“Oke, Google. Mohon beri tahu saya tentang bengkel mobil yang dekat dengan saya.” Perintah suara seperti ini semakin banyak digunakan oleh orang-orang untuk mencari informasi dengan cepat dan mudah.
Dengan semakin banyaknya pengguna yang mengandalkan asisten suara, seperti Google Assistant, Siri, dan Alexa, membuat voice search optimization menjadi bagian penting dari strategi SEO modern.
Namun, bisnis akan menghadapi tantangan untuk memastikan bahwa situs web mereka dioptimalkan untuk jenis pencarian ini.
Dalam artikel ini, kami akan membahas teknik-teknik yang dapat digunakan untuk membantu kamu dalam memaksimalkan voice search optimization untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat SEO. Apakah kamu sudah siap untuk menerapkan voice search optimization? Mari telusuri informasinya lebih lanjut.
Table of Contents
Apa Itu Voice Search Optimization?
Proses meningkatkan visibilitas onlinemu untuk mendapatkan permintaan pencarian suara dikenal sebagai voice search optimization.
Sasaran utamanya adalah agar pengguna dapat memilih dan membaca suara asisten (voice assistants) saat melakukan pencarian suara. Di mana asisten digital ini termasuk Alexa milik Amazon, Cortana milik Microsoft, Siri milik Apple, dan Google Assistant.
Jika pengguna menggunakan perangkat desktop untuk melakukan pencarian suara di mesin pencari seperti Google, maka hasilnya akan ditampilkan dengan cara yang sama seperti pencarian berbasis teks.
Karena ada sedikit perbedaan di dalam cara pertanyaan disusun, pencarian suara (voice search) tidak sama dengan pencarian berbasis teks tradisional. Kamu berbicara dengan asisten suaramu dengan cara yang sama seperti kamu berbicara dengan orang nyata.
Baca juga: 2 Cara Menggunakan SEOquake untuk Analisis SEO
Karena itu, permintaan voice search biasanya merupakan percakapan yang lebih panjang dan disusun dalam bentuk kalimat lengkap atau pertanyaan. Kamu harus mengoptimalkan kueri seperti ini agar asisten suara memilihnya.
Mengapa Voice Search Optimization Penting?
Voice search optimization bekerja lebih baik daripada mengoptimalkan pencarian teks. Menurut penelitian Statista, jumlah orang yang menggunakan asisten suara digital diperkirakan akan terus meningkat.
Banyak orang menggunakan asisten digital untuk tugas sehari-hari, seperti menyalakan alarm atau memutar musik, tetapi orang juga menggunakannya untuk mencari informasi.
Untuk meningkatkan kemungkinan muncul pada kueri penelusuran suara (voice search queries), kamu harus menggunakan strategi yang akan membantu optimasi mesin telusurmu secara keseluruhan, seperti memprioritaskan kecepatan memuat situs webmu, menargetkan keyword penelusuran suara dalam kontenmu, dan memastikan bahwa situs webmu berfungsi dengan baik di perangkat seluler.
Manfaat Voice Search Optimization
Meningkatkan kehadiranmu melalui voice search dapat meningkatkan manfaat SEO konvensional untuk membantu kamu mencapai tujuan dalam bisnismu. Lebih khusus lagi, voice search optimization dapat memberikan manfaat ini:
- Memanfaatkan asisten suara untuk membagikan kontenmu akan meningkatkan kesadaran merek, terutama di tingkat lokal.
- Dengan memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna melalui pencarian suara, bisnismu diposisikan sebagai organisasi yang kuat dan dapat dipercaya.
- Membuat perubahan untuk voice search optimization melibatkan meningkatkan komponen SEO teknis, yang menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih baik.
Bagaimana Pencarian Suara Mempengaruhi SEO?
Voice search queries berbeda dari search query tradisional karena orang tidak berbicara seperti mengetik. Akibatnya, mereka harus dipertimbangkan dalam rencana SEO.
Orang cenderung mengajukan pertanyaan saat melakukan pencarian suara. Alih-alih melakukan pencarian lisan dengan menanyakan, “Di mana restoran pizza terbaik di dekat saya?” atau “Bagaimana cara menghilangkan noda kopi di karpet?”
Ini menunjukkan bahwa bisnismu harus mempertimbangkan lebih banyak pertanyaan yang bersifat percakapan karena orang-orang menggunakan perangkat voice search untuk berbicara seolah-olah mereka adalah orang lain. Kamu harus mempertimbangkan nada dan frasa yang digunakan orang saat berbicara.
Pada dasarnya, voice search mengharuskan kamu mengoptimalkan rencana SEOmu untuk berkonsentrasi pada cara pengguna mencari secara verbal, frasa, atau keyword, serta informasi yang mereka cari.
Strategi Efektif untuk Meningkatkan Voice Search Optimization
Sekarang kamu harus mengoptimalkan situs webmu dan membuat konten yang relevan bagi pengguna voice search.
Untuk mendapatkan lebih banyak trafik pencarian suara, untungnya kamu tidak perlu mengubah teknik SEO yang telah kamu gunakan saat ini.
Kami akan membahas beberapa cara untuk membantu kamu dalam meningkatkan voice search optimization berikut ini.
Lakukan Riset dan Targetkan Keyword Khusus
Meneliti dan menargetkan keyword khusus untuk pencarian suara dapat membantu meningkatkan kemungkinan kontenmu disajikan kepada pengguna yang menggunakan voice assistant untuk mendapatkan umpan balik.
Saat mencari keyword untuk pencarian suara, ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:
- Long-tail keyword: keyword yang sangat khusus dan sering kali memiliki volume pencarian yang lebih rendah. Contohnya adalah “cara mengedit foto dengan latar merah.”
- Question keywords: keyword yang dimulai dengan kata, seperti “bagaimana”, “apa”, “mengapa”, “kapan”, dan “di mana”. Contohnya adalah “bagaimana cara mengedit foto dengan latar merah.”
- Conversational keywords: keyword yang menggunakan pencarian suara dan meniru percakapan alami. “Bagaimana cara mengedit foto berlatar merah” adalah contohnya.
Walaupun kategori keyword ini memiliki variasi yang signifikan, tapi mereka sering kali saling tumpang tindih dan bahkan dapat memiliki karakteristik yang sama.
Misalnya, banyak dari long-tail keyword adalah question keyword. Banyak juga long-tail keyword adalah conversational keyword.
Jika kamu menggunakan alat seperti Keyword Magic Tool dari Semrush, memilih filter “Questions” akan membantu kamu menemukan long-tail keyword, ini akan menampilkan daftar question keyword yang dapat kamu targetkan untuk pencarian suara.
Meskipun tidak selalu, long-tail keyword memiliki skor kesulitan (KD) yang rendah. Karena itu, kamu harus menetapkan tingkat kesulitan kata kunci (keyword difficulty) sebagai “Easy” atau “Very Easy“.
Selain itu, fitur autocomplete Google dapat membantu kamu menemukan keyword untuk pencarian suara. Google dapat menyarankan keyword untuk kamu targetkan.
Cari Tahu Apa yang Sudah Muncul di SERP
Cari tahu apa yang sudah muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP), halaman yang menampilkan hasil yang relevan kepada pengguna setelah mereka memasukkan kueri mereka. Tujuannyauntuk mengetahui jenis konten apa yang mungkin muncul.
Dan perhatikan fitur SERP. Fitur SERP adalah komponen SERP tambahan yang menambah hasil pencarian selain tautan biru biasa.
Mengapa fitur SERP penting? Karena penelitian voice search yang dilakukan Semrush pada tahun 2019 menunjukkan bahwa fitur SERP menempati 70% dari semua jawaban pencarian suara yang dikembalikan.
Beberapa ciri SERP Google yang umum adalah:
- Featured snippets: potongan teks pendek berisi pratinjau konten halaman untuk membantu pengguna menemukan jawaban cepat atas pertanyaan mereka.
- People also ask: memberikan pengguna serangkaian pertanyaan yang terkait dengan permintaan pencarian mereka dan menawarkan jawaban cepat untuk pertanyaan ini.
- Local pack: untuk keyword lokasi tertentu, seperti “restoran terbaik di Jakarta Selatan” atau “toko kue terbaik di dekat saya”, maka local pack menyediakan daftar bisnis teratas dan maps.
- Rich snippet: juga dikenal sebagai rich result akan menampilkan peringkat dan ulasan.
Analisis fitur SERP dapat membantu kamu untuk membuat konten yang sesuai dengan preferensi mesin pencari dan meningkatkan peluangmu untuk muncul di fitur SERP tersebut.
Lakukan Audit Konten
Sebelum kamu mulai membuat konten baru, sebaiknya lakukan audit konten untuk menemukan cara untuk mengoptimalkan konten saat ini untuk keyword yang ingin kamu targetkan di dalam voice search.
Proses yang sistematis untuk menganalisis dan menilai setiap konten yang ada di situs webmu dikenal sebagai audit konten. Misalkan kamu telah menulis postingan blog berjudul “Cara Mengedit Foto untuk Latar Merah” di situs webmu.
Dalam hal ini, kamu tidak perlu menulis postingan tambahan yang menargetkan keyword yang berbeda tetapi relevan, seperti “cara mengedit foto latar merah” atau “bagaimana mengedit foto dengan latar merah”.
Sebaliknya, kamu dapat mengoptimalkan postingan blogmu saat ini untuk menyertakan keyword tersebut.
Saat kamu melakukan analisis konten, cari cara untuk mengoptimalkannya untuk keyword pencarian yang telah kamu ketahui. Ini adalah beberapa metode yang paling efektif:
- Untuk meningkatkan kemungkinan voice assistant membagikan kontenmu, sebaiknya sesuaikan sifat percakapan dari kueri penelusuran suara dengan menggunakan bahasa alami.
- Sederhanakan header dan isi kontenmu dengan keyword pencarian suara.
- Untuk meningkatkan peluang kemenangan fitur SERP, berikan informasi dengan cara yang mudah dipahami dan ringkas.
- Jika keyword tidak dapat digunakan secara alami di tempat lain, buat bagian FAQ di bagian bawah halaman web.
- Untuk memberikan konteks tambahan kepada mesin telusur dan meningkatkan kemungkinan memenangkan fitur SERP dan ditampilkan dalam hasil voice search, gunakan schema markup, yaitu kosakata data terstruktur yang membantu mesin telusur memahami informasi yang ada di situs webmu.
Tingkatkan SEO Teknis
Proses optimizasi situs web untuk menjadi lebih mudah diakses, dicari, dan diindeks oleh mesin pencari dikenal sebagai SEO teknis. Meningkatkan SEO teknis situs webmu bergantung pada bagaimana pengguna situs webmu berinteraksi dengannya.
Hal ini dapat berdampak secara tidak langsung pada peringkat mesin pencarimu dan peluangmu untuk memenangkan fitur SERP, yang mungkin membuat kontenmu lebih mudah dibaca oleh voice assistant.
Untuk mengoptimalkan situs webmu untuk mesin telusur, kamu harus berkonsentrasi pada komponen SEO teknis ini:
- Kecepatan halaman juga dikenal sebagai load speed adalah ukuran seberapa cepat konten dimuat pada halaman web. Mesin pencari ingin situs web yang memiliki pengalaman pengguna yang baik diprioritaskan, dan kecepatan halaman adalah salah satu komponennya.
- Mobile SEO adalah proses mengoptimalkan situs webmu untuk perangkat seluler, seperti tablet dan smartphone. Ini penting karena banyak pengguna pencarian suara menggunakan voice assistant di perangkat seluler.
- Google menganjurkan penggunaan desain responsif untuk situs webmu karena memungkinkan pengalaman pengguna yang optimal di semua perangkat.
- Sejak 2014, HTTPS telah menjadi komponen yang lebih penting karena merupakan versi terenkripsi HTTP yang membuat pengunjung situs webmu lebih aman.
Baca juga: 7 Cara Optimasi Local SEO Ini Wajib Kamu Coba
Terapkan Local SEO
Local SEO adalah teknik untuk mengoptimalkan kehadiranmu secara online untuk meningkatkan trafik, visibilitas, dan kesadaran merek di lingkungan lokalmu.
Mengapa ini berkaitan dengan voice search? Karena asisten suara sering mengandalkan direktori lokal, seperti Google Business Profile, Yelp, dan Bing Places untuk menjawab pertanyaan lokal
Berikut adalah beberapa saran lokal untuk SEO yang dapat kamu terapkan:
- Google Business Profile adalah alat gratis yang memungkinkan Google Assistant mendapatkan informasi tentang permintaan suara lokal dan mengubah bagaimana bisnis lokalmu muncul di Google Search, Google Shop, dan Google Maps. Karena itu, menciptakan dan mengoptimalkan profilmu akan meningkatkan peluang bisnis lokalmu, menurut jawaban Google Assistant.
- Direktori lokal adalah situs web yang menampilkan bisnis dan informasi relevan berdasarkan lokasinya. Meskipun Google Assistant mendapatkan data bisnis lokal dari Google Business Profile, Cortana milik Microsoft, Siri milik Apple, dan Alexa milik Amazon tidak dapat membagikan informasi bisnis lokalmu. Untuk memastikan bahwa asisten suara yang berbeda membagikan informasi bisnis lokalmu, sangat penting untuk menggunakan direktori lokal yang berbeda.
- Local keyword adalah istilah atau frasa yang digunakan orang untuk mencari barang dan jasa di daerah mereka. Dengan menargetkan keyword ini, kamu dapat meningkatkan kemungkinan bisnismu mendapat peringkat di local pack dan muncul di local voice search query.
Pantau Kinerja Secara Berkala
Lihat peringkat dan fitur SERP mesin pencari untuk keyword yang telah kamu targetkan. Tingkatkan peluangmu untuk muncul dalam hasil voice search dan cari cara untuk mengoptimalkannya.
Position Tracking Semrush memungkinkan kamu untuk memantau peringkat harian dan fitur SERP untuk sekumpulan keyword target tertentu. Kamu bahkan dapat melakukan analisis posisimu untuk berbagai jenis perangkat dan lokasi geografis.
Untuk mengimplementasikan strategi ini secara efektif dan mendapatkan hasil maksimal dalam voice search optimization, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan penyedia jasa SEO terpercaya seperti Optimaise.
Dengan pengalaman dan keahlian dalam mengelola kampanye SEO yang berfokus pada teknik yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu, Optimaise dapat membantu situs webmu untuk memperoleh visbilitas lebih di SERP. Hubungi kami hari ini untuk konsultasi lebih lanjut!