Digital MarketingSEO

3 Dampak Buruk Link Spam dan Cara Mengatasinya

Deric

3 Dampak Buruk Link Spam dan Cara Mengatasinya

Para pelaku SEO harus selalu mengikuti perkembangan dan tren SEO. Oleh sebab itu informasi seputar link spam menjadi sangat penting untuk diketahui. Apakah kamu pemula di bidang satu ini?

Tautan berisi spam tentu akan sangat berpengaruh pada pengalaman pengguna. Artikel dengan tautan tersebut berisi informasi yang kurang berkualitas. Oleh sebab itu, Google membuat kebijakan agar para pakar SEO tidak sembarangan dalam menggunakan tautan keluar.

Link spam merupakan praktik tidak etis yang dilakukan untuk dapat menghasilkan dan memanipulasi tautan berkualitas rendah atau tidak relevan. Tujuannya adalah mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari secara artifisial. Alhasil, upaya tersebut tidak sesuai dengan pedoman mesin pencari. Bahkan dianggap sebagai teknik black hat SEO.

Alih-alih menaikkan peringkat, tautan spam justru akan menurunkan peringkat situs web. Mengapa? Google sebagai mesin pencari memberikan penalti bagi situs web yang mengandung tautan spam. Hal tersebut juga dapat berdampak pada kredibilitas situs web karena pengunjung merasa tidak nyaman dan tidak percaya.

Untuk bisa menghindari dampak buruk dari penggunaan tautan spam, pastikan situs kamu memiliki pedoman dalam memasukkan tautan ke situs web. Sehingga bisa meminimalisir risiko dan dampak bahaya bagi keberlangsungan situs web.

Baca Juga: 3 Metode Black Hat SEO yang Harus Kamu Hindari

Berbicara tentang link spam, sebagai pemula kamu pasti ingin tahu apa saja yang dianggap sebagai tautan spam. Berikut adalah beberapa jenis spam tautan yang harus kamu waspadai:

  • Komentar spam termasuk komentar yang tidak relevan atau bersifat promosi di forum, blog, atau platform lain hanya untuk menyertakan tautan ke situs tertentu.
  • Forum spam dengan cara memposting pesan tidak relevan atau yang bersifat promosi di forum diskusi tertentu agar mendapatkan backlink.
  • Spam buku tamu melibatkan software otomatis atau individu yang memposting pesan secara manual namun tidak relevan dengan buku tamu.
  • Link farms, yaitu jaringan situs web yang hanya menyediakan tautan atau menjual tautan ke situs web tertentu.
  • Tautan tersembunyi di dalam konten situs web atau trik CSS sebagai praktik menipu agar bisa memanipulasi algoritma mesin pencari.
  • Pembangunan tautan otomatis yang biasanya melibatkan bot guna menghasilkan tautan kurang berkualitas dengan berbagai taktik termasuk spam komentar, program pertukaran tautan, maupun pengiriman direktori.

Sebagai praktik yang melanggar ketentuan mesin pencari, link spam tentu membawa dampak tidak baik bagi situs web. Pihak yang akan merasakan dampak tersebut adalah situs web yang membuat dan menerima tautan tersebut.

Berikut adalah beberapa dampak tautan spam yang tidak boleh kamu anggap sepele:

Peringkat Situs Web Menurun

Salah satu dampak dari praktik tautan spam adalah penurunan peringkat situs web di mesin pencari. Jadi, apabila kamu sempat berpikir untuk melakukan praktik satu ini, sebaiknya pikirkan kembali dampak yang bisa terjadi pada situs web kamu.

Mesin pencari termasuk Google akan beranggapan bahwa situs yang membuat dan menerima tautan spam adalah situs spammer.

Penurunan tidak hanya terjadi pada peringkat situs di mesin pencari, tetapi juga pada reputasi situs web itu sendiri. Saat mesin pencari menilai situs web tidak cocok untuk berada di hasil pencarian tertinggi, hal tersebut akan berdampak pada reputasi situs web tersebut.

Situs web kamu menjadi sulit untuk ditemukan. Jadi, tidak heran apabila reputasinya kemudian menurun seiring dengan berjalannya waktu. Bayangkan apa yang akan terjadi apabila mesin pencari dan pengguna internet tidak lagi mempercayai situs kamu. Bukankah keberadaan situs web adalah untuk membangun kesadaran merek dan menjual produk atau jasa?

Konten tidak relevan atau tidak berkualitas yang pengguna temukan di situs web tentu akan dapat mengikis kepercayaan. Mereka akhirnya tidak lagi percaya dan mencari situs web lain yang bisa menyediakan informasi yang mereka cari.

Berkurangnya Trafik Organik

Praktik spam tautan juga akan berdampak pada berkurangnya trafik organik. Mesin pencari menilai situs web kamu tidak lagi otoritatif sehingga tidak akan muncul di halaman pertama. Lambat laun, situs juga akan mendapatkan trafik organik yang semakin berkurang karena pengguna internet menjadi lebih sulit dalam menjangkau situs tersebut.

Berada di peringkat teratas hasil pencarian memudahkan situs web ditemukan oleh pengguna internet. Namun, apabila terjadi sebaliknya, bagaimana trafik organik akan meningkat?

Dengan memahami apa itu link spam dan dampaknya untuk situs web, kamu harus segera memeriksa situs. Pastikan situs tidak memiliki tautan spam. Namun, apabila kemudian menemukan adanya tautan tersebut, coba beberapa cara berikut untuk mengatasinya sebelum memberikan dampak yang buruk:

Lakukan pembersihan

Peringkat mulai menurun? Atau merasa jumlah pengunjung semakin hari semakin berkurang? Mungkin kamu harus segera melakukan pengecekan untuk menemukan beberapa masalah yang mungkin terjadi. Salah satunya adalah kemungkinan adanya spam tautan / spam backlink.

Baca juga: Low Hanging Fruit SEO: Perhatikan 8 Poin Ini!

Apabila benar menemukan backlink spam, segera bersihkan dengan Disavow tools yang ada di Google dan kembalikan reputasi situs di mata mesin pencari maupun pengguna internet. Manfaatkan Ahrefs Backlink Checker untuk menemukan keberadaan backlink spam.

Tautan kembali / backlink merupakan salah satu faktor yang Google pertimbangkan dalam memberikan peringkat ke situs web. Akan tetapi, kamu tidak boleh hanya sekedar memasang backlink tanpa memperhatikan kualitasnya. Apabila hendak memasang tautan keluar, gunakan hanya yang berkualitas.

Apabila masih ragu, sebaiknya kurangi penggunaan tautan keluar. Sebagai gantinya, kamu bisa memaksimalkan elemen SEO lainnya, termasuk memperbaiki kata kunci / keyword dan konten.

Ikuti panduan belajar SEO untuk pemula agar bisa memahami dasar-dasar SEO.

Selain kedua cara di atas, spam backlink juga bisa kamu atasi dengan penggunaan alat penghapus spam tautan atau yang biasa disebut disavow tools. Dengan begitu, kamu bisa memastikan konten tidak lagi berisi link spam. Jadi, kamu bisa lebih tenang dan bersiap untuk memaksimalkan upaya SEO agar situs web berada di halaman pertama Google.

Meski tidak menemukan indikasi adanya spam tautan di situs web, akan lebih baik untuk berjaga-jaga. Ada beberapa tips untuk menghindari spam backlink, di antaranya adalah:

  • Buat dan posting konten berkualitas tinggi
  • Bangun backlink alami
  • Pantau dan tolak apabila ada tautan / backlink yang kamu curigai
  • Menjadi bagian dari komunitas yang relevan dengan konten di situs web
  • Tetap update informasi

Tautan menjadi salah satu hal penting dalam melakukan optimasi mesin pencari melalui SEO. Oleh sebab itu, kamu harus berhati-hati dalam membuat backlink. Jangan sampai malah menggunakan tautan yang dianggap sebagai link spam oleh mesin pencari, alih-alih tautan berkualitas.

Kekhawatiran akan terjadinya spam tautan memang reaksi alami dari diri seorang pemula. Akan tetapi, upaya optimasi harus tetap berjalan agar situs web muncul di mesin pencari dan bisa pengguna temukan dengan mudah.

Nah, sebagai solusi yang tepat, kamu bisa menggunakan jasa SEO Malang terbaik. Dapatkan jasa tersebut dengan menghubungi Optimaise sekarang juga!

Baca Juga

Optimaise