Digital MarketingSEO

SEO Data: 6 Jenis Data Penting untuk Dipahami

Siti Rohmah Noviah

SEO Data 6 Jenis Data Penting untuk Dipahami

Seberapa penting SEO data dalam upaya optimasi? Data yang berkaitan dengan Search Engine Optimization (SEO) membantu meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari seperti Google. Hal tersebut juga memungkinkan situs mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Terdapat beberapa hal yang berkaitan dengan data pada SEO, yaitu data lalu lintas organik, kata kunci, halaman hasil pencarian, backlink, konten, dan SEO teknis.

Organic Traffic Data

Organic traffic data adalah salah satu inti SEO data. Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikannya dengan baik. Lalu lintas organik bisa diartikan sebagai lalu lintas pengunjung yang datang ke situs web dari hasil pencarian organik di mesin pencari.

Artinya, pengunjung datang ke situs web tanpa melalui iklan. Caranya adalah dengan mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencari. Kemudian, mereka mengklik situs web yang ditampilkan di halaman hasil pencarian.

Untuk bisa mendatangkan banyak pengunjung melalui lalu lintas organik, tentu situs web harus dioptimasi dengan baik. Oleh sebab itu, perlu strategi SEO yang tepat sehingga mesin pencari akan memberikan peringkat yang tinggi. Hal tersebut memungkinkan situs bisa ditemukan dengan mudah oleh para pengguna internet melalui mesin pencari.

Dengan kata lain, lalu lintas organis mengacu pada bagaimana orang-orang mengunjungi situs web melalui hasil pencarian tidak berbayar. Data utama dari lalu lintas adalah sebagai berikut:

  • Klik: berapa kali pengguna mengklik situs dari hasil pencarian
  • Impression: seberapa sering situs muncul di hasil pencarian mesin pencari
  • CTR: persentase klik dibandingkan dengan impression, di mana CTR yang tinggi berarti halaman situs relevan dan menarik bagi pencari atau audiens
  • Estimasi lalu lintas organik: estimasi lalu lintas organik yang bisa didapatkan dengan menggunakan alat SEO yang dapat membantu meningkatkan strategi optimasi

Bagaimana cara mendapatkan jenis SEO data satu ini? Untuk mendapatkan data lalu lintas organik dari Google, gunakan Google Search Console. Kemudian, pantau laporan performa lalu lintas situs web kamu.

Kamu juga bisa menggunakan alat dari Ahrefs dengan membuka Site Explorer. Kemudian ketikkan URL situs yang akan dianalisis.

Lantas, mengapa lalu lintas penting bagi situs web? Dengannya, situs web bisa melakukan beberapa hal, seperti:

  • Memperluas jangkauan audiens
  • Meningkatkan popularitas situs

Pelajari dasar-dasar SEO melalui panduan belajar SEO untuk pemula.

Keyword Data

Keyword data membantu kamu menemukan kata kunci yang tepat agar bisa ditargetkan sesuai dengan niche dan konten. Sehingga memperbesar peluang untuk mendapatkan peringkat yang tinggi di halaman hasil pencarian.

Dalam Search Engine Optimization (SEO), keyword adalah ide dan topik yang menjelaskan konten yang dibagikan di halaman web atau blog. Keyword adalah kata-kata atau kalimat yang pengguna internet gunakan untuk mencari apa yang mereka butuhkan melalui mesin pencari.

Kata kunci (keyword) memiliki beberapa fungsi, yaitu:

Baca juga: Engagement Adalah Hal Penting untuk Bisnis? Ini 4 Cara Mengukurnya!

  • Membuat konten tampil di halaman pertama mesin pencari
  • Mendatangkan lalu lintas ke halaman web atau blog
  • Menjadi penghubung antara konten dan audiens
  • Memudahkan pencarian informasi menemukan konten yang relevan
  • Mengidentifikasi tren
  • Membantu mengetahui bahasa yang digunakan audiens saat mencari sesuatu baik berupa informasi maupun produk
  • Mengetahui konten yang banyak dicari oleh audiens

Adapun kunci utama dari jenis SEO data ini adalah:

  • Volume pencarian: seberapa sering keyword dicari (di beberapa lokasi berbeda di waktu yang berbeda)
  • Lalu lintas potensial: berapa banyak klik halaman tertinggi yang didapatkan untuk keyword tertentu
  • Keyword difficulty: seberapa sulit kata kunci untuk dapat di rangking di mesin pencari

SERP Data

SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page, yaitu halaman yang menampilkan beberapa situs yang berkaitan dengan keyword yang pengguna internet cari di mesin pencari. Fungsi dari SERP adalah sebagai tempat untuk melihat peringkat keyword, judul halaman, snippet pencarian, deskripsi meta, dan kompetitor jika dilihat dari kacamata SEO secara teknis.

SERP juga berfungsi untuk melihat jawaban atas pertanyaan pengguna di mesin pencari.

SERP data memungkinkan pemilik atau pengelola situs melihat halaman mana saja yang mendapatkan peringkat untuk keyword tertarget dan bagaimana peringkat tersebut berubah dari waktu ke waktu.

Adapun data utama dari SERP data yang merupakan bagian dari SEO data adalah:

  • Peringkat organik: peringkat halaman apa untuk keyword tertentu
  • Rich result: kata kunci yang memicu hasil tertentu (misalnya, hasil video, paket peta,atau cuplikan unggulan) dan halaman mana yang mendapatkan peringkat dengan kata kunci tertarget

Perihal SEO data, tentunya kamu juga akan menganalisis data yang berkaitan dengan backlink. Tujuannya adalah melihat tautan balik situs ke situs lain. Data dari backlink biasanya berupa:

  • Jumlah backlink: berapa banyak tautan yang sebuah situs dapatkan dari situs lain
  • Jumlah referring domain: berapa banyak situs yang ditautkan ke situs tertentu
  • Jenis backlink: jenis backlink, apakan dofollow yang dinilai lebih baik untuk SEOa atau nofollow
  • Domain rating: metrik dari tool Ahrefs yang merepresentasikan kekuatan profil backlink situs dalam skala 0 hingga 100

Backlink itu sendiri bisa diartikan sebagai tautan dari suatu domain atau subdomain yang mengarah ke halaman web lain. Yang juga disebut sebagai inbound atau incoming link. Secara harfiah, artinya adalah tautan masuk yang diletakkan di dalam konten yang mendapatkan atau memberikan rujukan ke situs lain yang serupa.

Ada beberapa cara untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas, di antaranya adalah:

  • Menulis guest post di situs lain
  • Membuat konten menarik
  • Memasang iklan di blog lain
  • Memberikan komentar di blog atau forum
  • Aktif di media sosial

Data Konten

Konten memiliki peran penting bagi SEO. Dalam SEO, data konten adalah informasi tentang performa artikel atau konten tertentu.

Untuk bisa mendapatkan data tersebut, coba temukan di Content Explorer di Ahrefs. Masukkan topik yang berhubungan dengan situs kamu dan nyalakan mode “In title” dan lakukan pencarian.

Konten bagi SEO tidak hanya selalu berbentuk teks atau tulisan, tetapi bisa juga dalam bentuk lain, seperti gambar, grafik, video, atau elemen lain yang bisa pengunjung akses atau lihat. Konten yang menarik dan relevan dapat memengaruhi pengalaman pengguna. Juga akan berdampak pada bagaimana situs akan ditemukan dan dinilai oleh mesin pencari.

Baca Juga: 9 Cara Menggunakan Konten AI Biar Kerjaan Semakin Efisien

Data SEO Teknis

Bagian penting lain dari SEO data adalah data SEO teknik yang dapat membantu kamu memahami kesehatan situs web secara teknis. Juga akan membantu mencegah terjadinya masalah yang dapat menghambat atau membatasi performa kamu dalam upaya optimasi.

Beberapa kunci dari data SEO teknis adalah:

  • Broken page: halaman yang tidak dimuat dengan benar dan sering menunjukkan pesan error
  • Indexability issues: memastikan mesin pencari dapat menemukan daftar halaman suatu situs web
  • Internal link: tautan dalam situs yang membantu menavigasi dan memahami struktur situs
  • Performa and stability: berfokus pada waktu loading situs web yang cepat
  • Mobile experience: memastikan situs ramah pengguna di beberapa perangkat mobile, termasuk smartphone dan tablet
  • Schema markup: kode yang membantu mesin pencari memahami dan menampilkan konten halaman web yang lebih baik

Apa yang Harus Dicari dari SEO Data?

Berbicara tentang SEO data, tentunya kamu harus memahami bagaimana data tersaji. Jadi, pastikan kamu memahaminya sebelum memilih tool yang akan membantu proses SEO yang dilakukan. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:

Baca juga: Kenali 7 Masalah Crawlability dan Cara Mengatasinya

  • Ukuran Indeks: Indeks yang lebih besar berarti lebih sedikit data yang terabaikan sehingga berpotensi mendapatkan peluang keyword atau backlink yang bagus.
  • Akurasi data: data yang lebih akurat artinya lebih sedikit celah atau risiko membuat kesalahan dalam strategi optimasi yang dilakukan.
  • Granulitas data: mengacu pada jumlah titik data yang tersedia dengan detail yang memberikan perbedaan besar dalam optimasi sehingga akan lebih baik apabila mendapatkan lebih banyak informasi.
  • Frekuensi pembaruan: Misalnya di tools dari Ahrefs, pembaruan terhadap backlink setiap 15 hingga 30 menit sekali akan menjaga data tetap segar sebagaimana situs web yang terus berubah dan SEO harus mencerminkan perubahan tersebut.

Sudah tahu kan kalau menjalankan SEO tidak semudah yang dibayangkan? Dalam melakukan optimasi, kamu juga harus menganalisis SEO data yang berkaitan dengan traffic, kata kunci, SERP, backlink, konten, hingga SEO teknis.

Agar bisa melakukan SEO secara optimal dengan hasil yang sesuai harapan, mengapa tidak menggunakan jasa SEO Malang terbaik dari Optimase?

Baca Juga

Optimaise