Digital MarketingSEO

3 Cara Melakukan Amazon Keyword Research

Siti Rohmah Noviah

3 Cara Melakukan Amazon Keyword Research

Apakah sudah yakin untuk menjual produk di Amazon? Jika demikian, itu artinya kamu siap untuk melakukan upaya optimasi yang bertujuan agar produk mendapatkan peringkat tertinggi di hasil pencarian. Hasil pencarian tersebut akan ditampilkan di layar pembeli yang mencari produk sesuai kebutuhannya.

Untuk hal tersebut, seberapa penting Amazon keyword research?

Keyword merupakan bagan dari cara Amazon menentukan produk yang akan ditampilkan dalam pencarian yang dilakukan oleh pelanggan tertentu. Penggunaan istilah yang tepat dapat meningkatkan kemungkinan produk muncul di posisi teratas dalam hasil pencarian.

Melalui artikel satu ini, kamu bisa mencari tahu cara kerja algoritma pencarian Amazon. Selengkapnya bisa kamu simak berikut!

Cara Kerja Algoritma Pencarian Amazon

Sebelum masuk ke pembahasan tentang Amazon keyword research, sebaiknya ketahui dahulu seperti apa cara kerja algoritma pencarian di website tersebut. Produk mendapatkan peringkat berdasarkan beberapa faktor berikut:

  • Keyword: menambahkan kata kunci spesifik ke daftar produk dapat memperbesar peluang produk ditampilkan di hasil pencarian serupa.
  • Review: dengan mendapatkan ulasan positif, kamu bisa membuktikan bahwa kamu menawarkan produk berkualitas tinggi sehingga akan berpengaruh pada hasil pencarian.
  • Conversion rate: memastikan persentase conversation rate tetap tinggi memungkinkan Amazon menampilkan produk kamu di hasil pencarian.
  • Sales history: riwayat penjualan menunjukkan bahwa pelanggan senang dengan produk kamu sehingga memungkinkan produk kamu berada di halaman pertama hasil pencarian Amazon.

Faktor-faktor tersebut membantu algoritma menentukan produk yang paling tepat untuk pencarian tertentu. Kali ini, kamu bisa fokus pada salah satu faktor di atas, yaitu kata kunci (keyword).

Panduan belajar SEO untuk pemula akan membantu dalam memahami cara optimasi agar mendapatkan peringkat terbaik di hasil pencarian, termasuk Amazon.

Mengenal Apa itu Amazon Keyword

Terlepas dari apapun alasan kamu memilih untuk memasarkan dan menjual produk melalui Amazon, pahami pentingnya kata kunci sebagai bagian dari upaya optimasi.

Baca juga: 3 Cara Menggunakan Google Search Console Links Report untuk Strategi Backlink

Keyword dalam Amazon adalah istilah yang berhubungan dengan produk untuk membantu Amazon memahami bahwa produk kamu bisa memenuhi kebutuhan para pembeli. Untuk bisa menambahkan kata kunci ke produk, tersedia dua cara, yaitu:

  • Frontend keyword memungkinkan kamu menggunakannya pada daftar produk seperti pada deskripsi, judul, atau bullet point produk.
  • Backend keyword bisa kamu tambahkan ke tab kata kunci di daftar produk yang ada di Amazon Seller Central namun tidak akan ditampilkan kepada pembeli.

Cara Melakukan Amazon Keyword Research

Bagaimana cara menemukan keyword yang tepat agar bisa digunakan dalam daftar produk? Nah, kamu bisa melakukan Amazon keyword research dengan beberapa metode sederhana berikut:

Gunakan Analitik Khusus Kata Kunci Ecommerce

Ecommerce keyword analytics adalah aplikasi yang dapat membantu menemukan kata kunci yang paling populer di Amazon. Untuk bisa menggunakannya, ketik di seed keyword dan kemudian klik tombol Search. Selanjutnya, kamu akan dapat melihat laporan rinci yang ditampilkan termasuk jumlah pencarian, klik, dan pesanan bulanan untuk kata kunci tersebut di berbagai retailer di wilayah yang kamu pilih.

Baca Juga: Seed Keyword: Pelajari 7 Hal Penting Ini!

Manfaatkan Amazon Search Bar untuk Menemukan Saran Keyword

Dalam melakukan Amazon keyword research, kamu juga bisa memanfaatkan search bar untuk bisa menemukan beberapa saran kata kunci. Hal tersebut pasti sudah tidak asing bagi yang terbiasa menggunakan Amazon untuk mencari produk tertentu.

Fitur bisa kamu gunakan untuk mendapatkan kata kunci target yang bisa kamu tambahkan ke daftar. Pikirkan kata kuncum mana yang mungkin calon pelanggan potensial gunakan untuk menemukan produk seperti yang kamu tawarkan. Coba gunakan empat hingga lima kata kunci tersebut.

Gunakan Pencarian Google

Pembeli belum tentu menggunakan kueri pencarian yang sama di Google dan Amazon. Namun prediksi pelengkapan otomatis dan hasil pencarian Google dapat mengarahkan kamu ke beberapa kata kunci yang berpotensi relevan untuk disertakan dalam daftar Amazon.

Mulailah dengan mengetikkan salah satu istilah pencarian produk utama Anda ke dalam bilah pencarian Google. Kamu akan melihat bahwa itu akan menyarankan beberapa kata kunci yang relevan.

Cara Menggunakan Amazon Keyword untuk Menunjukkan Relevansi Produk

Berbicara tentang Amazon keyword research, tentu kamu mempunyai kebutuhan akan penggunaan kata kunci yang tepat agar sesuai dengan produk yang ditawarkan, bukan?

Untuk menampilkan kata kunci di daftar produk Amazon, lakukan beberapa cara berikut:

Gunakan Kata Kunci di Judul Produk

Setelah melakukan Amazon keyword research dengan berbagai cara, kamu akan mendapatkan kata kunci. Kemudian, gunakan kata kunci tersebut pada judul produk karena merupakan bagian paling penting agar produk mendapatkan peringkat di pencarian Amazon.

Cukup masukkan kata kunci utama yang kamu harapkan dapat dirangking oleh Amazon. Kemudian pastikan judul tidak lebih dari 79 karakter. Untuk menyesuaikan judul produk, masuk ke Amazon Seller Central dan pilih Inventory > Manage All Inventory.

Lakukan beberapa langkah berikutnya sesuai kebutuhan, yaitu menggunakan kata kunci pada bagian judul produk.

Masukkan Keyword pada Deskripsi Produk

Deskripsi produk merupakan tempat yang baik untuk menambahkan keyword yang tidak bisa diletakkan pada bagian judul produk. Keyword tersebut bisa kamu peroleh melakukan Amazon keyword research.

Meski di bagian deskripsi kamu bisa menambahkan kata kunci berkali-kali namun sebaiknya jangan berlebihan. Cukup gunakan dua hingga tiga tambahan kata kunci di bagian tersebut. Klik Description di Amazon Seller Central dan tambahkan rincian yang menyertakan keyword sekunder pada Product Description.

Masukkan Keyword di Beberapa Poin

Penambahan kata kunci juga bisa kamu lakukan di bagian poin penting, seperti di bagian fitur utama produk. Akan tetapi, pastikan untuk tidak berlebihan karena dinilai sebagai praktik yang buruk yang berdampak buruk pada peringkat hasil pencarian di Amazon.

Tambahkan Keyword Tersembunyi Amazon dan Istilah Pencarian di Seller Central

Selain di bagian frontend, kamu juga bisa menambahkan kata kunci di bagian backend. Di bagian tersebut, kata kunci akan disembunyikan namun tetap memberikan dampak baik untuk peringkat di hasil pencarian.

Pentingnya Menggunakan Keyword yang Tepat

Amazon keyword research membantu penjual menemukan kata kunci yang tepat untuk setiap produknya. Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa setiap produk berpeluang muncul di hasil pencarian teratas saat calon pembeli mencari produk terkait di Amazon. 

Itulah mengapa menargetkan kata kunci yang tepat merupakan langkah penting dalam mendapatkan peringkat yang tinggi di hasil pencarian Amazon. Menemukan kata kunci tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Oleh sebab itu, gunakan cara yang tepat. 

Gunakan beberapa tool terbaik seperti Organic Research dan Ecommerce Keyword Analytics untuk mengidentifikasi pilihan berkelanjutan bagi daftar produk kamu. Jadi, kamu bisa mendukung upaya pemasaran dan mengoptimasi conversion rate.

Upaya optimasi sudah pasti melibatkan Search Engine Optimization (SEO). Akan tetapi, tidak semua orang tahu bagaimana caranya mengoptimalkan upaya tersebut agar mendapatkan hasil maksimal. Itulah mengapa kali ini kamu perlu jasa SEO Malang terbaik dari Optimaise.

Baca Juga

Optimaise