Digital MarketingSEO

5 Cara Menemukan Ide Menulis di Blog Termudah

Farid

cara menemukan ide menulis di blog cover

Menulis konten blog adalah salah satu cara terbaik untuk menarik traffic masuk ke dalam situsmu. Semakin berkualitas dan informatif konten yang kamu sajikan, maka akan semakin banyak pula orang yang tertarik untuk mengunjungi situsmu. Hasil akhirnya, Google akan menyematkan konten blogmu di halaman pertama dari hasil pencarian. Ingin tahu bagaimana cara menemukan ide menulis di blog yang bisa menghasikan jumlah traffic sesuai keinginan? Ikuti tips berikut!

Mengapa Penting untuk Tahu Cara Menemukan Ide Menulis di Blog?

Mengapa Penting untuk Tahu Cara Menemukan Ide Menulis di Blog?
Mengapa Penting untuk Tahu Cara Menemukan Ide Menulis di Blog?

Bagi para pemula mungkin masih bertanya-tanya, mengapa mengetahui cara menemukan ide menulis di blog penting? Jika kamu sedang menekuni blogging untuk kesenangan pribadi sih, wajar saja jika kamu tidak terlalu membutuhkan ide-ide menulis tertentu. Namun, lain hal jika kamu menulis konten blog untuk kebutuhan online marketing. Dengan memahami dan mempraktekkan tips menemukan ide konten di blog, kamu bisa memetik beberapa keuntungan berikut:

  • Meningkatkan Visibilitas: Topik-topik yang menarik dapat membantu situs webmu muncul di hasil pencarian dan menarik perhatian pengguna.
  • Membangun Otoritas: Dengan menyediakan konten berkualitas dan informatif, kamu dapat membangun reputasi sebagai sumber informasi yang kredibel dalam industri atau niche tertentu.
  • Meningkatkan interaksi (engagement): Ide-ide topik yang menarik dapat merangsang diskusi dan interaksi antara pembaca, yang dapat meningkatkan keterlibatan dan retensi pengunjung.

Baca juga: Memahami 8 Content Metrics Penting untuk Pemasaran yang Efektif

Cara Menemukan Ide Menulis di Blog untuk Meningkatkan Website Traffic

Cara Menemukan Ide Menulis di Blog untuk Meningkatkan Website Traffic
Cara Menemukan Ide Menulis di Blog untuk Meningkatkan Website Traffic

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan merencanakan penulisan konten blog dengan baik. Berikut adalah beberapa cara menemukan ide menulis di blog yang sangat mudah dan bisa kamu praktekkan sebagai pemula:

Tentukan Tujuanmu dalam Membuat Postingan Blog

Tentukan Tujuanmu dalam Membuat Postingan Blog
Tentukan Tujuanmu dalam Membuat Postingan Blog

Cara menemukan ide menulis di blog yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah menentukan tujuan dalam membuat sebuah postingan blog. Menemukan ide konten yang cocok akan terasa lebih mudah jika kamu bisa menentukan tujuanmu membuat konten tersebut. Pada dasarnya, ada 5 tujuan yang umumnya menjadi motif seseorang memulai dan menjalankan blog:

Baca juga: 7 Tips Small Business SEO yang Mudah untuk Diterapkan

  • Menarik target audiens dengan minat tertentu: Misalnya, blog yang membahas tentang musik diperuntukkan bagi mereka yang gemar mendengarkan musik dan ingin selalu update dengan perkembangan berita terbaru tentang topik tersebut. Sedangkan, website seperti GamersRadar+ memiliki sasaran audiens yang menggemari aktivitas gaming dan eSport.
  • Menarik target audiens dari kalangan influencers: Blog ini menjadikan influencer atau publik figur terkenal sebagai target mereka. Tujuannya tak lain adalah untuk mendapatkan eksposur dengan jumlah yang sangat besar. Pemilik blog ini umumnya akan mendedikasikan situsnya untuk membantu influencer tersebut agar lebih mudah menjangkau para penggemarnya. Misalnya, dengan membantu mempromosikan produk-produk merchandise resmi dari influencer tersebut.
  • Menduduki peringkat teratas pada hasil pencarian web: Situs yang mendapatkan peringkat teratas pada hasil pencarian akan memperoleh traffic lebih banyak. Inilah yang menjadi salah satu target utama dari mayoritas pemilik blog. Untuk mencapainya, pemilik blog akan berfokus terhadap penyajian konten yang mampu meningkatkan visibilitas mereka. Untuk itu, mereka melakukan riset kata kunci secara rutin dan memperdalam ilmu mengenai kaidah SEO. Bahkan, tak jarang mereka juga menggunakan jasa SEO untuk memperoleh hasil peningkatan traffic secara organik.
  • Meningkatkan otoritas, kepercayaan, dan bahkan meraih kesetiaan para target pembaca: Meraih kepercayaan dan meningkatkan nilai otoritas di mata target audiens umumnya menjadi target bagi pemilik blog yang ingin memasarkan produk dan jasanya. Inilah yang membuat mereka lebih fokus dalam menciptakan konten-konten yang informatif dan bermanfaat sesuai dengan bidang keahlian. Bahkan, tidak menutup kemungkinan kamu mendapatkan pembaca setia yang akan mempromosikan situsmu sebagai referensi secara alami.
  • Mengajak pembaca untuk mengambil tindakan: Postingan blog yang kamu buat bisa memunculkan efek positif untuk merubah dunia, lho. Atau paling tidak kamu bisa menimbulkan efek yang membuat orang lain ingin turut bergerak dan menimbulkan perbedaan bahkan dalam skala kecil sekalipun. Topik yang bisa kamu angkat pun beragam, mulai dari topik yang membahas mengenai gaya hidup sehat, personal growth, dan lain sebagainya.

Fokus pada Permasalahan atau Tantangan yang Dihadapi Pembaca

Fokus pada Permasalahan atau Tantangan yang Dihadapi Pembaca
Fokus pada Permasalahan atau Tantangan yang Dihadapi Pembaca

Membuat konten mengenai keseharian mengurus anak-anak beserta tantangannya memang bisa menjadi cerita menarik tersendiri untuk dibagikan. Namun, hal itu ternyata kurang menarik karena setiap ibu pun tentu menghadapi masalah tersebut. Nah, kamu bisa menjadikan konten blogmu menjadi lebih menarik dan menonjol dengan memberikan tips untuk masalah yang tengah dihadapi.

Sebagai contoh, untuk menghadapi masalah anak yang tidak ingin makan sayur. Kamu bisa menyertakan tips untuk membantu ibu untuk membuat si kecil lebih berselera menyantap sayuran tersebut tanpa harus ada perlawanan.Contoh lain, misalnya kamu mempunyai pengalaman pribadi saat sedang melakukan diet.

Nah, tentunya topik diet ini menjadi salah satu yang paling diminati oleh banyak orang. Kamu bisa memberikan informasi mengenai pola diet yang terbaik tanpa menyiksa, atau makanan dan minuman yang bagus untuk tubuh tanpa harus membutuhkan persiapan yang ribet.

Intinya, cara menemukan ide menulis di blog adalah dengan menjadi problem solver untuk masalah yan kerap dialami target audiensmu. Namun, pastikan topik yang kamu angkat sesuai dengan bidang yang kamu kuasai. Dengan demikian, akan semakin banyak orang yang menjadikan kontenmu sebagai rujukan. Nilai otoritasmu pun akan meningkat di mata Google sehingga membuatnya menaikkan ranking situsmu pada laman hasil pencarian.

Bahas Trend atau Berita Terkini dalam Industri atau Niche Tertentu

Bahas Trend atau Berita Terkini dalam Industri atau Niche Tertentu
Bahas Trend atau Berita Terkini dalam Industri atau Niche Tertentu

Menyajikan konten yang relevan dengan tren atau berita terkini dalam industri atau niche tertentu juga bisa menjadi ide topik blog yang menarik. Pembaca sering mencari informasi terbaru dan terkini, jadi kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk menarik traffic. Misalnya, jika kamu memiliki blog tentang teknologi, kamu bisa menulis tentang “Inovasi Terbaru dalam Teknologi AI” atau “Perkembangan Terbaru dalam Industri Smartphone”. tidak menggunakan hewan sebagai alat percobaannya. Nah, kamu bisa membuat blog dengan topik “Rekomendasi Produk Kecantikan 100% Free Animal Testing”, atau bisa juga “Cara Memilih Produk Skincare untuk Tipe Kulit Sensitif”.

Untuk membantumu menemukan topik yang menjadi trend di dunia maya, gunakan tool Google Trends. Secara garis besar, cara kerja Google Trends lumayan mirip dengan Google. Namun, hasil yang dimunculkan oleh tool ini terbagi menjadi 2 tipe laporan, yaitu: Search term dan Topic. Yang perlu kamu lakukan adalah mengetikkan kata kunci atau topik targetmu dan klik tuts “Enter” untuk memulai pencarian.

Jangan lupa untuk memasang filter sesuai dengan daerah, waktu, kategori, dan tipe pencarian untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik. Cara menemukan ide menulis di blog selanjutnya adalah kamu hanya perlu memilih topik yang sesuai dan relevan dengan target audiens dan tema blog.

Baca juga: Ketahui 15 Teknik SEO yang Efektif dalam Meningkatkan Traffic Organik

Tulis Tutorial atau Panduan Langkah demi Langkah

Tulis Tutorial atau Panduan Langkah demi Langkah
Tulis Tutorial atau Panduan Langkah demi Langkah

Pembaca sering mencari panduan praktis yang membantu mereka menyelesaikan suatu tugas atau mempelajari sesuatu secara mendalam. Oleh karena itu, menulis tutorial atau step by step guide bisa menjadi ide topik blog yang sangat menarik. Misalnya, jika kamu memiliki blog tentang fotografi, kamu bisa menulis tentang “Cara Mengambil Foto Landscape yang Menakjubkan” atau “Panduan Lengkap Memahami Teknik Pengeditan Foto”.

Cara menemukan ide menulis di blog lainnya adalah , jika kamu bergerak di bidang produk alat memasak, maka kamu bisa menuliskan tutorial mengenai cara merawat alat memasak supaya lebih awet. Misalnya, “Cara Merawat Teflon Kesayangan agar Bebas dari Baret”. Atau, kamu juga bisa menyertakan tips mengolah makanan agar tidak kehilangan nutrisi baik yang ada di dalamnya. Kamu bisa memilih judul menarik untuk menggaet pembaca untuk mengunjungi websitemu.

Gunakan Alat Penelitian Kata Kunci untuk Menemukan Ide Topik yang Populer

Gunakan Alat Penelitian Kata Kunci untuk Menemukan Ide Topik yang Populer
Gunakan Alat Penelitian Kata Kunci untuk Menemukan Ide Topik yang Populer

Terakhir, kamu bisa menggunakan alat penelitian kata kunci seperti Google Keyword Planner, SEMrush, atau Ahrefs untuk menemukan ide topik yang banyak dicari oleh pengguna. Dengan mengetahui kata kunci yang populer, kamu dapat membuat konten yang relevan dan menarik bagi audiensmu. Tentunya, pastikan niche yang kamu pilih sesuai dengan bisnis dan keahlianmu. Dengan demikian, tingkat engagement dan kepercayaan dari pembaca pun akan menjadi lebih tinggi. Cara menemukan ide menulis di blog ini bisa memberikan efek positif terhadap optimasi SEO situsmu.

Jika dilakukan dengan tepat, cara menemukan ide menulis di blog ini bisa memberikan hasil maksimal dalam mendatangkan traffic untuk websitemu. Kamu bisa membaca panduan belajar SEO untuk mempelajari lebih dalam mengenai dunia optimasi mesin pencari atau Search Engine Optimization. Gunakan layanan dari Optimaise untuk memperkuat struktur SEO pada situsmu. Dengan demikian, kamu akan memperoleh hasil traffic masuk organik yang memuaskan.

Baca Juga

Optimaise