Digital MarketingSEO

7 Taktik Meningkatkan Penjualan dengan SEO Secara Signifikan

Tiara Motik

7 Taktik Meningkatkan Penjualan dengan SEO Secara Signifikan

Jik kamu adalah seorang wirausaha, sudah pasti kamu selalu memimpikan keuntungan yang besar. Bukan hanya kamu, bahkan setiap pemilik bisnis menginginkan hal itu terjadi.

Tidak peduli seberapa sukses bisnis atau peranmu di dalamnya, lebih banyak keuntungan akan selalu diinginkan. Karena itu, strategi SEO juga menjadi salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan.

Dengan mengoptimalkan visibilitas situs web bisnismu, SEO dapat menarik lebih banyak trafik organik dan meningkatkan keterlibatan pengguna, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan konversi dan penjualan.

Namun, SEO terus berkembang dan praktik terbaiknya akan berubah seiring waktu. Kondisi ini bisa membingungkan dan membuat kamu tidak yakin apakah sudah melakukan yang terbaik untuk meningkatkan penjualanmu melalui SEO.

Tak perlu khawatir, ada banyak teknik yang sudah terbukti efektif, dan hari ini kamu akan mempelajari beberapa cara terbaik meningkatkan penjualan dengan SEO.

Tantangan yang Dihadapi dalam Meningkatkan Penjualan dengan SEO

Tantangan yang Dihadapi dalam Meningkatkan Penjualan dengan SEO
Tantangan yang Dihadapi dalam Meningkatkan Penjualan dengan SEO

Banyak merek membuat kesalahan dengan hanya menggunakan SEO untuk meningkatkan peringkat situs web dan mengarahkan trafik yang relevan.

Tapi, mereka sering tidak mengintegrasikan SEO dengan strategi penjualan mereka yang menyebabkan adanya celah besar di dalam upaya pertumbuhan bisnis mereka. Padahal, jika digunakan dengan benar, SEO dapat secara signifikan meningkatkan penjualan.

Kita akan membahas beberapa tantangan di dalam menghubungkan strategi meningkatkan penjualan dengan SEO, serta bagaimana cara mengatasi tantangan tersebut untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang lebih baik.

Baca juga: 10 Software Agensi SEO Terbaik Ini Tawarkan Fitur Menarik

Keterbatasan Alat dan Konfigurasi yang Akurat

Menghubungkan pendapatan dengan upaya SEO membutuhkan alat canggih dan konfigurasi yang tepat untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang diperlukan.

Banyak bisnis tidak memiliki alat tersebut atau staf yang memiliki keterampilan yang diperlukan untuk melakukannya sendiri. Karena itu, menggunakan jasa agensi SaaS SEO (Software as a Service) bisa menjadi solusi yang baik.

Agensi ini menyediakan alat dan layanan yang terus diperbarui secara berkala, serta memiliki staf yang ahli, sehingga bisnis tidak perlu khawatir tentang pemeliharaan atau peningkatan alat dan personel.

Sulitnya untuk Mengukur Dampak

Menghubungkan pendapatan dengan strategi SEO bisa menjadi tantangan karena SEO berperan di dalam berbagai tahapan perjalanan pelanggan.

Pengguna sering berinteraksi dengan banyak titik kontak sebelum akhirnya melakukan pembelian. Hal ini membuat sulit untuk menentukan secara pasti seberapa besar kontribusi SEO terhadap penjualan.

Meskipun tidak sempurna, ada beberapa metode atribusi yang dapat membantu kamu untuk mengukur dampak SEO terhadap keuntunganmu. Menggunakan alat seperti Google Analytics dapat membantu kamu di dalam proses ini dengan memberikan data yang diperlukan untuk analisis.

Keterbatasan Data Historis untuk Analisis ROI

Banyak bisnis kesulitan menganalisis ROI (Return of Investment) dari SEO karena keterbatasan data historis. SEO membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasil, sehingga sulit menilai dampaknya tanpa data yang cukup dari masa lalu.

Meskipun ini merupakan tantangan, kamu tetap perlu mengembangkan sistem untuk melacak dan menghubungkan dampak SEO terhadap penjualan.

Memahami bagaimana SEO berkontribusi pada pendapatan sangat penting untuk pemasaran dan pengalokasian sumber daya yang efektif.

Dengan memahami peran SEO, kamu dapat membuat keputusan yang lebih baik dan mengoptimalkan strategi marketing untuk mencapai hasil bisnis yang lebih baik.

Strategi Meningkatkan Penjualan dengan SEO

Strategi Meningkatkan Penjualan dengan SEO
Strategi Meningkatkan Penjualan dengan SEO

Kunci pertumbuhan bisnis adalah peningkatan penjualan, semakin banyak barang atau layanan yang terjual, maka semakin besar bisnisnya. Sementara itu, SEO memiliki peran penting dalam meningkatkan penjualan dengan menerapkan strategi-strategi efektifnya.

Untuk meningkatkan penjualan dengan SEO, kami akan memberikan beberapa tips strategi SEO. Simak lebih lanjut ya!

Manfaatkan Keyword yang Relevan

Manfaatkan Keyword yang Relevan
Manfaatkan Keyword yang Relevan

Meskipun penggunaan keyword di dalam SEO tidak sepopuler dahulu, tetapi tetap penting di dalam strategi SEO.

Tanpa keyword, prospek mungkin tidak akan menemukan bisnismu saat mereka mencarinya, itulah sebabnya keyword masih menjadi fondasi di dalam strategi SEO.

Sebagai contoh, keyword yang jelas untuk bisnismu yang menjual perlengkapan mendaki adalah “perlengkapan mendaki “.

Namun, ternyata ada banyak keyword dan frasa lain yang digunakan pelanggan untuk mencari produk seperti yang kamu tawarkan.

Karena itu, kamu perlu menentukan keyword dan frasa tersebut, lalu menerapkannya pada:

  1. Isi halaman web
  2. URL
  3. Judul
  4. Deskripsi gambar
  5. Meta tag
  6. Judul halaman

Google Keyword Planner adalah alat yang baik untuk memulai riset keyword, tetapi ada banyak alat lain yang dapat digunakan. Jangan lupakan long-tail keyword, karena setengah dari semua kueri penelusuran terdiri dari empat kata atau lebih.

Persaingan untuk frasa ini memang lebih rendah, tetapi memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi.

Ciptakan Konten Berkualitas Tinggi

Ciptakan Konten Berkualitas Tinggi
Ciptakan Konten Berkualitas Tinggi

Meningkatkan penjualan dengan SEO melalui riset keyword saja tidak cukup. Kamu juga memerlukan konten yang bagus.

Konten bukan hanya tentang keyword, keberadaannya bisa menjadi alat untuk mengubah prospek menjadi pelanggan, memberikan nilai kepada pelanggan, dan mencapai audiens baru.

Konten berperan penting di dalam meningkatkan penjualan dengan memberikan informasi yang dicari calon pelanggan.

Ketika orang mencari informasi tentang produk atau layanan yang kamu tawarkan, mereka akan menemukan kontenmu, entah itu di dalam bentuk postingan blog ataupun media sosial.

Konten yang berkualitas dapat berupa berbagai jenis, dan kamu perlu mengembangkan variasi konten untuk mencapai tujuan pemasaranmu. Berikut adalah beberapa format konten yang efektif:

  1. Blog
  2. Video
  3. Infografis
  4. Podcast
  5. Animasi
  6. User generative content
  7. Guest posting
  8. Ebook dan whitepaper
  9. Daftar
  10. Review

Penting untuk mengoptimalkan semua konten dengan keyword yang relevan agar dapat ditemukan oleh calon pelanggan. Pastikan keyword yang kamu gunakan sesuai dengan konten yang disajikan.

Perluas Jangkauan dengan Media Sosial

Perluas Jangkauan dengan Media Sosial
Perluas Jangkauan dengan Media Sosial

Meningkatkan penjualan dengan SEO juga membutuhkan bantuan media sosial. Media sosial memiliki peran penting di dalam strategi SEO yang modern.

Banyak orang mengakses platform media sosial, seperti Instagram dan TikTok untuk mencari konten yang menarik, sehingga memberikan peluang besar bagi kamu untuk menjangkau audiens baru dan membangun hubungan dengan pelanggan.

Selain itu, media sosial juga memungkinkan kamu untuk menampilkan sisi manusiawi dari bisnismu. Kamu dapat menggunakan media sosial untuk melakukan pemasaran langsung melalui fitur iklan, serta meningkatkan layanan pelangganmu.

Prioritaskan Pengguna Lokal dan Mobile

Prioritaskan Pengguna Lokal dan Mobile
Prioritaskan Pengguna Lokal dan Mobile

Perubahan yang signifikan di dalam praktik SEO selama beberapa tahun terakhir ini mencakup peningkatan fokus pada konten yang sesuai dengan pengguna smartphone dan juga yang bersifat lokal.

Ini karena semakin banyak orang yang menggunakan smartphone untuk mencari informasi, termasuk bisnis lokal. Jadi, local SEO menjadi lebih penting karena banyaknya jumlah orang yang mencari bisnis di sekitarnya melalui ponsel.

Sebagai contoh, bayangkan kamu memiliki sebuah toko bunga di Jakarta. Dengan fokus pada local SEO, kamu akan memastikan bahwa situs webmu dioptimalkan untuk keyword lokal, seperti “toko bunga di Jakarta” atau “pesan bunga online Jakarta”.

Kamu juga akan memastikan informasi kontakmu, jam buka, dan alamat toko tersedia secara jelas di situs webmu. Selain itu, kamu dapat menggunakan Google My Business untuk meningkatkan visibilitas lokalmu.

Dengan mencantumkan bisnismu di sana dan memastikan informasimu selalu diperbaharui, orang yang mencari toko bunga lokal di Google akan lebih mungkin menemukan dan mengunjungi tokomu.

Meningkatkan Penjualan dengan SEO Melalui Pengoptimalan SEO On-Page

Meningkatkan Penjualan dengan SEO Melalui Pengoptimalan SEO On-Page
Meningkatkan Penjualan dengan SEO Melalui Pengoptimalan SEO On-Page

Meningkatkan penjualan dengan SEO melalui pengoptimalan SEO on-page adalah salah satu aspek terpenting.

Mengapa? Karena ia mampu membuat situs webmu lebih ramah pengguna dan mudah diindeks oleh mesin pencari, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan peringkat pencarianmu.

Selain itu, fokus pada SEO on-page dapat membantu kamu mengoptimalkan elemen penting seperti visual. Jika kamu belum terbiasa dengan SEO on-page, ini adalah beberapa langkah penting yang harus kamu lakukan:

  1. Buat title tag yang menarik dan deskriptif.
  2. Tingkatkan kecepatan memuat halaman untuk mengurangi tingkat pembaca yang meninggalkan situs web.
  3. Tulis alt text yang deskriptif dan dioptimalkan dengan keyword untuk gambar di situs webmu.
  4. Optimalkan judulmu dengan keyword yang relevan dan deskripsi yang sesuai.
  5. Hubungkan konten situs webmu dengan internal link untuk meningkatkan navigasi dan indexing.
  6. Gunakan URL yang mudah dibaca dan relevan.
  7. Tulis meta description yang informatif untuk meningkatkan visibilitas di hasil pencarian dan relevansi kontenmu.

Baca juga: 5 Cara Optimasi SEO On Page Paling Mudah untuk Pemula

Bangun dan Jaga Reputasi dengan Seksama

Bangun dan Jaga Reputasi dengan Seksama
Bangun dan Jaga Reputasi dengan Seksama

Manajemen reputasi sering kali terlupakan di dalam strategi SEO, padahal sangat penting. Ini tentang bagaimana kamu mengontrol apa yang dilihat orang ketika mereka mencari bisnismu secara online.

Bayangkan mamu memiliki restoran dengan beberapa ulasan buruk di Google Maps dan konflik di Instagram.

Calon pelanggan yang mencari restoranmu akan melihat ulasan buruk dan argumen tersebut, sehingga akan menjadi gambaran akan reputasi restoranmu.

Manajemen reputasi berarti memastikan kamu memberikan kesan terbaik secara online. Kamu dapat melakukannya dengan beberapa hal ini:

  1. Berinteraksi dengan pelanggan secara profesional.
  2. Rutin memeriksa ulasan online.
  3. Menanggapi ulasan negatif dengan cepat dan profesional.
  4. Mendorong ulasan positif dari pelanggan yang senang.

Rancang Strategi Menyeluruh untuk Fokus yang Berkelanjutan

Rancang Strategi Menyeluruh untuk Fokus yang Berkelanjutan
Rancang Strategi Menyeluruh untuk Fokus yang Berkelanjutan

Untuk membuat strategi meningkatkan penjualan dengan SEO yang berhasil, diperlukan komitmen dan usaha penuh. Ini bukanlah tugas yang bisa dilakukan setengah hati.

Dalam meningkatkan penjualan dengan SEO, kamu perlu memiliki strategi yang matang yang mencakup semua aspek yang telah dibahas.

Untuk mencapai hal ini, kamu memerlukan tim yang memahami SEO dengan baik dan bisa membuat serta menjalankan strategi yang sesuai dengan tujuan perusahaanmu.

Di sinilah Optimaise hadir untuk membantu. Sebagai penyedia jasa SEO, Optimaise memiliki tim ahli yang siap membantu kamu untuk mengoptimalkan situs webmu agar lebih terlihat dan mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Hubungi Optimaise hari ini untuk memulai perjalanan bisnis onlinemu!

Baca Juga

Optimaise