Digital MarketingSEO

5 Cara Meningkatkan Social Signal untuk SEO

Siti Rohmah Noviah

5 Cara Meningkatkan Social Signal untuk Bantuk Optimasi SEO

Media sosial bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan hasil optimasi mesin pencari. Meskipun tidak memberikan hubungan secara langsung, tetapi memberikan dampak yang baik. Itulah mengapa saat ini kamu juga harus mempelajari apa itu social signal dan bagaimana hal tersebut berdampak pada SEO.

Mengenal Apa itu Social Signal

Social signal merupakan segala bentuk interaksi dengan profil media sosial dan kontennya. Interaksi tersebut merupakan keterlibatan media sosial menurut pandangan social media marketing. Namun, menurut sudut pandang SEO, interaksi tersebut merupakan sinyal yang akan membantu mesin pencari memahami berbagai hal, termasuk:

  • Identitas
  • Popularitas
  • Profil
  • Postingan
  • Keandalan pengguna

Ada banyak macam metrik yang bisa dikategorikan sebagai social signal di beberapa platform media sosial, yaitu:

  • Instagram: pengikut, suka, share, favorit, dan tersimpan
  • Facebook: pengikut, suka, tidak suka, komentar, share, view
  • Twitter: pengikut, tweet, retweet, balasan, quote tweet
  • LinkedIn: koneksi, suka, komen, share, referensi
  • YouTube: suka, komentar, view

Metrik-metrik tersebut menjadi tanda apakah konten yang kamu bagikan disukai dan dinikmati oleh para pengguna atau tidak. Semakin banyak jumlahnya, semakin baik pula tingkat visibilitas dan engagement.

Dampak Social Signal bagi SEO

Mungkin sebagian dari kamu tidak tahu kalau SEO masih menggunakan studi dan eksperimen untuk dapat menemukan dampak dari social signal pada performa SEO.

Terdapat beberapa perbedaan pendapat dalam hal ini. Namun, kita bisa menarik beberapa kesimpulan berikut:

Profil Media Sosial Bisa Membantu Peringkat Situs Web

Google sebagai mesin pencari mengindeks profil media sosial. Artinya, Google akan merangkingnya di hasil pencarian dan ingin menghubungkan situs dengan media sosial. Jadi kamu bisa yakin bahwa mesin pencari tersebut melihat sinyal yang menghubungkan situs dengan URL profil tertentu.

Saat mencari nama bisnis atau brand, biasanya sosial media bisnis atau brand tersebut berada di halaman pertama hasil pencarian Google. Sementara untuk Twitter, Google biasanya menampilkan tweet terbaru di hasil pencarian.

Kehadiran media sosial di hasil pencarian Google dapat membantu kepercayaan audiens dan brand awareness. Artinya, situs berpotensi mendapatkan lebih banyak klik di kemudian hari dalam hal pencarian organik.

Di riwayat mesin pencari, backlink merupakan faktor peringkat yang penting. Konten yang dibagikan di media sosial bisa memberikan traffic yang lebih. Lebih banyak orang yang mengetahui konten sehingga semakin besar kemungkinan pengguna dapat menemukan konten bernilai dan memilih untuk menautkannya.

Baca juga: SpamBrain dan 3 Perannya di Pencarian Google

Oleh sebab itu, kamu harus terlihat. Media sosial merupakan cara tepat untuk meningkatkan visibilitas sehingga situs atau brand kamu bisa dilihat oleh lebih banyak audiens. Itulah mengapa social signal bisa menjadi bagian dari strategi dalam membangung backlink.

Konten Berkualitas Penting untuk Media Sosial dan Pencarian

Mari kita anggap halaman web sudah dibagikan ribuan kali di media sosial dan mungkin mendapatkan banyak suka, komentar, dan engagement. Apabila halam web mendapatkan bukti sosial sebanyak itu, kemungkinan besar halaman tersebut memiliki konten yang bernilai untuk pengguna.

Tidak jarang halaman web dengan ranking pencarian yang baik mempunyai social signal yang kuat. Akan tetapi, kamu harus paham bahwa korelasinya tidak sama dengan sebab akibat. Dengan kata lain, tidak ada alasan untuk menyimpulkan bahwa Google menggunakan sinyal sosial tersebut untuk mengevaluasi kualitas konten dan menentukan peringkat hasil pencarian.

Akan tetapi, konten berkualitas tentunya sangat berharga baik media sosial maupun mesin pencari. Dengan membuat konten berkualitas, visibilitas dan performa akan terus meningkat di kedua channel digital, mesin pencari dan media sosial. Meski demikian, kamu harus melakukan upaya yang lebih yaitu membagikan konten di media sosial sembari mengoptimasinya untuk organik SEO.

Bagi yang baru belajar SEO, panduan belajar SEO untuk pemula akan sangat membantu.

Cara Meningkatkan Social Signal untuk SEO

Social signal dan SEO merupakan dua hal yang harus selalu kamu perhatikan dengan baik. Agar bisa mendapatkan hasil yang lebih baik, ada beberapa cara yang patut kamu coba untuk meningkatkan social signal bagi SEO, yaitu:

Menghubungkan Situs Web dengan Halaman Profil Media Sosial

Lagi dan lagi kamu harus ingat bahwa Google ingin menghubungkan situs web dengan akun media sosial. Oleh sebab itu, pastikan situs kamu sudah terhubung ke halaman profil media sosial di berbagai platform. Ini tentunya merupakan langkah dasar namun penting. Sebelumnya, SEO menggunakan media sosial untuk berkomunikasi langsung dengan Google di halaman media sosial. Sayangnya, Google tidak lagi menggunakan skema tersebut.

Jadi, permudah Google untuk secara otomatis mengidentifikasi koneksi tersebut dengan reciprocal linking. Masukkan URL situs kamu di media sosial dalam bentuk tautan. Tautan tersebut juga dapat membantu user experience karena pengguna bisa dengan mudah menemukan URL bisnis atau brand kamu melalui profil media sosial kamu.

Optimasi Halaman Profil Media Sosial

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk meningkatkan social signal bagi SEO adalah melalui optimasi. Optimasi dilakukan di halaman profil media sosial. Seperti halaman web dan blog, halaman profil media sosial juga bisa memanfaatkan on-page optimization.

Untuk kebutuhan tersebut, masukan target keyword di halaman tentang kami, layanan, produk, atau halaman lain yang bisa kamu edit kapan saja. Hal tersebut akan membantu Google memahami hubungan situs web kamu dengan keyword yang digunakan.

Isi semua informasi di profil sosial karena Google akan melakukan crawling dan memahami konten di halaman tersebut tentang apa bisnis yang kamu jalankan.

Baca Juga: 9 Faktor SEO On-Page yang Mempengaruhi Optimasi

Promosikan Konten di Berbagai Platform Media Sosial

Apabila membagikan konten situs web atau blog, artikel, atau ebook secara berkala, pastikan kamu juga melakukannya di media sosial. Mempromosikan konten melalui media sosial merupakan cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan social signal bagi SEO. Semakin banyak postingan dan konten yang kamu bagikan, semakin banyak peluang mendapatkan suka, komentar, share, dan engagement di media sosial.

Agar bisa membagikan konten web setiap harinya, coba beberapa tips berikut:

  • Masukan link di konten terbaru setelah di publish
  • Bagikan dan tautkan konten terbaru yang memberikan informasi terbaru bagi pengguna
  • Bagikan dan tautkan konten relevan di situs dengan topik berupa berita, percakapan, atau topik trending di industri
  • Berikan respon berupa link ke konten relevan lain apabila pengguna bertanya seputar topik, layanan, atau produk yang kamu sediakan di situs web

Tambahkan Plugin agar Konten Mudah Dibagikan

Tidak jarang pengunjung situs ingin berbagi konten yang mereka baca dengan mudah. Ini tentu merupakan kesempatan baik yang tidak boleh kamu sia-siakan. Jadi, tambahkan plugin di CMS untuk mempermudah pengunjung berbagai konten situs web kamu ke akun media sosial mereka.

Saat pengguna membagikan konten di media sosial, postingan siap untuk dibagikan. Sehingga nantinya postingan tersebut dapat diklik di media sosial dan bisa meningkatkan engagement.

Respon Komen dan Share

Agar bisa meningkatkan social signal, kamu harus aktif di media sosial. Artinya, kamu harus merespon secara aktif setiap komentar dan share. Buktikan pada pengguna bahwa profile sosial kamu dikelola oleh manusia, bukan mesin.

Aktif dalam menanggapi komentar dan share juga berarti lebih banyak peluang untuk membagikan link tambahan yang relevan ke halaman lain di situs kamu kepada pengguna.

Dalam menjalankan SEO, social signal mungkin tidak secara langsung berpengaruh terhadap peringkat di hasil pencarian. Akan tetapi, bisa membantu membangun tautan, visibilitas, kepercayaan, dan kesadaran merek. Semakin banyak pengguna media sosial yang menyadari keberadaan online bisnis kamu, semakin tinggi peluang membawa mereka sebagai pengunjung situs.

Untuk kebutuhan SEO, kamu bisa mempercayakan Optimaise melalui jasa SEO Malang terbaik. Sehingga bisa mendapatkan hasil yang optimal dan pengguna internet bisa lebih mudah menemukan apa yang mereka cari melalui situs web kamu.

Baca Juga

Optimaise