Digital MarketingSEOWebsite

5 Cara Cek DA PA Gratis, Kamu Wajib Tahu!

Farid

cara cek DA PA cover

Untuk memastikan situs bisnismu tetap berada di halaman pertama Google, pemantauan secara rutin penting banget kamu lakukan. Salah satunya, kamu perlu tahu cara cek DA PA. Bagi penggiat optimasi website, kedua istilah ini sudah pasti nggak asing. Keberadaan keduanya juga penting banget untuk menjaga supaya sebuah situs atau blog tetap berada di halaman pertama mesin pencari. Nggak mengherankan kalau banyak perusahaan yang menggunakan jasa agensi terbaik untuk memantau skor DA dan PA.  

Kenapa mengecek DA dan PA penting banget? Singkatnya, semakin tinggi skor keduanya, maka akan makin besar pula peluang situsmu meraih rangking memuaskan di Google. Lantas, bagaimana cara cek DA dan PA serta meningkatkan performanya? Yuk, simak ulasan tips berikut!

Apa Itu DA dan PA?

cara cek DA PA
cara cek DA PA

Pertama-tama, kamu perlu mengenal DA dan PA terlebih dulu, ya. Supaya, cara cek DA PA yang kamu terapkan nanti jadi lebih efektif. DA atau Domain Authority adalah sistem skor atau nilai yang dipakai untuk membantu pengguna memprediksi peluang ranking sebuah situs pada search engine. Ini merupakan sistem yang pertama kali diperkenalkan oleh sebuah tool optimasi SEO yaitu Moz.

Untuk scoring, DA memakai skala skor menggunakan rentang angka mulai dari 1 – 100. Semakin tinggi skor DA yang situs kamu peroleh, maka peluang situsmu masuk ke dalam radar Google dan menempati rangking teratas di laman pencarian pun semakin besar. Inilah yang membuat banyak praktisi SEO memprioritaskan skor DA dalam strategi optimasi situs.

Selain DA, PA atau Page Authority juga merupakan aspek penting dalam SEO. Skor PA menunjukkan peluang rangking halaman sebuah website dalam hasil pencarian Google. Sama seperti DA, skor PA juga berada pada rentang angka 1-100. Peluang laman situsmu bertengger di rangking teratas Google akan semakin besar apabila skor PA-mu tinggi. Inilah kenapa kamu perlu mengetahui cara cek DA PA.

Baca juga: Apa Itu Long Tail Keyword dan 3 Cara Efektif Mencarinya!

Cara Cek DA PA Paling Efektif

Cara Cek DA PA Paling Efektif
Cara Cek DA PA Paling Efektif

Mengecek skor DA dan PA tentunya sangat penting supaya strategi SEO yang kamu terapkan bisa kasih hasil yang lebih optimal. Untuk cara cek DA PA sebenarnya relatif sederhana. Soalnya, sekarang sudah ada banyak sekali tools gratis yang bisa kamu pakai. Yuk, simak rekomendasinya berikut!

Cara Cek DA PA dengan tool MOZ

Cara Cek DA PA dengan tool MOZ
Cara Cek DA PA dengan tool MOZ

Sebagai penemu sistem skor DA dan PA, MOZ jadi tool yang tepat banget buat kamu. Dengan memakai tool ini, kamu bisa mengecek skor domain dan halaman situsmu secara gratis. Di sisi lain, penggunaan tool ini memang punya batas kuota untuk pengguna gratis. Walaupun demikian, cara cek da pa ini sudah lumayan efektif buat membantumu memetakan strategi SEO yang tepat. Kamu bisa mengecek DA dan PA dengan langkah-langkah berikut:

  1. Untuk mengecek DA, kunjungi situs analytics tool MOZ
  2. Setelah itu, masukkan alamat domain atau websitemu ke dalam kolom analisis. Lanjutkan dengan menekan tombol “Analyze”
  3. Kamu akan mendapatkan informasi overview lengkap. Mulai dari skor DA, inbound links, linking domains, dan rangking keywords
  4. Untuk mengecek skor PA, arahkan panah ke bagian menu sidebar di sebelah kiri. Setelah itu, pilih Compare Link Profiles
  5. Untuk cara cek DA PA secara bersamaan, kamu bisa langsung klik opsi “Exact Page”.

Cara Cek DA PA dengan Tool Ahrefs

Cara Cek DA PA dengan Tool Ahrefs
Cara Cek DA PA dengan Tool Ahrefs

Kamu juga bisa menggunakan Ahrefs untuk mengecek DA dan PA situsmu, lho. Tapi, situs ini menggunakan istilah lain, yaitu DR atau Domain Rating dan UR adalah URL Rating . Walaupun berbeda dari segi istilah, ketiganya memiliki arti yang kurang lebih sama. Pada dasarnya, DR menunjukkan kekuatan atau efektivitas dari backlink yang kamu pakai pada situsmu. Berikut cara cek DA PA menggunakan tool ini:

  1. Pertama-tama, kunjungi situs Website Authority Checker dari Ahrefs
  2. Setelah itu, masukkan alamat situsmu ke dalam kolom analisis yang tersedia
  3. Lanjutkan dengan menekan tombol “Check Authority” untuk memulai proses analisis
  4. Untuk memastikan kamu bukan robot spam, centang kotak keterangan “I’m not a robot” pada jendela verifikasi yang muncul
  5. Situs ini akan langsung menunjukkan hasil skor domain rating beserta dengan jumlah backlink dan persentasenya, serta linking website yang dimiliki websitemu.

Cara Cek DA PA dengan Tool Majestic

Cara Cek DA PA dengan Tool Majestic
Cara Cek DA PA dengan Tool Majestic

Majestic adalah salah satu tool terbaik untuk mengakomodasi kebutuhan SEO-mu. Termasuk salah satunya adalah pengecekan DA dan PA, yang dimana di Tool Majestic ini memiliki istilah lain yaitu TF dan CF. TF sendiri merupakan arti dari Trust Flow ,dan CF dari sebutan Citation Flow. Keunggulan utama dari DA & PA atau TF & CF Checker dari tool ini adalah kamu bisa lihat informasi lengkap mengenai situsmu. Walaupun tidak secara gamblang dijelaskan, kamu bisa lihat skor DA dan PA yang di Tool Majestic ini melalui hasil analisis backlink breakdown, duplicate backlink, backlink history, dan lain-lain. Langkah pengecekan skor DA dan PA menggunakan tool ini adalah:

  1. Kunjungi situs resmi tool Majestic
  2. Next, masukkan alamat situsmu ke dalam kolom analisis. Klik tombol “Search” untuk memulai proses
  3. Setelah proses analisis selesai, tool ini akan menampilkan metrik hasil analisis data lengkap mengenai backlink situsmu. Nah, kamu bisa pakai data tersebut untuk memperkirakan skor DA & PA.

Cara Cek DA PA dengan Tool SEMRush

Cara Cek DA PA dengan Tool SEMRush
Cara Cek DA PA dengan Tool SEMRush

Nggak cuma berguna untuk memperkaya strategi SEM, tool SEMRush ini juga bisa kamu pakai buat memperkirakan skor DA dan PA. Di dalam tool ini, kedua skor tersebut diwakili dengan istilah Authority Score. Yuk, simak caranya berikut ini:

  1. Langkah pertama, klik Domain Overview SEMRush
  2. Lanjutkan dengan memasukkan alamat websitemu ke dalam kolom pencarian
  3. Klik “Search” dan tunggu hingga tool ini selesai melakukan proses analisis
  4. Tampilan Authority Score situsmu akan langsung ditampilkan di laman tersebut.

Cara Cek DA PA dengan Tool SEO Checker

Cara Cek DA PA dengan Tool SEO Checker
Cara Cek DA PA dengan Tool SEO Checker

Kamu juga bisa pakai tool SEO Checker sebagai alternatif untuk menemukan skor DA dan PA situsmu. Yang menarik dari tool ini adalah kamu bisa mengecek 10 DA dan PA dari 10 domain yang berbeda. Cocok nih buat kamu yang ingin mengecek efektivitas strategi SEO dari banyak situs sekaligus. Berikut cara cek DA PA menggunakan tool ini:

  1. Langkah pertama, kunjungi situs resmi SEO Checker
  2. Setelah itu, klik menu “Domain Authority Checker” yang terletak pada bagian menu sebelah kiri layar
  3. Pada kolom yang tersedia, masukkan url situs milikmu. Kalau kamu ingin mengecek banyak situs sekaligus, pisahkan masing-masing domain menggunakan tanda baca koma atau tekan “Enter”
  4. Centang kotak “I’m not a robot” pada jendela verifikasi yang muncul
  5. Klik tombol “Check” dan tunggu hingga tool selesai memproses datamu.

Cara cek DA PA yang kami rekomendasikan di atas mudah banget dan cocok buat kamu yang baru belajar mengenai praktek SEO. Setelah mengetahui skor DA dan PA, kamu bisa lanjut menyusun strategi SEO yang sesuai untuk mendongkrak rangking situsmu. Atau, kamu bisa menyerahkan segala urusan mengenai optimasi situs kepada Optimaise.

Layanan jasa SEO dari Optimaise sudah mencakup pengecekan skor DA dan PA untuk situsmu, lho. Dengan menggunakan data skor otorisasi yang sudah ada, tim SEO specialists kami akan langsung menyusun strategi optimasi website yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Kamu juga bisa mendapatkan harga paket layanan yang sangat terjangkau jika kamu memesan jasa kami sekarang juga!

Baca Juga

Leave a Comment

Optimaise