Digital MarketingSEO

10 Tools SEO Gratis dan Berbayar yang Mudah Digunakan

Tiara Motik

10 Tools SEO Gratis dan Berbayar yang Mudah Digunakan

Untuk beberapa pekerjaan, kamu bisa mengandalkan kecerdikan, kekuatan fisik, atau ambisi diri sendiri. Tapi, menjadi seorang yang bekerja di bidang SEO tidak seperti itu.

Di zaman serba digital ini, setiap marketer seperti membutuhkan alat yang tepat untuk bekerja. Alat-alat ini dapat membantu kita melacak performa, menemukan masalah, memberikan saran perbaikan, membuat laporan, dan mengotomatisasi tugas-tugas kecil yang tidak mungkin kita lakukan berulang kali setiap hari.

Berikut ini adalah daftar platform dan tools SEO terbaik yang mudah digunakan dan sangat membantu, baik untuk pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Rekomendasi Tools SEO Gratis dan Berbayar

Rekomendasi Tools SEO Gratis dan Berbayar

Dalam mengoptimalkan situs webmu untuk mesin pencari adalah kunci untuk meningkatkan visibilitas dan menarik lebih banyak pengunjung. Untuk itu, menggunakan tools SEO yang tepat sangatlah penting.

Baik jika kamu seorang pemula yang baru memulai perjalanan SEO ataupun seorang profesional yang mencari cara untuk meningkatkan strategi, ada berbagai alat yang dapat membantu.

Dengan tools SEO, kamu dapat memantau perubahan peringkat, traffic organik, dan metrik penting lainnya secara terus-menerus, sehingga kamu dapat menilai efektivitas strategimu.

Apalagi ada banyak tools SEO yang secara otomatis memberikan rekomendasi tentang cara meningkatkan kinerja situs web, dari optimasi konten hingga perbaikan teknis.

Kami akan merekomendasikan beberapa tools SEO gratis dan berbayar yang efektif dan mudah digunakan. Simak lebih lanjut daftar rekomendasi berikut ini!

Google Search Console

Google Search Console
Google Search Console

Tidak ada daftar tools SEO gratis yang lengkap tanpa menyebut Google Search Console. Kenapa? Ini karena Google Search Console (GSC) adalah tools SEO yang sangat kaya fitur.

Berbeda dengan alat lainnya, kamu bisa yakin bahwa data yang disediakan oleh GSC akurat karena berasal langsung dari Google. Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan GSC untuk melacak peringkat situs webmu di hasil pencarian (SERP).

Apalagi GSC menyediakan Index Coverage Report yang akan memberi kamu daftar halaman di situs webmu yang belum diindeks oleh Google.

Baca juga: 7 Rekomendasi SEO Reporting Tools Gratis untuk Pemula dan Expert

Selain itu, kamu juga bisa melihat langkah-langkah untuk memperbaiki masalah tersebut sehingga halaman-halaman tersebut bisa kembali diindeks dengan benar.

Google Trends
Google Trends

Google Trends bisa menjadi tools SEO yang berguna untuk pemula yang tertarik untuk belajar SEO dan tidak memiliki banyak biaya untuk berlangganan karena alat ini tersedia secara gratis.

Google Trends memberikan informasi real-time tentang topik yang sedang tren. Dengan Google Trends, kamu bisa melihat bagaimana minat pencarian untuk berbagai keyword berubah seiring waktu, apakah meningkat atau menurun.

Cukup masukkan topik yang kamu inginkan dan pilih wilayah yang ingin kamu analisis. Alat ini kemudian akan menunjukkan minat pencarian untuk topik tersebut selama periode waktu yang kamu tentukan.

Di beberapa negara, Google Trends memungkinkan untuk informasi lebih rinci melalui bagian “Interest by subregion” untuk mengetahui popularitas istilah pencarian di berbagai lokasi.

Selain itu, juga Google Trends memungkinkan kamu membandingkan 2 atau lebih topik sekaligus, membantu kamu menentukan mana yang lebih banyak menarik minat pencarian.

Semrush

Semrush
Semrush

Untuk mendapatkan akses penuh ke Semrush, kamu memang harus membayar. Namun, beberapa alat terbaiknya bisa digunakan secara gratis. Salah satu alat favorit di Semrush adalah Keyword Magic Tool.

Dengan mendaftar untuk akun gratis, kamu mendapatkan 10 kredit per hari untuk menggunakan alat ini.

Untuk riset keyword yang akurat dan relevan, cukup masuk ke akun gratismu, buka tab Keyword Magic Tool, masukkan keyword yang ingin kamu teliti, pilih wilayah, dan tekan tombol cari.

Kamu akan mendapatkan daftar keyword terkait beserta informasi penting, seperti search volume dan tingkat Keyword Difficulty (KD). Tapi, itu bukan satu-satunya keuntungan dari akun Semrush gratis. Kamu juga bisa mengakses tools ini:

  1. Position Tracking
  2. Site Audit
  3. Listing Management
  4. Semrush Copilot AI
  5. SEO Content Templates
  6. SEO Writing Assistant
  7. On-Page SEO Checker
  8. Social Media Toolkit
  9. Keyword Overview Tool
  10. Domain Overview

Perlu diingat, akun gratis Semrush membatasi jumlah kredit yang bisa kamu gunakan setiap hari. Kamu mendapatkan 10 pencarian per hari untuk semua alat analisis domain dan penelitian keyword.

Misalnya, jika kamu menganalisis domain dengan alat Domain Overview dan kemudian melakukan pencarian dengan alat Keyword Overview, itu akan dihitung sebagai 2 dari 10 kredit yang kamu miliki untuk hari itu.

Google Analytics

Google Analytics
Google Analytics

Google Analytics sebenarnya bukan tools SEO, tetapi sangat penting untuk kampanye SEO. Mengapa begitu? Data dari Google Analytics dapat membantu kamu mengetahui apakah upaya SEO berhasil atau tidak.

Data yang dimaksud termasuk:

  1. Organic traffic
  2. Bounce rate
  3. Traffic sources
  4. Time on site
  5. Page speed

Google Analytics sudah sangat canggih dengan sendirinya. Namun, ketika kamu menggabungkannya dengan Google Search Console, maka kekuatannya menjadi lebih besar.

Menautkan akun GSC dengan Google Analytics memungkinkan kamu melihat informasi penting, seperti keyword yang digunakan orang untuk menemukan situs webmu, click-through rate organik, dan data berharga lainnya.

Ahrefs

Ahrefs
Ahrefs

Jika SEMrush tidak cocok untuk kamu, Ahrefs adalah alternatif yang sangat baik dalam dunia tools SEO, dengan langganan yang sedikit lebih murah. Ahrefs juga menjadi pilihan favorit beberapa praktisi untuk analisis pesaing.

Sebagai pelacak peringkat, Ahrefs menawarkan banyak fitur yang mirip dengan Semrush. Kamu dapat memantau peringkat keyword untuk halaman web atau domain tertentu dari waktu ke waktu, melakukan audit situs, dan melihat data peringkat historis dengan grafik yang bisa disesuaikan.

Ahrefs juga memiliki fitur tambahan yang menarik, seperti Site Explorer yang menampilkan statistik peringkat halaman di seluruh web untuk keyword tertentu.

Ahrefs juga menyediakan Content Gap tools yang menunjukkan perbandingan detail keyword yang diperingkat oleh pesaingmu, serta fitur SERP yang mereka menangkan, seperti image pack Google.

Answer The Public

Answer the Public

Answer the Public adalah alat pencari keyword yang membantu kamu menemukan pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang di internet terkait dengan topik tertentu.

Sebagian besar alat SEO mendapatkan data mereka dari sumber yang sama, yakni Google Keyword Planner. Namun, Answer the Public berbeda.

Alat ini mengumpulkan data dari berbagai sumber, seperti forum, blog, dan media sosial, untuk menghasilkan daftar pertanyaan yang relevan.

Kemudian, tools ini mengubah pertanyaan-pertanyaan tersebut menjadi keyword yang sangat berguna. Kamu akan terkejut mengetahui betapa banyak orang mencari keyword seperti “X vs. Y” di Google.

Misalnya, “iPhone vs. Android” atau “SEMrush vs. Ahrefs”. Answer the Public memiliki bagian hasil khusus untuk “Vs. Keywords”.

Google Mobile-Friendly Test

Google Mobile-Friendly Test
Google Mobile-Friendly Test

Baru-baru ini, Google telah membuat perubahan besar pada algoritmanya yang disebut “Mobile-First Indexing”. Hal ini berarti situs web yang tidak dioptimalkan untuk perangkat seluler akan mengalami penurunan dalam peringkat pencarian.

Untungnya, kamu tidak perlu menjadi web developer full-time untuk membuat situs webmu ramah seluler. Kamu hanya perlu menjalankan situs webmu melalui alat Mobile-Friendly Test.

Alat ini akan memberi tahu kamu apakah Google menganggap situs webmu ramah seluler atau tidak, dan memberikan saran tentang cara meningkatkan kode situs webmu agar mobile crawler Google dapat menemukan dan mengindeks semua halaman dengan baik.

Google Lighthouse

Google Lighthouse

Google Lighthouse adalah tools SEO gratis yang sangat populer di kalangan webmaster dan ada alasan kuat mengapa begitu banyak orang menggunakannya.

Ini adalah ekstensi browser yang memberikan laporan terperinci tentang kinerja SEO situs webmu dan memberikan saran tentang cara meningkatkannya.

Cukup tambahkan ekstensi ke browser Chrome, lalu buka saat kamu berada di halaman web yang ingin kamu analisis.

Klik “Generate Report” dan kamu akan mendapatkan berbagai metrik terkait kinerja situs webmu, seperti page load speeds, accessibility, SEO, dan masih banyak lagi.

Laporan ini juga menunjukkan elemen-elemen di situs webmu yang mungkin menghambat kinerjanya dan memberikan saran tentang cara mengoptimalkan elemen-elemen ini untuk meningkatkan kinerja situs webmu.

Baca juga: 5 Langkah Menjadi SEO Specialist Mulai dari Nol

Schema.org

Schema.org
Cara Memvalidasi Markup Schemamu

Schema markup adalah bagian penting dari situs webmu karena memberikan data terstruktur yang membantu mesin pencari memahami konten dan konteks halamanmu.

Jika kamu belum menggunakan schema markup, maka kamu sedang tertinggal dalam hal optimasi SEO. Salah satu cara terbaik untuk menerapkan markup skema adalah dengan menggunakan Structured Data Markup Helper Google yang akan memandu kamu melalui proses tersebut.

Dengan alat ini, kamu dapat melihat hierarki lengkap skema di dalam HTML, menelusuri berbagai jenis skema, dan bahkan mencari istilah tertentu.

Setelah memilih jenis skema yang ingin kamu terapkan, kamu hanya perlu mengisi informasi yang diminta, menyalin kode yang dihasilkan, dan memasukkannya langsung ke halaman webmu.

Jika schema markup diterapkan dengan benar, hal ini dapat meningkatkan tampilan situs webmu di hasil pencarian dengan menampilkan rich snippet di samping judul dan meta description situs webmu yang dapat menarik pengguna untuk meng-klik tautanmu.

Screaming Frog

Screaming Frog
Screaming Frog

Mengidentifikasi masalah technical SEO di situs webmu bisa menjadi tugas yang menantang. Namun, dengan alat seperti Screaming Frog, kamu bisa dengan cepat menemukan masalah potensial yang perlu diperbaiki.

Screaming Frog melakukan indexing situs webmu mirip dengan crawling Google dan memberikan laporan tentang masalah yang ditemukan, seperti kesalahan header HTTP, masalah rendering JavaScript, HTML yang berlebihan, dan masalah lainnya.

Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah konten duplikat yang sangat tidak disukai oleh Google. Screaming Frog dapat membantumu mengidentifikasi halaman-halaman dengan konten duplikat sehingga kamu dapat mengatasinya dengan cepat.

Dalam dunia SEO yang semakin kompleks ini, memiliki akses ke berbagai tools SEO yang efektif dan mudah digunakan sangatlah penting. Untuk mengatasi berbagai tantangan SEO, penting untuk menggunakan alat-alat ini dengan cerdas dan terus memperbarui strategimu sesuai dengan perkembangan algoritma mesin pencari.

Jika kamu memerlukan bantuan dalam mengoptimalkan situs webmu, Optimaise adalah penyedia jasa SEO yang siap membantumu untuk mencapai tujuan SEOmu dengan cara yang efektif dan terpercaya. Jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang untuk konsultasi gratis!

Baca Juga

Optimaise