Perusahaan dan organisasi sering kali menggunakan konten marketing untuk mendidik dan membina audiens mereka. Dengan membuat konten yang bermanfaat dan menerapkan praktik SEO, mereka dapat meningkatkan visibilitas di dalam hasil pencarian.
Dengan kata lain, konten marketing paling efektif ketika dikombinasikan dengan SEO. SEO dan konten marketing sama pentingnya untuk mencapai hasil organik yang lebih baik.
Keduanya bekerja sama untuk menarik trafik ke situs webmu. Di mana strategi SEO membantu meningkatkan visibilitas situs webmu di dalam hasil pencarian, sementara itu konten marketing menarik dan melibatkan audiens targetmu.
Karena itu, kita akan membahas cara menggabungkan pendekatan SEO dan konten marketing ini untuk memaksimalkan visibilitas situs webmu.
Table of Contents
Pengertian SEO
SEO adalah proses memperbaiki situs webmu agar lebih mudah ditemukan di dalam hasil pencarian di mesin pencari, seperti Google dan Bing. Dengan meningkatkan visibilitas situs webmu, trafik organik ke situs webmu bisa meningkat.
Bagaimana caranya? Ketika halaman webmu muncul di peringkat atas di hasil pencarian (SERP), biasanya halaman tersebut mendapatkan lebih banyak tayangan dan klik. Ini berarti lebih banyak orang membaca dan berinteraksi dengan konten di situs webmu.
Ini tentu sangat penting bagi perusahaan yang menjual produk atau layanan secara online, publikasi digital yang mendapatkan pendapatan melalui iklan, atau situs web mana pun yang ingin meningkatkan trafik dari pencarian.
Umumnya SEO mencakup 3 aspek penting ini:
- On-Page SEO yang melibatkan pengoptimalan elemen-elemen di halaman webmu, seperti kualitas konten, keyword, meta description, dan sub-judul.
- Off-Page SEO yang melibatkan perbaikan yang dilakukan di luar situs webmu, seperti mendapatkan backlink dan membagikan konten melalui media sosial.
- SEO teknis yang melibatkan pengoptimalan aspek teknis dan struktural situs webmu untuk meningkatkan kinerja dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.
Baca juga: SEO untuk Pemasaran Produk: 7 Strategi untuk Meningkatkannya
Pengertian Konten Marketing
Konten marketing adalah proses membuat dan membagikan konten yang bermanfaat untuk menarik minat dan keterlibatan audiens targetmu. Konten marketing bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti ini:
- Postingan blog
- Email dan buletin
- Ebook dan whitepaper
- Studi kasus
- Video
- Podcast
Tujuan konten marketing biasanya untuk mendidik dan menghibur audiens. Jadi, biasanya lebih sedikit berfokus pada promosi dibandingkan jenis Mark lainnya.
Namun, tetap memanfaatkan minat pelanggan terhadap topik yang relevan di berbagai channel pemasaran.
Bagaimana Konten Marketing Dapat Membantu SEO?
Konten marketing yang efektif dapat mendukung upaya SEO dengan cara menghasilkan backlink, menarik perhatian media, dan memberikan pengalaman yang baik bagi audiensmu.
Sering kali orang memisahkan SEO dan konten marketing, tetapi sebenarnya, konten marketing adalah bagian penting dari off-page SEO. Ketika situs web berotoritas tinggi menautkan kembali ke kontenmu, mesin pencari melihatnya sebagai tanda kepercayaan.
Meskipun Google mengatakan mereka semakin kurang menekankan tautan sebagai faktor peringkat, tapi kebanyakan orang setuju bahwa tautan masih penting.
Selain tautan, konten marketing juga bisa menarik perhatian media, terutama jika kontenmu menyertakan data unik atau berbagi pengetahuan, keahlian, dan wawasan yang sulit ditemukan di tempat lain.
Ketika publikasi terkenal merujuk kontenmu, hal itu dapat meningkatkan pencarian bermerek untuk perusahaanmu dan akhirnya akan mengarahkan lebih banyak pengunjung ke situs webmu.
Terakhir, konten marketing yang berkualitas juga memberikan pengalaman yang baik bagi pembaca. Ketika kamu menulis konten yang komprehensif dan bermanfaat tentang suatu topik, konten tersebut cenderung bermanfaat bagi pengguna dan berpotensi mendapat otoritas.
Misalnya, kamu membuat postingan blog yang panjang tentang topik utama bisnismu. Selain meningkatkan visibilitasnya di pencarian organik, kamu dapat membagikannya melalui berbagai saluran distribusi, seperti buletin email, postingan media sosial, iklan di media sosial, atau guest posting.
Semua saluran ini membantu SEO situs webmu dengan membangun penyebutan merek, visibilitas di media sosial, dan sinyal positif lainnya di luar halaman webmu.
Tips Menggabungkan Strategi SEO dan Konten Marketing
SEO dan konten marketing adalah dua elemen yang saling melengkapi. Ketika keduanya digunakan bersama di dalam strategimu, maka hasilnya akan jauh lebih efektif dibandingkan jika digunakan secara terpisah.
SEO menarik trafik dan calon pelanggan. SEO membuat merekmu lebih terlihat di berbagai tingkat, serta memastikan pengalaman pengguna yang baik dan memuaskan.
Sementara itu, konten melibatkan calon pelanggan dan membuat mereka tetap berada di situs webmu. Di mana konten mampu membangun minat, kepercayaan, dan loyalitas mereka, serta membuat mereka kembali lagi untuk melihat lebih banyak.
Berikut adalah beberapa cara untuk menggabungkan SEO dan konten marketing untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Lakukan Riset Perencanaan Konten
Pertama-tama, lakukan riset keyword untuk memahami apa yang dicari oleh audiens targetmu sehingga kamu bisa menargetkan mereka dengan strategi SEO dan konten marketing yang tepat.
Riset keyword dapat membantumu di dalam beberapa hal ini:
- Memahami bahasa yang digunakan pembacamu saat mereka melakukan pencarian.
- Membuat konten yang sesuai dengan maksud pencarian mereka.
- Mendatangkan lebih banyak trafik yang relevan ke situs webmu.
Untuk melakukannya kamu bisa menggunakan alat seperti Semrush Keyword Magic Tool atau Ahrefs Keyword Explorer untuk menemukan istilah-istilah yang relevan yang banyak dicari orang.
Buat Konten Berkualitas Secara Konsisten
Membuat konten berkualitas yang berfokus pada kebutuhan pengguna lebih mungkin mendapatkan visibilitas yang tinggi di dalam hasil pencarian.
Google menggunakan sistem otomatis yang dirancang untuk menampilkan informasi paling berguna dan terpercaya terlebih dahulu.
Karena itu, sebaiknya buatlah konten yang bermanfaat dan relevan, disukai oleh pengguna, dan mudah dipahami oleh mesin pencari. Untuk mengetahui apa yang bermanfaat bagi pembaca, kamu perlu memahami masalah dan kebutuhan mereka secara mendalam.
Ini berarti kamu perlu memahami maksud pencarian mereka. Maksud pencarian (search intent) adalah alasan mengapa seseorang melakukan pencarian tertentu. Ada 4 jenis maksud pencarian yang umum digunakan:
- Informational intent: pengguna mencari informasi tentang topik tertentu. Contohnya, seseorang mungkin mencari “cara membuat kue kering.”
- Navigational intent: pengguna mencari merek atau halaman tertentu. Contohnya, “halaman login Gmail.”
- Commercial intent: pengguna melakukan penelitian sebelum membeli sesuatu. Contohnya, “perbandingan iPhone 13 dan Samsung Galaxy S21.”
- Transactional intent: pengguna ingin melakukan transaksi, seperti membeli sesuatu dari toko online. Contohnya, “beli laptop Asus ROG Strix G15.”
Namun, saat berbicara kualitas sebuah konten, maka istilah “kualitas” bisa bersifat subyektif. Karena itu, ada baiknya mempertimbangkan akronim EEAT dari Google, yakni Experience (Pengalaman), Expertise (Keahlian), Authoritativeness (Kewenangan), dan Trustworthiness (Kepercayaan).
EEAT bukanlah faktor peringkat langsung, tetapi menggunakan EEAT sebagai panduan memastikan kontenmu telah sesuai dengan standar yang tepat. Berikut adalah beberapa taktik yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten yang menonjol:
- Mewawancarai pakar di perusahaanmu bisa sangat berguna jika kamu bisa menambahkan informasi yang tidak ditemukan di dalam konten pesaingmu.
- Data penelitian asli bisa berupa data apa pun yang diperoleh dari cara orang menggunakan produkmu. Coba lakukan survei pada pelanggan atau orang lain di sekitarmu, lalu cari tahu apakah ada polanya.
- Bahas suatu topik dengan kedalaman yang cukup akan menunjukkan pengetahuan dan pengalamanmu.
Baca juga: 7 Langkah Simpel Membuat Content Briefs Menggunakan Template
Distribusikan Konten
Mendistribusikan konten yang kamu buat untuk situs webmu melalui saluran, seperti media sosial, email, dan iklan berbayar akan memaksimalkan visibilitasnya di antara audiens target.
Dengan menggunakan berbagai saluran distribusi ini, kontenmu akan dilihat oleh lebih banyak orang, sehingga meningkatkan peluang mereka untuk terlibat dan bergerak melalui perjalanan pembelian mereka.
Ada beberapa saluran distribusi yang perlu kamu pertimbangkan untuk digunakan:
- Platform media sosial, seperti LinkedIn, Instagram, Facebook, dan lainnya memiliki opsi penargetan yang memungkinkan kamu untuk menampilkan iklan kepada audiens tertentu. Alat analisis bawaan mereka juga memudahkan kamu untuk mengukur kinerja setiap iklan.
- Daftar emailmu adalah cara yang sangat baik untuk mendistribusikan konten. Kamu bisa mengelompokkan penerima ke dalam grup tertentu dan mengirimkan rekomendasi konten yang relevan untuk setiap grup.
- Platform media sosial, seperti LinkedIn dan X memudahkan kamu berbagi konten dengan pengikutmu. Ketika pengikutmu berinteraksi dengan konten yang kamu bagikan, konten tersebut akan terlihat oleh jaringan mereka.
Lakukan Analisis dan Evaluasi Kinerja
Memantau kinerja SEO dan konten marketing dapat memberikan wawasan tentang apa yang efektif dan apa yang perlu diperbaiki. Ini memungkinkan kamu untuk melakukan penyesuaian dalam meningkatkan hasilnya.
Salah satu alat yang dapat digunakan adalah Google Search Console. Untuk memulai, kamu harus bekerja sama dengan pemilik situs web untuk memverifikasi kepemilikan properti web jika belum dilakukan.
Setelah disiapkan, buka “Search results” di bagian “Performance” untuk melihat metrik seperti total klik dan impressions, click-through rate (CTR), dan posisi rata-rata keyword.
Perhatikan peringkatmu dan catat setiap perubahan yang terjadi secara signifikan. Peringkat yang meningkat menunjukkan bahwa upayamu berhasil, sedangkan peringkat yang menurun menunjukkan perlunya penyesuaian.
Menggabungkan strategi SEO dan konten marketing memang membutuhkan kerja keras dan waktu. Tapi hasilnya akan sepadan. Jika kamu ingin mencapai hasil yang lebih maksimal, bekerja sama dengan penyedia jasa SEO profesional seperti Optimaise bisa menjadi solusi yang tepat.
Hubungi Optimaise sekarang juga untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana mereka dapat membantu kamu dalam meningkatkan performa situs webmu!