, hingga sekarang peminat pekerjaan online jadi semakin bertambah dan terdiri dari berbagai macam latar belakang sosial dan usia. Popularitas pekerjaan online juga jadi makin melonjak sejak pandemi 2020 kemarin. Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan bekerja secara online adalah:

  • Efisiensi waktu dan biaya
  • Fleksibel dan bisa dilakukan dimanapun
  • Tidak membutuhkan modal dana yang besar
  • Tidak terikat oleh perusahaan manapun (untuk pekerja lepas atau freelance)
  • Bebas menentukan hari libur

Supaya kamu bisa lebih maksimal dalam kerja online dari rumah, kamu bisa mempromosikan usaha barumu tersebut melalui platform website. Kamu bisa membuat situsmu sendiri dengan menyertakan konten-konten informatif dan membuat pembaca ingin memanfaatkan jasamu. Untuk mengoptimalkan visibilitas tim penulis SEO dari Optimaise siap untuk membantumu. Nggak hanya menawarkan konten berkualitas dan informatif, artikel SEO ini juga bisa membantu situsmu melesat naik ke urutan pertama mesin pencari secara organik. Kamu bisa mendapatkan kemudahan ini dengan modal minimum, lho!

Baca Juga

Optimaise