Digital MarketingSEO

Ketahui 9 Cara Cek Trafik Kompetitor yang Mudah Diikuti

Mbagas

Ketahui 9 Cara Cek Trafik Kompetitor yang Mudah Diikuti

Menganalisis trafik kompetitor di dalam SEO adalah cara untuk melihat bagaimana kompetitormu mendapatkan pengunjung dan menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan situs webmu sendiri. Tapi, apakah ada cara cek trafik kompetitor yang benar-benar akurat?

Ada banyak alat yang bisa membantu melakukan analisis ini, memberikan berbagai metrik dan wawasan, seperti jumlah trafik yang didapat pesaingmu dan apakah jumlah pengunjung mereka naik atau turun.

Pada dasarnya, analisis ini membantu kamu memahami apa yang sudah berhasil untuk perusahaan lain dan menerapkannya untuk mencapai kesuksesan yang sama. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak ada alat yang dapat memberikan data trafik kompetitor dengan akurasi 100%.

Mari kita lihat beberapa cara cek trafik kompetitor yang mudah untuk diikuti, sehingga bisa kamu gunakan untuk mencapai tujuan bisnismu.

Cara Cek Trafik Kompetitor untuk Menemukan Perkiraannya

Cara Cek Trafik Kompetitor untuk Menemukan Perkiraannya
Cara Cek Trafik Kompetitor untuk Menemukan Perkiraannya

Kamu dapat mengecek trafik situs web kompetitormu dengan cepat dan gratis menggunakan Website Traffic Checker dari Ahrefs. Alat ini akan memberikan berbagai informasi penting, seperti sumber trafik, halaman yang paling populer di situs tersebut, dan keyword yang mereka gunakan.

Selain itu, alat ini juga menunjukkan nilai trafik, ini berarti perkiraan nilai trafik organik jika harus dibayar melalui iklan di Google Ads (PPC).

Ini membantu kamu memahami dari mana pengunjung datang, apa yang menarik mereka, dan seberapa berharga trafik tersebut jika diukur dengan biaya iklan.

Temukan Organic Competitor

Temukan Organic Competitor
Temukan Organic Competitor

Organic competitor atau kompetitor organik adalah situs web yang bersaing denganmu untuk keyword yang sama di hasil pencarian.

Kamu biasanya akan memiliki lebih banyak kompetitor organik daripada pesaing bisnis langsung. Misalnya, perusahaan pembuat printer 3D mungkin bersaing dengan majalah tentang 3D printing untuk mendapatkan peringkat yang baik pada keyword yang sama, meskipun bisnis mereka berbeda.

Baca juga: 7 Praktik Redirect Terbaik yang Aman untuk SEO

Dengan mengidentifikasi kompetitor organik utamamu, kamu bisa mendapatkan lebih banyak ide keyword untuk ditargetkan, daripada hanya mengandalkan pesaing bisnis langsung. Berikut adalah cara untuk mengidentifikasi semua kompetitor organikmu:

  1. Buka Site Explorer di Ahrefs dan masukkan nama domainmu.
  2. Pergi ke laporan Organic competitors.

Di sana, kamu bisa melihat keyword yang sama-sama kamu dan kompetitor peringkatkan, serta keyword yang hanya diperingkat oleh pesaingmu. Ini dikenal dengan content gap.

Cara Cek Trafik Kompetitor Melalui Halaman dengan Traffic Tinggi

Cara Cek Trafik Kompetitor Melalui Halaman dengan Traffic Tinggi
Cara Cek Trafik Kompetitor Melalui Halaman dengan Traffic Tinggi

Jika kompetitormu menggunakan SEO, biasanya blog mereka akan menjadi sumber utama trafik organik. Namun, ini tidak selalu terjadi.

Mereka mungkin menggunakan cara lain untuk menarik pengunjung dari Google, seperti menyediakan alat gratis atau sumber daya gratis, dan kamu juga bisa melakukan hal yang sama.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Site Explorer dan masukkan domain kompetitormu.
  2. Pergi ke laporan Site structure.

Misalnya, seseorang yang menganalisis situs Ahrefs dapat melihat bahwa alat penulisan gratis mereka menarik lebih banyak trafik organik daripada blog mereka yang sudah bertahun-tahun.

Cara Cek Trafik Kompetitor Melalui Analisis Halaman dengan Kinerja Terbaik

Cara Cek Trafik Kompetitor Melalui Analisis Halaman dengan Kinerja Terbaik
Cara Cek Trafik Kompetitor Melalui Analisis Halaman dengan Kinerja Terbaik

Untuk melihat halaman kompetitormu yang memiliki kinerja terbaik, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka Site Explorer dan masukkan domain kompetitormua.
  2. Pergi ke laporan “Top pages”.

Langkah pertama adalah menargetkan keyword yang sama dengan halaman teratas mereka untuk menarik sebagian trafik ke situs webmu.

Selain itu, kamu bisa menggunakan laporan ini untuk melihat halaman mana yang menyebabkan peningkatan atau penurunan trafik kompetitor.

Fokuslah pada halaman dengan performa terbaik dan gunakan fitur “Compare pages” untuk melihat kapan halaman tersebut mulai mendapatkan trafik.

Untuk melihat apa yang dilakukan pesaing untuk meningkatkan halaman, klik ikon sisipan di sebelah halaman tersebut dan pilih “Inspect“. Kemudian, pilih tanggal di kalender untuk melihat perubahan yang dilakukan pada konten halaman pada waktu itu.

Jelajahi Keyword yang Mendatangkan Peluang Trafik

Jelajahi Keyword yang Mendatangkan Peluang Trafik
Jelajahi Keyword yang Mendatangkan Peluang Trafik

Jika kamu sudah menerapkan SEO atau tengah mempertimbangkannya, melihat daftar keyword kompetitormu bisa sangat bermanfaat. Ini hampir seperti mereka membagikan riset keyword mereka kepada kamu.

Kamu bisa menggunakan data keyword ini untuk menemukan beberapa hal:

  1. Keyword yang paling efektif dan mengarahkan sebagian trafiknya dengan membuat kontenmu sendiri.
  2. Keyword yang paling efektif di negara tertentu.
  3. Keyword dengan istilah tertentu untuk menemukan ide konten seputar topik atau frasa tertentu.
  4. Keyword dengan tingkat kesulitan rendah yang biasanya lebih mudah untuk diranking.

Untuk menemukan keyword kompetitormu, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka Site Explorer dan masukkan domain pesaingmu.
  2. Pergi ke laporan “Organic keyword“.
  3. Gunakan filter untuk menemukan apa yang kamu butuhkan.

Misalnya, gunakan filter KD untuk menemukan keyword dengan persaingan rendah. Kamu juga dapat melacak riwayat peringkat keyword yang menghasilkan trafik terbanyak bagi pesaingmu.

Jika kamu melihat lonjakan tiba-tiba, kemungkinan besar mereka telah memperbarui konten untuk meningkatkan peringkat.

Dengan menggunakan fitur kalender yang disebutkan sebelumnya, kamu bisa mempelajari bagaimana mereka melakukannya.

Lakukan Analisis Content Gap

Lakukan Analisis Content Gap
Lakukan Analisis Content Gap

Salah satu cara terbaik untuk menemukan trafik organik yang mungkin kamu lewatkan adalah dengan melakukan analisis content gap.

Di dalam SEO, ini berarti kamu harus mencari keyword yang diranking oleh kompetitormu, tetapi kamu tidak. Beberapa keyword tersebut bisa menjadi topik yang sangat baik untuk kamu bahas di situs webmu.

Di Ahrefs, kamu bisa melakukan analisis content gap secara otomatis dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka alat Competitive Analysis Ahrefs.
  2. Masukkan domainmu di bagian “Target“.
  3. Masukkan domain kompetitormu di bagian “Competitors”.
  4. Tekan “Compare“.
  5. Klik laporan “Content gap“.

Aktifkan “Main positions” di bagian kanan atas untuk mengecualikan peringkat kompetitormu di fitur SERP, seperti “Top stories” dan “Image packs”.

Sekarang lihat laporan dan identifikasi keyword yang relevan dengan situs webmu. Kolom volume akan menunjukkan kepadamu keyword mana yang cenderung mengirimkan trafik paling banyak.

Bandingkan Trafik dari Berbagai Kompetitor

Bandingkan Trafik dari Berbagai Kompetitor
Bandingkan Trafik dari Berbagai Kompetitor

Mengamati kinerja trafik organik jangka pendek bisa memberikan wawasan tentang perkembangan terbaru dalam peringkat kompetitormu, misalnya dalam 24 jam hingga beberapa minggu terakhir.

Kamu dapat melihat dampak dari Google Update terbaru pada situs mereka, mengetahui berapa banyak trafik yang mereka peroleh atau hilang bulan lalu, atau memeriksa apakah ada halaman baru yang sudah mulai mendapatkan trafik.

Untuk melihat kinerja trafik organik jangka pendek:

  1. Buka Site Explorer dan masukkan domain kompetitormu.
  2. Di laporan “Overview“, pilih jangka waktu dalam mode “Changes“.

Ini akan menyesuaikan metrik utama dan trafik berdasarkan lokasi, serta menunjukkan perubahan selama periode yang dipilih.

Kamu dapat mendalami perubahan trafik harian, yang sangat berguna untuk melihat dampak pembaruan Google pada trafik kompetitormu. Perbandingan tanggal tersedia di berbagai alat dan laporan di Ahrefs.

Mengamati kinerja trafik jangka panjang memungkinkan kamu menetapkan target trafik untuk menyamai atau melampaui trafik kompetitormu, serta merencanakan anggaran berdasarkan kinerja kompetitor.

Kamu juga bisa menggunakannya untuk memperkirakan trafik kompetitormu. Untuk melihat kinerja trafik jangka panjang:

  1. Buka Site Explorer dan masukkan domain kompetitormu.
  2. Aktifkan mode “Year” di grafik trafik.
  3. Sesuaikan jangka waktu dan ekspor data jika diperlukan.

Cara Cek Trafik Kompetitor Melalui Perbandingan Organic Share of Voice Kompetitor

Cara Cek Trafik Kompetitor Melalui Perbandingan Organic Share of Voice Kompetitor
Cara Cek Trafik Kompetitor Melalui Perbandingan Organic Share of Voice Kompetitor

Organic Share of Voice (SOV) adalah metrik SEO yang menunjukkan seberapa banyak trafik yang diperoleh halamanmu dibandingkan dengan halaman kompetitor.

Dengan kata lain, jika kamu ingin melihat keseluruhan pangsa trafik pencarian organik di market dan berupaya meningkatkannya, SOV adalah metrik yang tepat untuk digunakan.

SOV didasarkan pada keyword yang kamu lacak, jadi kamu perlu menambahkannya ke alat pelacakan terlebih dahulu. Keyword ini bisa mencakup yang kamu targetkan di blog, halaman produk, atau semua keyword penting secara bersamaan.

Untuk melacak SOV ikutilah langkah-langkah berikut:

  1. Buka Rank Tracker Ahrefs.
  2. Mulai proyek baru.
  3. Pilih keyword untuk dilacak.
    • Gunakan filter untuk menyaring daftar yang disarankan dan tambahkan keyword lainnya nanti. Pastikan hanya memilih lokasi yang relevan untuk situs webmu.
  4. Tambahkan kompetitor. Kamu bisa menambahkan situs tertentu atau memilih dari situs yang disarankan oleh alat ini.

Perhatikan perpotongan keyword, semakin tinggi angkanya, makan semakin “dekat” kompetitor tersebut. Setelah penyiapan selesai, kamu dapat melihat dan melacak SOV secara rutin di bagian “Competitor” > “Overview” di Rank Tracker.

Temukan Halaman yang Mendatangkan Trafik ke Kompetitor

Temukan Halaman yang Mendatangkan Trafik ke Kompetitor
Temukan Halaman yang Mendatangkan Trafik ke Kompetitor

Salah satu cara kompetitormu mendapatkan trafik adalah melalui tautan dari situs lain yang dikenal sebagai “refferal traffic”.

Mengetahui sumber tautan kompetitormu memungkinkan kamu mengejar tautan serupa yang dapat membantu meningkatkan refferal traffic situsmu, meningkatkan SEO, dan memperluas kesadaran merekmu.

Untuk menemukan halaman yang kemungkinan besar memberikan trafik ke kompetitormu, carilah backlink dari halaman dengan trafik organik yang signifikan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Site Explorer dan masukkan domain kompetitormu.
  2. Buka laporan “Backlink“.
  3. Halaman dengan trafik terbanyak akan ditampilkan di bagian atas secara default.
  4. Gunakan filter “Referring page title” untuk melihat ulasan atau peringkat di mana kamu juga dapat dicantumkan.
  5. Tambahkan kata-kata, seperti “vs, review, tool, tools, top” sebagai cara untuk mengidentifikasi halaman-halaman ini.

Setelah melalui berbagai langkah untuk menganalisis dan memahami trafik kompetitormu, penting untuk menyimpulkan pentingnya upaya ini dalam strategi SEOmu.

Dengan menggunakan alat seperti Ahrefs, kamu dapat dengan mudah melacak kinerja kompetitor dan merencanakan strategi SEOmu secara lebih efektif.

Jika kamu membutuhkan bantuan lebih lanjut dalam menerapkan strategi SEO yang tepat untuk bisnismu, tim ahli kami di Optimaise siap membantu.

Dengan pengalaman dalam meningkatkan visibilitas online dan mengoptimalkan trafik web, Optimaise adalah penyedia jasa SEO yang dapat dipercaya. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut!

Baca Juga

Optimaise