Digital MarketingSEO

TrustRank dan 6 Cara Meningkatkannya

Siti Rohmah Noviah

TrustRank dan 6 Cara Meningkatkannya

Sedang mempelajari SEO lebih dalam? Itu artinya kamu berada di tempat yang tepat karena bisa mendapatkan informasi tentang TrustRank, algoritma yang akan membedakan situs web berkualitas dan web yang dianggap spam.

Tentang TrustRank

TrustRank adalah algoritma yang dibuat untuk dapat membedakan situs baik dan situs spam. Juga membantu mesin pencari memberikan peringkat bagi halaman atau situs di pencarian. Dengan kata lain, situs akan dinilai berdasarkan kualitasnya berdasarkan reputasi situs, apakah kebenaran konten dapat dipertanggungjawabkan atau tidak.

Situs dengan kualitas buruk seringkali dinilai sebagai spam dan sebaliknya.

Zoltan Gyongyi dan hector Garcia-Molina dari Universitas Stanford dan Jan Pedersen dari Yahoo! pertama kali memperkenalkan TrustRank dalam riset berjudul “Combating Web Spam with TrustRank” di tahun 2004 silam. Awal mula diciptakannya algoritma tersebut karena PageRank dinilai tidak cukup untuk mengukur kepercayaan situs web.

Dengan algoritma satu ini, mesin pencari bisa melihat situs berkualitas baik dan menghindari situs berkualitas rendah.

Bagi yang sedang mempelajari SEO dari awal, panduan belajar SEO untuk pemula bisa menjadi referensi yang tepat.

Cara Kerja TrustRank

Sebagai algoritma yang bekerja untuk memisahkan halam web berguna dari halaman spam, TrustRank menggunakan kepercayaan sebagai indikator. Memang tidak ada metrik langsung pada algoritma tersebut. Namun, untuk mengetahui apakah sebuah situs dapat dipercaya atau tidak, dilakukan penghitungan jarak antara halaman situs dan seed site.

Seed site adalah situs yang Google pertimbangkan sebagai situs yang resmi dan dapat dipercaya di berbagai niche. Beberapa situs tersebut adalah Wikipedia, CNN, BBC, Universitas Hardvard, dan lainnya.

Singkatnya, TrustRank bekerja untuk menentukan seberapa kuat situs dari tautan yang dimilikinya. Sebagai gambaran, mari simak ini! Situs X memiliki tautan dari seed site, misalnya dari Wikipedia. Artinya, situs tersebut hanya berjarak satu tautan dari situs seed. Sedangkan situs Y mempunyai link dari situs yang mengarah ke situs seed.

Dari dua contoh tersebut, bisa dikatakan bahwa situs X lebih kuat dari situs Y. Jadi, semakin dekat jarak ke seed site, semakin tinggi nilai kepercayaan yang situs web peroleh. Apabila ingin mendapatkan peringkat yang tinggi di mesin pencari, pastikan situs kamu mendapatkan link dari sumber dengan otoritas tinggi.

Menyadari pentingnya kepercayaan dilihat dari link yang kamu bangun di website, apakah harus menghapus backlink berkualitas rendah? Apabila kamu ingin melakukannya, tidak ada salahnya untuk meggunakan Google Dsavow. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa link yang akan kamu hapus benar-benar tidak memberikan dampak baik bagi upaya SEO yang kamu lakukan.

Cara Meningkatkan TrustRank

Layaknya PageRank, mesin pencari juga mempertimbangkan TrustRank sebagai salah satu faktor dalam menentukan ranking di Search Engine Result Page (SERP). Untuk bisa mendapatkan kekuatan yang lebih, nilai situs web harus kamu tingkatkan.

Agar bisa mengoptimasi situs berdasarkan algoritma tersebut, ada beberapa cara untuk meningkatkan TrustRank, yaitu:

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat meningkatkan tingkat kepercayaan website di mata TrustRank adalah dengan memperbanyak backlink. Tentunya backlink yang kamu miliki harus berkualitas tinggi. Dengan begitu, kamu bisa mengoptimalkan performa website.

Perhatikan domain authority dan hindari backlink dari situs berotoritas rendah. Terlebih jika situs tersebut tidak relevan dengan niche brand. Hal tersebut akan berdampak pada peringkat karena mesin pencari menilai website kamu sebagai situs berkualitas buruk. Bukan tidak mungkin apabila lambat laun situs kamu dinilai sebagai spam sehingga mesin pencari tidak akan memberikan peringkat yang tinggi.

Akan lebih baik jika situs kamu mempunyai link langsung ke situs seed, seperti Wikipedia atau situs terpercaya lainnya, misalnya situs pemerintahan atau situs universitas.

Baca Juga: Apa itu Domain Authority? Terapkan 7 Strategi Jangka Panjang untuk Meningkatkannya

Hindari Topik Kontroversial

Hal lain yang perlu kamu perhatikan dalam meningkatkan TrustRank adalah menghindari topik kontroversial karena dapat menurunkan nilai kepercayaan situs. Beberapa topik yang bisa kamu hindari adalah konten seputar pornografi atau judi karena mesin pencari menilainya buruk.

Topik-topik semacam itu harus kamu hindari baik dari segi pembuatan konten maupun backlink.

Cek Usia Domain

Tahukah kamu? Keberadaan atau usia situs menentukan seberapa besar mesin pencari akan percaya pada situs tersebut. Usia domain yang tua membuat mesin pencari menilai bahwa sebuah situs dapat dipercaya. Sebaliknya, situs baru akan lebih mudah menghilang. Mengapa? Mesin pencari menilai rekam jejak yang membuktikan otoritasnya.

Perhatikan Tingkat Bounce Rate Website dan Time on Page

Bounce rate adalah metrik yang mengukur persentase pengguna internet yang mengakses situs namun kemudian pergi tanpa mengunjungi halaman lain dari website kamu. Sementara time on page adalah jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna di halaman situs.

Baca juga: 4 Langkah Membangun Topical Authority

Orang yang menyukai konten di sebuah situs tentu akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menjelajahi situs tersebut. Agar Google percaya bahwa situs kamu adalah situs yang dapat dipercaya, jaga bounce rate tetap rendah dan time on page dalam tingkat yang tinggi.

Kamu bisa melakukan keduanya dengan beberapa tips berikut:

  • Optimasi waktu loading halaman, pastikan situs memiliki waktu loading yang cepat
  • Pastikan kemudahan navigasi pada situs
  • Hadirkan website yang responsif dengan berbagai perangkat yang digunakan pengguna internet
  • Perhatikan keterbacaan dengan membagikan konten-konten yang mudah dibaca
  • Sertakan sumber dan referensi karena pengunjung akan lebih suka menghabiskan waktu di situs dengan konten yang akurat
  • Gunakan visual termasuk gambar yang relevan karena orang-orang tidak suka membaca konten yang hanya berisi tulisan atau mencari halaman produk di mana mereka tidak melihat tawaran menarik

Lengkapi Informasi Website

Agar website terpercaya, kamu harus melengkapi informasi. Dengan begitu, pengunjung akan mendapatkan data yang akurat tentang bisnis atau brand kamu. Coba cek kembali konten di halaman tentang kami (about us). Apakah kontak dan alamat fisik sudah lengkap atau belum.

Baca juga: Private Blog Network: Ini Cara Membuat PBN Berkualitas dalam 5 Langkah

Seperti pengguna, mesin pencari juga menggunakan informasi tersebut untuk menilai apakah website kamu dapat dipercaya atau tidak. Informasi yang lengkap bisa menjadi bukti bahwa situs tersebut tidak dikelola oleh robot, melainkan manusia.

Gunakan HTTPS dengan Membeli SSL

Bagi yang ingin meningkatkan kepercayaan situs dan optimasi TrustRank, kevalidan situs web juga perlu mendapatkan perhatian. Oleh sebab itu, gunakan HTTPS, bukan HTTP. Huruf S tersebut membuktikan bahwa situs kamu aman untuk dikunjungi berkat adanay sertifikat keamanan yaitu SSL. Hal tersebut membuktikan kepada mesin pencari bahwa situs kamu benar dapat dipercaya.

Sejak tahun 2017, Google sudah menandai situs HTTP atau situs yang tidak dilindungi dengan sertifikat SSL sebagai situs yang tidak aman. Itulah mengapa kamu akan melihat peringat “Not Secure” saat mengunjungi situs HTTP.

Penggunaan HTTPS bukan hanya memengaruhi nilai TrustRank yang tinggi, tetapi juga akan berdampak baik bagi hasil SEO. Google mempertimbangkan HTTPS sebagai salah satu faktor dalam menentukan peringkat di hasil pencarian.

Dari penjelasan di atas, kamu bisa melihat hubungan antara TrustRank dan SEO, bukan? SEO adalah upaya optimasi agar situs web berada di halaman hasil pencarian teratas dengan peringkat yang tinggi. Oleh sebab itu, pastikan kamu selalu memperhatikan TrustRank dan faktor lain yang berpengaruh pada peringkat situs di SERP.

Perlu jasa SEO Malang terbaik? Nah, kali ini kamu bisa segera menghubungi Optimaise agar mendapatkan jasa dan hasil terbaik sesuai harapan.

Baca Juga

Optimaise