WebsiteHosting

12 Cara Mudah Membuat Halaman Web Selain Hosting

Mbagas

12 Cara Mudah Membuat Halaman Web Selain Hosting

Dalam membuat halaman web, hosting memang jadi aspek yang penting banget. Web hosting adalah layanan yang berperan untuk menampung data-data yang ada di dalam situsmu.

Tanpa adanya hosting, situs yang sudah kamu buat tentunya nggak bisa live dan diakses oleh peselancar internet. Nah, selain membeli layanan hosting, ada juga beberapa hal penting lainnya yang nggak boleh terlewatkan. Yuk, cari tahu lebih lanjut melalui artikel berikut ini.

Elemen yang Dibutuhkan untuk Membuat Halaman Web Selain Hosting

Elemen yang Dibutuhkan untuk Membuat Halaman Web Selain Hosting
Elemen yang Dibutuhkan untuk Membuat Halaman Web Selain Hosting

Jika kamu ingin membuat situs web, tapi masih baru dan bingung harus mulai dari mana. Untuk membuat halaman web yang efektif, kamu memang membutuhkan sejumlah elemen penting selain hosting.

Melalui elemen-elemen ini, kamu dapat membuat halaman web yang menarik dan efektif bagi pengunjungmu. Lalu, ada elemen apa saja selain hosting? Untuk mendapatkan jawabannya, silakan simak uraian berikut ini!

Tentukan Jenis Website Sesuai Keperluan

Tentukan Jenis Website Sesuai Keperluan
Tentukan Jenis Website Sesuai Keperluan

Sebelum membeli web hosting, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan jenis website yang akan kamu kelola. Hal satu ini menjadi pondasi yang penting banget dalam membuat halaman web. Karena, dari situlah arah dari pengelolaan situsmu ditentukan.

Dalam menentukan jenis website yang tepat, tentunya kamu harus memperhatikan kebutuhanmu. Buat kamu yang ingin berjualan tentunya harus membuat situs yang berfungsi sebagai toko onlinemu. Sedangkan, buat kamu yang ingin berbagi cerita, pengalaman, atau review produk, bisa memilih website jenis blog. Blog juga bisa dipakai untuk kepentingan bisnis, lho. Misalnya, untuk softselling produk dari usahamu.

Selain itu, ada juga jenis website lainnya. Seperti website untuk kanal berita, forum online, maupun website custom untuk acara tertentu. Jadi, kenali kebutuhanmu dulu sebelum membuat halaman web, ya!

Tentukan Niche untuk Websitemu

Tentukan Niche untuk Websitemu
Tentukan Niche untuk Websitemu

Tips membuat halaman web selanjutnya adalah pilih niche untuk websitemu. Dalam membuat sebuah website, alangkah baiknya untuk menentukan tema yang ingin kamu angkat di dalam situs tersebut. Usahakan untuk memilih jenis niche yang sesuai dengan minat dan keahlianmu. Dengan demikian, websitemu pun akan terlihat profesional dengan konten berkualitas.

Tema niche yang tepat juga bisa membantu mendongkrak otoritasmu di mata pengunjung situs dan Google, lho. Tentunya, pengunjung akan merasa lebih nyaman dan percaya saat mengunjungi situs yang menawarkan konten yang selaras dengan tema tertentu. Misalnya, situs yang mengangkat tema kesehatan, kecantikan, kuliner, dan lain sebagainya.

Selain bagus untuk brand awareness, Google juga akan menilai situsmu sebagai sumber terpercaya dan akan merekomendasikannya di halaman pertama mesin pencari. Beberapa tips untuk membantumu menemukan niche website yang tepat adalah:

  • Ambil inspirasi niche dari hobi yang kamu tekuni
  • Pilih jenis niche situs yang punya potensi bisnis
  • Jika kamu membuat halaman web untuk keperluan bisnis, pastikan niche tersebut sesuai dengan jenis bisnismu
  • Ambil inspirasi niche dari topik yang sedang trending.

Menentukan Nama Domain untuk Membuat Halaman Web

Menentukan Nama Domain untuk Membuat Halaman Web
Menentukan Nama Domain untuk Membuat Halaman Web

Setelah kamu menentukan tujuan dan niche situsmu, sekarang saatnya menentukan nama domain yang cocok. Domain adalah nama alamat dari website yang biasanya muncul dalam bentuk URL saat pengunjung membuka situsmu. Misalnya, nama domain dari Optimaise adalah: https://optimaise.co.id/. Fungsi domain nggak lain adalah sebagai identitas dari situsmu.

Nama domainmu juga akan menjadi media promosi untuk bisnis online yang kamu jalani. Makanya, pilihlah jenis domain dengan nama yang unik, menarik, tapi tetap mudah untuk diingat. Nah, buat kamu yang kebingungan dalam hal memilih nama domain, bisa intip tips berikut:

  • Gunakan nama brand bisnismu sebagai nama domain
  • Tentukan nama domain sesuai dengan niche situsmu
  • Sisipkan kata kunci (keyword) di dalam nama domainmu
  • Sebisa mungkin jangan menggunakan simbol angka maupun simbol hyphens (tanda “-“)
  • Pilih extension domain yang sesuai (contoh: .com, .co.id, .net, .org, dll).

Pilih Platform untuk Membuat Halaman Website

Pilih Platform untuk Membuat Halaman Website
Pilih Platform untuk Membuat Halaman Website

Hal lain yang dibutuhkan untuk membuat halaman web selain hosting adalah memilih platform yang sesuai. Saat ini, kamu sudah nggak perlu lagi melakukan konfigurasi rumit untuk membuat situsmu sendiri. Soalnya, sekarang sudah ada banyak banget platform yang memungkinkan kamu untuk membuat website secara gratis.

Platform ini umumnya memakai CMS atau Content Management System) yang memudahkan kamu dalam membuat halaman web tanpa harus memiliki latar belakang di bidang coding dan programming. Salah satu contoh platform pembuatan website yang gampang banget dan paling kami rekomendasikan adalah WordPress, Magento, Drupal, dan lain-lain. Selain itu, ada juga platform website builder lainnya yang nggak kalah praktis, seperti Weebly, Webnode, Wix, dan sebagainya.

Baca juga: Apa Itu Hosting dan 6 Tipe Layanannya

Pilih Desain Website yang Menarik

Pilih Desain Website yang Menarik
Pilih Desain Website yang Menarik

Faktor lainnya yang nggak kalah penting saat kamu akan membuat halaman web adalah memilih desain yang menarik. Karena, walaupun kelihatannya sepele ternyata desain dari sebuah website berpengaruh banget terhadap branding bisnismu. Melalui desain websitemu, kamu bisa memperkenalkan karakteristik dari brand usahamu.

Nggak hanya itu, desain yang cantik dengan pemilihan warna yang tepat juga bisa buat pengunjung situsmu jadi merasa lebih nyaman dan betah menelusuri konten-konten yang kamu sajikan. Pilihlah model desain yang unik, eyecatching, dan nyaman dipandang mata. Kamu juga bisa menambahkan logo bisnismu pada tampilan desain website tersebut untuk meningkatkan brand awareness.

XML Sitemap

XML Sitemap
XML Sitemap

XML sitemap adalah file yang memberitahu mesin pencari seperti Google tentang halaman-halaman di situs webmu yang perlu mereka ketahui.

File ini membantu mesin pencari untuk menemukan dan memahami struktur situs webmu, sehingga mereka dapat menampilkan halaman-halaman tersebut di dalam hasil pencarian mereka.

XML sitemap juga bisa memberikan informasi tambahan tentang setiap halaman di situs webmu, seperti kapan halaman tersebut terakhir diubah, seberapa sering halaman tersebut diperbarui, dan seberapa pentingnya halaman tersebut dibandingkan dengan halaman-halaman lain di situs webmu.

Informasi ini membantu mesin pencari untuk menjelajahi situs webmu dengan lebih baik, memahami kontennya, dan menghubungkan halaman-halaman tersebut dengan permintaan pencarian yang relevan.

Dengan menggunakan XML sitemap, kamu dapat mengoptimalkan situs webmu untuk mesin pencari (SEO) dan meningkatkan kemungkinan halaman-halamanmu muncul dalam hasil pencarian.

Tanpa XML sitemap, mesin pencari harus mengandalkan tautan di situs webmu atau situs web lain untuk menemukan halaman-halamanmu yang bisa menjadi tidak efisien dan mengakibatkan halaman-halaman terlewat dari index mesin pencari.

Logo
Logo

Logo situs web adalah simbol visual yang mewakili identitas bisnismu. Ini membantu memperkuat citra merekmu dan mengkomunikasikan nilai-nilai yang kamu miliki kepada pelangganmu.

Banyak merek terkenal telah sukses dengan menggunakan logo yang sederhana namun kuat, sehingga memberikan dampak besar pada citra merek mereka secara keseluruhan.

Untuk membuat logo situs web yang bagus, kamu perlu memperhatikan beberapa hal terutama dalam desainnya:

  1. Pastikan logomu sederhana dan bersih. Hal ini akan membuatnya terlihat profesional dan jelas, bahkan dalam ukuran kecil.
  2. Gunakan format PNG untuk menyimpan logomu. Ini memungkinkan logomu untuk memiliki latar belakang transparan, sehingga dapat digunakan di berbagai latar belakang tanpa masalah.
  3. Pastikan logomu berada di dalam file berkualitas tinggi. Ini penting agar logo tetap terlihat bagus tidak peduli seberapa besar atau kecilnya, atau bahkan saat dicetak.
  4. Manfaatkan warna merek dan situs webmu ke dalam logo. Ini membantu menciptakan tampilan yang seragam dan konsisten di seluruh situs webmu.

Selain desain, ada faktor lain yang memengaruhi pembuatan logo. Sebagai pemilik bisnis atau bagian dari tim desain dan pengembangan web, penting untuk memperhatikan identitas merek dan relevansi dengan industrinya.

Favicon

Favicon
Favicon

Favicon adalah ikon kecil yang muncul di tab browser saat pengguna mengunjungi sebuah situs web. Perbedaan antara favicon dan logo utama situs web bisa kamu temukan dari ukuran dan konteks penggunaannya.

Favicon digunakan di dalam konteks browser dan bookmark, sehingga harus dirancang agar mudah dikenali dalam ukuran yang sangat kecil.

Sementara logo utama situs web dirancang untuk digunakan di dalam berbagai ukuran dan konteks, termasuk di situs web itu sendiri, materi marketing, atau media lainnya.

Favicon adalah ikon kecil yang berperan penting dalam meningkatkan citra situs webmu dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Berikut adalah beberapa alasan mengapa favicon sangat penting:

  1. Favicon membantu pengguna mengenali dan mengingat situs webmu dengan lebih mudah di browser mereka. Hal ini membuat pengguna lebih mungkin untuk mengunjungi kembali situs webmu.
  2. Favicon membantu memperkuat merekmu dengan memberikan identitas visual yang konsisten di seluruh platform. Ini juga menambahkan kesan profesionalisme pada situs webmu.
  3. Meskipun kecil, favicon dapat memberikan kesan kredibilitas pada situs webmu. Pengguna cenderung lebih percaya pada situs web yang memiliki favicon yang jelas.
  4. Dengan menggunakan favicon yang mudah dikenali, pengguna lebih mungkin untuk menyimpan situs webmu dalam daftar bookmark mereka dan mengunjunginya kembali di masa depan.

Favicon juga sering kali bisa muncul di sebelah alamat URL di browser. Favicon biasanya berukuran kecil, biasanya 16×16 piksel, dan berfungsi untuk memberikan identitas visual singkat bagi situs web.

Gunakan Protokol HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)

Gunakan Protokol HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)
Gunakan Protokol HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)

Nah, ini nih salah satu hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan saat membuat halaman web. Jenis protokol ini terletak pada bagian awal dari URL situsmu sebelum alamat domain. Protokol ini sebenarnya sudah diterapkan dan direkomendasikan oleh Google sejak tahun 2014 lalu.

Berbeda dari jenis protokol http yang terdahulu, protokol https:// ini lebih terenskripsi dengan baik sehingga keamanan data situsmu dan data pengguna yang mengakses situsmu juga lebih terjamin. User experience pun meningkat dan membantu memperkuat optimasi situsmu.

Google Analytics

Google Analytics
Google Analytics

Google Analytics adalah alat gratis yang sangat berharga bagi pemilik situs web. Setelah mengaktifkannya, kamu dapat melihat berbagai informasi, seperti jumlah pengunjung situs webmu, bagaimana mereka menemukan situs webmu, dan apakah mereka kembali lagi.

Kamu juga dapat melihat data demografis pengunjung. Informasi dari Google Analytics ini membantumu mengetahui apakah strategi marketingmu berhasil dan taktik apa yang paling efektif.

Kamu dapat melihat jenis pengunjung yang cenderung melakukan tindakan, seperti pembelian atau berlangganan email, serta pengunjung yang mungkin meninggalkan situs dengan cepat.

Dengan informasi ini, kamu dapat membuat perubahan yang diperlukan pada situs web dan strategi marketingmu untuk mencapai tujuanmu agar lebih baik.

Buat Konten yang Berkualitas

Buat Konten yang Berkualitas
Buat Konten yang Berkualitas

Sebagus apapun websitemu, tentunya akan terasa hampa tanpa adanya konten. Nah, hal terakhir yang penting untuk kamu lakukan setelah membuat halaman web adalah membuat konten. Umumnya, jenis konten yang ada di dalam website berwujud konten artikel dengan niche yang sesuai dengan bisnismu. Baik itu konten promosi maupun konten yang menawarkan informasi, pastikan artikel yang kamu buat berkualitas. Dengan demikian, pembaca pun akan menemukan informasi yang bermanfaat saat membaca konten-konten yang kamu sajikan.

Apalagi, jika konten yang kamu buat memang sesuai dengan keahlianmu. Maka, hal tersebut juga akan meningkatkan trust atau kepercayaan dari pembaca. Jika kamu membuat website untuk portal berita, maka pastikan konten berita yang kamu sajikan kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan.

Semakin meningkatnya trust dari para pembaca, maka situsmu juga akan mendapatkan backlink dari situs-situs lain yang menjadikan kontenmu sebagai referensi. Otoritas situsmu di mata Google pun akan meningkat, sehingga mereka tidak akan segan untuk memasang situsmu di halaman pertama mesin pencarian.

Firewall sebagai Proteksi

Firewall sebagai Proteksi
Firewall sebagai Proteksi

Firewall adalah perlindungan penting untuk situs webmu, ia diumpamakan sebagai sebuah kunci. Tanpa firewall, situs webmu rentan terhadap serangan berbahaya yang dapat merusak atau mencuri datamu.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa penting bagi situs webmu untuk dilindungi oleh firewall:

  1. Firewall adalah lapisan pertahanan pertama yang melindungi situs webmu dari akses yang tidak sah dan serangan berbahaya. Ini dapat mencegah masuknya traffic yang tidak diinginkan dan melindungi dari tautan jahat di email.
  2. Firewall yang canggih membutuhkan layanan dari profesional TI. Mereka membantu memantau sistem secara aktif dan mengkonfigurasi firewall untuk melindungi situs web secara efektif.
  3. Firewall dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan proses bisnis perusahaanmu. Kamu dapat menentukan aturan dan parameter untuk melindungi jaringan dari serangan dan penyusup.
  4. Firewall memungkinkan akses jarak jauh ke server perusahaan dengan aman. Ini memungkinkan karyawan untuk bekerja dari mana saja tanpa khawatir akan akses yang tidak sah.
  5. Langkah proaktif untuk menjaga data perusahaan dan informasi pelanggan tetap aman lebih baik daripada mencoba memulihkan reputasi setelah serangan. Dengan firewall yang tepat, kamu dapat mencegah kebocoran data dan serangan berbahaya lainnya.

Situs web sebaiknya menggunakan firewall sejak awal, sebelum diluncurkan secara resmi. Ini memastikan bahwa situs web dilindungi sejak awal dan mengurangi risiko serangan.

Selain itu, jika situs web sudah ada dan belum dilindungi oleh firewall, sebaiknya segera dipasang firewall untuk mengurangi risiko serangan yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Ingin tahu cara membuat halaman web paling cepat dan praktis? Gunakan saja jasa pembuatan website dari Optimaise. Dengan menggunakan jasa pembuatan website dari kami, ada banyak banget keuntungan yang bisa kamu peroleh, antara lain:

  • Tampilan situs yang mobile-friendly sehingga memudahkan pengunjung untuk mengakses situsmu melalui berbagai gawai
  • Semua website yang dibuat SEO-friendly
  • Gratis domain dan hosting berkualitas
  • Gratis SSL dan email bisnis
  • Situs yang dibuat Optimaise punya kecepatan loading maksimal hingga mencapai 90+ menggunakan Google Speed Test.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi kami untuk membuat website bisnismu sekarang juga!

Baca Juga

Optimaise