Digital MarketingSEO

SEO Benchmarking, Seberapa Penting?

Siti Rohmah Noviah

SEO Benchmarking Seberapa Penting

SEO benchmarking itu apa? Yuk cari tahu bersama tentang istilah satu ini di sini!

Sekilas tentang SEO Benchmarking

SEO benchmarking merupakan metrik spesifik yang bisa digunakan untuk mengukur kinerja mesin pencari website. Beberapa faktor yang termasuk di dalamnya adalah peringkat keyword, conversion rate, trafik organik, dan bounce rate.

Semua faktor tersebut merupakan titik referensi keberhasilan Search Engine Optimization (SEO) secara keseluruhan dari sebuah situs web. Tetapi, tahukah kamu adanya perbedaan antara SEO benchmark, KPI, dan metrik?

Benchmark itu seperti tolak ukur yang memungkinkan kamu mengukur performa dibandingkan orang lain. Sehingga sangat membantu dalam melihat kemajuan dalam mencapai kesuksesan.

KPI atau key performance indicator bersifat seperti kompas. Yaitu sasaran terukur yang menunjukkan seberapa baik kinerja individu, tim, proyek, atu perusahaan terhadap sasaran strategisnya. Sementara metrik ibarat penunjuk arah dalam perjalanan. Metrik memberikan poin data untuk mengawasi kemajuan dan memastikan kamu tetap berada di jalur yang tepat untuk bisa mencapai kesuksesan.

Berbicara tentang SEO benchmarking, sebagian dari kamu mungkin berpikir bahwa setiap situs dan bisnis itu unik. Jadi, strategi optimasi yang berhasil untuk situs tertentu belum tentu bekerja dengan baik untuk situs lainnya.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kamu untuk segera mengatur SEO benchmark dan mengkonsutimisasikannya ke dalam kebutuhan dan tujuan kamu yang unik. Jadi, kamu akan bisa tahu bagaimana performa situs. Hal tersebut menjadi cerminan identitas pemilik situs di dunia digital sekarang ini.

Mengapa Harus Melacak Metrik SEO?

Mencari informasi seputar SEO benchmark berarti kamu juga akan mempelajari metrik SEO yang menyediakan insight berharga efektivitas strategi SEO kamu. Metrik SEO menyoroti beberapa hal, yaitu:

  • Berapa banyak trafik organik yang ditarik oleh situs
  • Halaman mana yang memiliki performa yang paling baik
  • Dari mana pengunjung situs berasal

Informasi di atas membantu kamu menentukan tolak ukur SEO. Selain itu, juga akan menyempurnakan konten dan desain situs sehingga akan lebih sesuai dengan kebutuhan audiens.

Baca juga: Langkah demi Langkah Menggunakan Google Analytics 4 untuk Migrasi dan Audit

Dengan melacak metrik SEO, berarti juga membantu memantau perkembangan situs dari waktu ke waktu. Pastikan kamu mengetahui tren dan tetap melakukan perubahan. Untuk dapat mencapai tujuan bisnis, tentu kamu harus memastikan performa SEO situs dalam keadaan baik.

SEO Benchmarking: Tolak Ukur Kesuksesan Upaya SEO

Apabila ingin mengetahui tolak ukur kesuksesan sebuah situs, coba perhatikan beberapa hal dalam SEO benchmarking berikut:

Trafik Organik

Trafik organik adalah jumlah pengunjung yang datang ke situs melalui hasil pencarian organik. Artinya, mereka tidak berasal dari pencarian berbayar. Yaitu dengan mengetikkan keyword relevan dan kemudian mengklik situs yang ditampilkan mesin pencari tanpa embel-embel iklan.

Hal tersebut menunjukkan jumlah pelanggan potensi yang kamu jangkau secara organik. Jadi, kamu bisa mendapatkan gambaran visibilitas dan popularitas situ kamu di mesin pencari.

Misalnya, apabila kamu menjalankan perusahaan e-commerce, trafik organik tersebut bisa mengindikasikan jumlah pengguna internet yang mencari situs kamu. Mereka berpotensi melakukan pembelian di situs kamu.

Tools Organic Traffic Insights dari Semrush dapat membantu melacak trafik sebuah situs yang didapatkan secara organik. Alat ini juga memberikan informasi keyword yang membawa trafik dan landing page mana yang mendapatkan lebih banyak trafik.

Peringkat Keyword

Peringkat keyword menunjukkan peringkat situs di halaman hasil mesin pencari untuk keyword tertentu. Sebagai contoh, apabila kamu menjalankan bisnis toko baju di Malang dan menggunakan keyword toko baju terbaik di Malang.

Dalam SEO benchmarking, melacak peringkat kata kunci sangatlah penting. Mengapa? Hal tersebut memberikan beberapa keuntungan, di antaranya adalah:

  • Memberikan gambaran seberapa baik situs dioptimasi untuk kata kunci tertentu
  • Memungkinkan pengguna mengetahui kata kunci mana yang harus menjadi fokus dan harus ditingkatkan
  • Menunjukkan seberapa baik upaya SEO yang dilakukan

Singkatnya, semakin tinggi peringkat situs web untuk kata kunci yang relevan, semakin banyak orang yang akan melakukan klik dan mengunjungi situs. Position tracking tool Semrush memungkinkan pengguna melakukan tracking peringkat keyword dengan sangat mudah. Cukup dengan masuk ke akun Semrush, navigasi ke alat tersebut, kemudian masukkan domain dan klik Set up tracking.

Tidak perlu bingung harus mulai belajar SEO dari mana karena ada panduan belajar SEO untuk pemula.

Impression dan Klik

Impression adalah berapa kali halaman situs muncul di Search Engine Result Page (SERP). Sedangkan klik menunjukkan berapa banyak pengguna internet yang meng-klik link situs web dari impresi tersebut. Kedua metrik tersebut memiliki peran penting dalam SEO benchmarking karena menunjukkan seberapa baik situs dan halaman-halamannya menarik untuk diklik.

Jumlah tayangan (impression) yang tinggi dengan klik yang rendah menunjukkan peluang untuk meningkatkan tag judul dan deskripsi meta untuk halaman tersebut. Gunakan Google Search Console untuk melakukan tracking pada kedua metrik ini.

Bounce Rate

Metrik lain dalam SEO benchmarking adalah bounce rate yang mengukur persentase pengunjung yang meninggal situs setelah melihat satu halaman. Misalnya, apabila pengunjung mendarat di homepage, namun tidak melakukan klik di halaman apapun lagi sebelum meninggalkan situs, berarti hal tersebut dihitung sebagai bounce.

Metrik penting ini menunjukkan engagement dan relevansi konten situs bagi pengunjung. Dengan kata lain, bounce rate dapat membantu kamu mengidentifikasi area mana yang perlu ditingkatkan. Google Analytics dan Semrush traffic analytics tool merupakan dua alat yang bisa kamu gunakan untuk melacak bounce rate.

Returning Visitor

Returning visitor atau pengunjung yang kembali, yaitu mereka yang pernah mengunjungi situs dan kemudian kembali melakukan kunjungi di waktu berikutnya. Hal tersebut menunjukkan kesetian audiens dan efektivitas situs.

Situs yang memiliki jumlah returning visitor yang tinggi bisa berarti bahwa konten di situs tersebut bernilai dan bermanfaat bagi pengunjung. Sehingga dapat membuat pengguna internet kembali berkunjung di kemudian hari.

Conversion Rate

Conversion rate adalah persentase pengunjung yang melakukan aksi yang diharapkan saat berada di suatu situs. Baik melakukan pembelian, mengisi form pendaftaran, berlangganan newsletter, atau lainnya. Mari kita ambil contoh ini! Apabila dari 200 orang yang berkunjung kemudian 20 diantaranya melakukan pembelian, artinya tingkat konversi yang kamu dapatkan adalah 10 persen.

Dengan begitu, situs web mampu mengubah pengunjung menjadi pelanggan atau lead. Rendahnya tingkat konversi menunjukkan adanya masalah pada beberapa elemen situs, termasuk desain, pengalaman pengguna, dan target.

Baca Juga: 6 Hal tentang Conversion Rate, Sudah Tahu?

Average Engagement Time

Average engagement time mengukur waktu yang pengunjung habiskan selama berada di sebuah situs. Ini mencerminkan keterlibatan dan ketertarikan pengunjung pada konten situs tersebut. Juga menunjukkan seberapa efektif situs web dalam mempertahankan pengguna.

Referring Domain

Referring domain dalam SEO benchmarking adalah istilah yang digunakan untuk situs yang menjadi sumber pengunjung datang ke situs kamu. Artinya, setelah membaca situs tertentu, pengunjung tertarik untuk mengunjungi situs kamu melalui tautan yang ada pada situs tersebut.

Meski ada banyak backlink dalam sebuah situs, tetapi hanya bisa memberikan satu referring domain saja. Bagi mesin pencari, referring domain bertindak sebagai endorsement dari sumber lain. Sehingga meningkatkan peringkat, trafik, dan otoritas situs.

Sudah bisa memahami seperti apa SEO benchmarking dari penjelasan di atas? Apakah itu artinya kamu sudah siap untuk melakukan upaya optimasi website secara mandiri?

Apabila masih ragu dan masih ingin belajar lebih banyak tentang SEO, kamu tetap bisa memulai rencana optimasi. Yaitu dengan melibatkan tim ahli dengan memilih jasa SEO Malang terbaik dari Optimaise.

Baca Juga

Optimaise