Digital MarketingSEO

Cara Menghapus Backlink yang Tidak Diinginkan dalam 5 Langkah Mudah

Tiara Motik

Cara Menghapus Backlink yang Tidak Diinginkan dalam 5 Langkah Mudah

Banyak digital marketer dan pemilik situs web memiliki satu tujuan yang sama, yakni mereka ingin situs web mereka muncul di peringkat teratas mesin pencari. Salah satu kunci untuk mencapai hal ini adalah memiliki backlink yang berkualitas tinggi.

Namun, untuk memastikan tautan tersebut efektif, penting untuk membersihkan tautan yang buruk. Bahkan, terkadang kamu mungkin tidak menyadari bahwa beberapa backlink yang kamu miliki tergolong toxic.

Backlink yang bersifat toxic adalah masalah besar bagi situs web karena dapat merugikan peringkat pencarian dan bahkan menyebabkan penalti dari Google jika tidak ditangani dengan baik.

Di dalam artikel ini, kita akan kembali membahas bagaimana cara menghapus backlink dalam langkah demi langkah yang mudah untuk diikuti.

Cara Menghapus Backlink
Cara Menghapus Backlink

Kalau kamu mendapati tautan yang mencurigakan atau spam mengarah ke situs webmu, mungkin itu disebabkan oleh pembelian backlink yang buruk atau upaya pesaing untuk merusak reputasimu.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencoba menghapus backlink tersebut dari situs lain. Jika tidak berhasil, kamu dapat menggunakan alat disavow link dari Google untuk menolak tautan yang tidak dapat dihapus.

Jika Google memberimu peringatan manual action tentang link yang tidak alami, langkah pertama adalah mencoba menghapus backlink tersebut. Agar lebih jelas, silakan simak penjelasan berikut.

Periksa GSC dan Mulai Audit Backlink
Periksa GSC dan Mulai Audit Backlink

Kalau kamu mendapatkan peringatan manual actions dari Google, kamu akan melihatnya di Google Search Console (GSC). Untuk melihat peringatan tersebut, buka GSC, perluas tab “Security & Manual Actions“, dan klik “Manual actions“.

Setelah kamu yakin memiliki peringatan manual actions, langkah pertama adalah membuat daftar semua domain yang ingin kamu hapus. Kamu dapat melakukannya dengan membuka GSC, mengekspor semua tautan yang terdaftar, dan memasukkannya ke dalam spreadsheet.

Link ini adalah tautan yang telah dilihat oleh Google, sehingga kamu tidak perlu menggunakan alat pihak ketiga pada tahap ini.

Temukan Backlink Tidak Wajar yang Ingin Dihapus
Temukan Backlink Tidak Wajar yang Ingin Dihapus

Setelah kamu memiliki daftar link di spreadsheet, langkah berikutnya adalah melakukan audit backlink untuk menemukan link yang tidak wajar.

Dalam audit ini, kamu tidak perlu menghapus setiap tautan spam, tetapi kamu harus mencari pola umum yang dapat mengidentifikasi penyebab penalti.

Link tidak wajar menurut Google adalah link yang dimaksudkan untuk memanipulasi peringkat situs web di dalam hasil pencarian.

Ini bisa berupa link dari situs web yang tidak relevan atau link yang dibuat dengan tujuan tertentu untuk meningkatkan peringkat tanpa pertimbangan kualitas atau relevansi.

Tautan tidak wajar menurut Google bisa berasal dari berbagai praktik, seperti ini:

  1. Tautan berbayar: membayar situs lain untuk meletakkan tautan menuju situs webmu.
  2. Pertukaran tautan berlebihan: melakukan pertukaran tautan dengan situs web lain secara berlebihan.
  3. Tautan otomatis: menggunakan program atau skrip untuk membuat tautan secara otomatis.
  4. Mewajibkan tautan dalam ToS: meminta pengguna untuk memasukkan tautan ke situs webmu sebagai bagian dari Syarat dan Ketentuan mereka.
  5. Tautan dari direktori atau bookmark berkualitas rendah: menerima tautan dari situs direktori atau bookmark yang tidak relevan atau berkualitas rendah.
  6. Tautan kaya keyword di widget: menyematkan tautan dengan keyword secara tidak alami di dalam widget.
  7. Tautan di footer atau templat situs: meletakkan tautan secara besar-besaran di bagian footer atau templat situs, tanpa pertimbangan relevansi atau kualitas.
  8. Komentar forum dengan tautan dioptimalkan: menggunakan komentar di forum untuk menaruh tautan dengan keyword yang dioptimalkan secara berlebihan.

Untuk mendapatkan daftar yang lebih lengkap, periksa kebijakan spam Google. Kamu juga dapat menggunakan alat seperti Site Explorer Ahrefs untuk membantu mengidentifikasi tautan yang terlihat spam atau tidak wajar.

Berikut adalah beberapa pemeriksaan yang dapat kamu lakukan.

Pemeriksaan Anchor Text

Periksa apakah ada anchor text yang terlihat seperti spam atau terlalu dioptimalkan. Di Site Explorer Ahrefs, kamu dapat melihat laporan “Anchors” di sidebar untuk memeriksa hal ini.

Jika ada masalah, biasanya dapat terlihat dari laporan ini. Contoh ekstrem dari anchor yang terlihat spam adalah anchor yang terlalu berlebihan dan tidak sesuai dengan konteks situs web.

Penilaian Kualitas Domain

Evaluasi kualitas domain secara keseluruhan. Apakah situs web tersebut terlihat seperti situs web yang disetujui Google berdasarkan pedoman kualitasnya?

Google memiliki pedoman yang mendefinisikan link spam dan salah satu pertimbangan utamanya adalah apakah link tersebut dibayar untuk memanipulasi peringkat di Google.

Hubungi Pemilik Situs Web untuk Meminta Penghapusan

Setelah mengidentifikasi tautan yang tidak wajar, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan alamat email untuk domain tersebut. Kamu dapat mencari formulir kontak atau email di halaman kontak situs web tersebut.

Jika tidak ada, kamu bisa mencoba format email standar seperti “namadepan.namabelakang@domainmereka.com”. Alat seperti Hunter juga bisa membantu atau kamu bisa mencari di media sosial.

Kemudian, kamu perlu mengirim email kepada mereka untuk meminta penghapusan tautan dari situs mereka. Berikut adalah contoh email yang dapat kamu gunakan untuk meminta penghapusan tautan:

Halo (nama_pemilik_situs),

Saya sedang meninjau tautan di situs web saya dan perlu bantuan Anda untuk menghapus tautan ini:

(URL_mereka)

Tautan ini mengarah ke situs web saya di sini:

(URL_Anda)

Jika Anda dapat menghapus tautan tersebut, saya akan menghargainya. Terima kasih atas perhatian Anda.

Salam,

(Namamu)
(nama depan.nama belakang@situswebmu.com)

Pastikan untuk mengirim email tersebut dari alamat email yang mencantumkan nama domainmu di dalamnya untuk meningkatkan kepercayaan.

Setelah berhasil menghapus beberapa tautan, langkah selanjutnya adalah memperbarui daftarmu. Beberapa pemilik situs web mungkin tidak merespons permintaanmu.

Ada juga yang bersedia menghapus backlink tersebut, tetapi mungkin mengenakan biaya untuk layanan penghapusan tautan.

Disavow Link
Disavow Link

Jika kamu sudah mencoba menghapus backlink tersebut dan tidak berhasil, langkah selanjutnya adalah disavow link atau menolak tautan tersebut.

Namun, ada risiko dalam disavow link karena bisa memengaruhi peringkat situs webmu jika tautan yang salah ditolak. Karena itu, pastikan bahwa tautan yang kamu tambahkan ke file penolakan benar-benar bermasalah bagi situs webmu.

Setelah kamu memiliki daftar domain yang ingin kamu tolak, kamu harus memformat file penolakanmu seperti ini:

# Two pages to disavow
http://spam.example.com/stuff/comments.html
http://spam.example.com/stuff/paid-links.html
# One domain to disavow
Domain:shadyseo.com

Langkah terakhir adalah mengunggah file .txt yang telah kamu siapkan ke halaman yang sesuai di Google Search Console (GSC).

Ini memungkinkan Google untuk mengetahui tautan mana yang kamu tolak dan tidak ingin dipertimbangkan dalam peringkat situs webmu.

Ajukan Review

Ajukan Review
Ajukan Review

Setelah kamu berusaha menghapus sebanyak mungkin backlink tidak wajar dan mengunggah file penolakan ke Google Search Console (GSC), langkah selanjutnya adalah meminta review atau peninjauan dari Google.

Kamu bisa melakukan ini dengan meng-klik tombol “Request review“. Jika Google merasa kamu telah melakukan pekerjaan yang memadai, mereka akan menghapus manual actions yang diberlakukan terhadap situs webmu.

Namun, jika mereka masih melihat masalah, kamu mungkin perlu mengulangi proses ini beberapa kali sampai manual actions dihapus.

Setelah mengetahui cara menghapus backlink dan melakukan pengecekan di GSC, kamu mungkin tidak menemukan pemberitahuan akan manual actions di sana.

Tapi, kamu mungkin memiliki keinginan yang besar untuk menghapus backlink tertentu. Sebelum menghapusnya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Salah satu hal yang paling penting adalah sering kali penghapusan backlink atau disavow link menimbulkan potensi penurunan traffic. Jadi, sebelum melakukannya, sebaiknya perhatikan beberapa skenario berikut ini.

Terjadi Penurunan Traffic yang Serius

Jika kamu khawatir tentang masalah dengan backlink, langkah pertama adalah melakukan audit backlink untuk mengetahui masalahnya.

Namun, penurunan traffic tidak selalu disebabkan oleh tautan saja, cek juga aspek technical SEO untuk melihat apakah ada masalah atau dampak dari pembaruan algoritma Google.

Kalau kamu menemukan link yang melanggar pedoman kualitas Google, kamu bisa menghapus atau menolak tautan tersebut. Selain itu, lakukan audit situs web secara menyeluruh untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah teknis yang mungkin berkontribusi pada penurunan traffic.

Menggunakan alat pihak ketiga untuk mengkategorikan backlink tidak selalu berarti backlink tersebut buruk untuk situs webmu.

Jika kamu menemukan tautan yang kamu yakini melanggar pedoman kualitas Google, kamu bisa menghapus atau menolak tautan tersebut.

Memiliki Banyak Tautan Domain Rate Rendah dari Situs Web yang Tidak Dikenali

Jika kamu memiliki banyak tautan dari situs web dengan Domain Rate (DR) rendah yang tidak kamu kenal, maka tidak perlu terlalu khawatir.

Situs web dengan otoritas rendah sering kali secara alami terhubung ke situs webmu dan hanya karena DRnya rendah tidak berarti situs web tersebut buruk atau harus dihapus.

Kalau kamu memutuskan untuk menghapus atau disavow link, selalu lebih baik untuk secara manual meninjau situs web yang menjadi sumber tautan tersebut sebelum mengambil keputusan.

Namun, dalam kebanyakan kasus, tidak diperlukan tindakan apa pun. Google dan mesin pencari lainnya akan menangani tautan dari situs web dengan otoritas rendah ini dengan cara mereka sendiri.

Jika kamu telah membayar untuk tautan tetapi belum mendapat penalti manual terkait tautan dari Google, sehingga mungkin lebih baik untuk tidak melakukan apa pun pada tahap ini.

Kalau kamu khawatir karena tautan berbayar yang kamu beli, maka pertimbangkan untuk menolak atau menghapusnya. Namun, sebelum melakukan itu, perhatikan masalah lain yang mungkin mempengaruhi situs webmu.

Sebelum mengambil tindakan terhadap tautan, ada baiknya menjalankan audit situs untuk memeriksa masalah teknis yang lebih umum. Selain itu, lakukan audit backlink untuk memastikan tidak ada masalah serius yang perlu segera diatasi terkait tautan.

Mengalami Serangan Negative SEO Berbasis Tautan

Kalau kamu yakin ada banyak tautan spam, buatan, atau berkualitas rendah yang mengarah ke situs webmu dan menyebabkan masalah, kamu perlu bertindak.

Google biasanya dapat membedakan tautan alami dari tautan yang tidak alami, tetapi jika serangan jadi lebih serius, kamu mungkin harus menghapus atau menolak tautan tersebut.

Namun, jika kamu ragu, selalu lebih baik meminta saran dari seorang profesional SEO sebelum mengambil tindakan apa pun terkait tautan. Mereka dapat membantumu menilai situasi dengan lebih baik dan membuat keputusan yang tepat untuk situs webmu.

Penting untuk memahami jenis tautan yang perlu dihapus dan tidak terburu-buru dalam mengambil tindakan. Jika kamu memerlukan bantuan dalam menangani backlink, profesional SEO dapat memberikan saran dan bantuan yang diperlukan.

Optimaise adalah penyedia jasa SEO terpercaya yang dapat membantumu dalam proses ini. Optimaise dapat membantumu mencapai tujuan SEO bisnismu dengan strategi yang tepat dan berkelanjutan.

Baca Juga

Optimaise