Digital MarketingSEO

7 Teknik SEO Terkini untuk Dominasi Pencarian Online

Deric

7 Teknik SEO Terkini untuk Dominasi Pencarian Online

SEO adalah bidang yang selalu mengalami perkembangan. Selain hal-hal mendasar, kamu juga perlu mulai menggunakan teknik SEO terkini untuk tetap relevan di dunia digital yang terus berubah.

Teknik-teknik ini tidak hanya membantu kamu meningkatkan visibilitas situs webmu di mesin pencari, tetapi juga memastikan bahwa kontenmu menjangkau audiens yang lebih luas dan tepat sasaran.

Dengan memahami dan mengimplementasikan teknik SEO terkini, kamu bisa mendapatkan keunggulan kompetitif dan memaksimalkan potensi online bisnis atau blogmu.

Mari kita jelajahi lebih dalam tentang teknik-teknik SEO terkini yang dapat membantu kamu untuk mencapai tujuan tersebut.

Teknik SEO Terkini

Teknik SEO Terkini
Teknik SEO Terkini

Tahun demi tahun dunia SEO selalu mengalami evolusi yang pesat, mendorong para praktisi untuk terus mengikuti perkembangan terbaru demi menjaga daya saing mereka.

Teknik SEO terkini tidak hanya membantu di dalam mencapai peringkat yang lebih baik di mesin pencari, tetapi juga memastikan bahwa konten tetap relevan dan dapat diakses oleh audiens yang tepat.

Di dalam uraian berikut ini, kita akan menjelajahi berbagai teknik SEO terkini yang harus harua ketahui untuk memaksimalkan strategi SEO. Dari penggunaan kecerdasan buatan hingga optimasi untuk pencarian suara, teknik-teknik ini akan membantu kamu tetap mengikuti berbagai tren SEO. Mari kita mulai!

Baca juga: 7 Teknik untuk Melakukan Optimasi Website yang Wajib Kamu Terapkan

Optimalkan Situs Web untuk Google RankBrain

Optimalkan Situs Web untuk Google RankBrain
Optimalkan Situs Web untuk Google RankBrain

Beberapa tahun lalu, Google memperkenalkan algoritma RankBrain mereka yang telah membawa perubahan signifikan dalam cara kerja mesin pencari ini.

Kenapa ini penting? RankBrain adalah algoritma machine learning milik Google yang memungkinkan mesin pencari ini memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan hasil pencarian.

Dengan algoritma ini, semakin puas pengguna dengan hasil pencarian, maka semakin tinggi visibilitas situs webmu yang diberikan oleh Google.

Walaupun faktor-faktor, seperti backlink, keyword, dan sinyal SEO tradisional lainnya masih penting, RankBrain kini menjadi salah satu dari tiga faktor peringkat teratas di Google. Jadi, bagaimana cara mengoptimalkan situs webmu untuk RankBrain?

Berikut adalah 3 tips sederhana yang dapat kamu terapkan:

  1. Tingkatkan rasio klik-tayang (CTR) organik: RankBrain memperhatikan berapa banyak orang yang mengklik situs webmu di hasil pencarian. Jika situs webmu sering di-klik, maka visibilitasmu akan meningkat.
  2. Tingkatkan bounce rate dan waktu tinggal (dwell time): pastikan pengunjung menghabiskan waktu yang lama di situs webmu dan tidak segera meninggalkannya. Ini menunjukkan kepada Google bahwa kontenmu relevan dan menarik.
  3. Buat pengantar yang menarik: tulis pengantar yang memikat pengunjung dan mendorong mereka untuk terus membaca atau mengambil tindakan di situs webmu.

Perbarui dan Publikasikan Kembali Postingan Lama

Perbarui dan Publikasikan Kembali Postingan Lama
Perbarui dan Publikasikan Kembali Postingan Lama

Memperbarui konten lama adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas dan relevansi blog atau situs webmu. Konten lama yang diperbarui dapat memberikan informasi terbaru dan memperpanjang umur konten tersebut.

Praktik ini berangkat dari salah satu faktor mesin pencari seperti Google yang lebih menyukai konten segar dan relevan, sehingga pembaruan ini dapat membantu menarik lebih trafik lintas organik.

Selain itu, daripada membuat konten baru, memperbarui konten lama akan lebih menghemat waktu dan menjaga otoritasnya. Untuk memperbarui konten, coba terapkan beberapa langkah ini:

  1. Lakukan audit terhadap semua konten lama di situs webmu. Identifikasi postingan yang masih memiliki potensi namun memerlukan pembaruan informasi, peningkatan kualitas, atau optimasi SEO. Gunakan alat analisis web seperti Google Analytics untuk melihat postingan mana yang masih mendapatkan trafik dan interaksi.
  2. Perbarui konten dengan menambahkan data atau informasi terbaru yang relevan. Ini bisa mencakup statistik baru, penemuan penelitian terbaru, tren industri, atau perubahan di dalam kebijakan dan regulasi.
  3. Gunakan heading, subheading, bullet points, dan paragraf yang pendek untuk meningkatkan keterbacaan. Periksa juga tata letak visual, seperti gambar, grafik, atau video, dan pastikan semuanya masih relevan dan berkualitas tinggi.
  4. Setelah memperbarui konten, publikasikan kembali postingan tersebut. Bagikan di media sosial, sertakan di dalam newsletter, dan gunakan teknik promosi lainnya untuk memastikan audiensmu tahu tentang pembaruan ini. Beri tahu pengunjung bahwa konten telah diperbarui dengan informasi terbaru.

Membangun tautan rusak adalah salah satu strategi favorit saya untuk membangun tautan balik. Namun, proses menemukan tautan yang rusak bisa sangat memakan waktu. Kecuali kamu mengetahui trik yang jarang diketahui di dalam sistem penyuntingan Wikipedia.

Saat editor Wikipedia menemukan tautan yang tidak aktif, mereka tidak langsung menghapusnya.

Sebaliknya, mereka menambahkan catatan kaki dengan label “dead link”. Catatan kaki ini memungkinkan editor lain untuk memverifikasi bahwa tautan tersebut benar-benar mati sebelum menghapusnya.

Caranya gampang, gunakan string pencarian ini di search bar Google:

situs:wikipedia.org [keyword] + "tautan mati"

Setelah kamu menemukan tautan yang mati, langkah selanjutnya adalah:

  1. Buat kembali konten yang mati tersebut di situs webmu. Kemudian, ganti dead link di Wikipedia dengan tautan ke situs webmu. Ini akan memberi kamu satu backlink, meskipun bersifat no-follow.
  2. Sebaiknya, hubungi situs-situs lain yang juga menautkan ke sumber daya yang tidak aktif tersebut. Beritahu mereka tentang konten pengganti yang telah kamu buat dan minta mereka mengganti tautan mati dengan tautan ke situs webmu.

Tambahkan Otoritas ke Halaman yang Berkinerja Buruk

Tambahkan Otoritas ke Halaman yang Berkinerja Buruk
Tambahkan Otoritas ke Halaman yang Berkinerja Buruk

Bagaimana kamu bisa mendorong visibilitas dan otoritas halaman yang berkinerja buruk? Salah satu caranya adalah dengan memberikan tautan internal ke halaman tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Gunakan Google Search Console untuk menemukan kata kunci di mana halamanmu mendapat peringkat di halaman kedua atau ketiga.
    • Caranya, login ke Google Search Console dan buka laporan “Search results“.
    • Pastikan untuk meng-klik “Average position” agar kamu bisa melihat peringkat rata-rata untuk setiap keyword.
  2. Cari halaman di situs webmu yang memiliki otoritas tinggi dan bisa memberikan internal link. Kamu bisa menggunakan alat seperti Semrush.
    • Masukkan URL home page situs webmu ke alat tersebut dan klik “Search“.
    • Setelah itu, klik “Backlink Analytics” di bilah sisi kiri dan kemudian “Indexed Pages” untuk menemukan halaman dengan banyak backlink.
  3. Terakhir, buka halaman terbaik tersebut dan tambahkan internal link ke halaman yang ingin kamu tingkatkan visibilitasnya. Internal link dari halaman berotoritas tinggi dapat membantu meningkatkan visibilitas halaman targetmu di hasil pencarian Google.

Sisipkan Long-Tail Keyword di Title Tag

Sisipkan Long-Tail Keyword di Title Tag
Sisipkan Long-Tail Keyword di Title Tag

Istilah long-tail keyword adalah istilah pencarian yang terdiri dari beberapa kata atau frasa, ia sering kali lebih spesifik dan memiliki persaingan pencarian yang lebih rendah.

Dengan memasukkan istilah berekor panjang ini ke dalam title tag atau kontenmu, kamu dapat meningkatkan kemungkinan mendapatkan trafik dari mesin pencari dengan lebih cepat.

Selain itu, penggunaan istilah ini juga dapat membantu halamanmu untuk memperoleh peringkat yang lebih baik untuk lebih dari satu istilah pencarian yang relevan.

Ini karena istilah long-tail keyword sering kali membidik variasi keyword atau permintaan pencarian yang lebih spesifik dan terkait erat dengan topik yang kamu bahas.

Buat Keyword Sendiri

Buat Keyword Sendiri
Buat Keyword Sendiri

Ketika kamu menciptakan sesuatu yang benar-benar orisinal, seperti merek, produk, atau sistem langkah demi langkah, kamu memiliki keunggulan kompetitif yang besar di dalam hal optimasi istilah tersebut di mesin pencari.

Ini karena kamu adalah satu-satunya yang mengoptimalkan istilah-istilah yang terkait dengan kreasimu yang unik.

Misalnya, jika kamu menciptakan produk baru atau sistem langkah demi langkah untuk melakukan sesuatu, maka kamu memiliki kesempatan untuk mendominasi peringkat teraras di hasil pencarian Google untuk keyword yang terkait dengan kreasimu.

Ini terjadi karena istilah-istilah yang kamu gunakan adalah istilah yang baru dan belum banyak diperbincangkan oleh pesaingmu.

Jika kreasimu menjadi populer, maka situs atau kontenmu akan lebih mungkin untuk muncul di peringkat teratas untuk keyword dengan volume pencarian tinggi.

Baca juga: 7 Cara Menggunakan Keyword untuk Meningkatkan Visibilitas di Mesin Pencari

Temukan Peluang Link Building dari Daftar "Rekomendasi" dan "Terbaik
Temukan Peluang Link Building dari Daftar “Rekomendasi” dan “Terbaik

Saat kamu aktif di dalam link building, menemukan prospek tautan yang relevan dengan niche tidak selalu mudah.

Namun, ada cara tersembunyi untuk menemukan sumber potensial yang berguna, yakni postingan blog “rekomendas” dan “terbaik”.

Postingan blog “rekomendasi” dan “terbaik” adalah daftar curated secara manual yang mencantumkan blog-blog terbaik dalam industri spesifik. Para blogger sering membuat daftar ini untuk membantu pembaca menemukan sumber daya terbaik di dalam topik tertentu.

Cara untuk menemukan postingan blog “rekomendasi” dan “terbaik” ini cukup sederhana. Cukup gunakan gunakan string pencarian seperti ini:

  1. “[keyword] blog yang harus diikuti”
  2. “postingan [keyword] terbaik 2024”
  3. “blog [keyword] teratas yang harus diikuti” + “2024”
  4. “rekomendasi [keyword] 2024”

Misalnya kamu tengah mencari postingan hotel terbaik Bali 2024 dengan cepat, maka kamu akan menemukan postingan terkait daftar hotel terbaik Bali di tahun 2024.

Daftar-daftar ini adalah tempat yang bagus untuk mulai berhubungan dengan blogger-blogger yang relevan dalam industrimu. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan kontenmu atau membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan.

Mengimplementasikan teknik-teknik SEO terkini ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan visibilitas situs webmu secara signifikan. Untuk memastikan strategi SEO optimal dan terkini, bermitralah dengan penyedia jasa SEO yang dapat memberikan solusi terbaik sesuai kebutuhan bisnismu.

Optimaise sebagai penyedia jasa SEO terkemuka, menyediakan layanan yang terintegrasi dan disesuaikan dengan perkembangan terbaru di dalam industri SEO. Jangan ragu untuk menghubungi Optimaise hari ini untuk konsultasi lebih lanjut!

Baca Juga

Optimaise