Instagram telah berkembang menjadi platform di mana orang dapat berinteraksi satu sama lain, membagikan foto liburan, atau mengunggah video lucu.
Hampir sebagian besar brand di dunia telah menggunakan platform media sosial ini untuk menjangkau calon pelanggan sejak peluncurannya.
Banyak kreator telah menggunakan aplikasi berbagi foto dan video milik Meta ini untuk mendapatkan uang melalui konten mereka. Kamu berada di tempat yang tepat jika kamu ingin meningkatkan profil Instagrammu atau memulai bisnis di platform ini.
Menurut Statista, Instagram memiliki 1,4 miliar pengguna pada tahun 2024 yang terus mencari inspirasi visual dan tren terbaru.
Lalu, bagaimana caramu dapat menarik perhatian mereka? Panduan ini akan mengajarkan kamu cara menambah followers Instagram terbaru.
Table of Contents
Tips dan Trik Menambah Followers Instagram
Tidak ada cara instan yang pasti untuk menambah followers Instagram, tetapi ada banyak langkah yang bisa kamu ambil untuk membangun strategi menambah followers Instagram yang efektif.
Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan menambah followers Instagram secara alami. Silakan disimak dan terapkan!
Tambahkan Video Reel ke Dalam Konten
Instagram awalnya dibuat sebagai aplikasi untuk berbagi foto, tetapi dengan perkembangan yang cepat ia kini juga menjadi aplikasi video dengan menambahkan fitur, seperti Reels dan Stories.
Reels adalah video vertikal yang lebih pribadi dan hanya dapat dilihat oleh teman, followers, dan pengunjung halamanmu, sementara Stories lebih publik dan dapat diakses oleh lebih banyak orang melalui fitur Explore di Instagram, yang memungkinkan mereka untuk menjadi viral.
Merek dan kreator harus mempertimbangkan untuk menggunakan Reels di dalam strategi Instagram mereka, menurut data Statista tahun 2023, ini karena lebih banyak keterlibatan daripada postingan Instagram biasa.
Reels memberikan kesempatan bagi merek dan kreator untuk tampil lebih autentik dan manusiawi, mengikuti jejak TikTok dan popularitas format videonya yang lebih alami.
Untuk membuat konten Reels yang efektif, coba perhatikan tips ini:
- Buat konten yang unik dan sesuai tren: temukan tren yang sedang populer di Instagram, TikTok, dan internet, lalu tambahkan sentuhan pribadimu. Ini akan meningkatkan peluang Reels menjadi viral dan menjangkau audiens baru.
- Buat konten yang relevan dan sederhana: tidak semua Reels perlu memiliki kualitas produksi tinggi. Video sederhana dengan kualitas rendah pun bisa mendapatkan perhatian yang besar dan tampil sama baiknya, atau bahkan lebih baik, dari video yang diproduksi dengan biaya tinggi.
- Berikan edukasi kepada audiens: gabungkan elemen edukasi dan hiburan di dalam Reelsmu. Misalnya, video tutorial, tips, informasi industri, tanggapan lucu terhadap tren viral, dan demo produk bisa menjadi konten yang menarik.
Manfaatkan fitur analitik akun Instagrammu untuk mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tidak. Dengan menggunakan Instagram Insights for Reels, kamu dapat mengamati pola dan mengetahui tingkat keterlibatan yang berdampak pada visibilitasmu di platform.
Baca juga: 2 Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram Terbaru
Dengan demikian, kamu dapat berkonsentrasi pada jenis konten yang menarik interaksi dan followers.
Bagikan Konten Instagram di Platform Media Sosial Lain
Promosi silang berarti memposting konten yang sama di beberapa platform media sosial atau akun Instagram yang berbeda.
Promosi silang bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran merek dan menambah followers Instagram, sehingga menghemat waktu dan sumber daya.
Baik itu video pendek atau tutorial panjang, kamu dapat mencoba kontenmu di platform lain untuk memperluas jangkauan penggunaannya. Misalnya, jika salah satu videomu di TikTok menjadi viral, coba unggah video tersebut atau ide serupa di Instagram untuk menarik lebih banyak followers.
Kenapa ini penting? Ini karena setiap aplikasi media sosial memiliki audiens tersendiri, meskipun beberapa followersmu dapat ditemukan di berbagai platform.
TikTok bukan satu-satunya platform untuk melakukan promosi silang, Instagram Reels juga cocok untuk YouTube Shorts dan Pinterest Stories.
Namun, penting untuk mengetahui preferensi audiens di setiap platform dan menyesuaikan kontenmu sesuai kebutuhan mereka.
Optimalkan Profil Instagram
Followers Instagram kemungkinan akan menemukan akunmu melalui konten yang muncul di halaman “Jelajahi”. Jika mereka tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut, mereka akan mengunjungi profilmu, yang merupakan langkah penting untuk mendapatkan followers baru.
Brand yang kuat memberi tahu calon pelanggan dan followers bahwa akunmu relevan bagi mereka. Profil Instagrammu adalah salah satu dari banyak titik kontak sepanjang perjalanan pelanggan.
Baca juga: 6 Panduan untuk Memanfaatkan Creator Studio Facebook Secara Optimal
Karena itu, tampilan merekmu di Instagram harus konsisten dengan situs web e-commerce, saluran media sosial lainnya, kemasan produk, dan komunikasi dengan pelanggan.
Setiap elemen, mulai dari foto profil, bio Instagram, hingga tampilan feed, sangat penting. Pertimbangkan beberapa pertanyaan ini:
- Apakah elemen-elemen ini secara konsisten mencerminkan kepribadian, filter, warna, atau tata letak merekmu?
- Apakah kamu memanfaatkan sepenuhnya tautan yang dapat di-klik di biomu?
- Apakah keseluruhan elemen tersebut secara efektif mewakili merekmu?
- Apakah bio Instagrammu menggunakan ruang dengan baik untuk menyampaikan informasi dan nada yang tepat?
Pastikan semua ini berjalan selaras untuk menarik dan menambah followers Instagram baru.
Berkolaborasi dengan Kreator dan Influencer
Bekerja sama dengan influencer dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas untuk kampanye berbayarmu, meskipun iklan Instagram dapat membantu menjangkau lebih banyak orang.
Ketika influencer marketing dimasukkan ke dalam strategimu, pastikan kolaborasi tersebut sesuai dengan merekmu, begitupun dengan kreator yang dipilih.
Semakin dekat target audiensmu dengan followers kreator, maka akan semakin besar kemungkinan kampanyemu berhasil dan mampu menambah followers di Instagram.
Bangun Branding Pribadi Bersama Bisnis
Jika kamu memiliki sebuah brand yang erat kaitannya dengan cerita pribadimu sebagai pendirinya, bangun akun Instagram pribadimu di samping akun bisnismu.
Menggunakan akun perusahaan dan akun pribadi dapat meningkatkan pengenalan merek, menarik lebih banyak followers di Instagram, dan meningkatkan penjualan.
Selain profil Instagram merek, pendiri perusahaan juga bisa meningkatkan keterlibatan dan kesadaran melalui akun Instagram pribadinya.
Contoh hebatnya adalah Selena Gomez. Selena, yang mendirikan merek kosmetik Rare Beauty, sering kali menggunakan akun Instagram pribadinya untuk mempromosikan brandnya dengan cara yang sangat efektif.
Di akun Instagramnya, Selena sering berbagi konten pribadi yang menarik, seperti penggunaan produk Rare Beauty untuk kegiatannya sehari-hari, ini memberikan followersnya pandangan langsung tentang bagaimana dia menggunakan dan mencintai produk tersebut.
Manfaatkan Content Placement
Feature account Instagram adalah akun yang mengkurasi dan membagikan konten terbaik dari berbagai sumber dalam topik atau niche tertentu. Beberapa dari akun-akun ini memiliki banyak followers.
Jika kamu bisa mendapatkan kontenmu ditampilkan di akun-akun ini, kamu berpotensi menarik banyak pengunjung baru ke profil Instagrammu dan mampu menambah followers di Instagram.
Ini adalah strategi yang efektif untuk menarik followers baru yang sudah tertarik dengan jenis konten yang kamu buat.
Temukan dan Gunakan Tagar yang Tepat
Tujuanmu adalah untuk terus melibatkan followers yang sudah ada sambil menambah followers di Instagram. Memposting foto dan video yang menarik secara teratur akan membantu menjaga followersmu tetap aktif dan terhubung.
Namun, untuk menarik followers baru, kamu juga perlu menggunakan strategi yang berbeda. Tagar, yang biasanya digunakan untuk membuat konten akan muncul di hasil pencarian orang-orang yang tertarik dengan topik yang sama.
Tagar populer sering kali digunakan terlalu banyak, sehingga bisa menjadi kurang efektif. Menggunakan tagar yang sangat populer mungkin tidak membantumu menonjol karena persaingannya sangat ketat, dan tagar tersebut mungkin tidak selalu relevan dengan merekmu.
Pendekatan yang lebih efektif adalah mencari tagar yang sesuai dengan merek dan kontenmu. Lakukan riset untuk mengetahui tagar dan keyword yang sering digunakan di industrimu dan oleh audiens targetmu.
Kamu bisa menggunakan alat pembuat tagar media sosial, seperti Iconosquare atau Later untuk membantu menemukan tagar yang tepat untuk akun bisnismu.
Jadwalkan dan Posting pada Waktu yang Tepat
Meskipun ada banyak alat media sosial yang tersedia, analitik bawaan Instagram dapat sangat berguna untuk merencanakan konten media sosialmu secara strategis.
Jika kamu baru memulai, kamu bisa menggunakan panduan umum tentang waktu terbaik untuk memposting berdasarkan riset marketing.
Namun, kamu mungkin akan menemukan bahwa waktu terbaik untuk audiensmu berbeda dari panduan tersebut. Karena itu, penting untuk menyesuaikan strategimu berdasarkan data yang kamu kumpulkan.
Untuk mempermudah, kami bisa menggunakan alat penjadwalan media sosial yang memungkinkan kamu memposting konten secara otomatis pada waktu-waktu ketika audiensmu paling aktif, bahkan saat kamu tidak online.
Berinteraksilah dengan Followers Akun Kompetitor
Fokus utamamu untuk menarik lebih banyak dan menambah followers di Instagram adalah melalui followers dari pesaing langsungmu.
Ini karena mereka sudah tertarik pada produk atau merek yang mirip dengan milikmu, jadi mereka mungkin juga akan tertarik pada akunmu.
Ada beberapa cara untuk berinteraksi di Instagram:
- Mengikuti pengguna
- Menyukai postingan, Stories, atau Reel
- Memberikan komentar pada postingan
- Menandai pengguna dalam kontenmu
- Mengirim pesan langsung (DM)
Berinteraksi dengan audiens targetmu adalah cara yang efektif untuk menunjukkan bahwa kamu terbuka untuk komunikasi dan membangun hubungan dengan followers dan pelangganmu.
Baca juga: 4 Cara Menghapus Akun Instagram Ini Mudah Buat Diikuti
Manfaatkan Konten Buatan Pengguna (UGC)
Konten buatan pengguna (UGC) mencakup berbagai jenis konten, seperti video, foto, ulasan tertulis, dan audio yang dibuat oleh penggemar, pelanggan, atau followers tentang suatu brand.
UGC memberikan sentuhan manusia pada merekmu dan meningkatkan kredibilitasnya karena dianggap sebagai ulasan yang dapat dipercaya dari pelanggan asli. Ini dapat meningkatkan kepercayaan orang untuk membeli produkmu.
Selain itu, ketika kamu membagikan konten yang dibuat oleh pelanggan, hal ini dapat meningkatkan loyalitas mereka terhadap merekmu dan membuat mereka lebih cenderung merekomendasikan produkmu kepada teman dan melakukan pembelian ulang.
Untuk mendorong lebih banyak UGC, kamu bisa melakukan beberapa tips ini:
- Membuat tagar merek khusus yang pelanggan dapat gunakan saat memposting foto mereka.
- Menambahkan ajakan untuk bertindak di bio Instagrammu.
- Mengadakan kontes yang meminta peserta mengirimkan ulasan video atau foto sebagai bagian dari entri.
- Menghubungi influencer kecil dan menawarkan produk gratis untuk ulasan yang jujur.
- Menyertakan pesan di dalam kemasan produk yang meminta pelanggan untuk berbagi pengalaman mereka di Instagram.
Namun, mengelola semua aspek media sosial secara efektif bisa menjadi tantangan. Di sinilah Optimaise hadir sebagai solusi ideal.
Sebagai penyedia jasa manajemen media sosial, Optimaise dapat membantu kamu mengoptimalkan strategi Instagrammu, meningkatkan keterlibatan, dan memperluas jangkauan audiensmu.
Jangan ragu untuk menghubungi Optimaise dan temukan bagaimana kami bisa membantu kamu mengembangkan kehadiran media sosialmu secara maksimal!