Digital MarketingSEO

5 Link Building Metrics untuk Lacak Backlink Profile

Tiara Motik

5 Link Building Metrics Untuk Lacak Backlink Profile

Tautan balik atau backlink adalah salah satu hal penting dalam SEO. Ia adalah tautan dari situs web lain yang mengarah ke situs web milikmu.

Semakin banyak link yang kamu dapatkan dari situs-situs tepercaya dan relevan, maka semakin baik untuk strategi SEO.

Proses mendapatkan backlink ini disebut “link building”. Ada beberapa link building metrics yang digunakan untuk mengukur seberapa berhasil upayamu dalam mendapatkan backlink.

Selain itu, metrik ini membantu kamu menilai kualitas domain yang kamu coba hubungi untuk mendapatkan backlink. Ini penting agar kamu dapat menargetkan situs-situs yang memiliki reputasi baik dan dianggap kredibel.

Dengan memahami link building metrics ini, kamu dapat membuat strategi backlink yang lebih efektif dan meningkatkan strategi SEO situs webmu. Simak lebih jauh yuk!

Link Building Metrics
Link Building Metrics

Link building metrics adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur efektivitas dan kualitas upayamu dalam membangun backlink.

Dengan menggunakan metrik ini, kamu dapat melacak kesehatan backlink profile situs webmu, memeriksa kualitas situs web yang kamu targetkan untuk mendapatkan link, dan mengevaluasi seberapa sukses kampanye membangun link.

Metrik ini membantumu memahami seberapa baik situs webmu terhubung dengan situs-situs lain di web, serta memberikan wawasan tentang seberapa baik situs webmu dapat bersaing dalam hasil pencarian.

Dengan memahami dan memanfaatkan link building metrics ini, kamu dapat meningkatkan strategi SEOmu dan memperbaiki otoritas situs webmu di mesin pencari.

Jumlah dari Referring Domain dan Backlink

Jumlah referring domain adalah jumlah situs web unik yang memberikan link ke situs webmu, sedangkan jumlah backlink adalah total tautan yang mengarah ke situs webmu, termasuk link dari domain yang sama.

Mendapatkan link dari situs web yang berotoritas, tepercaya, dan relevan topiknya dapat meningkatkan kualitas backlink profile dan kinerja situs webmu.

Ketika kamu berhasil membangun link, kamu akan melihat pertumbuhan di dalam kedua metrik ini. Namun, fokus pada jumlah referring domain lebih baik daripada fokus pada jumlah backlink.

Mendapatkan satu tautan dari masing-masing 10 domain berkualitas lebih efektif daripada mendapatkan 10 tautan dari satu domain. Ini karena setiap situs yang memberikan tautan dianggap sebagai suara kepercayaan oleh Google.

Jadi, jika kamu mendapatkan tautan dari 10 domain, itu dianggap sebagai 10 suara kepercayaan, lebih baik daripada hanya satu suara dari satu domain.

Authority Score

Authority Score
Authority Score

Authority Score (AS) adalah angka dari 0 hingga 100 yang menunjukkan seberapa baik sebuah domain atau halaman web dalam hal kualitas dan performa SEO-nya. Skor ini dihitung dengan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti:

  1. Link power berupa jumlah dan kualitas backlink.
  2. Faktor spam berupa tautan berpotensi spam terhadap tautan alami.
  3. Organic traffic berupa perkiraan traffic organik bulanan.

Menggunakan Authority Score dapat membantu kamu mengevaluasi kualitas domain tempatmu berencana membuat backlink. Skor ini membantumu memahami seberapa kuat atau berkualitas suatu domain dalam konteks SEO.

Saat kamu melihat AS sebuah domain di alat Backlink Analytics Semrush, angka skornya akan disertai dengan keterangan yang menjelaskan otoritas situs web tersebut.

Misalnya, sebuah skor 86 mungkin disertai dengan keterangan “Industry leader“. Kamu juga dapat melihat grafik yang menunjukkan kualitas domain dalam tiga aspek utama.

Penting untuk memperhatikan catatan yang mungkin muncul di laporan, seperti catatan “Link farm” yang menandakan bahwa domain tersebut memiliki backlink profile yang tidak wajar.

Hal ini bisa berarti bahwa domain tersebut terlibat dalam praktik yang melanggar pedoman spam Google, seperti menjual backlink ke situs web lain.

Baca juga: 5 Pemicu Toxic Backlinks dan 2 Cara Mengatasinya

Mendapatkan link dari domain yang terlibat dalam praktik spam dapat berisiko, karena bisa menyebabkan penalti dari Google. Jika situs webmu terkena penalti, pemulihan bisa memakan waktu dan tidak selalu berhasil.

Jumlah dari Link per Kampanye atau Strategi Link Building
Jumlah dari Link per Kampanye atau Strategi Link Building

Untuk mendapatkan tautan ke situs webmu, kamu akan menggunakan kampanye penjangkauan dan strategi link building.

Dengan melacak jumlah link yang kamu peroleh dari setiap kampanye, kamu dapat memahami taktik dan konten apa yang paling efektif dalam mendapatkan link.

Dengan melacak jumlah link dari setiap kampanye, kamu bisa tahu taktik mana yang berhasil dan aset konten apa yang paling diminati.

Melalui informasi tersebut, kamu dapat mengulangi strategi yang sukses dalam penjangkauan dan membangun link.

Untuk mendapatkan wawasan tentang konten berkinerja terbaik berdasarkan jumlah backlink, kamu bisa menggunakan Backlink Analytics Semrush. Caranya:

  1. Di bagian “Top Pages“, kamu dapat melihat halaman yang paling banyak mendapatkan tautan, kecuali home page, landing pages, dan halaman navigasi.
  2. Jelajahi daftar ini untuk menemukan aset konten yang mendapat banyak tautan, seperti postingan blog, infografis, atau laporan industri.

Dengan melihat halaman mana yang mendapatkan lebih banyak tautan, kamu akan memahami jenis konten apa yang diminati oleh publikasi lain. Dengan informasi ini, kamu dapat:

  1. Menjangkau lebih banyak sumber serupa untuk meningkatkan visibilitas kontenmu.
  2. Brainstorming ide untuk konten baru yang relevan dengan topik yang diminati oleh publikasi lain.

Melalui pendekatan ini, kamu dapat meningkatkan efektivitas kampanye penjangkauan dan membangun tautanmu.

Toxicity Score

Toxicity Score
Toxicity Score

Toxicity score adalah metrik dari Semrush yang menunjukkan seberapa berbahayanya link tertentu bagi situs webmu dengan skala dari 0 hingga 100.

Link dengan skor 0-44 dianggap aman, sementara link dengan skor 45-59 berpotensi berbahaya, dan skor 60-100 dianggap sangat berbahaya.

Backlink yang berbahaya dapat merugikan peringkat situs webmu dalam hasil pencarian, sehingga penting untuk menyelidiki tautan balik dengan skor toksisitas tinggi.

Namun, penting untuk diingat bahwa mendapatkan tautan spam adalah hal yang wajar, terutama seiring pertumbuhan situs webmu, dan mesin pencari seperti Google telah menjadi lebih baik dalam mengidentifikasi backlink yang tidak perlu diperhatikan.

Untuk memeriksa toxicity score tautan situs webmu, kamu dapat menggunakan alat Backlink Audit dari Semush. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke alat SEMrush dan buka Backlink Audit.
  2. Klik tombol “+ Create project” dan masukkan domain serta nama proyekmu. Kemudian, klik “Create project“.
  3. Pilih jenis cakupan kampanye yang ingin kamu analisis, seperti root domain, versi www dan non-www, versi www, atau versi non-www. Ini akan menentukan link mana yang akan dianalisis.
  4. Klik “Start Backlink Audit” untuk memulai audit tautan situs webmu.
  5. Setelah audit selesai, kamu akan melihat laporan terperinci tentang toxicity score link situs webmu.
  6. Di laporan, kamu akan melihat berapa banyak toxic link, berpotensi beracun, dan tidak beracun yang dimiliki situs webmu, serta catatan toxicity score dari Low, Medium, atau High.
  7. Klik pada angka merah yang menunjukkan jumlah toxic link untuk melihat daftar referring domain yang tautannya mungkin merusak situs webmu.
  8. Kolom “TS” menunjukkan skor toksisitas situs. Dengan meng-klik angka di kolom ini, kamu dapat melihat toxic markers mana yang dipicu oleh domain ini dan seberapa berbahayanya tautan tersebut.

Misalnya, jika sebuah situs web memicu beberapa toxic markers, ini bisa menandakan bahwa situs web tersebut mungkin memiliki masalah, seperti tidak diindeks oleh Google atau terkena sanksi yang dapat berdampak negatif pada peringkat situs webmu di dalam hasil pencarian.

Baca juga: Backlink Audit? Ini Dia 10 Langkah Mudahnya!

Anchor Text

Anchor Text
Anchor Text

Anchor text adalah teks dalam hyperlink yang dapat di-klik. Biasanya, teks ini berbeda warna dan bergaris bawah.

Tujuannya adalah memberikan gambaran kepada pengguna tentang konten yang akan mereka temukan setelah meng-klik tautan tersebut.

Penggunaan anchor text yang deskriptif dan relevan penting untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan membantu mesin pencari memahami hubungan antar halaman web.

Ada beberapa jenis anchor text, seperti exact match keywords, partial match keywords, related keywords, URL, merek, compound atau gabungan merek dan keyword, empty, dan generik.

Backlink profile yang sehat seharusnya memiliki campuran berbagai jenis anchor text. Namun, dalam kebanyakan kasus, kamu tidak memiliki kendali atas jenis anchor text dalam backlink organikmu.

Kamu hanya dapat mengontrol anchor text saat kamu menerbitkan konten yang dapat diposting ulang di situs web lain. Dalam hal ini, pastikan anchor text singkat, relevan, dan alami bagi pembaca.

Berikut adalah tips untuk memilih teks jangkar yang baik:

  1. Singkatkan anchor text, sebaiknya lima kata atau kurang.
  2. Pastikan anchor text relevan dengan halaman yang kamu tautkan.
  3. Gunakan keyword dengan bijak, tetapi jangan berlebihan. Gunakan variasi keyword utama, sekunder, atau lainnya, tetapi jangan dipaksakan. Pastikan anchor text terdengar alami bagi pembaca.

Praktik ini juga penting ketika kami menautkan situs webmu ke sumber eksternal dan laman lain di situs webmu.

Link building metrics merupakan strategi penting dalam SEO untuk meningkatkan peringkat halaman web. Dengan membangun link yang berkualitas dari situs web otoritatif dan relevan, kamu dapat meningkatkan kualitas backlink profile yang berpotensi meningkatkan kinerja SEO situs webmu.

Jika kamu mencari bantuan dalam meningkatkan strategi SEO situs webmu melalui link building dan strategi lainnya, Optimaise adalah solusi yang tepat. Sebagai penyedia jasa SEO berpengalaman, Optimaise dapat membantumu mencapai tujuan SEOmu dengan pendekatan yang efektif dan terarah.

Baca Juga

Optimaise