Digital MarketingSEO

5 Cara Meningkatkan Ranking Google Ternyata Gampang!

Farid

meningkatkan ranking google cover

Bagi pelaku bisnis, saat ini media promosi menjadi semakin canggih seiring dengan meningkatnya penggunaan internet. Jika kamu ingin bisnismu menjangkau pasar yang lebih luas, tentunya kamu harus menguasai teknik digital marketing atau pemasaran secara online. Salah satu strategi pemasaran online adalah melalui website bisnis. Supaya promosi melalui website bisnismu semakin optimal, kamu perlu tahu cara meningkatkan ranking Google berikut ini.

Apa Itu Ranking Google?

Apa Itu Ranking Google
Apa Itu Ranking Google

Sebelum menguak lebih lanjut tentang cara meningkatkan ranking google, yuk kenali ranking atau peringkat Google dan cara kerjanya. Ranking Google adalah suatu sistem peringkat yang diterapkan oleh mesin pencari Google dalam menampilkan hasil penelusuran yang paling relevan dan sesuai dengan kata kunci pencarian yang dimasukkan oleh pengguna. Sebuah situs yang memiliki kredibilitas dan konten yang berkualitas akan memenangkan posisi pertama dalam sistem peringkat Google dan ditampilkan pada halaman urutan pertama di hasil pencarian.

Pencari umumnya akan langsung mengunjungi halaman tersebut yang direkomendasikan oleh Google. Ini berarti situs yang mendapatkan peringkat pada halaman pertama dari hasil pencarian Google juga akan meraih jumlah traffic tertinggi. Ini tentunya menjadi tujuan utama penerapan strategi SEO dalam dunia bisnis.

Cara Meningkatkan Ranking Google untuk Pemula

Cara Meningkatkan Ranking Google untuk Pemula
Cara Meningkatkan Ranking Google untuk Pemula

Melalui ulasan di atas, tentunya kamu sudah mengetahui alasan mengapa meningkatkan ranking google pada websitemu bisa memberikan pengaruh sangat besar terhadap promosi bisnismu secara online. Agar mendapatkan peringkat teratas pada hasil pencarian Google, ada beberapa langkah mudah yang dapat kamu praktekkan. Simak lebih lanjut berikut:

Meningkatkan Performa SEO-On Page Situsmu

Meningkatkan Performa SEO-On Page Situsmu
Meningkatkan Performa SEO-On Page Situsmu

Salah satu cara tercepat dalam meningkatkan ranking google adalah melalui On-Page SEO. Istilah ini merujuk pada aspek-aspek optimasi di dalam situsmu. Semakin baik nilai on-page SEO pada situsmu, maka akan semakin besar pula peluangmu memenangkan ranking Google. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan SEO-on page situsmu, antara lain:

  • Menjadikan keyword utama berada di urutan pertama dari judul kontenmu
  • Membuat konten dengan jumlah kata minimal 1.400 kata (tidak wajib, tapi pastinya ini akan membantumu)
  • Menempatkan keyword utama sebanyak 2-3 kali pada kalimat yang relevan di dalam konten

Menambahkan Kata Kunci LSI ke Dalam Halaman Kontenmu

Menambahkan Kata Kunci LSI ke Dalam Halaman Kontenmu
Menambahkan Kata Kunci LSI ke Dalam Halaman Kontenmu

Cara lainnya untuk membantu meningkatkan ranking google adalah dengan menambahkan kata kunci LSI di dalam konten-kontenmu. Latent Semantic Indexing (LSI) keyword atau kaca kunci turunan adalah kata atau kalimat yang memiliki relevansi dengan kata kunci utama yang kamu jadikan sebagai topik di dalam kontenmu. Sebagai contoh, berikut adalah contoh kata kunci utama beserta LSI keyword yang berkaitan dengan keyword tersebut:

Contoh LSI
Contoh LSI

Penerapan kata kunci LSI ini bertujuan untuk memberitahu Google bahwa kontenmu memang benar-benar membahas topik tersebut. Hal yang menarik adalah ternyata Google juga mendeteksi penggunaan kata kunci LSI ini. Kamu juga bisa menggunakan kata kunci ini untuk memperkaya kontenmu. Semakin berisi konten yang kamu sajikan, semakin besar pula peluang Google meningkatkan ranking websitemu.

Bagaimana cara mendapatkan LSI keyword yang tepat untuk meningkatkan ranking google? Kamu bisa menggunakan SEO tools gratis, salah satunya adalah LSIGraph. Untuk menggunakan tool ini, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, masuklah ke dalam situs LSIGraph dan buat akun baru atau login (jika sudah punya akun)
  2. Selanjutnya, masukkan kata kunci utama ke dalam kolom pencarian yang tersedia
  3. Secara otomatis, tool tersebut akan menampilkan sejumlah kata kunci LSI terkait yang bisa kamu tambahkan ke dalam konten website.

Baca juga: 5 Cara Membuat Tabel di Word, Mudah Banget untuk Pemula

Meningkatkan Ranking Google dengan Memonitor SEO Teknis Situsmu

Meningkatkan Ranking Google dengan Memonitor SEO Teknis Situsmu
Meningkatkan Ranking Google dengan Memonitor SEO Teknis Situsmu

Kamu mungkin mengira bahwa pengecekan SEO teknis tidak terlalu dibutuhkan. Apalagi, bagi 90% situs di luar sana, aspek ini memang bukan menjadi hal yang perlu dikhawatirkan. Tapi, bukan berarti kamu bisa mengabaikannya. Karena, masalah yang berkaitan dengan SEO teknis ternyata juga bisa lho merugikan SEO-mu.

Supaya kamu bisa meningkatkan ranking Google, pastikan situsmu 100% mobile-friendly. Apalagi, masyarakat banyak yang menggunakan perangkat smartphone untuk mengakses berbagai informasi. Untuk mengecek optimasi situs pada perangkat mobile, kamu bisa menggunakan tool Mobile Friendly Test dari Google secara gratis. Untuk mengakses fitur ini, kamu hanya perlu login ke akun Gmail.

Mobile Friendly Test
Mobile Friendly Test

Setelah itu, kamu bisa langsung memasukkan URL websitemu ke dalam kolom yang tersedia. Klik tombol “Test URL” untuk memulai pengujian. Apabila situsmu sudah memenuhi standar mobile friendly, maka kamu akan mendapatkan hasil bertuliskan “Page is mobile friendly” dengan warna hijau. Sebaliknya, jika situsmu belum mendukung akses dengan perangkat mobile, maka akan muncul pemberitahuan berwarna merah bertuliskan “Page is not mobile friendly”. Situs ini juga akan menginformasikan aspek mana saja yang perlu kamu perbaiki.

Selain itu, kamu juga perlu memastikan bahwa situsmu memiliki loading time atau waktu pemuatan yang cepat. Situs yang termuat dengan cepat bisa membantu meningkatkan pengalaman pengguna atau user experience. Sebaliknya, pengunjung bisa merasa bosan atau bahkan memutuskan untuk menekan tombol “kembali” jika situsmu terlalu lemot.

Baca juga: 9 Rekomendasi Paid Keyword Research Tools Terbaik

Memastikan Kontenmu Sesuai dengan Search Intent

Memastikan Kontenmu Sesuai dengan Search Intent
Memastikan Kontenmu Sesuai dengan Search Intent

Terima kasih terutama kepada RankBrain, Google sekarang dapat mengetahui apakah situsmu cocok untuk kata kunci tertentu. Dengan kata lain, Google memperhatikan bagaimana orang berinteraksi dengan situs webmu. Dan jika orang umumnya mendapatkan apa yang mereka cari dari halamanmu, kamu bisa berharap peringkatmu akan meningkat. Jika tidak, Google akan menurunkan peringkat situsmu beberapa peringkat.

Kunci dalam langkah ini adalah memastikan halamanmu memberikan apa yang tepat yang dicari oleh pengguna. Nah, search intent adalah hal yang dicari oleh pengguna internet saat mereka mengetikkan kata kunci tertentu di dalam kueri pencarian. Pada dasarnya, ada 4 jenis search intent:

  • Informational: Tipe search intent ini mengindikasikan bahwa pencari menginginkan informasi tertentu. Informasi tersebut bisa bersifat umum atau bahkan terperinci
  • Navigational: Selanjutnya adalah tipe navigational. Tipe pencarian ini mengindikasikan bahwa seseorang ingin terhubung secara langsung dengan penyedia layanan tertentu
  • Commercial: Seseorang yang berselancar internet dengan search intent ini mengindikasikan bahwa ia ingin mencari informasi mengenai produk yang ingin dia beli dalam waktu yang tidak ditentukan
  • Transactional: Tipe search intent ini menunjukkan bahwa pengguna tersebut mencari informasi mengenai produk tertentu untuk melakukan pembelian atau tindakan transaksional lainnya.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak beberapa contoh berikut:

Contoh Search Intent
Contoh Search Intent

Mengurangi Bounce Rate

Mengurangi Bounce Rate
Mengurangi Bounce Rate

Bounce rate adalah salah satu hal yang bisa mengurangi performa SEO situsmu. Istilah ini merujuk pada kondisi dimana pengunjung situs hanya masuk ke dalam situsmu dan tidak melakukan interaksi apapun, seperti mengklik tautan, memutar video, atau membagikan link konten tersebut. bounce rate juga merujuk pada aksi pengunjung yang langsung menekan tombol “Back” atau “Kembali” ke laman pencarian setelah mengklik websitemu.

Di mata Google, tingkat bounce rate yang tinggi tentunya bukan indikasi yang baik. Google akan menganggap situsmu tidak memberikan konten yang sesuai dengan apa yang dicari oleh pengunjung. Dampaknya, peringkat situsmu akan menurun. Nah, untuk meningkatkan peringkat Google, kamu perlu menjaga agar bounce rate pada situsmu tetap di angka kecil. Salah satunya bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Menambahkan gambar, video, atau grafik yang relevan dengan topik pembahasan
  • Menambahkan fitur Table of Contents di bagian teratas konten.

Nah, semoga 5 langkah mudah di atas bisa membantumu dalam meningkatkan peringkat google. Kalau ingin tahu lebih dalam mengenai penerapan SEO untuk situsmu, kamu bisa langsung membaca panduan belajar SEO yang kami sediakan. Atau, kamu bisa langsung menghubungi layanan jasa SEO yang disediakan oleh Optimaise. Situs bisnismu akan berada di tangan yang tepat, karena pakar SEO kami sangat berpengalaman dan akan memberikan strategi terbaik untuk meningkatkan peringkat situsmu. Hubungi CP kami untuk informasi lebih lanjut, ya.

Baca Juga

Optimaise