Digital MarketingSEO

3 Cara Optimalkan Outbound Link pada Website

Siti Rohmah Noviah

3 Cara Optimalkan Outbound Link pada Website

Sudah sering mendengar istilah outbound link namun belum begitu paham peran pentingnya bagi SEO? Tampaknya ini waktu yang tepat bagi kamu untuk mempelajari lebih lanjut melalui artikel ini!

Menjadi salah satu strategi optimasi, banyak orang menggunakan link untuk dapat menautkan link dalam situs agar bisa menuju situs lain. Hal tersebut bertujuan untuk memperkuat konteks pada pembahasan konten tertentu. Juga membantu audiens mendapatkan lebih banyak sumber sebagai bahan bacaan untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.

Lalu, apa itu outbound link? Outbound link bisa dikatakan sebagai tautan yang mengarah dari situs web kamu ke situs web lain. Digunakan untuk mengarahkan pembaca ke sumber eksternal baik situs, artikel, atau publikasi lainnya.

Dalam SEO, tautan tersebut juga dikenal sebagai tautan otoritas. Mengapa? Penulis menggunakan outbound link untuk membuat cadangan informasi dalam artikel yang mereka tulis yang ditautkan ke sumber resmi dan terpercaya.

Jumlah, kualitas, dan konten yang ditautkan ke situs lain akan dapat memengaruhi hasil SEO. Untuk melihat berapa banyak link pada situs web, manfaatkan backlink analytics.

Pengguna Yoast SEO harus tahu adanya dua tipe outbound link, yaitu:

  • Followed link: dapat menambah value konten dan berpotensi membuat artikel mendapatkan peringkat tinggi di halaman hasil pencarian
  • Nofollowed link: jenis outbound link yang tidak terindeks mesin pencari dan tidak memberikan dampak apapun pada konten yang berisi tipe tautan ini

Apabila kali ini kamu ingin memperdalam SEO, coba mulai dari panduan belajar SEO untuk pemula.

Dalam Search Engine Optimization (SEO), outbound link menjadi salah satu bagian penting yang harus kamu perhatikan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa tautan tersebut penting:

Memperkuat Sinyal Topikal

Menggunakan tautan keluar ke konten relevan membantu memperkuat sinyal topikal halaman situs web. Hal tersebut juga membantu menambah konteks untuk mesin pencari dan pengguna lebih memahami sebuah situs. 

Outbound link dapat membantu menunjukkan kedalaman topik yang kamu tulis dan dapat mengarahkan pembaca ke sumber daya lebih lanjut yang dapat digunakan untuk mempelajari lebih lanjut tentang konsep tertentu.

Hal ini sangat penting ketika menulis tentang topik kompleks yang mungkin memerlukan penjelasan lebih lanjut untuk memahami apa yang dirujuk sepenuhnya.

Menambah Nilai

Menautkan situs ke situs lain merupakan cara tepat dalam menambah nilai di mata pembaca atau audiens. Hal tersebut menawarkan informasi yang lebih sekaligus memperkuat sinyal topik yang dibahas dalam konten.

Seringkali tautan membantu pengguna menemukan informasi yang lebih, mengecek sumber yang kamu gunakan, dan lebih memahami sejauh mana konten kamu relevan dengan pertanyaan dan rasa penasaran mereka.

Membangun Kepercayaan

Outbound link juga membantu sumber referensi. Hal tersebut bahkan sudah mendapatkan konfirmasi dari pihak Google beberapa kali. Saat mengutip suatu sumber, baik orang atau penelitian, tautkan ke sumbernya. Dengan begitu, kamu dapat membangun kepercayaan audiens atau pembaca.

Apabila kamu bertanya apakah penggunaan outbound link dapat membantu SEO, jawabannya adalah iya meski tidak secara langsung. Tautan tersebut dapat meningkatkan pengalaman pengguna (user experience) yang memungkinkan mendapatkan peringkat SEO yang lebih baik.

Tidak hanya itu, tautan keluar juga membantu mesin pencari seperti Google dan pengguna memahami topik dan niche. Saat menautkan ke situs yang relevan, kamu memberikan lebih banyak konteks tentang isi halaman tersebut.

Google berupaya menghubungkan orang-orang dengan hasil pencarian yang paling relevan dan berguna. Tugas kamu adalah membantu Google dengan memberikan informasi yang paling relevan dan berguna kepada pengguna. Salah satunya adalah membuat konten berkualitas tinggi yang menyertakan referensi dan kutipan ke sumber terpercaya.

Apabila sudah yakin akan menggunakan strategi berupa implementasi tautan outbound, tentu kamu harus tahu bagaimana cara melakukannya, bukan?

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan outbound link:

Pertimbangkan dengan Baik Situs yang Akan Ditautkan

Menautkan situs dengan situs tentu tidak boleh kamu lakukan sembarangan. Tautan dalam konten harus tampak natural dan memang harus natural. Tautan bisa kamu gunakan untuk mengutip sumber atau memungkinkan audiens menavigasi ke situs yang kamu gunakan sebagai referensi.

Penting untuk mempertimbangkan dengan baik situs mana yang akan kamu pilih untuk tautan keluar. Perhatikan apakah situs tersebut terpercaya atau tidak. Apabila ragu, sebaiknya pilih situs lain yang kamu yakini sebagai situs terpercaya sebagai gantinya.

Identifikasi Masalah pada Tautan

Masalah pada tautan keluar dapat mengganggu pengalaman pengguna pada situs kamu. Hal tersebut juga akan berdampak pada hasil SEO. Sebaiknya segera identifikasi masalah pada outbound link menggunakan alat audit yang tepat seperti Semrush.

Buat akun dan gunakan layanan yang tersedia. Di bagian Site Audit, kamu bisa langsung memasukkan nama domain dan klik tombol Start Audit. Lakukan konfigurasi pengaturan dan jalankan audit.

Setelah hasil ditampilkan di dashboard, klik tab Issues dan ketik outbound. Dengan begitu kamu bisa melihat tautan mana saja yang bermasalah. Biasanya adalah tautan yang mengandung atribut nofollow, yang artinya crawler tidak akan mem-follow link tersebut atau meneruskan nilai tautan apapun.

Penggunaan atribut nofollow dapat membawa dampak negatif pada proses crawling maupun peringkat situs.

Baca Juga: Web Crawler: Ketahui Cara Kerja dan 4 Metode untuk Memblokirnya

Pastikan Konten Website Lebih Menarik dari Konten Situs Tautan

Sebagai tambahan dari cara optimasi outbound link, kamu harus memastikan bahwa konten pada situs kamu lebih menarik dari konten yang menjadi tujuan tautan. Hal tersebut memberikan tantangan tersendiri bagi penulis konten. Pahami topik konten yang akan kamu tulis dan buat penjelasan singkat dari situs rujukan di dalam konten kamu.

Tidak ada salahnya menggunakan situs berbahasa Inggris sebagai rujukan mengingat kualitas konten yang mumpuni pada situs tersebut.

Apabila kamu merasa bahwa penggunaan outbound link akan dapat membantu upaya optimasi, sebaiknya berhati-hati guna menghindari kesalahan dan dampak buruk bagi upaya kamu. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, yaitu:

  • Terapkan tautan secara hati-hati dan hindari melakukannya secara sembarangan agar tampak natural dengan tautan dari sumber terpercaya
  • Identifikasi kemungkinan terjadinya broken link secara berkala
  • Gunakan atribut yang sesuai agar hasil SEO meningkat dan menghindari aktivitas jual beli tautan outbound

Search engine optimization (SEO) adalah upaya optimasi yang melibatkan banyak hal. Oleh sebab itu, perlu berbagai strategi termasuk membangun tautan berkualitas. Ini juga mungkin yang menjadi alasan mengapa kamu memutuskan untuk lebih jauh memahami outbound link termasuk cara optimasi dan tips menerapkannya.

Mengingat banyaknya faktor yang harus dipertimbangkan dalam menjalankan SEO, apakah sebagai pemula kamu sanggup mengimplementasikan SEO dengan minim kesalahan? Apabila ingin mendapatkan hasil maksimal, namun merasa kemampuan dalam optimasi mesin pencari masih belum mumpuni, mengapa tidak menggunakan jasa SEO Malang terbaik? Jasa tersebut bisa kamu dapatkan dengan segera melalui Optimaise.

Baca Juga

Optimaise