Digital MarketingSEO

9 Faktor SEO On-Page yang Mempengaruhi Optimasi

Suwardi

on-page

Dalam menentukan ranking dari sebuah halaman website, Google memperhatikan beberapa faktor on-page di dalamnya. Selain itu, cara penerapan optimasi on page tersebut juga berpengaruh terhadap hasil pencarian di Google. Penerapan SEO on page secara tepat memang krusial banget. Strategi ini bisa membantumu dalam memperkuat optimasi SEO pada websitemu agar lebih optimal. Tapi, untuk memperoleh hasil yang terbaik, kamu perlu tahu faktor-faktor apa saja yang berperan di dalamnya. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut.

Faktor-faktor Optimasi SEO On-Page yang Wajib Kamu Tahu

Faktor-faktor Optimasi SEO On Page yang Wajib Kamu Tahu
Faktor-faktor Optimasi SEO On Page yang Wajib Kamu Tahu

SEO on-page merupakan strategi optimasi search engine yang berfokus pada komponen-komponen di dalam sebuah website. Untuk memastikan strategi on page yang kamu terapkan sudah sesuai dan menghasilkan output sesuai keinginan, ada beberapa faktor penting yang harus terpenuhi terlebih dulu. Faktor-faktor tersebut adalah:

Relevansi Konten

Relevansi Konten
Relevansi Konten

Salah satu faktor penting dalam optimasi seo on page adalah relevansi konten dengan kata kunci utama. Dalam menentukan ranking sebuah website, Google akan melihat apakah konten yang ada di dalamnya bisa menjawab kebutuhan search intent atau niat pencarian dari pembaca. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui jenis konten seperti apa yang dibutuhkan oleh pengunjung websitemu saat mengetikkan kata kunci tertentu.

Salah satu cara termudah untuk melihat contoh dari relevansi antara konten dengan keyword adalah dengan mengetikkan kata kunci secara random pada mesin pencari Google. Setelah itu, lihatlah jenis konten seperti apa yang muncul pada halaman teratas.

Baca juga: Apa Itu Keyword Difficulty dan 3 Cara Memaksimalkannya

Contohnya, dengan melihat hasil teratas untuk “opor ayam” kita bisa tahu bahwa pencari ingin resep. Untuk memiliki peluang terbaik untuk merangkak peringkat untuk kata kunci ini, itulah yang sebaiknya kamu berikan. Jika kamu menulis tentang sejarah opor ayam, kamu akan kesulitan merangkak peringkat karena itu bukan yang dicari pencari.

Selain itu, sebaiknya kamu juga menghindari jenis konten clickbait. Konten clickbait adalah konten yang menyatakan suatu informasi yang diharapkan oleh pengunjung pada judul. Namun, isi dari konten tersebut ternyata nggak sesuai dengan ekspektasi. Hal tersebut nggak hanya bisa bikin pengunjung jadi enggan dan menghindari situsmu. Google pun akan menganggap itu sebagai pelanggaran, lho! Ini tentunya bisa berdampak buruk terhadap optimasi on-page situsmu.

Kesegaran Konten

Kesegaran Konten
Kesegaran Konten

Faktor penting lainnya yang bisa berpengaruh terhadap optimasi on-page situsmu adalah, kesegaran dari konten yang kamu sajikan. Menjaga konten tetap segar mencegahnya menjadi basi dan ketinggalan zaman. Pengunjung situsmu akan mengharapkan kontenmu akurat dan memberikan pengalaman pengguna yang baik. Jika tidak, kamu akan mengalami masalah.

Pastikan untuk memperbarui informasi yang sudah kadaluarsa dan memenuhi niat pencari dengan memberikan semua informasi yang mereka cari. Apalagi, jika kamu memilih keyword yang dinamis, alias akan mengalami perubahan seiring dengan berjalannya waktu. Misalnya, tren fashion, berita, tutorial mengurus dokumen penting, dan lain sebagainya.

Berikan Tag Judul yang Sesuai

Berikan Tag Judul yang Sesuai
Berikan Tag Judul yang Sesuai

Tag judul adalah elemen HTML yang menentukan judul halaman web. Sebuah tag judul yang baik akan membantu pengunjung (dan Google) memahami tentang apa halaman tersebut. Tag judul ditampilkan di mesin pencari seperti Google bersama dengan deskripsi meta halaman web. Biasanya, ini adalah salah satu hal pertama yang dilihat pengunjung saat memindai hasil pencarian.

URL

URL
URL

URL adalah singkatan dari uniform resource locator adalah nama lain dari sebuah website. Bagian ini juga lebih dikenal dengan sebutan permalink. Di dalam URL ini terdapat nama domain yang menjadi identitas dari situsmu di jagat maya. Sebagian besar peramban web akan menampilkan URL di bilah alamat saat kamu mengunjungi sebuah situs web. Fungsi lainnya dari sebuah URL adalah untuk membantu pengunjung website mengetahui tentang informasi yang akan mereka dapatkan dari website tersebut.

Dalam penerapan SEO on-page, ada optimasi kecil yang bisa kamu lakukan pada URL untuk membuatnya lebih mudah dibaca oleh mesin pencari. Caranya adalah dengan meletakkan keyword utama di dalam URL tersebut. Biasanya, sebuah platform website akan secara langsung menambahkan kata kunci tersebut ke dalam URL saat kamu menerbitkan sebuah konten.

Tapi, ada kalanya kamu harus memasukkan kata kunci tersebut ke dalam URL secara manual. Hal ini umum terjadi bagi pengguna WordPress, Untuk mengoptimasi SEO on-page dengan memanfaatkan URL website melalui WordPress, langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah:

  1. Masuklah ke dalam dashboard WordPress
  2. Lanjutkan dengan klik menu “Pengaturan” dan pilih opsi “Permalink”
  3. Setelah itu, dari deretan opsi yang tersedia, pilih “Post Name” dan klik tombol “Save” untuk menyimpan perubahan tersebut.

Deskripsi Meta

Deskripsi Meta
Deskripsi Meta

Deskripsi meta atau meta description adalah atribut HTML yang menjelaskan apa intisari konteks di dalam sebuah halaman web. Mereka ditampilkan oleh mesin pencari seperti Google dalam hasil pencarian mereka bersama dengan tag judul untuk memberikan konteks tentang halaman web. Keberadaan dari meta deskripsi ini tentunya penting banget. Karena, dari situlah pembaca bisa mengetahui apakah kontenmu bisa memberikan jawaban dari apa yang mereka cari. Penggunaan meta deskripsi juga menjadi salah satu faktor penentu dari strategi SEO on-page yang kamu terapkan.

Untuk memaksimalkan optimasi SEO on-page dalam websitemu, kamu juga perlu mengoptimalkan peranan dari meta deskripsi. Salah satu caranya adalah dengan menempelkan kata kunci utama di dalamnya. Yang nggak kalah penting, pastikan deskripsi dari meta deskripsi tersebut singkat namun lugas dalam menerangkan inti konten.

Baca juga: 6 Cara Optimasi SEO On Page Paling Mudah!

Tautan Internal

Tautan Internal
Tautan Internal

Tautan internal adalah tautan dari halaman lain di situs webmu. Mereka membantu Google memahami tentang apa suatu halaman dan meningkatkan otoritasnya. Ini dapat mengarah pada peringkat yang lebih tinggi. Selain itu, internal link juga bisa kamu pakai untuk memperkuat SEO on-page di dalam situsmu. Tautan ini juga menjadi salah satu sarana agar Google bisa menemukan halaman konten baru dari websitemu secara lebih cepat. Pengunjung juga bisa menemukan informasi tambahan mengenai topik yang sedang mereka cari. Salah satu cara untuk mengoptimasi tauntan internal adalah pilihlah jenis link yang relevan dengan pembahasan pada kontenmu.

Fitur Markup Schema

Fitur Markup Schema
Fitur Markup Schema

Markup Schema membantu mesin pencari seperti Google memahami informasi pada suatu halaman dengan lebih rinci. Ini tentunya akan sangat membantu untuk memberikan kedalaman pada kontenmu. Google menggunakan schema untuk menampilkan hasil pencarian yang ditingkatkan secara visual. Untuk beberapa niche, seperti resep, kamu perlu menggunakan markup schema, karena pengunjung mengharapkan untuk melihat hasil visual untuk jenis konten ini.

Gambar

Gambar
Gambar

Tahukah kamu bahwa ternyata gambar juga memberikan pengaruh besar terhadap optimasi SEO on-page? Adanya tambahan gambar pada websitemu nggak hanya bisa membuat kontenmu kelihatan lebih menarik. Pembaca juga bisa menemukan informasi tambahan yang belum disampaikan di dalam teks.

Karena peranan faktor gambar dalam optimasi SEO on-page ternyata penting banget, kamu juga perlu memastikan gambar tersebut juga teroptimasi. Teks alternatif, keterangan, memilih jenis file terbaik, dan mengukur gambar dengan tepat adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menambahkan gambar ke situs webmu.

E-E-A-T (Pengalaman, Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan)

E-E-A-T (Pengalaman, Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan)
E-E-A-T (Pengalaman, Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan)

E-E-A-T adalah konsep yang digunakan oleh penilai kualitas manusia untuk mengevaluasi sistem peringkat pencarian Google. Konsep penilaian tersebut terdiri dari 4 poin, yaitu:

  • Experience (Pengalaman)
  • Expertise (Keahlian)
  • Authority (Otoritas), dan
  • Trust (Kepercayaan)

Keempat poin di atas memang bukan faktor penentu peringkat langsung, tetapi Google menyukai konten dari sumber terpercaya yang memiliki pengalaman langsung tentang topik yang mereka tulis. Jadi, pastikan kontenmu memiliki 4 unsur ini untuk membantu meningkatkan optimasi SEO situsmu.

Ingin tahu cara termudah dalam optimasi SEO on page? Bagi kamu yang nggak punya cukup waktu dan tenaga untuk belajar tentang praktek SEO, bisa langsung menghubungi Optimaise. Melalui jasa SEO yang kami sediakan, tim SEO experts dari Optimaise akan membantumu dalam mengoptimasi konten-konten dalam situsmu secara maksimal, mulai dari riset keyword, pembuatan konten SEO-friendly, hingga perbaikan struktur website bisa kamu dapatkan cukup dengan memilih paket SEO mulai dari Rp4.500.000 saja.

Baca Juga

Optimaise