TipsEdukasi

Faktor yang Mempengaruhi Desain Produk Adalah: 10 Faktor Internal & Eksternal

Siti Rohmah Noviah

Faktor yang Mempengaruhi Desain Produk Adalah 10 Faktor Internal Eksternal

Berencana membuat produk baru untuk mengembangkan bisnis? Itu artinya, kamu sudah paham bahwa faktor yang mempengaruhi desain produk adalah hal yang tidak boleh diabaikan, baik faktor internal maupun eksternal bisnis.

Namun, jika ini kali pertama dalam membuatnya, pahami lebih lanjut tentang desain produk dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Mengenal Apa itu Desain Produk

Desain produk bukan hanya sekedar rencana gambar yang akan digunakan pada produk tertentu. Tetapi mengacu pada proses menyeluruh untuk menciptakan produk sebagai bagian dari bisnis. Bisnis atau perusahaan harus melalui proses panjang dalam menentukan desain produk, termasuk:

  • Riset pasar
  • Penelitian
  • Menentukan produk
  • Eksperimen
  • Pembuatan contoh produk
  • Uji coba
  • Peluncuran produk
  • Evaluasi produk

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Desain Produk Adalah: Faktor Internal & Eksternal Perusahaan

Aspek-aspek terkait perusahaan merupakan hal penting yang harus selalu diperhatikan dalam membuat desain produk. Faktor yang mempengaruhi desain produk adalah faktor internal dan eksternal. Berikut adalah uraian selengkapnya tentang kedua faktor tersebut:

Faktor Internal Perusahaan

Terdapat faktor internal dan perusahaan yang selalu mempengaruhi desain produk. Adapun faktor internal yang memengaruhi desain produk adalah:

Visi dan Misi

Visi dan misi perusahaan menjadi salah satu faktor yang turut memengaruhi desain produk sebuah perusahaan. Sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran desain yang tepat dengan keduanya.

Faktor internal satu ini tentu tidak boleh sampai terlewatkan agar desain produk memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Nantinya juga akan berpengaruh terhadap brand awareness. Konsumen akan mengingat produk yang mereka gunakan dengan desain yang identik dengan perusahaan di balik kesuksesan produk tersebut.

Baca Juga: Membuat Business Model Canvas dalam 7 Langkah Sederhana

Ketersediaan Bahan Baku

Ketersediaan baham baku ternyata juga tidak boleh diabaikan. Artinya, faktor satu ini harus dipertimbangkan setiap kali perusahaan hendak membuat desain produk. Konsistensi dalam menyediakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen mengharuskan perusahaan selalu memperhatikan kualitas bahan pembuatnya.

Akan tetapi, apakah distribusi bahan baku selalu berjalan dengan baik? Bahan baku yang langka mengharuskan perusahaan melakukan inovasi sehingga akan memiliki bahan alternatif tanpa mengurangi kualitas produk.

Ukuran atau Volume

Dalam membuat produk, ukuran atau volume tidak kalah penting untuk dipertimbangkan sebagai faktor internal perusahaan. Hal tersebut nantinya akan mempengaruhi desain, bahan, dan aspek teknik lainnya.

Biaya Produksi

Berbicara produk, tentu kamu akan menyadari kaitannya dengan biaya produksi, bukan? Setiap yang berkaitan dengan produk, termasuk ukuran, daya tahan, variasi, spek, hingga teknologi tidak bisa lepas dari perhitungan biaya produksi.

Hal inilah yang kemudian membuat kamu menyadari bahwa barang serupa tidak selalu ditawarkan dengan harga yagn sama. Sebagai contoh, produk skincare yang dibuat dengan bahan dari dalam negeri dan impor akan dipasarkan dengan harga berbeda.

Kamu pasti memahami bahwa faktor yang memengaruhi desain adalah hal penting yang harus diketahui, baik faktor internal maupun eksternal.

Penggunaan Teknologi yang Tepat

Saat hendak membuat desain produk, ada faktor lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dari sisi internal, yaitu penggunaan teknolog yang tepat. Perusahan harus memiliki akses ke teknologi tertentu agar bisa bertahan dan bahkan memimpian kompetisi bisnis. Faktor satu ini turut menentukan jenis produk yang bisa perusahaan buat.

Misalnya, teknologi pada iPhone berbeda dari produk serupa yang dikembangkan dan dikeluarkan oleh perusahaan lain. Tidak ada perusahaan lain yang dapat membuat produk dengan teknologi serupa karena tidak adanya akses ke teknologi yang digunakan oleh Apple.

Faktor Eksternal Perusahaan

Faktor yang mempengaruhi desain produk adalah hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan, namun tidak selalu berasal dari internal perusahaan. Ada juga faktor eksternal yang selalu menjadi pertimbangan, misalnya:

Kebutuhan Konsumen

Keberadaan sebuah produk di pasaran bukan semata-mata hanya merupakan hasil inovasi saja. Produk yang bisa masyarakat temukan dengan mudah sudah pasti ada untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Sebelum mengeluarkan sebuah produk, perusahaan tentunya sudah melalui berbagai tahapan, termasuk melakukan analisis pasar.

Analisis tersebut bianya melibatkan demografis berupa latar belakang, rentang usia, hingga aspek yang lebih rinci dari kebutuhan konsumen terhadap suatu produk. Kemudian, perusahaan menjadikan informasi tersebut sebagai pertimbangan dalam membuat produk agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen.

Saat konsumen merasa puas, hal tersebut akan memberikan dampak baik bagi perusahaan. Konsumen akan kembali membeli produk di kemudian hari lagi dan lagi. Itu artinya, perusahaan bisa mencapai target penjualan dan berpeluang menemukan produk baru yang diharapkan bisa sesukses produk yang sudah ada.

Dengan melakukan survei pelanggan, perusahaan bisa mendapatkan informasi seputar keresahan, masalah, dan kebutuhan konsumen. Sehingga nantinya bisa menghadirkan produk X, Y, hingga Z berdasarkan data yang perusahaan dapatkan langsung dari konsumen.

Tren

Kehadiran suatu produk didorong oleh sebuah tren, terutama di era digtal sekarang ini. Tren populer bisa dengan mudah menyebar melalui internet di berbagai platform online, terutama media sosial. Misalnya, lagu yang pernah hits di era 2000-an kembali diaransemen ulang dan kemudian disuguhkan berbeda dan lebih fresh.

Contoh lainnya adalah tren aplikasi tertentu yang diharapkan bisa memuaskan konsumen dengan memberikan kemudahan untuk beraktivitas. Misalnya adanya dompet digital yang saat ini ditawarkan oleh berbagai perusahaan.

Dari gambaran di atas, apakah kamu semakin yakin bahwa satu dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi desain produk adalah tren?

Kondisi Ekonomi dan Pasar

Faktor eksternal selanjutnya yang juga mempengaruhi desain sebuah produk adalah kondisi ekonomi dan pasar. Perusahaan atau pebisnis harus memastikan produk yang mereka tawarkan akan diterima baik pleh konsumen yang hidup dalam kondisi ekonomi tertentu. Begitu pula dengan situas pasar yang juga menentukan waktu terbaik untuk membuat dan memperkenalkan produk baru ke khalayak.

Kompetisi

Saat memulai bisnis, artinya kamu siap bersaing dengan para kompetitor. Terdapat banyak produk serupa yang mungkin sudah lebih dulu ada di pasaran. Bukan tidak mungkin di masa mendatang akan semakin banyak kompetitor bermunculan dengan produk serupa yang lebih inovatif.

Menentukan desain sebuah produk harus dilakukan dengan tepat. Perlu adanya kreativitas, inovasi, dan keunikan di dalamnya. Dengan begitu, bisnis kamu akan siap untuk berada di dalam kompetisi. Keunikan pada desain produk dapat menjadi daya tarik tersendiri sehingga bisa menarik lebih banyak calon konsumen.

Desain yang unik juga akan lebih mudah diingat sehingga konsumen akan lebih sadar akan merek dan produk tertentu yang biasa mereka beli atau gunakan. Bisa disimpulkan bahwa dari sisi eksternal perusahaan, salah satu faktor yang mempengaruhi desain produk adalah kompetisi.

Kultur Masyarakat

Berjalannya sebuah bisnis tidak bisa lepas dari kultur masyarakat. Jadi, tidak heran jika hal tersebut juga merupakan faktor yang mempengaruhi desain produk dari segi eksternal. Belum ada gambaran tentang hal satu ini?

Mari kita ambil contoh produk yang dijual di negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, bisnis harus mempertimbangkan apakah produk mereka sesuai dengan syariat Islam atau tidak. Misalnya dengan menerapkan prinsip halal untuk produk makanan dan minuman.

Hal serupa juga berlaku untuk produk yang digunakan langsung pada kulit konsumen. Jadi, perusahaan harus memastikan tidak ada kandungan bahan non halal di dalam produknya agar sesuai dengan kebutuhan target pasar.

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa terdapat banyak faktor yang mempengaruhi desain produk adalah faktor internal dan eksternal perusahaan. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, tim kamu akan mempunyai gambaran seperti apa desain produk yang paling sesuai.

Setelah produk bisa dipasarkan, kamu bisa memanfaatkan pemasaran digital termasuk social media marketing. Apabila belum ada tim khusus yang akan melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran digital di media sosial, mengapa tidak memilih jasa sosmed management?

Jasa tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah hanya dengan menghubungi Optimaise dan sampaikan apa yang ingin kamu capai dengan menggunakan jasa tersebut.

Baca Juga

Optimaise